Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


12 Jul 2021 09:00

Mengenal 10 Kelebihan Realme 7 Pro

By Cektarif Plus


Realme merupakan salah satu brand terkemuka yang mulai banyak penggemarnya di Indonesia. Mereka memproduksi berbagai macam smartphone dengan kualitas performa yang mumpuni dan modelnya yang trendi.



Selain itu, kebanyakan spesifikasi Realme juga sebanding dengan harganya. Salah satu tipe smartphone canggih yang sudah dirilis oleh Realme adalah Realme 7 Pro.

Seperti diketahui, Realme 7 Pro ini menjadi perbincangan sejak diluncurkan, karena memiliki harga yang terbilang terjangkau untuk kalangan menengah. Fitur-fiturnya juga tidak kalah jauh dengan smartphone mahal lainnya.

Untuk mengenal apa saja kelebihan Realme 7 Pro ini, Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan mengenai Realme 7 Pro berikut dengan spesifikasinya.

Sekilas tentang smartphone Realme 7 Pro

Realme pada awalnya merupakan sub merek dari Oppo. Namun sejak tahun 2018 Realme mendirikan brand-nya sendiri di bawah induk perusahaan BBK Electronics.

Perusahaan yang berpusat di Shenzhen, Guangdong, Tiongkok ini, mengusung tema smartphone yang performanya cepat dan desain yang modis.



Realme pertama masuk ke pasar Indonesia pada bulan Oktober 2018. Produk yang ditawarkan kala itu seperti Realme C1, Realme 2, Realme 2 pro.

Realme sendiri berhasil mencatatkan dirinya sebagai merek smartphone yang paling berkembang di dunia. Bahkan masuk dalam top 10 merek smartphone global. Hebatnya lagi hanya dalam waktu setahun saja pencapaian besar tersebut bisa diraih.

Tahun demi tahun Realme mengeluarkan banyak tipe dengan harga yang terjangkau tapi memiliki spesifikasi yang tinggi.

Salah satunya yang belum lama ini meluncur ke pasaran tanah air pada Oktober 2020 adalah Realme 7 Pro. Smartphone ini muncul dengan membawa peningkatan yang cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya.

Desain baru, teknologi layar baru, serta performa pengecasan yang jauh lebih cepat merupakan gambaran kecil bagaimana bagusnya Realme 7 Pro.

Memang smartphone ini agak lebih mahal dari pendahulunya, maklum saja varian pro ini merupakan sebuah bentuk follow-up untuk Realme 7 dan 7i yang telah duluan memunculkan dirinya di segmen harga mid-range.

Harga Realme 7 Pro berada di rentang harga yang relatif lebih mahal dari varian sebelumnya, oleh karena itu perangkat ini lebih baik dibanding dengan Realme 6 Pro sebagai generasi pendahulunya.



Spesifikasi Realme7 Pro

Berikut ini spesifikasi lengkap dari Realme 7 Pro yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya :

RAM : 8 GB
Internal Storage: 128 GB
Memori Eksternal : microSD, up to 256 GB

Kamera Belakang : 64 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
Kamera Depan : 32 MP, f/25
Video : 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, gyro-Els

Berat : 182 gram
Dimensi : 160.9 x 74.3 x 8.7 mm
Slot SIM : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Layar: Super AMOLED 6,4 inchi
Resolusi : Full HD+, 1080 x 2.400 piksel



Chipset : Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
CPU : Octa-core (2x2.3 GHZ Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHZ Kryo 465 Silver)
GPU : Adreno 618
OS : realme UI – Android 10
Sensor : Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass

USB : USB Type-C 20, USB On-The-Go, Jack audio
Baterai : Li-Po 4500 mAh – Fast charging 65W
Jaringan : GSM / HSPA / LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual - band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth, GPS, NFC

10 kelebihan Realme 7 Pro

Dari beberapa hal di atas mungkin Anda sudah penasaran dengan Realme 7 Pro yang hadir dengan segudang kelebihan? Nah, kalau begitu mari kita bahas 10 kelebihan perangkat yang mungkin akan menarik hati Anda untuk membelinya.

