Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


23 Aug 2021 09:00

10 Kelambu Gantung yang Bagus dan Murah

By Cektarif Plus


Kelambu gantung merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang memiliki peran sangat penting. Kelambu ini tidak hanya sekadar untuk mengusir nyamuk saja, bisa juga untuk menambah nilai estetika interior ruangan Anda.



Karena kini banyak ditemukan model kelambu gantung yang bagus dengan desain indah dan elegan. Selain itu, beberapa produsen melengkapinya dengan bahan yang berkualitas, tidak panas, dan nyaman.

Selain itu, kelambu gantung ini juga mudah memasangnya dan bisa didapatkan dimana saja, baik di toko online maupun offline. Harganya pun bervariasi ada yang murah dan juga ada yang mahal.

Ketika Anda ingin membeli kelambu gantung, maka pastikan Anda memperhatikan beberapa hal penting, seperti kualitas bahan, lingkaran kerucut atau ring, ukuran yang tepat, warna dan motif yang sesuai, serta pertimbangkan harganya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa kelambu gantung yang bagus dan murah lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai macam-macam kelambu dan fungsinya, cara memilih kelambu gantung, hingga cara merawatnya.

Mengenal macam-macam kelambu dan fungsinya

Kelambu gantung adalah perlengkapan rumah tangga yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk menghindarkan diri dari gigitan nyamuk ketika tidur. Karena itu kelambu gantung juga biasa disebut dengan kelambu anti nyamuk.



Banyak masyarakat menggunakan kelambu gantung karena dirasa lebih efektif, lebih aman, dan lebih sehat jika dibandingkan dengan menggunakan obat pengusir atau pembunuh serangga.

Adapun kelambu anti nyamuk ini dibagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu kelambu lipat dan kelambu gantung. Kelambu lipat memiliki bentuk lebih kecil dengan model yang mudah dilipat atau bongkar pasang.

Kelambu lipat ini banyak digunakan untuk bayi atau anak, dan biasanya kelambu lipat dilengkapi dengan frame sebagai penyangga agar jaring-jaring tidak mudah goyah.

Sedangkan kelambu gantung memiliki ukuran yang lebih besar daripada kelambu lipat. Jenis kelambu ini bisa digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Bentuknya ada 2 (dua), yakni kelambu gantung bulat dan kelambu gantung kotak atau segi empat.

Cara memasangnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengaitkan dengan kait atau paku yang telah menempel di plafon atau dinding kamar.

Selain itu, kelambu gantung ini memiliki banyak model dan ukuran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Dan yang sangat penting adalah, kelambu gantung ini ukurannya lebih luas dan bisa dipakai untuk beragam jenis ukuran tempat tidur.



Cara memilih kelambu gantung

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat memilih kelambu gantung yang bagus, di antaranya adalah :

  • Perhatikan kualitas bahan yang digunakan

Secara umum, kelambu gantung terbuat dari bahan katun atau poliester. Bahan poliester dipilih karena lebih ringan, kuat dan tahan lama. Bahan poliester ini harganya lebih murah dibandingkan dengan katun.

Sedangkan, kelambu berbahan katun memiliki keunggulan seperti lebih lembut, halus dan aman untuk anak-anak. Namun, usahakan untuk memilih katun 100%, agar penggunaan kelambu gantung bagi kesehatan anak-anak lebih maksimal.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan denier,yakni ukuran kerapatan atau ketebalan serat. Semakin tinggi denier, semakin kuat dan tahan lama kainnya.



  • Perhatikan ukurannya

Sebelum membeli kelambu gantung, usahakan untuk mengukur terlebih dahulu panjang dan lebar tempat tidur/kasur Anda.

Hal tersebut penting dilakukan, agar kelambu dapat berfungsi dengan sangat baik. Karena jika terlalu kecil atau tidak pas, maka ruang untuk nyamuk atau serangga bisa masuk ke dalam lebih besar.

Jadi pastikan kelambu menutupi seluruh bagian dari sisi ranjang tempat tidur, atau hingga ujung kelambu benar-benar menyentuh lantai.

