Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


05 May 2020 08:09

10 Webcam Terbaik untuk PC dan Laptop

By Cektarif Plus


Webcam bisa menjadi alat yang sangat penting dalam mengembangkan bisnis, terutama saat Anda melakukan konferensi video dengan klien atau rekan kerja. Selain itu, dapat memudahkan Anda saat ingin berkomunikasi dengan teman dan keluarga melalui video call, dan juga dapat difungsikan untuk menyiarkan game Anda.



Meskipun komputer PC All-in-One dan laptop sudah dilengkapi dengan webcam yang cukup bagus, namun banyak kalangan masih membutuhkan webcam yang sangat bagus untuk melengkapinya. Karena itu, banyak webcam menakjubkan di pasaran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda menggunakannya.

Disinikami akan menyajikan beberapawebcam terbaik untuk PC dan laptop lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih webcam dan menginstalnya.

Cara memilih webcam yang tepat

Kebutuhan internet masyarakat modern semakin meningkat, seiring dengan kebutuhan mereka akan akses informasi, pengetahuan, hiburan, maupun menjalin hubungan atau relasi. Salah satu gadget yang digunakan untuk mendapatkan kemudahan tersebut adalah dengan memiliki webcam.

Adapun tujuan orang menggunakan webcam adalah agar bisa mendapatkan komunikasi video di internet dari jarak jauh dengan menggunakan berbagai macam program di dalamnya. Selain itu, webcam bisa dimanfaatkan untuk mengambil gambar sekaligus juga merekamnya.

Beberapa produsen elektronik terkenal memasarkan webcam dengan spesifikasinya yang tentunya akan membuat Anda tertarik untuk membelinya. Namun sebelum membelinya, pastikan Anda mempertimbangkan parameter mana yang harus diperhitungkan saat memilih perangkat tersebut :



  • Kenali matriks

Matriks merupakan permukaan tempat cahaya masuk yang menciptakan impuls listrik di dalamnya. Sensitivitas matriks ini diukur dalam satuan lux (lux), sehingga dapat menentukan tingkat pencahayaan minimal untuk pemotretan.

Pada perangkat fotografi, biasanya menggunakan matriks CCD yang memiliki tingkat kebisingan lebih rendah, namun harganya sangat mahal. Sedangkan pada webcam menggunakan matriks CMOS yang harganya lebih terjangkau. Hal ini tidak lepas dari tujuan utamanya, yaitu menyediakan komunikasi melalui jaringan.

Namun,yang perlu Anda ketahui bahwa, video webcam yang menggunakan matriks CCD akan menghasilkan suara berisik jika terjadi kekurangan cahaya.

  • Perhatikian resolusi webcam



Hasil dari kualitas gambar webcam yang Anda beli bergantung pada resolusi perangkat. Ukuran resolusi diukur dalam piksel. Karena itu, pastikan Anda memilih resolusi webcam yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

Untuk konferensi, Anda bisa menggunakan ukuran standar dengan resolusi 320x240 piksel. Namun, jika Anda ingin menggunakan untuk merekam video, maka Anda bisa memilih resolusi 640x480 piksel. Dan, untuk kebutuhan gambar yang lebih baik dengan skala yang lebih besar, Anda bisa menggunakan resolusi 1280x960 piksel.

  • Pilih FPS yang relevan dengan kebutuhan Anda

FPS atau Frame per second merupakan satuan yang mengukur kinerja perangkat tampilan. Semakin banyak FPS, semakin halus dan detail sehingga gambar akan tampak lebih nyata secara visual.

Kami menyarankan, sebaiknya Anda memilih FPS dengan ukuran minimal 25 FPS, karena dapat berfungsi lebih baik untuk hasil pemindaian yang progresif.



  • Perhatikan bagian koneksinya

Beberapa produsen melengkapi produknya dengan koneksi USB, baik itu 2.0 atau 3.0. Dengan koneksi tersebut akan memungkinkan Anda mengirimkan data dengan cepat.