1. Tersedianya berbagai fitur yang canggih



Reame 7 Pro memiliki segudang Fitur canggih. Hal ini salah satunya karena didukung Realme UI yang berbasis Android 10. OS ini memiliki sistem yang cepat, ringan dan hemat daya.

Realme UI juga memiliki 4 fitur yang bisa disesuaikan. Misalnya saja personal information protection yang dapat mencegah kebocoran informasi pribadi. Ada juga fitur focus mode, dual-mode music share, dan three finger screenshot gesture.

Tipe ini juga dilengkapi fitur eye protection yang berguna bagi kesehatan mata. Untuk fitur otentikasi biometrik terdapat face unlock dan fingerprint (indisplay).

Selain fitur-fitur di atas masih banyak fitur canggih lainnya yang dirancang untuk kenyamanan pengguna, terutama para generasi milenial.



2. Didukung layar super AMOLED

Jika sebelumnya Realme 6 Pro ataupun Realme 7 menggunakan panel layar IPS LCD, maka Realme 7 Pro tidak main-main dari segi panel layarnya.

Hal tersebut merupakan sebuah peningkatan yang jarang ditemui pada Realme seri angka, karena seri ini memang banyak didominasi oleh ponsel berpanelkan IPS LCD. Bukan hanya itu, layar Realme 7 Pro juga telah mengantongi resolusi Full HD Plus.

Layar yang dimiliki oleh Realme 7 Pro terbilang cukup terang di kelas harganya. Layar dapat mencapai tingkat kecerahan maksimum sebesar 459 nits sedangkan jika disetel pada mode Auto, tingkat kecerahan maksimalnya mencapai 585 nits.

Kehadiran layar Super AMOLED yang dimiliki oleh Realme 7 Pro, menyebabkan smartphone ini mampu menaruh sensor sidik jari di dalam layar.



Selain itu, Realme 7 Pro juga mengusung layar yang memiliki visibilitas yang baik meskipun berada di bawah terik sinar matahari, hal tersebut berkat kontras rasio yang sangat luas yang dimilikinya.

Dengan ukuran layar sebesar 6,4 inchi cukup nyaman digunakan untuk streaming maupun bermain game. Pada layar juga terpasang screen protector.

3. Chipset mumpuni untuk para gamers

Bagi para gamers yang merasa khawatir apakah Realme 7 Pro tidak akan sebaik pendahulunya dalam memainkan game, kekhawatiran itu tidaklah terbukti.



Pasalnya perangkat Realme 7 Pro ini masih membawa chipset Snapdragon 720G, sama seperti Realme 6 Pro yang nyaman dan enak dipakai untuk bermain game.

Jika ingin membandingkan dengan Realme 7, penggunaan chipset pada realme 7 pro tentu merupakan sebuah peningkatan drastis ketimbang Helio G95.

Pada realme 7 pro Anda sudah bisa menjalankan dan memainkan beragam game berat tanpa sebuah kendala, bahkan saat di-setting pada pengaturan grafis yang HD sekalipun.

Perangkat yang menggunakan sistem operasi Realme UI ini telah terbukti tangguh dalam memainkan permainan berat semisal game seperti PUBG Mobile.

Pada game tersebut pengaturan yang bisa diangkat adalah HD pada frame rate High. Dijamin sesi permainan pada PUBGpun akan berjalan dengan begitu lancar dan nyaman tanpa ada lag yang terasa.

Bukan hanya itu, pada Realme 7 Pro Anda juga bisa berganti-ganti aplikasi dengan cepat ataupun membuka banyak tab saat browsing. Hal ini karena smartphone Realme 7 Pro sudah menggabungkan chipset bertenaga dari Qualcom dengan dukungan RAM 8 GB LPDDR4x.



4. Mengecas daya hingga 100% dalam waktu 34 menit

Realme 7 Pro memang tidak memiliki kapasitas baterai besar seperti Realme 7 reguler, hal tersebut karena Realme 7 Pro hanya mengantongi angka 4.500 mAh.

