Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


30 Aug 2021 21:00

10 Produk Penghilang Bekas Luka Terbaik

By Cektarif Plus


Memiliki banyak bekas luka tentu akan sangat mengganggu penampilan, bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri. Bekas luka bisa timbul karena berbagai faktor, bisa karena terbakar, tergores, bekas jerawat, bekas bisul, terjatuh, terkena knalpot, dan lain sebagainya.



Untuk bekas luka yang baru, mungkin akan lebih mudah perawatannya. Namun untuk bekas luka yang sudah lama, Anda memerlukan kesabaran dan proses yang ekstra untuk mengatasinya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa produk penghilang bekas luka terbaik berikut dengan harga serta ulasanya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih produk penghilang bekas luka berikut dengan kandungannya.

Cara memilih produk penghilang bekas luka

Bekas luka kadang ada yang berwarna hitam, merah, ataupun meninggalkan jaringan parut yang lebih menonjol atau biasa disebut keloid. Anda mungkin bisa dengan mudah menutupi bekas luka dengan menggunakan pakaian yang serba tertutup, namun adakalanya Anda tidak bisa menghindari situasi-situasi yang membuat bagian-bagian tubuh yang terdapat bekas luka terihat secara jelas.

Banyak sekali caranya yang bisa ditempuh untuk menghilangkan bekas luka, mulai dari cara yang sederhana hingga cara yang menguras perhatian. Bahkan tidak jarang, beberapa orang akanmelakukan konsultasi ke klinik kecantikan atau datang ke dokter kulit.

Semua pilihan tentunya bergantung pada biaya yang Anda miliki dan tingkat keparahan bekas luka. Kemudian langkah berikutnya, Anda bisa menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.



Jika pilihan Anda adalah pemakaian produk penghilang bekas luka secara langsung, karena dianggap lebih mudah dan praktis. Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara memilih produk penghilang bekas luka yang baik dan benar berikut ini :

Pertama, pastikan produk yang Anda pilih adalah produk legal. Artinya telah mendapatkan izin edar resmi dari badan-badan terkait, baik badan di dalam negeri maupun luar negeri.

Kedua, pilih produk yang memiliki informasi kandungan bahan yang digunakan, informasi cara penggunaan produk tersebut, serta memuat informasi kontra indikasi.

Ketiga, pastikan memilih produk yang sesuai dengan jenis bekas luka Anda. Identifikasi terlebih dahulu bekas luka tersebut disebabkan oleh apa dan tingkat keparahannya sejauh mana.

Keempat, uji alergi produk terlebih dahulu di bagian tubuh tertentu, misalnya di belakang telinga untuk memastikan Anda cocok dengan produk tersebut.

Kelima, utamakan produk yang berbahan alami dan sedikit efek samping, agar nantinya tidak menimbulkan bekas luka yang lain karena iritasi atau kerasnya reaksi produk tersebut.



Perhatikan jenis bahan atau kandungan pada produknya

Banyak produk penghilang bekas luka yang mengklaim bisa menghilangkan bekas luka secara ampuh, namun ada banyak faktor yang mempengaruhi keefektifan dari penggunaan produk penghilang bekas luka.

Pertama tentunya ketekunan Anda memakai produk tersebut. Karena banyak produk yang memerlukan lebih dari dua kali pemakaian untuk hasil yang memuaskan. Tidak jarang memerlukan hitungan minggu atau bulan untuk bisa melihat hasilnya.

Selain ketekunan Anda dalam memakai produk penghilang bekas luka, pemilihan skincare yang lembut juga dapat mengurangi bekas luka timbul lebih serius lagi.

Sebenarnya metode paling efektif untuk merawat bekas luka adalah menjaganya agar tetap bersih dan lembab, apalagi untuk kulit kering yang lebih rentan dengan jaringan parut. Selain itu menggunakan Alpha-H dan Vitamin E juga sangat baik digunakan sambil menunggu kulit Anda sembuh.

Meski ribuan produk menjanjikan menghilangkan bekas luka secara permanen, tapi hanya beberapa yang teruji secara ilmiah efektif menghilangkan bekas luka. Produk berbasis silikon dinilai paling efektif menghilangkan bekas luka, selain itu banyak dokter juga menawarkan perawatan silikon dengan resep dokter, Anda juga bisa mendapatkan bantalan silikon yang dijual secara bebas.