Mungkin koneksi USB tersebut lebih mudah jika diaplikasikan pada laptop. Lain hal nya dengan desktop komputer, kemungkinan Anda perlu menyediakan setidaknya 1,5 meter kabel, agar tidak ada masalah saat memasang webcam.

Sedangkan webcam dengan Bluetooth atau Wi-Fi bisa lebih mudah diaplikasikan, tapi bagi sebagian orang harganya terlalu mahal. Selain itu, juga dianggap kurang stabil saat menggunakannya.

  • Perhatikan dukungan sistem operasi (OS)

Sebagian besar webcam mendukung OS Windows. Tapi yang perlu Anda perhatikan jika membeli satu adalah, Anda harus menentukan apakah perangkat dapat beroperasi pada sistem Anda. Hal ini sangat penting, agar webcam yang sudah Anda beli bisa diaplikasikan untuk PC atau pun laptop Anda.



  • Perhatikan fitur tambahan dari webcam yang akan Anda beli

Beberepa fitur tambahan yang biasanya melekat pada webcam adalah sebagai berikut; Pertama, zoom otomatis. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur pembesaran ke objek dalam mode otomatis, sehingga membuat Anda lebih nyaman ketika menggunakannya. Biasanya webcam yang dilengkapi fitur ini memiliki harga yang lebih mahal.

Kedua, fitur mikrofon internal. Mikrofon pada webcam sangat berguna untuk menjalin komunikasi, dan Anda tidak perlu membeli lagi mikrofon secara terpisah. Namun, pastikan fitur ini memiliki kualitas dan berfungsi dengan baik.

Cara menginstal webcam ke PC atau laptop

Sebagian besar webcam memiliki koneksi USB, CD driver, dan kamera. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah meletakkan kamera di mana Anda dapat melihatnya dan di mana ia dapat melihat Anda.



Kemudian untuk menginstal, Anda bisa mencolokkan USB ke komputer melalui port USB. Jika webcam Anda sudah dilengkapi dengan sistem Plug and Play, maka Anda bisa mengikuti panduannya untuk mengaktifkan dan langsung bisa terkoneksi.

Kecuali diinstruksikan sebaliknya, maka masukkan CD driver yang disertakan dalam produknya sebelum Anda mencolokkannya. Dari situ, Windows akan memandu Anda untuk menginstal perangkat lunak webcam yang Anda miliki.

10 Webcam terbaik untuk PC dan laptop

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang cara memilih webcam dan menginstalnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi webcam terbaikuntuk PC dan laptop dari berbagai merek berikut ini:

10. Logitech C270



logitech_c270

Harga : Rp 318.750

Kualitas gambar bagus dan tajam

Logitech merupakan perusahaan perlengkapan komputer dan mobile yang berasal dari Swiss. Produk-produknya telah dipasarkan hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu produknya yang banyak diminati masyarakat adalah Webcam C270 HD.

Logitech C270 memberikan kepada Anda kualitas panggilan video yang bagus dan tajam, sehingga membuat video call nampak lebih nyata. Selain itu, ditunjang dengan built-in mikrofon teknologi Right Sound yang membuat percakapan semakin jernih.

Belum lagi teknologi Right Light yang dapat membantu Anda mendapatkan gambar terbaik, meskipun kondisi pencahayaan ruangan sedikit atau remang-remang. Anda bisa membeli webcam ini di Shopee.



9. Razer Kiyo

razer_kiyo

Harga : Rp 1.865.900

Cocok digunakan untuk kalangan profesional

Webcam Razer Kiyo ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan streaming. Cocok digunakan oleh para profesional yang menginginkan kesempurnaan dalam menjalankan setiap aktivitas konferensi sehari-hari dengan rekan kerja.

Razer Kiyo dilengkapi dengan lampu cincin yang bisa Anda redupkan atau cerahkan sesuai dengan pengaturan yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga bisa menentukan tingkat kecerahan, kontras, saturation, dan white balance. Anda bisa membeli webcam ini di Shopee.



