Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


26 Jul 2021 09:00

10 Rekomendasi Laptop dengan Layar Sentuh Terbaik

By Cektarif Plus


Teknologi layar sentuh atau touchscreen tidak hanya menjadi milik smartphone saja, tapi juga sudah dipakai oleh laptop maupun notebook. Teknologi ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya.



Harga laptop layar sentuh umumnya lebih mahal dari laptop biasa. Selain karena teknologinya yang terbilang canggih, biasanya juga didukung dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan lengkap.

Saat ini telah banyak dirilis berbagai jenis laptop layar sentuh. Masing-masing brand baik lokal maupun internasional menghadirkan tipe laptop touchscreen dengan keunggulannya masing-masing.

Hal tersebut tentunya membuat banyak orang memiliki pilihan untuk menentukan mana yang cocok digunakan. Namun pilihan-pilihan tersebut terkadang juga menjadi kebingungan tersendiri, terutama saat memilih yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk membantu Anda memilih satu laptop layar sentuh, berikut ini kami sajikan rekomendasi 10 laptop dengan layar sentuh terbaik lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya kami akan menyajikan cara memilih laptop yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Perhatikan berat laptop dan ukuran layarnya

Sebelum membeli laptop layar sentuh maupun laptop biasa, alangkah baiknya Anda memperhatikan berat dan ukuran layar laptop. Hal ini penting untuk mendukung efektivitas dan kenyamanan, terutama bagi Anda yang memiliki mobilitas sangat tinggi.



Laptop yang ringan dan bisa dimasukkan ke dalam tas bisa menjadi pilihan utama untuk Anda.Ukuran layarnya biasanya mulai dari 10 hingga 14 inci.

Jika Anda menyukai layar yang lebih lebar, Anda bisa memilih ukuran layar 15 inci ke atas tapi usahakan untuk memilih bobot yang lebih ringan.

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah resolusi layar laptop. Jika Anda ingin melihat semuanya di layar atau membuka banyak program secara berdampingan sebaiknya pilih layar beresolusi Full HD.

Dengan Full HD, Anda tidak harus menggulir untuk melihat semuanya. Semakin tinggi resolusi layar, warna yang dihasilkan juga akan lebih tajam dan jernih.

Selain itu, memperhatikan responsif tidaknya layar touchscreen juga sangat penting. Kadang kala kita masih memerlukan mouse jika touchscreen tidak berfungsi dengan baik.

Perhatikan spesifikasi laptop



Spesifikasi laptop juga menjadi hal utama yang menentukan kualitas sebuah laptop. Semakin tinggi spek, semakin bagus kualitasnya dan tentunya harganya juga lebih mahal. Sehingga penting memilih laptop dengan spesifikasi yang tepat sesuai budget yang Anda miliki.

Misalnya saja jika laptop hanya digunakan untuk aktivitas kerja sehari-hari seperti mengetik, presentasi, dan tugas kantor lainnya, maka laptop dengan spek yang tidak terlalu tinggi sudah cukup baik.

Namun jika kebutuhan Anda lebih banyak seperti bermain game, menonton film, mengedit foto dan lain sebagainya, sebaiknya Anda memilih spek lebih tinggi yang mendukung performa dan kecepatan.

Spesifikasi utama yang diperhatikan pada laptop umumnya adalah prosesor yang merupakan otak dari sebuah laptop. Alangkah baiknya Anda juga harus memperhatikan prosesor apa yang digunakan oleh laptop layar sentuh tersebut.

Untuk tugas sederhana sebaiknya menggunakan prosesor dual core saja. CPU dual core baik untuk multitasking. Namun, tidak terlalu baik untuk bermain game atau mengedit foto.

Sebaiknya Anda memilih CPU intel core i7 untuk tugas multimedia. Sementara prosesor multicore sangat tepat untuk menjalankan software mengedit foto atau musik. Intinya semakin banyak core yang dimiliki semakin baik kinerjanya.

Selain prosesor masalah RAM juga penting untuk diperhatikan. Minimal RAM yang baik untuk tugas-tugas sederhana adalah 4 GB. Sementara RAM 8 GB cocok dipakai untuk kebutuhan seperti bermain game, editor foto ataupun video.