  • Perhatikan pemilihan warnanya



Selain bisa menjaga dari gigitan nyamuk, kelambu juga dapat memberikan kesan interior ruangan menjadi semakin menarik. Salah satunya adalah dengan memilih warna yang tepat dan sesuai dengan desain interior ruangan.

Memang kebanyakan orang lebih memilih kelambu gantung berwarna putih, karena warna putih dapat memberikan kesan ringan, tidak panas, dan netral sehingga mudah dipadukan dengan warna lainnya.

Namun tidak ada salahnya jika Anda memilih warna lain yang lebih fresh dan bisa menambah estetika kamar Anda, seperti warna pink, biru muda, ungu, dan lain sebagainya.

  • Pilih kelambu yang memiliki motif karakter

Kini sudah banyak kelambu gantung yang dilengkapi dengan motif yang unik-unik dan lucu. Bahkan ada kelambu gantung yang diproduksi dengan motif mewah layaknya kerajaan, seperti kelambu gantung Jodha Akbar.

Selain itu, ada jenis kelambu gantung yang biasanya banyak disukai oleh anak-anak, yaitu kelambu motif karakter. Kelambu ini memiliki motif karakter yang bermacam-macam, seperti buah-buahan, bunga, kartun, dan lain sebagainya.



  • Perhatikan ukuran lingkaran kerucutnya

Kelambu gantung model bulat biasanya dilengkapi dengan lingkaran kerucut atau ring. Lingkaran kerucut ini berfungsi untuk menentukan seberapa luas area di dalam jaring-jaring. Semakin lebar ukurannya, semakin besar luas ruang yang ada di bawahnya.

Lingkaran kerucut ini juga bisa digunakan untuk melipat jaring-jaring kelambu ketika tidak digunakan, sehingga lebih praktis dan dapat memberikan kesan bersih dan luas pada ruangan.

  • Perhatikan harganya

Harga kelambu gantung di pasaran bervariasi, ada yang puluhan ribu hingga ratusan ribu, bahkan ada yang jutaan rupiah. Semakin tinggi harga, semakin baik kualitasnya.



Ketika membelinya jangan sampai terkecoh, pastikan Anda benar-benar mengetahui kualifikasi produknya, salah satu caranya adalah dengan membaca review jika itu membeli dari market online.

Sedangkan jika Anda membeli secara langsung di mall atau pasar, maka pastikan Anda mengetahui jenis kain yang digunakan, kerapatan, serta model yang sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah.

Cara merawat kelambu gantung agar lebih awet dan tahan lama

Setelah Anda membeli kelambu gantung, maka pastikan Anda juga memperhatikan cara perawatannya, agar kelambu gantung Anda lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa tips cara merawat kelambu gantung :

  • Sebelum mencuci, usahakan untuk melepas tali kelambu terlebih dahulu dengan hati-hati. Hal ini penting diperhatikan, agar tali atau kain kelambu tidak mudah robek atau putus.
  • Hindari mencuci kelambu gantung dengan menggunakan mesin cuci.
  • Anda bisa mencucinya dengan cara merendam ke dalam ember atau bak besar. Kemudian gunakan air dan detergen secukupnya. Biarkan kotoran yang menempel luruh dengan sendirinya bersama air, kemudian cuci dengan menggunakan tangan.
  • Ulangi langkah di atas beberapa kali hingga proses pencucian benar-benar bersih.
  • Lalu jemur kelambu di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung, agar warnanya tidak memudar dan kusam.
  • Angkat kelambu dari jemuran jika memang sudah benar-benar kering. Hal ini penting untuk menghindarkan dari bakteri, jamur dan mikroorganisme yang menempel.
  • Anda bisa mencucinya setiap bulan, agar kelambu nampak lebih bersih dan aman dari debu atau kotoran yang menempel.
  • Lipat dan simpan kelambu di tempat yang kering. Jangan menaruhnya di tempat yang lembab karena dapat memicu menempelnya bakteri atau jamur.