8. M-TECH

m_tech

Harga : Rp 90.000

Harga terjangkau dan ergonomis

Webcam merek M-Tech ini bisa Anda gunakan untuk melakukan video siaran langsung dan bisa terintegrasi dengan berbagai macam platform sosial media di internet. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan webcam ini untuk recording, video upload, dan lain-lain.

Webcam ini sudah didesain agar mudah diletakkan di PC atau laptop Anda. Selain itu, desain ergonomis yang nyaman meskipun digenggam dengan tangan tanpa khawatir terjatuh. Anda bisa membeli webcam ini di Lazada.



7. NYK Nemesis A80

nyk_nemesis_a80

Harga : Rp 238.000

Gambar jernih dan bisa meredam suara bising

Untuk para gamer dan streamer yang ingin mengawali pengalaman live streaming yang luar biasa, Anda bisa menggunakan webcam NYK Nemesis A80. Selain hasil gambarnya yang berkualitas, webcam ini bisa diputar 360 derajat.

Kelebihan lain dari webcam ini adalah bisa meredam suara bising yang keluar dari sekitar tempat Anda melakukan streaming, sehingga kualitas suara yang dihasilkan akan lebih optimal. Anda bisa membeli webcam ini di Lazada.



6. China OEM Uebfashion-4330A Ebow SOS

china_oem_uebfashion_4330a

Harga : Rp 277.000

Mudah dipasang tanpa perlu repot dalam instalasi

Webcam yang dilengkapi dengan mikrofon untuk PC ini sudah Plug and Play sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi dalam memilih driver atau melakukan pengaturan setting. Cukup dengan connect ke Windows, Anda bisa langsung menggunakannya.

Produk dari China OEM ini memiliki 6 LED lampu dengan 1/4 resolusi tinggi CMOS sensor VGA yang memberikan Anda sensor gambar yang cukup baik. Selain itu, memiliki sistem pengaturan terang dan redup yang bisa dilakukan dengan manual dimmer switch. Anda bisa membeli webcam ini di Lazada.



5. Logitech C922

logitech_c922

Harga : Rp 1.300.000

Membuat streaming dan perekaman lebih optimal

Logitech C922 ini banyak digunakan oleh kalangan profesional karena kemampuan streaming dan merekamnya yang sangat baik. Cocok digunakan untuk membantu membangun hubungan Anda dalam meningkatkan usaha atau bisnis Anda.

Selain itu, produk ini mampu menghasilkan suara yang jernih dan optimal, dan bahkan audio stereo bisa menangkap dengan baik dari setiap sudut ruangan Anda. Disisi lain, pengaturan audio nya pun lebih mudah dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Kemudian, kemudahan lain yang bisa Anda dapatkan dari webcam ini, seperti sistem pengaturan cahaya rendah akan terkoreksi secara otomatis, tripod yang bisa Anda panjangkan hingga 18,5 cm, dan lain sebagainya. Anda bisa membeli webcam ini di Shopee.



4. Logitech Brio

logitech_brio

Harga : Rp 3.150.000

Streaming video lebih jernih dan detail

Untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih jernih dan detail, Anda bisa memilih Logitech Brio, karena memiliki 4K Ultra HD pada 30 fps atau 1080p pada 30 fps atau 60 fps. Cocok digunakan untuk kebutuhan konferensi video, streaming, atau perekaman video. Selain itu fitur yang ditawarkan lebih banyak dan canggih.

Seperti, kamera 4K ultra high-def premier yang menghadirkan 5x digital zoom.Kemudian, dilengkapi dengan kinerja low-light yang dapat bekerja dengan baik saat redup atau pun saat terkena sinar matahari secara langsung.



Selain itu, RightLightâ„¢ 3 dan teknologi High Dynamic Range (HDR) dapat menyesuaikan dengan subjek yang paling penting, yakni Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli webcam ini di Shopee.