Rosehip oil terbukti bisa mengurangi bekas luka tanpa efek samping yang keras. Beberapa produk penghilang bekas luka juga banyak menggunakan minyak biji mawar ini sebagai bahan utama ataupun tambahan di dalam produk mereka.



Bahan alami lainnya seperti chamomile dan dandelion juga terbukti aman untuk kulit Anda. Vitamin A dalam bentuk retinoid atau retinol juga terbuktik efektif dalam mempercepat proses penyembuhan. Bahan-bahan ini mendorong pergantian sel dan penyembuhan luka. Perpaduan retinol dan Vitamin E sangat ideal untuk kulit sensitif.

10 Produk penghilang bekas luka terbaik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai cara memilih penghilang bekas luka dan kandungannya,maka perkenankankami memberikan rekomendasi produk penghilang bekas luka terbaik dari berbagai merek berikut ini.

10. Bio Oil



bio_oil

Harga : Rp 205.000

Menghilangkan bekas luka dan stretch mark

Selain berguna untuk menghilangkan bekas luka, Bio Oil ini bisa untuk meratakan warna kulit, melembutkan kulit kering, mengurangi gejala penuaan dini, dan untuk mengatasi masalah jerawat.

Produk ini bisa digunakan untuk pria maupun wanita, dan cocok untuk wajah maupun anggota badan yang lain. Meskipun berbahan minyak, namun Bio Oil tidak terasa lengket ketika diaplikasikan pada kulit Anda, karena kemampuan produk ini yang lebih cepat meresap.

Bahan-bahan yang terkandung di dalam Bio Oil ini antara lain; purcelin oil, calendula, lavender, rosemary, chamomile, vitamin A, dan vitamin E.

Anda bisa menggunakan minyak ini dua kali sehari selama minimum tiga bulan untuk hasil yang maksimal. Hasil untuk masing-masing individu tentunya berbeda-beda tergantung jenis dan tingkat keparahan bekas luka tersebut. Sebaiknya jangan gunakan Bio Oil untuk luka baru, atau pada kulit yang rusak. Anda bisa bisa membeli produk ini di Lazada.



9. Trilogy Certified Organic Rosehip Oil

trilogy_certified_organic_rosehip_oil

Harga : Rp 273.000

Cocok untuk semua jenis kulit

Minyak ini teruji oleh berbagai penggunanya yang telah merasakan manfaatnya baik untuk memudarkan bekas luka ataupun menghilangkan sterch mark pada ibu hamil. Minyak ini bisa diaplikasikan di wajah ataupun seluruh tubuh Anda untuk perawatan tubuh sehari-hari.

Produk ini memiliki kandungan minyak mawar murni yang kaya akan asam lemak esensial (omega tiga dan omega enam). Minyak ini mampu mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

Selain itu juga efektif untuk merawat kulit yang dehidrasi dan menua. Kulit wajah Anda akan terasa halus dan sehat tanpa khawatir efek samping keras yang timbul.



Anda bisa mengoleskan 2-3 tetes minyak ini ke telapak tangan Anda, lalu pijat dengan lembut ke seluruh kulit atau ke bagian tubuh yang memiliki bekas luka. Anda juga bisa memakainya bersama pelembab atau make up. Anda bisa membeli minyak ini di Lazada.

8. Dermatix Silicon Gel Scar Reduction

dermatix_silicon_gel_scar_reduction

Harga : Rp 276.900

Efektif untuk bekas luka lama dan baru

Produk dari Dermatix ini menawarkan perawatan sederhana serta efektif untuk menghilangkan bekas luka lama dan baru. Dermatix varian ini berbentuk gel silikon topikal yang diindikasikan untuk manajemen dan pencegahan bekas luka hipertrofik dan keloid akibat luka bakar, trauma, pembedahan, laser, chemical peeling, serta trauma lainnya.



Gel ini juga digunakan untuk membantu penyembuhan eritema yang erat kaitannya dengan perubahan warna pada bekas luka. Gel ini cepat kering, silikonnya transparan, tidak berbau dan tahan air.

Dermatix silicon gel juga membantu Anda untuk meratakan, melembutkan, dan menghaluskan bekas luka sambil menjaga keseimbangan kelembaban dan elastisitas kulit yang berdekatan. Gel ini juga berfungsi mengurangi gatal yang terkait dengan bekas luka.