Namun perlu diketahui bahwa semakin tinggi RAM, baterai juga akan semakin terkuras. Jadi jika Anda seseorang yang lebih memperhatikan ketahanan baterai laptop, memilih RAM yang tidak terlalu besar bisa menjadi pertimbangan utama.

Perhatikan bentuk laptop

Dengan laptop layar sentuh Anda akan menemui layar yang bisa dijadikan tombol bahkan keyboard. Hal ini semakin banyak memberikan variasi dalam memilih laptop.

Di pasaran banyak terdapat berbagai bentuk atau model laptop layar sentuh. Misalnya saja laptop dengan layar sentuh yang layarnya bisa dibalik hingga membentuk sudut 280 derajat.

Ada juga yang keyboard-nya bisa dipisah dengan layarnya hingga menyerupai tablet. Sedangkan yang terbaru keyboard-nya bisa ditarik dari bagian bawah tabletnya sehingga menyerupai laptop konvensional.

Apapun bentuk laptop layar sentuh yang Anda inginkan, pastikan nyaman saat digunakan dan ringan sehingga mudah diangkat dan dibawa kemana-mana.



10 rekomendasi laptop dengan layar sentuh terbaik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop berlayar sentuh, berikut ini kami pilihkan 10 laptop dengan layar sentuh terbaik dari berbagai merek.

10. Zyrex NB Sky 360

foto-rekomendasi-Laptop-dengan-layar-sentuh-terbaik-10

Harga : Rp 4.300.000



Laptop touchscreen murah dan berkualitas

Salah satu brand laptop lokal yang cukup mumpuni adalah Zyrex. Hadir dengan layar sentuh, Zyrex NB Sky 360 pas bagi Anda yang menginginkan laptop touchscreen yang murah tapi tidak murahan.

Laptop ini sudah mengusung tema hybrid atau 2 in 1 dengan desain yang elegan. Layarnya 13.3 inci dengan resolusi full HD. Dibanderol dengan harga sekitar 4 jutaan, produk ini memiliki spek yang cukup mumpuni.

Prosesor yang digunakan produk ini adalah Intel Celeron N4000 dan RAMnya sebesar 4 GB. OS-nya sendiri menggunakan Windows 10 yang sudah berlisensi. Dengan spesifikasi tersebut, Anda bisa menjalankan tugas komputasi sehari-hari dengan cukup lancar.

9. Toshiba Satellite L50T-B1779



foto-rekomendasi-Laptop-dengan-layar-sentuh-terbaik-9

Harga : Rp 7.899.000

Sangat responsif dan nyaman digunakan

Bagi Anda yang menyukai laptop dengan ukuran layar lebih lebar, produk ini sangat pas untuk Anda pilih. Ukuran layarnya mencapai 15.6 inci dengan resolusi HD dan 10 titik sentuh. Touchscreen-nya begitu responsif sehingga nyaman digunakan.

Laptop ini didukung prosesor Intel Core i5-5200U dengan RAM sebesar 4 GB. Kartu grafisnya menggunakan Intel HD Graphics 5500 plus AMD Radeon R7 M260 yang menjadikan performanya kian andal.

Desainnya pun menarik dan kekinian. Belum lagi bobot yang ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

8. Microsoft Surface Go



foto-rekomendasi-Laptop-dengan-layar-sentuh-terbaik-8

Harga : Rp 8.368.700

Laptop portable dengan spek yang mumpuni

Microsoft Surface Go sangat cocok dipakai untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Karena produk ini merupakan laptop layar sentuh 2 in 1, di mana Anda bisa memakainya sebagai laptop maupun tablet.

Keyboard-nya bisa Anda lepas ataupun lipat. Bobotnya juga cukup ringan yaitu 1.15 kg dan memiliki layar yang hanya 10 inci saja. Sehingga sangat pas dimasukkan ke dalam tas.

Microsoft Surface Go memiliki harga yang cukup terjangkau. Baterainya terbilang tahan lama dan keyboardnya cukup empuk.

Spek-nya juga sangat mumpuni dengan RAM sebesar 8 GB. Prosesornya sendiri menggunakan intel pentium gold 4415Y. Dengan spek tersebut,tentunya bisa diandalkan untuk segala aktivitas komputasi, baik ringan hingga berat.



