Cek Resi All-in-One 50 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


15 Feb 2021 07:15

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Vivo V9

By Cektarif Plus


Vivo saat ini tengah menjadi salah satu brand ponsel cerdas yang cukup populer di Indonesia. Salah satu series yang diklaim paling laris adalah Vivo V9. Mengingat spesifikasi Vivo V9 yang mumpuni tentunya tidak salah jika series ini banyak dicari konsumen saat ini.

Vivo pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2014. Meski tergolong brand baru, Vivo menempatkan posisinya sebagai ponsel berkualitas di bawah smartphone Oppo.

Pada awal pemasarannya Vivo membanderol produk mereka dengan harga yang cukup mahal. Namun seiring waktu strategi pemasaran diubah dengan lebih menyasar kalangan menengah.


Perusahaan Vivo pertama kali didirikan pada tahun 2009 di China, tepatnya di Dongguan, Guangdong. Brand vivo berada di bawah naungan Vivo Communication Thechnology Co. Ltd.

Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari BBK Electronics yang dikenal telah memproduksi ponsel pintar seperti Oppo, Realme dan Oneplus. Vivo diambil dari kata bahasa esperanto yang bermakna “kehidupan”.

Dalam perkembangannya mereka telah melebarkan usahanya hingga lebih ke 100 negara Asia, Eropa hingga Timur Tengah. Dengan promosi yang gencar dan menjadi sponsor dari berbagai acara kelas dunia, menjadikan smartphone ini sekarang banyak dikenal masyarakat luas.

Vivo banyak mengusung tema kamera selfie yang bagus. Mereka juga mengembangkan software mereka sendiri yang dipasarkan melalui Appstore Vivo. Sistem operasi berbasis Android mereka dikenal dengan nama Funtouch OS.

Mengenal Jenis-Jenis Smartphone Vivo

Vivo dikenal memiliki banyak tipe atau series dengan penamaan huruf. Sebut saja Vivo tipe X, Y, V hingga tipe Vivo Nex.

Jenis Vivo V merupakan jenis yang menjadi andalan perusahaan ini. Untuk di Indonesia sendiri tipe yang diklaim paling laris adalah Vivo V9.

Untuk Vivo jenis X contohnya Vivo X1 yang rilis pada tahun 2012. Sedangkan tipe X populer yang lain seperti, X5 Pro, X5 Max, Dan Xshot. Sementara itu pada tahun 2016 muncul Vivo X7, disusul X20 dan X21, pada tahun 2017 dan 2018.

Untuk jenis Vivo V, ada Vivo V1 yang rilis pada tahun 2015. Disusul tipe V berikutnya yaitu V3, V5, V7, V9, V11 hingga V15.

Sedangkan, jenis Vivo Y terdiri dari Y51 yang rilis pada tahun 2016, Y53, Y55, Y65, Y69 hingga Y17 yang rilis pada bulan April 2019. Untuk Vivo Nex sendiri ada dua yaitu Vivo Nex dengan konsep ponsel bernama Vivo Apex dan Vivo Nex Dual Display Edition.

Spesifikasi Vivo V9

Vivo V9 memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni sehingga menarik banyak perhatian konsumen. Berikut ini spesifikasi lengkap dari Vivo V9 yang perlu Anda ketahui :

RAM : 4 GB
GPU : Adreno 506
CPU : Octa-core 1,8 GHz Cortex-A53
Chipset : Snapdragon 450
Penyimpanan : Internal 64 GB MicroSD ~Up to 256 GB
OS : Android v 8.0 Oreo (Funtouch OS 4.0)
Baterai : Li-Ion 3260 mAh, Non Removable
Warna : Hitam, Emas
Dimensi : 154.8 x 75.1 x 7.9 mm
Bahan : Polycarbonat Finishing Glass
Berat : 150 gram (termasuk baterai)
Layar : 6.3 inchi IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors
Resolusi : 1080 x 2280 pixels, (kerapatan ~ 400 ppi) 19:9 ratio
Pelindung : Gorilla Glass 5
SIM : Dual SIM, nano SIM
Jaringan : 3 G HSDPA, 4 G LTE
Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n Wifi Direct, Bluetooth v4.2, jack audio 3,5 mm, microUSB 2.0, USB OTG
Kamera utama : Dual 13 MP + 2MP, f/2.0, phase detection autofocus, LED flash
Kamera depan : 24 MP (f/2.0) + AI, 1080p