Selain itu, gel ini bisa digunakan untuk anak-anak. Anda bisa menggunakan gel ini dua kali sehari selama minimal dua bulan pada kulit yang tidak pecah. Biarkan kering selama 4-5 menit sebelum ditutup dengan pakaian, kosmetik atau tabir surya. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

7. Scarless MD Advanced Silicone Scar Removal Cream

scarless_md_advanced_silicone_scar_removal_cream

Harga : Rp 760.800



Menghilangkan bekas luka pasca operasi

Silikondianggap sebagai pengobatan yang tepat untuk bekas luka. Lembar gel silikon berperekat telah lama menjadi pilihan untuk memudarkan bekas luka, tetapi krim silikon bisa sama efektifnya. Anda bisa menggunakan krim ini sekitar satu hingga dua minggu setelah jahitan Anda dilepas.

Krim ini mengandung 100 persen silikon murni yang sangat membantu kulit Anda untuk lekas sembuh dengan tetap mempertahankan kelembapan. Bahan-bahan tambahan seperti vitamin E dan antioksidan, menambahkan lebih banyak lagi kekuatan anti-bekas luka pada krim ini. Krim ini membantu mengurangi atau menghilangkan bekas luka dari pasca operasi ringan hingga operasi berat seperti pasca operasi jantung. Anda bisa membeli krim ini di Amazon.

6. Derma E Scar Gel

derma_e_scar_gel

Harga : Rp 348.000



Aman tanpa iritasi

Bekas luka dapat terjadi di mana saja di tubuh Anda, tetapi menemukan krim yang cukup ampuh untuk mengatasi bekas luka di kaki atau lengan Anda tanpa menyebabkan iritasi terkadang sulit dilakukan. Derma E Scar Gel ini bisa melembutkan dan menghaluskan bekas luka sehingga kulit Anda tampak lebih sehat dan lebih halus.

Ekstrak botani krim ini mengandung vitamin B5 yang lembut dan bagus untuk merawat bekas luka tubuh Anda. Formula bebas iritasi, bebas gluten, dan bebas GMO mendorong kulit sehat Anda dengan mengatasi bekas luka bakar dan perubahan warna bekas lukaAnda tanpa iritasi. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Honey Dew Anti-Aging Scar Cream

honeydew_anti_aging_scar_cream

Harga : Rp 160.000



Cocok untuk kulit sensitif

Honeydew anti-aging scar cream adalah pilihan tepat untuk merawat bekas luka Anda yang sudah lama. Krim ini mengandung minyak alpukat, kelapa, dan jojoba yang sangat baik untuk melembabkan juga sebagai anti penuaan dini. Kandungan vitamin E menjaga kesehatan kulit Anda, sementara shea butter dan rosehip oil meningkatkan elastisitas dan tekstur kulit Anda.

Krim ini dirancang untuk kulit sensitif yang bisa diaplikasikan dalam penggunaan sehari-hari, serta bebas dari bahan kimia, paraben, dan bahan aditif keras yang bisa menimbulkan dampak negatif pada penyembuhan bekas luka Anda. Krim inipun sangat aman digunakan untuk seluruh tubuh dan wajah Anda. Anda bisa membeli krim ini di Amazon.

4. MD Performance Professional Skincare Ultimate Scar Formula

md_performance_professional_skincare_ultimate_scar_formula

Harga : Rp 367.000



Terbaik untuk bekas luka bakar

Memiliki luka bakar memang tidak menyenangkan. Anda harus segeramengobati luka bakar atau pergi ke dokter untuk memastikan perawatan luka bakar Anda dengan baik. Jika Anda khawatir dengan bekas luka bakar yang timbul Anda bisa menjatuhkan pilihan pada MD Performance Professional Skincare Ultimate Scar formula. Krim ini adalah krim terbaik untuk bekas luka bakar Anda.

Bahan-bahan yang diformulasikan oleh dokter kulit ini dirancang untuk memudarkan bekas luka bakar dan mampu menghaluskan kulit Anda. Krim ini mengandung banyak silikon yang dikenal sebagai perawatan terbaik untuk bekas luka bakar. Krim ini mudah meresap dan bisa membantu memudarkan bekas luka bakar Anda dalam dua bulan perawatan dan diaplikasikan dua kali sehari pada bekas luka yang Ada di bagian tubuh Anda. Anda bisa membeli krim ini di Amazon.