7. HP Envy x360 15

foto-rekomendasi-Laptop-dengan-layar-sentuh-terbaik-7

Harga : Rp 10.499.000

Laptop hibrid yang mewah dan ringkas

Laptop ini memiliki desain yang mewah dan ringkas. Didukung layar dengan 3-way micro edge yang membuat bezel sekitaran layar menjadi tipis dan dimensi layarnya menjadi lebih ringkas. Selain itu, layar laptopnya juga didukung dengan fitur anti-glare.

Untuk ukuran layar laptop ini 15,6 inci, berjenis IPS LCD dengan resolusi full HD. Layarnya juga dapat diputar 360 derajat. Laptop ini tentu saja sudah mendukung konsep hybrid atau laptop 2 in 1.



Kemudian memiliki memori RAM sebesar 2 x 4 GB dual-channel dan ditunjang dengan penyimpanan SSD PCIe NVMe berkapasitas 256 GB untuk menampung data pengguna. Sementara ketahanan baterai bisa mencapai 13 jam pemakaian standar dan telah dilengkapi dengan fitur fast charge.

6. HUAWEI MateBook X Pro 2020

foto-rekomendasi-Laptop-dengan-layar-sentuh-terbaik-6

Harga : Rp 29.999.000

Desain elegan dan menarik

Laptop layar sentuh terbaik berikutnya datang dari brand Huawei. Salah satunya adalah Huawei MateBook X Pro yang dirilis pada bulan mei 2020 lalu dengan sistem pre-order.



Laptop ini memiliki casing aluminium alloy yang ringan dan kuat, serta menggunakan finishing sand blasting sehingga terlihat sangat elegan dan mewah. Sangat cocok dipakai untuk eksekutif muda dengan mobilitas yang tinggi.

Kelebihan lainnya adalah, bezel super tipis berukuran 13,9 inci yang berjenis (in-Plane Switching) LCD dengan LED blacklight resolusi 3000 x 2000 piksel dan aspek rasio 3:2.

Selain itu laptop touchscreen ini sudah dibekali dengan baterai mumpuni yang berkapasitas 4 cell 57,4 Whr. Selain itu, laptop ini juga mendukung fitur fast charging sehingga dapat mengisi daya dengan cepat.

5. Dell Inspiron 14-5491

foto-rekomendasi-Laptop-dengan-layar-sentuh-terbaik-5

Harga : Rp 15.199.900



Laptop 2 in 1 dengan OS Windows 10 asli

Laptop ini memiliki ukuran layar 14 inci dengan menggunakan teknologi panel truelife (in-plane-switching). Resolusi yang dimilikinya Full HD (1920 x 1080 piksel) sehingga mampu memberi warna yang cemerlang.

Bukan hanya itu, laptop ini juga memiliki bingkai layar yang sangat tipis sehingga layarnya dapat diputar 360 derajat dan memungkinkan pengguna bisa memilih mode laptop, tent dan tablet (laptop 2 in 1).

Laptop touchscreen ini juga memiliki beberapa kelebihan,seperti performanya yang powerful karena menggunakan Core i7 Generasi ke-10, memiliki bobot yang ringan, dan sudah dilengkapi OS Windows 10 Asli pre-installed.

4. ASUS Chromebook Flip C302CA



foto-rekomendasi-Laptop-dengan-layar-sentuh-terbaik-4

Harga : Rp 12.999.000

Laptop berbasis Chrome OS pertama di dunia

Laptop layar sentuh ini memiliki ukuran layar 12,5 inci dengan resolusi Full HD (1920x1080 piksel) yang membuat gambarnya sangat jernih. Layarnya juga sudah mengusung teknologi touchscreen dengan multitouch 10 titik layar.

Kelebihan yang paling menonjol dari Asus Cromebook Flib C302CA adalah daya tahan baterai yang baik untuk aktivitas harian. Kemudian bobotnya ringan dan merupakan laptop berbasis Chrome OS pertama di dunia yang mengusung layar touchscreen yang bisa dilipat.

3. Acer Spin 5



foto-rekomendasi-Laptop-dengan-layar-sentuh-terbaik-3

Harga : Rp 13.480.000

Memiliki banyak port

Laptop yang dirilis tahun 2017 ini memiliki harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar 11 jutaan. Produk ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya banyaknya port yang tersedia. Misalnya saja port HDMI, port USB 2.0 dan 3.0, hingga slot memori SD card.