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V9

Setiap tipe Vivo meski sekilas terlihat sama tapi sebenarnya memiliki berbagai kelebihan yang menjadi andalan dan juga kekurangannya tersendiri. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memperhatikan benar-benar kelebihan dan kekurangan Vivo V9 sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihannya, Anda juga bisa menyesuaikan kebutuhan apa yang paling sesuai dengan V9. Misalnya saja jika Anda sangat membutuhkan hasil kamera yang bagus dari pada bermain game yang berat, maka memilih V9 menjadi prioritas utama.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan Vivo V9 yang wajib Anda ketahui :

1. Memiliki kamera depan yang jernih

Vivo V9 pertama kali diluncurkan pada tahun 2018. Seperti produk Vivo pada umumnya yang lebih menekankan pada kualitas kamera, Vivo V9 ini juga hadir dengan kualitas kamera selfie yang memuaskan. Gambar yang dihasilkan tampak bagus dengan resolusi 24 megapixel.

Selain itu, dilengkapi pula fitur dual pixel yang akan membuat foto selfie terlihat tajam dan jernih walaupun berada di ruang gelap.

Fitur kamera lainnya yang mendukung foto selfie adalah AI Face Beauty. Dengan fitur ini tampilan fotomu akan lebih cantik. Fitur ini juga bisa digunakan untuk video call. Tidak ketinggalan fitur kamera dilengkapi juga dengan Soft LED Flash.

Fitur menarik lainnya yaitu mode Ultra HD dan mode portrait yang bisa memfokuskan objek pada jarak 2.5 meter di depan kita, serta memberikan efek blur background (efek bokeh). Dengan hasil foto selfie yang bagus tak salah jika mereka mengambil tema produk “perfect selfie”.

Kamera depan 24 megapixel dengan bukaan lensa f/2.0 ini juga mampu merekam video dengan kualitas 1080 pixel atau Full HD. Dari hasil video yang bagus V9 ini sangat cocok untuk aktivitas vloging Anda sehari-hari.

2. Memiliki dua kamera belakang yang canggih

Selain bagus untuk selfie, kamera belakangnya juga memiliki kualitas yang tidak kalah canggih, di mana Vivo V9 hadir dengan 2 kamera belakang sekaligus.

Resolusi kedua kamera tersebut adalah 13 megapixel dan 2 megapixel. Meski resolusinya tidak sebesar kamera depan, tapi kedua kamera tersebut mampu menghasilkan kualitas efek blur background yang bagus.

Selain efek bokeh yang paling menarik perhatian adalah kualitas hasil fotonya yang hampir sama dengan kamera DSLR. Ditambah lagi Anda juga bisa mengatur titik fokus ketika telah memotret sebuah objek.

3. Ukuran layar yang lebar dan berponi

Vivo V9 ini memiliki layar cukup lebar dengan ukuran 6,3 inchi. Ukuran yang lebar ini akan membuat Anda merasa nyaman dan puas saat menonton video, bermain game dan aktivitas lainnya.

Rasio layarnya mencapai 19:9 dengan desain depan hampir tanpa bezzel. Layar berponi dengan desain elegan juga menjadi ciri khas handphone ini. Model seperti ini mengingatkan kita pada layar berponi iPone X maupun Oppo F7.

Selain menggunakan resolusi full HD, layar tipe ini juga menggunakan teknologi IPS capacitive. Teknologi ini memiliki kelebihan diantaranya mempunyai kualitas gambar yang tajam, tampak natural, dan memiliki warna yang tampak lebih cerah walau di bawah sinar matahari langsung. Layar jenis IPS juga ditengarai lebih awet jika dibanding jenis lainnya.