10 Kelambu Gantung yang Bagus dan Murah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kelambu gantung dan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi kelambu gantung yang bagus dan murah berikut ini:

10. Kelambu Gantung Bulat

foto-kelambu-gantung-yang-bagus-dan-murah-10

Harga : Rp 20.000



Anti nyamuk dan murah

Kelambu gantung model bulat ini memiliki ukuran panjang 240 cm dengan lingkar diameter cincin atas 60 cm. Memiliki beberapa pilihan warna yang menarik serta harganya murah dan hemat di kantong.

Selain itu, cara memasangnya pun sangat mudah, Anda tinggal mengaitkan ujung kelambu dengan paku atau kait ke plafon. Dan, ketika sedang tidak digunakan, Anda hanya cukup mengikatnya agar terlihat lebih rapi. Anda bisa membeli kelambu gantung ini di Shopee.

9. Kelambu Gantung Lucky Star

foto-kelambu-gantung-yang-bagus-dan-murah-9

Harga : Rp 35.000



Ukuran lebih besar dan harganya terjangkau.

Kelambu gantung dari Lucky Star ini berukuran lebih besar yaitu 250x60 cm. Mudah memasangnya dan nyaman saat digunakan.

Kelambu gantung ini juga memiliki beberapa pilihan warna yang menarik seperti putih, hijau, pink, dan biru.

Tirainya tipis, tembus pandang dan jaring-jaringnya mampu menahan berbagai serangga sehingga membuat Anda merasa nyaman ketika tidur. Anda bisa membeli kelambu gantung ini di Lazada.

8. Kelambu Gantung Bayi Rumbai



foto-kelambu-gantung-yang-bagus-dan-murah-8

Harga : Rp 145.000

Model dan ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Secara umum, ukuran kelambu bayi adalah 210x110x150 cm, namun untuk produk ini Anda bisa memesan sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

Anda juga bisa memesan model, motif, dan warnanya juga. Karena produsen produk kelambu ini bisa membuat kelambu bayi sesuai dengan selera Anda.

Bahan yang digunakan pun berkualitas dan adem sehingga memberikan kenyamanan bagi buah hati Anda ketika tidur. Selain itu, bahannya tebal dan tahan lam. Anda bisa membeli kelambu gantung ini di Shopee.

7. Kelambu Gantung Kotak Polos



foto-kelambu-gantung-yang-bagus-dan-murah-7

Harga : Rp 17.000

Pilihan warna bervariasi dan murah

Kelambu gantung model kotak polos ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang membutuhkan kenyamanan ketika tidur tanpa digigit oleh nyamuk.

Pilihan warna kelambu gantung ini bermacam-macam, ada warna biru, ungu, hijau, dan lain-lain. Selain itu, pemasangannya pun mudah dan praktis.

Untuk ukurannya adalah 180x200 cm. Dan, yang menarik adalah harganya murah dan hemat di kantong. Anda bisa membeli kelambu gantung ini di Shopee.



6. Kelambu Gantung Kotak Jumbo

foto-kelambu-gantung-yang-bagus-dan-murah-6

Harga : Rp 34.000

Ukuran lebih besar dan nyaman digunakan

Kelambu gantung kotak ini memiliki ukuran 200x200 cm. Terbilang besar sebab bisa menutupi area tempat tidur secara sempurna, dan memberikan kesan luas serta nyaman.

Cara memasangnya pun cukup mudah, Anda tinggal mengikatnya pada paku yang telah tertempel di plafon atau dinding kamar tidur. Anda bisa membeli kelambu gantung ini di Shopee.



5. Kelambu Gantung Kotak Motif

foto-kelambu-gantung-yang-bagus-dan-murah-5

Harga : Rp 25.000

Anti nyamuk, model indah dan menarik

Kelambu gantung kotak motif ini memiliki model yang menarik dengan ukuran 180x200 cm. Modelnya sangat cocok digunakan untuk menambah kesan indah dan cantik ruangan kamar tidur Anda.

Kelambu ini terbuat dari bahan polyester yang kuat, lentur, dan ringan sehingga memberikan kenyamanan saat tidur dan dapat menjaga Anda dan keluarga dari gigitan nyamuk serta serangga ketika tidur.