Layarnya berukuran 12.3 inci dengan resolusi Full HD yang jernih dan tajam sehingga dapat memberikan kenyamanan saat Anda menggunakannya.

Sedangkan prosesor laptop layar sentuh ini yang menggunakan Intel Core i3 dan Intel Core i5. Kapasitas Hardisk-nya sendiri 128 GB dengan tipe SSD.

Dengan spek tersebut, tentunya sangat bisa diandalkan untuk membantu aktivitas pekerjaan Anda sehari-hari, baik di rumah maupun di kantor.



2. Lenovo Yoga C640-13IML

foto-rekomendasi-Laptop-dengan-layar-sentuh-terbaik-2

Harga : Rp 12.299.000

Desain premium dan spesifikasi tinggi

Lenovo telah banyak menghadirkan laptop dengan kualitas yang bagus. Untuk tipe layar sentuh Lenovo mengandalkan Lenovo Yoga C640-13IML.

Produk tersebut hadir dengan kualitas spek-nya yang sangat mumpuni. Karena memiliki RAM sebesar 8 GB dan prosesor Intel Core i5-10210U dengan konfigurasi 4 core.

Dengan laptop ini, Anda bisa dengan lancar bermain game, menonton video dan kegiatan komputasi cukup berat lainnya.



Untuk ukuran layarnya 13.3 inchi dengan layar Full HD berteknologi IPS. Layarnya juga bisa diputar 360 derajat. Selain itu, desainnya premium, ringkas dan mudah dibawa kemana-mana.

1. Microsoft Surface Book

foto-rekomendasi-Laptop-dengan-layar-sentuh-terbaik-1

Harga : Rp 26.400.000

Laptop 2 in 1 anti lemot

Laptop touchcreen terakhir yang sangat direkomendasikan datang dari brand Microsoft Surface Book. Dibuat dengan tipe gadget komputasi 2 in 1, laptop touchscreen Microsoft Surface Book bisa digunakan sebagai laptop dan juga bisa dioperasikan sebagai sebuah tablet.



Layar sentuhnya beresolusi 3000 x 2000 (267 ppi) dan dilapisi gorilla glass. Walhasil, Anda tidak perlu was-was lagi jika layar tergores karena sering disentuh.

Berdasarkan fitur-fitur yang dimilikinya, Microsoft tampaknya sangat serius dalam merealisasikan sebuah produk yang berkualitas. Hal tersebut juga terlihat dari spesifikasi yang sangat mumpuni.

Seperti Prosesor pengembangan Intel Core Skylake generasi ke-6 yang dibuat ke dalam dua versi, yakni i5 dan i7. Selain itu juga didukung dengan RAM minimal berukuran 8 GB dan 16 GB sehingga membuat laptop ini anti lemot.

Dengan spesifikasi di atas, tentu laptop layar sentuh desain premium ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda dalam mendukung aktivitas apapun, seperti menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di kantor hingga bersantai sambil bermain game yang mengasikkan.

Kesimpulan



  • Jika Anda menginginkan laptop touchscreen lokal dengan harga murah dan berkualitas, Anda bisa membeli Zyrex NB Sky 360.
  • Toshiba Satellite L50T-B1779 cocok bagi Anda yang menyukai laptop berlayar lebar dengan layar sentuh yang sangat responsif. Sedangkan Microsoft Surface Go cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas yang tinggi.
  • ASUS Chromebook Flip C302CA hadir sebagai laptop layar sentuh dengan OS berbasis Chrome pertama di dunia.
  • HUAWEI MateBook X Pro 2020 wajib Anda pilih jika menginginkan laptop touchscreen dengan fitur fast charging.
  • Sedangkan Acer Spin 5 sesuai bagi Anda yang menyukai laptop touchscreen dengan banyak port.
  • Bagi Anda pecinta laptop mahal yang anti lemot, Anda bisa memilih Microsoft Surface Book.

Referensi

  1. John Burek (2020), The Best Touch-Screen Laptops for 2020, https://sea.pcmag.com/laptops/28592/the-best-touch-screen-laptops-for-2020
  2. Joshua Goldman (2020), Best 2 in 1 convertible laptops for 2020, https://www.cnet.com/news/best-2-in-1-convertible-laptops-for-2020/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.