Akan tetapi hal tersebut bukan hal yang membuat Realme 7 Pro menjadi terlihat kurang dibanding pendahulunya. Sebab baterai yang dimilikinya mengusung panel layar Super AMOLED yang lebih awet dari segi ketahanan baterai.

Hal yang pasti, keberadaan kapasitas 4.500 mAh pada Realme 7 Pro jelas merupakan sebuah peningkatan ketimbang Realme 6 Pro yang hanya sebesar 4.300 mAh. Padahal Realme 6 Pro masih memakai panel IPS LCD.

Bagi Anda yang risih ketika mengecas smartphone hingga berjam-jam, maka dengan memiliki Realme 7 Pro ini Anda tidak perlu lagi menunggu waktu selama itu untuk mengecas.



Baterai Realme 7 Pro dilengkapi dengan Fast Charging 65 watt yang diklaim bisa mengecas daya hingga 100% dalam waktu 34 menit. Ini tentu merupakan salah satu peningkatan yang bisa diapresiasi, mengingat Realme 6 Pro hanya mengusung Fast Charging 30 watt saja.

Menggunakan panel layar Super AMOLED serta refresh rate 60Hz, membuat smartphone ini terasa lebih irit baterai dari generasi sebelumnya. Pemakaian intensif seharian penuh tentu bisa dilibas dengan mudah.

Dengan screen on-time sekitar 4,5 jam( sudah termasuk panggilan konferensi video 90 menit), tahan seharian, isi dayanya pun sangat singkat, membuat Realme 7 Pro sangat nyaman untuk digunakan.

5. Kinerja kamera yang andal



Kebanyakan orang membeli smartphone masa kini karena ingin mendokumentasikan berbagai hal dalam kesehariannya baik foto maupun video. Realme 7 Pro ini sangat mendukung keinginan tersebut. Realme 7 Pro membawa sensor kamera 64MP.

Dengan menggunakan sensor Sony IMX682 f/1.8, smartphone ini dapat hasilkan foto 16MP berkualitas tinggi. Selain itu, terdapat kamera 8MP f/2.3 ultra wide-angle, 2MP B&W untuk efek potret dan 2MP macro.

Fitur lainnya seperti tripod mode dan starry mode untuk ambil bintang di langit juga dibawa dari seri yang lebih tinggi ini.

6. Stereo speaker yang lantang



Bagi para pecinta musik tidak perlu ragu lagi untuk menjatuhkan pilihan pada Realme 7 Pro. Suara speaker smartphone ini sangat menggelegar walau tanpa headset.

Hal tersebut karena Realme 7 Pro mengandalkan dua buah speaker yang terletak di bagian bawah dan atas ponsel. Volume suara yang dihasilkan dari speaker ini terbilang sangat kencang, walaupun kualitasnya masih terdengar lebih bagus saat memakai earphone.

Realme 7 Pro juga memanfaatkan earpiece di bagian atas sebagai speaker sekunder, sehingga tercipta efek stereo saat mendengarkan langsung dari smartphone.

Dipadukan dengan layar AMOLED dan efek suara Dolby Atmos, menonton konten video streaming jadi terasa lebih puas.

7. Efek video lebih artistik



Untuk menghasilkan efek video yang lebih artistik, Realme 7 Pro menyiapkan empat filter baru yang bisa dipilih. Tiga diantaranya adalah filter monokrom, dimana pengguna bisa memilih satu warna saja yang ditampilkan (merah, hijau atau biru).

Pada Realme 7 Pro ini juga terdapat menu “More”, dimana opsi baru yang tidak ada di realme 7 maupun realme 6 Pro, yakni Movie.

Selain itu, Realme 7 Pro juga menggunakan jaringan 4G LTE serta support WiFi. Dengan konektivitas yang stabil dan kencang tentuanya akan membuat aktivitas menonton film semakin lancar dan mengasyikan.

Anda juga tidak perlu takut berlama-lama menonton video streaming karena terdapat fitur eye protection yang akan membuat mata lebih nyaman dan aman.