4. Memiliki performa yang tangguh

Vivo tipe V9 dilengkapi dengan chipset Snapdragon 450 yang membuat performa smartphone ini cukup tangguh. Selain itu didukung kartu grafis Adreno 506 yang membuat tampilan grafis lebih keren.

Didukung pula RAM sebesar 4GB dengan ROM 64GB menjadikan ponsel ini cukup bisa diandalkan dalam multitasking. Hasilnya Anda dapat membuka beragam aplikasi sekaligus tanpa lelet.

Tipe ini juga lumayan cocok untuk bermain game online. Vivo ini dilengkapi dengan fitur Game Mode yang memudahkan Anda dalam bermain game.

Anda bisa mengatur notifikasi yang bisa diijinkan atau tidak. Sehingga tidak mengganggu ketika sedang asik bermain game. Namun sayangnya untuk game yang terlalu berat Vivo tipe ini kurang cocok mengingat RAMnya yang hanya 4GB.

Jika Anda pecinta game sejati, alangkah baiknya memilih Vivo V9 tipe terbaru yaitu V9 6GB. Dimana pada tipe ini semua spesifikasi hampir sama hanya lebih tinggi RAM-nya.

Meskipun demikian kualitas kamera belakang Vivo V9 RAM 4GB lebih baik dari tipe Vivo V9 dengan RAM 6GB. Vivo V9 RAM 6GB memang dihadirkan khusus untuk melengkapi kekurangan dari Vivo V9 yang pertama rilis yaitu dengan RAM 4GB.

5. Menggunakan OS Android Oreo 8.1

Sistem operasi yang digunakan merek ini adalah Android Oreo 8.1 custom yang merupakan modifikasi dengan OS Vivo sendiri (OS FunTouch 4.0). OS Oreo 8.1 memiliki keunggulan pada menu settingnya yang lebih simple.

Selain itu, keunggulan sistem operasi Vivo V9 adalah adanya fitur autofill yang membantu mengisi secara otomatis. Sehingga memudahkan Anda dalam mengisi berbagai akun ketika masuk ke sosial media, email atau lainnya.

OS V9 ini juga dilengkapi fitur picture in picture yang bisa membuat Anda bebas menonton video sambil menjalankan aplikasi yang lain.

Ditambah dengan fitur notification dots, smart text selection, tombol aksesibilitas, emoji terbaru dan fitur lainnya. Dengan Os ini sangat mengoptimalkan sekali kinerja dari V9 yang didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 450.

6. Adanya fitur AI Face Acces

Salah satu fitur Vivo V9 yang tak boleh ketinggalan adalah fitur AI Face Acces terbaru. Fitur ini memiliki kelebihan membuat ponsel Anda lebih aman dan dengan mudah membuka ponsel.

Selain itu, fitur tersebut mampu bekerja dengan cepat sekitar 0,1 detik untuk dapat membuka ponsel, dan juga dapat bekerja dengan cara mendeteksi pantulan cahaya melalui gerakan wajah. Hal ini bisa meminimalisir ponsel Anda dibuka oleh orang lain.

7. Bodi belakang berbahan polikarbonat

Selain memiliki beragam kelebihan seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, Vivo V9 juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan yang pertama ada pada bodi belakang ponsel yang berbahan polikarbonat.

Untuk ponsel yang awalnya dihargai 3 jutaan saat perilisan bodi berbahan polikarbonat terasa kurang premium. Polikarbonat yaitu salah satu jenis bahan plastik yang digunakan untuk membuat bodi smartphone.

Walaupun banyak juga merek lain yang masih menggunakan polikarbonat. Bahan ini memiliki kekurangannya tersendiri.

Polikarbonat memang lebih ringan dari logam atau metal juga menghantarkan sinyal dengan baik. Namun bahan ini juga penghantar panas yang buruk. Akibatnya panas di dalam ponsel tidak cepat tersalurkan ke luar.