3. Mederma for Kids Gel

mederma_for_kids_gel

Harga : Rp 310.000



Aman untuk anak-anak

Banyak produk penghilang bekas luka beredar di pasaran, namun sedikit sekali produk yang dibuat khusus untuk menangani bekas luka pada usia anak-anak. Gel mederma ini diformulasikan khusus untuk bekas luka pada anak-anak mulai dari usia dua hingga dua belas tahun.

Kandungan bahannya yang aman dan lembut membuat Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya pada bekas luka anak Anda yang cenderung lebih sensitif dan memerlukan perhatian yang lebih dari pada kulit orang dewasa.

Bahan-bahan yang terkandung di dalam gel ini seperti Allantoin, Xantham Gum, Allium Cepa (Onion) Bulb Extract dan Sorbic Acid. Gunakanlah gel ini secara merata dan pijat denagn lembut pada bekas luka tiga kali sehari selama beberapa minggu untuk hasil yang terbaik. Jangan gunakan gel ini pada kulit yang rusak, luka gigitan binatang, atau luka bakar yang serius. Anda bisa membeli gel ini di Shopee.

2. Mederma Advanced Scar Gel



mederma_advanced_scar_gel

Harga : Rp 285.000

Harga terjangkau dan mudah didapat

Gel mederma ini mudah kita temukan di berbagai toko obat maupun toko online dengan harga yang lebih murah dari pada krim penghilang bekas luka lainnya yang ada di pasaran. Gel topikal ini terbukti secara klinis untuk mengurangi keseluruhan warna dan tekstur bekas luka. Produk ini bekerja pada bekas luka lama dan baru, bekas luka bakar, bekas luka operasi, bekas jerawat, dan banyak lagi.

Bahan-bahan yang terkandung di dalam gel ini sepertiAllantoin (dengan kandungannya lebih banyak dibanding mederma for kids), Xantham Gum, Allium Cepa (Onion) Bulb Extract, Lecithin, Methylparaben, Sorbic Acid, Panthenol, dan Sodium Hyaluronate.

Anda hanya perlu menggunakannya sekali sehari untuk mendapatkan manfaatnya. Anda juga disarankan menggunakan gel ini rutin selama empat minggu untuk mendapatkan hasil yang positif. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

1. Puriderma Scar Removal Cream



puriderma_scar_removal_cream

Harga : Rp 408.000

Terbaik untuk bekas luka yang berat

Jika Anda memiliki bekas luka yang berat atau ingin bekas luka Anda hilang dengan cepat dengan bahan-bahan ampuh, pilihan terbaik adalah krim penghilang bekas luka Puriderma.Krim ini menggunakan kombinasi ekstrak herbal seperti chamomile, dandelion, dan gaharu untuk menghilangkan bekas luka yang tidak diinginkan.

Krim ini juga dapat meningkatkan elastisitas kulit Anda dan keseluruhan tekstur juga warnanya. Krim ini bekerja dengan sangat baik pada setiap jenis kulit, dari jenis kulit kering, berminyak, hingga sensitif. Krim ini juga mampu menghilangkan bekas luka lama ataupun baru dari luka bakar, bekas operasi, dan banyak lagi. Anda bisa membeli krim ini di Amazon.

Kesimpulan



  • Pastikan produk penghilang bekas luka yang Anda pilih asli dan memiliki izin edar yang resmi, perhatikan kandungan bahan-bahannya dan kontra indikasinya. Sesuaikan produk yang Anda pilih dengan jenis bekas luka Anda.
  • Produk-produk penghilang bekas luka tersebut tidaklah bekerja secara instan, Anda perlu bersabar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika nanti bekas luka Anda sama sekali tidak mengalami perbaikan yang positif.
  • Untuk Anda yang ingin memilih produk dari bahan alami dancocok untuk segala jenis bekas luka dan stretch mark, Anda bisa memilih Bio Oil.
  • Namun, jika Anda ingin menghilangkan bekas luka pasca operasi, Anda bisa memilih Scarless MD Advanced Silicone Scar Removal Cream.
  • Sedangkan, untuk Anda yang memiliki bekas luka berat dan ingin menghilangkannya dalam waktu yang cepat, Anda bisa memilih Puriderma Scar Removal Cream.

Referensi

  1. Abby Stassen (2019), The 7 Best Scar Cream of 2020, https://www.verywellhealth.com/best-scar-creams-4586851
  2. Adore Beauty (2019), How to Choose the Best Scar Cream, https://www.adorebeauty.com.au/skin-care/concerns/acne-scarring/guide/best-scar-cream





Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.