8. NFC multifunctions khusus di pasar Indonesia



NFC (Near-field Communication) dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Protokol Komunikasi Jarak Dekat. Fitur ini berguna untuk melakukan transfer atau memindahkan data dari sebuah perangkat ke perangkat yang lain dalam waktu singkat tanpa perlu menggunakan kabel atau semacamnya.

NFC pada Realme 7 Pro ini yang hanya tersedia untuk pasar Indonesia saja. Sementara model yang tersedia untuk pasar global justru tidak dilengkapi dengan fitur berguna ini.

Sebagai informasi tambahan, NFC Multifunctions di Realme 7 tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi cashless saja, melainkan juga untuk menduplikasi kartu digital supaya bisa membuka pintu apartemen atau kantor hanya dengan menggunakan ponsel.

9. Desain bodi ideal dan nyaman digenggam



Meskipun Realme 7 Pro merupakan ponsel yang tidak semahal Iphone dan cenderung dihadirkan untuk pasar harga murah, bukan berarti desain bodinya tidak diperhatikan dengan sungguh-sungguh oleh Realme.

Perangkat varian Pro ini mengikuti jejak pendahulunya yakni Realme 7, yang menyuguhkan desain bodi belakang yang terinspirasi dari ruang kaca.

Bahan material plastik polikarbonat milik Realme 7 Pro juga memberikan efek halus atau tampilan glossy dan enak saat digenggam. Untuk pilihan warnanya, tersedia Mirror Silver, dan Mirror Blue.

Ada juga versi Special Edition dengan warna Sun Kissed Leather (oranye dan putih). Realme 7 Pro memiliki dimensi 160.9 x 74.3 x 8.7 mm dengan berat 182 gram yang membuat desainnya semakin ideal.



10. Harga yang tidak terlalu mahal

Keberadaan Realme 7 Pro di pasar Indonesia menjadikan pengguna smartphone masa kini tidak perlu merogoh isi dompet yang banyak untuk mendapatkan smartphone yang memiliki segudang fitur-fitur canggih.

Hal yang sama juga dilakukan Realme selama ini, di mana produknya dikenal murah tapi tidak murahan. Karena itu, kehadiran Realme di pasar Indonesia sangat diminati.

Dengan harga yang relatif terjangkau yaitu sekitar 4 jutaan, para pecinta smartphone sudah bisa merasakan fitur canggih dan dapat berselancar dengan mudah di media-media sosial dengan produk Realme.

Pada paket penjualannya, produk ini juga menyediakan charger 65 W superdart, kabel USB Type C, soft case, screen protector (terpasang di layar), SIM ejector, serta paket dokumen.



Kesimpulan

  • Realme 7 Pro memiliki 10 kelebihan diantaranya memiliki banyak fitur yang canggih, menggunakan layar super amoled dan resolusi Full HD plus.
  • Tipe ini memiliki kinerja kamera yang bagus dan stereo speaker yang lantang.
  • Realme 7 Pro diklaim mampu mengecas daya hingga 100 % dalam waktu 34 menit.
  • Dengan harga yang tidak terlalu mahal, tipe ini telah dilengkapi NFC Multifunctions yang hanya ada di pasar Indonesia.
  • Didukung chipset yang mumpuni untuk para gamers.

Referensi



  1. Wikipedia, Sejarah Realme,https://id.wikipedia.org/wiki/Realme#:~:text=Realme%20pertama%20kali%20muncul%20di,perusahaan%20independen%20pada%20tahun%202018.
  2. Realme Indonesia, Realme 7 Pro, https://www.realme.com/id/realme-7-pro#:~:text=realme%207%20Pro%20ditenagai%20oleh,lancar%20dengan%20kualitas%20grafis%20terbaik.
  3. Merdeka.com (2020), Review Realme 7 Pro, Jagoan Terbaru Realme, https://www.merdeka.com/teknologi/review-realme-7-pro-jagoan-terbaru-realme.html.



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.