8. Tidak adanya fitur NFC

Walaupun memiliki banyak keunggulan Vivo V9 ini ternyata tidak dilengkapi dengan fitur NFC. Fitur near-field communication (NFC) merupakan fitur komunikasi jarak pendek yang umumnya ada pada smartphone kelas menengah ke atas.

Untuk ukuran ponsel yang berharga di atas 3 jutaan saat pertama rilis, tentunya hal ini menjadi kekurangan tersendiri.

Padahal fitur NFC dapat memudahkan aktivitas saat mengirimkan file, melakukan pembayaran digital atau transaksi pembayaran di restoran maupun foodcourt yang menyediakan NFC reader, hingga mengisi emoney ataupun mengecek saldo.

9. Tidak ada fitur Fast Charging

Kekurangan lainnya dari tipe ini adalah tidak adanya fitur Fast Charging. Hal ini menyebabkan Anda harus mengisi daya baterai cukup lama. Padahal untuk ponsel merek lain yang dibanderol dengan harga 3 jutaan, fitur fast charging juga mereka sematkan.

Produk ini juga menggunakan baterai tipe removable yang tidak bisa dilepas pasang dengan mudah. Untuk mencopot baterai perlu menggunakan alat khusus.

Meskipun pada umumnya smartphone jaman sekarang menggunakan baterai removable, tapi sebenarnya ada kekurangannya tersendiri. Jika handphone tiba-tiba mengalami hang biasanya memerlukan untuk melepas baterai. Dengan keadaan baterai melekat pada badan ponsel tentunya tidak bisa mengatasi hang dengan mudah.

Untuk kapasitas baterainya yang mencapai 3260 mAh juga tergolong kecil. Apalagi dibandingkan dengan harga ponsel Vivo V9 terasa tidak sebanding. Pada awal peluncuran tahun 2018 harga jual ponsel ini mencapai 3 jutaan ke atas.

Namun kabar baiknya untuk tahun ini harganya sudah turun. Harganya bisa di bawah 3 jutaan, apalagi jika Anda membeli ponsel ini di marketplace online.

10. Hybrid Dual SIM

Salah satu kekurangan V9 yang cukup mencolok adalah penggunaan hybrid dual SIM. Slot SIM hybrid berfungsi untuk memasang dua buah kartu SIM, akan tetapi salah satu slotnya dapat digunakan untuk microSD.

Bisa dibayangkan, Anda harus mengorbankan salah satu SIM kartu selulermu jika ingin memasang kartu microSD.

Dengan RAM 4 GB dan Internal Storage 64 GB tentunya memori eksternal dengan kartu microSD sangat dibutuhkan.

Apalagi, jika Anda ingin menggunakan game yang berat atau menyimpan file yang banyak, tentu tidak adanya kartu microSD akan membuat ponsel Anda semakin lambat. Jadi jika Anda menggunakan V9 bisa jadi hanya satu kartu SIM yang bisa digunakan.

Kesimpulan

  • Vivo V9 memiliki kualitas kamera depan yang jernih. Efek bokeh atau blurnya bagus dan hasil fotonya juga menyerupai hasil kamera DSLR.
  • Performa V9 cukup tangguh dengan chipset Snapdragon 450, dibarengi dengan OS yang mendukung dan fitur-fitur terbaru yang canggih.
  • Ukuran layarnya yang lebar mencapai 6.3 inchi akan memudahkan Anda dalam menonton video dan bermain game.
  • Kekurangan yang cukup menonjol dari V9 ini adalah tidak adanya fitur NFC dan fitur flash charging.
  • Smartphone ini juga menggunakan hybrid dual SIM yang mengharuskan Anda memilih menggunakan microSD atau hanya menggunakan satu SIM card saja.

Referensi

  1. Saran Keuangan (2019), Menguak Sejarah Vivo, Perusahaan Samrtphone Cantik yang Digemari Banyak Orang, https://www.sarankeuangan.com/2019/11/menguak-sejarah-vivo-perusahaan.html
  2. Netrix Ken (2018), Review Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasi Vivo V9, https://www.spesifikasiharga.com/review-kelebihan-dan-kekurangan-spesifikasi-vivo-v9/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.