Untuk memasangnya, Anda tinggal mengaitkan dengan paku yang telah terpasang di plafon atau dinding. Anda bisa membeli kelambu gantung ini di Shopee.



4. Kelambu Gantung Jodha Akbar

foto-kelambu-gantung-yang-bagus-dan-murah-4

Harga : Rp 250.000

Bagus dan mewah

Kelambu gantung yang dirancang khusus dengan desain mewah dan elegan ini bisa menjadi pilihan menarik untuk kamar tidur Anda. Selain mewah, kamar Anda akan mirip seperti kerajaan yang ada drama sejarah India Jodha Akbar.

Kelambu gantung bulat ini muat untuk semua ukuran, sehingga efektif digunakan untuk menjaga tidur Anda dan keluarga dari gigitan nyamuk atau serangga.



Selain itu, cara memasangnya pun sangat mudah, yakni dengan mengaitkan bagian atas ke paku yang telah tertempel di plafon. Anda bisa membeli kelambu gantung ini di Lazada.

3. Kelambu Gantung Anak

foto-kelambu-gantung-yang-bagus-dan-murah-3

Harga : Rp 360.318

Model istimewa dan cantik

Kelambu ini bisa digunakan untuk tempat tidur anak, mulai dari bayi hingga remaja. Modelnya cantik dan pasti disukai oleh anak-anak. Terdapat beberapa pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan anak Anda.



Selain itu, terbuat dari bahan katun berkualitas yang sangat nyaman digunakan. Ukurannya 240x260 cm dan mudah memasangnya. Anda bisa membeli kelambu gantung ini di Shopee.

2. Kelambu Gantung Anti Nyamuk Snobby

foto-kelambu-gantung-yang-bagus-dan-murah-2

Harga : Rp 45.000

Model keren layaknya istana

Kelambu gantung dari Snobby ini memiliki beberapa pilihan warna, seperti abu-abu, putih, pink, biru, dan hijau. Model kelambu gantung ini berbentuk segi empat yang ketika dipasang bisa membuat ruangan layaknya istana.



Jaring-jaringnya halus dan tebal sehingga sangat nyaman ketika digunakan. Sedangkan ukurannya adalah 180 x 200 x150cm. Anda bisa membeli kelambu gantung ini Shopee.

1. Kelambu Gantung Classic Bed Canopy

foto-kelambu-gantung-yang-bagus-dan-murah-1

Harga : Rp 96.000

Model klasik dan banyak disukai masyarakat

Kelambu gantung ini berukuran 60x250x1200 cm. Modelnya klasik dan cocok digunakan untuk berbagai ruangan.



Area dalam jaring-jaring luas sehingga sangat nyaman digunakan. Selain itu, juga efektif untuk menjaga Anda dan keluarga dari gigitan nyamuk atau serangga ketika tidur.

Dan, mamasangnya pun cukup mudah, yakni dengan mengaitkan ujung kelambu ke paku atau pengait yang telah tertempel di plafon. Anda bisa membeli kelambu gantung ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kelambu gantung, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti ukuran, kualitas bahan, warna, motif serta harganya,
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar kelambu gantung lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Kelambu Gantung Bulat, karena kelambu gantung ini bagus dan murah serta mudah memasangnya.
  • Sedangkan, Anda yang ingin kelambu gantung untuk kebutuhan bayi atau anak dengan bahan berkualitas dan harga terjangkau, Anda bisa memilih Kelambu Gantung Bayi Rumbai.
  • Namun, jika Anda ingin kelambu gantung bagus dan mewah, maka Anda bisa memilih Kelambu Gantung Jodha Akbar.



Referensi

  1. Safariquip(2020),Choosing a Mosquito Net,https://www.safariquip.co.uk/all-categories/mosquito-nets/choosing-a-mosquito-net/.
  2. Pyramid (2020), Mosquito Nets, https://www.pyramidtravelproducts.co.uk/product-category/mosquito-nets/.
  3. Tedderfield (2020), How to Choose a Mosquito Net,https://www.tedderfield.com/how-to-choose-a-mosquito-net/.



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.