3. Logitech PTZ Pro 2

logitech_ptz_pro_2

Harga : Rp 10.300.000

Cocok untuk kebutuhan konferensi video profesional

Bagi kalangan pebisnis atau profesional, Logitech PTZ Pro 2 bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan konferensi profesional di perusahaan Anda. Dengan optik premium dan kualitas videonya yang sangat baik akan membuat konferensi Anda bersama kolega menjadi lebih nyaman di tempat duduk yang sama, bahkan jika Anda berjarak lebih dari 5.000 km jauhnya.



Selain itu, resolusi gambar kamera produk ini sangat tajam dengan reproduksi warna yang luar biasa, dan tingkat keakuratan optikal yang sangat hebat. Anda bisa membeli webcam ini di Shopee.

2. Havit HV-V618

havit_hv_v618

Harga : Rp 177.000

Penyangga lebih stabil dan aman

Meskipun instalasi masih menggunakan driver, namun banyak hal menarik yang ditawarkan Havit HV-V618 dan patut Anda perhitungkan untuk membelinya. Seperti, memiliki dua peyangga yang terbuat dari bahan metal dengan desain yang kokoh, sehingga bisa Anda letakkan dimana saja tanpa takut terjatuh.



Selain itu, harga yang ditawarkan lebih terjangkau, dan cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan personal Anda. Dan, untuk mengantisipasi cahaya yang terlihat redup atau buram, Anda bisa menggunakan LED ekternal atau pencahayaan ruangan yang lebih terang lagi. Anda bisa membeli webcam ini di Shopee.

1. A4TECH PK-900H

a4tech_pk_900h

Harga : Rp 389.000

Kualitas terbaik dan penempatannya mudah

Webcam merek A4Tech menawarkan resolusi Full HD 1080p yang mampu memberikan gambar terbaik dan tajam dengan kecepatan video hingga frame rate 30 fps. Selain itu, dilengkapi mikrofon dengan kualitas yang jernih sehingga membuat Anda lebih nyaman saat berkomunikasi via internet VoIP.



Anda juga bisa berselfi ria dan eksis di dunia maya dengan beragam gaya, karena webcam ini memiliki resolusi interpolasi hingga 16.0 megapixel yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan gambar foto dengan kualitas yang cukup baik.

Desain webcam A4Tech bisa dilipat dan diputar hingga sudut 360 derajat, sehingga Anda lebih mudah saat melakukan panggilan video call, chatting atau sekedar merekam video/mengambil screenshot. Sedangkan desain base fleksibel, bisa Anda jepitkan di layar monitor LCD atau laptop, dan juga bisa Anda letakkan diatas meja.

Selain itu, teknologi superior low-light performance yang dimiliki webcam ini akan memudahkan Anda saat menggunakan di tempat yang kurang pencahayaan. Anda bisa membeli webcam ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli webcam, sebaiknya Anda memperhitungkan beberapa hal penting, seperti matriks, resolusi webcam, FPS yang relevan, bagian koneksi, dukungan sistem operasi (OS), dan fitur tambahan yang melekat pada webcam.
  • Tidak hanya itu, Anda harus mengetahui cara menginstalnya, dan menempatkannya dengan tepat sehingga lebih nyaman saat digunakan.
  • Anda bisa memilih webcam Logitech Brio, karena memiliki 4K Ultra HD pada 30 fps atau 1080p pada 30 fps atau 60 fpsyang hasil gambarnya lebih jernih dan detail.
  • Untuk para gamer dan streamer yang ingin mengawali pengalaman live streaming yang luar biasa dengan hasil gambar yang berkualitas serta bisa diputar 360 derajat, Anda bisa menggunakan webcam NYK Nemesis A80.
  • Namun, jika Anda ingin webcam dengan harga terjangkau yang sudah dilengkapi dengan mikrofon dan Plug and Play, maka Anda bisa memilih China OEM Uebfashion-4330A.



Referensi

  1. Webcam and Mic Test (2020), How to choose a webcam,https://webcammictest.com/how-to-choose-webcam.html
  2. Mark Casey (2019), How to Install and Connect a Webcam to Your PC, https://www.lifewire.com/install-and-connect-a-webcam-to-your-pc-2640488



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.