Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


07 May 2020 08:09

10 Walkie Talkie Paling Tahan Lama dan Jangkauan Terluas

By Cektarif Plus


Walkie talkie merupakan alat komunikasi dua arah tanpa menggunakan pulsa yang biasa dipakai di alam bebas. Dengan alat ini, orang dapat berkomunikasi pada jarak tertentu. Walkie talkie biasa digunakan di daerah pegunungan, atau daerah yang tanpa sinyal.



Ada banyak jenis dan merek walkie talkie yang bisa Anda temukan dipasaran. Baik jenis frekuensi, luas area jangkauan sinyal, ketahanan daya baterai, hingga ketahanan walkie talkie dengan kondisi alam dan lingkungan sekitar.

Karena itu, kami menyajikan beberapa informasi mengenai walkie talkie yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Termasuk harga, ulasan produk, hingga tata cara perawatan dan penggunaan walkie talkie berikut ini.

Mengenal jenis frekuensi pada walkie talkie

Hal terpenting sebelum memilih walki talkie untuk kebutuhan komunikasi adalah memahami jenis frekuensi yang digunakan. Umumnya, pada walkie talkie akan menggunakan dua jenis frekuensi, yakni ultra-high frequency (UHF) dan very-high frequence (VHF).

Walkie talkie dengan jenis frekuensi UHF memiliki gelombang direntang 403 Mhz hingga 470Mhz. UHF merupakan jenis yang paling sering diterapkan pada radio-radio dan televisi diperkotaan, serta kebutuhan indoor. Namun faktanya lebih dari 80% walkie talkie yang biasa digunakan dilapangan masih menggunakan frekuensi UHF.

Sedangkan untuk VHF, jenis frekuensi ini berada direntang 136 Mhz hingga 174 Mhz. Frekuensi jenis inilah yang biasa diterapkan pada walkie talkie profesional untuk kebutuhan komunikasi outdoor, seperti pekerjaan di lapangan atau untuk berkomunikasi di alam bebas.



Perhatikan jarak dan luas area frekuensi dari walkie talkie

Kebanyakan walkie talkie yang ada dipasaran memiliki jangkauan yang cukup luas, yakni di atas 20 mil jangkauan. Namun, khusus walkie talkie yang diperuntukkan bagi kalangan profesional bisa mencapai jarak lebih dari 35 mil jangkauan.

Umumnya, semakin luas jangkauan gelombang walkie talkie akan semakin baik. Namun, jangkauan yang terlalu luas dapat mengakibatkan penumpukan frekuensi. Hal ini cukup fatal bila Anda sedang membagikan informasi tertutup tetapi ada orang lain yang “tersangkut” di channel.

Oleh karena itu, selain memilih walkie talkie dengan jangkauan luas. Pertimbangkan juga tingkat keamanan dari perangkat yang akan Anda gunakan untuk berkomunikasi. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memakai walkie talkie jenis digital yang memiliki tingkat keamanan sedikit lebih baik dari jenis analog.

Perhatikan ketahanan dan jumlah pemakaian daya



Semakin luas area jangkauan walkie talkie Anda, semakin banyak pula daya yang akan dipakai. Atau dalam perhitungan sederhana, walkie talkie akan memakai energi baterai setiap 1 Watt power untuk 1 mil jangkauan. Dan, ada beberapa walkie talkie dengan specs tinggi dapat memakan daya hingga 5 Watt tiap 3 mil jangkauan.

Hal terpenting yang harus diingat, Anda tidak bisa men-recharge daya di alam bebas. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan walkie talkie yang memiliki kapasitas baterai besar, dan memiliki jangkauan yang cukup luas. Umumnya, walkie talkie akan memakai jenis baterai Li-ion dan beberapa menggunakan NiMH yang memiliki durabilitas sangat baik.

Sesuaikan penggunaan dengan kondisi alam dan lingkungan

Walkie talkie merupakan alat komunikasi yang biasa digunakan pada saat darurat, atau untuk komunikasi dua arah yang penting. Saat berada di daerah seperti pegunungan yang tanpa sinyal, Anda akan sangat membutuhkan walkie talkie untuk saling berkomunikasi dan berkoordinasi.

Namun, lingkungan di alam bebas terkadang sangat tidak sesuai dengan perangkat elektronik jenis apa pun. Oleh karena itu, pilihlah walkie talkie yang memiliki ketahanan dan resistensi yang mumpuni supaya tidak error ketika digunakan saat cuaca buruk, seperti hujan.



Cara merawat dan menjaga performa walkie talkie

Walkie talkie merupakan perangkat elektronik yang cenderung mudah dirawat, pada dasarnya alat sudah memiliki ketahanan yang cukup kuat. Namun, bila Anda justru melalaikan hal-hal sederhana, dapat dijamin walkie talkie tidak akan bertahan lama. Berikut cara merawat walkie talkie supaya performanya selalu terjaga.

  • Jangan mengisi daya walkie talkie terlalu lama, segera lepaskan charger bila baterai telah terisi penuh. Dan, pastikan untuk tidak mengisi daya dengan voltase tinggi. Isilah daya dengan adapter resmi dari walkie talkie.
  • Hindari pemakaian walkie talkie hingga overheat, sebab hal ini akan mempengaruhi durabilitas dari battery dan komponen perangkat. Pastikan untuk menyimpan walkie talkie di tempat yang kering dan tidak lembab.
  • Walaupun beberapa walkie talkie memiliki ketahanan untuk dipakai di tengah badai. Namun, bila Anda membiarkan walkie talkie terus dalam keadaan basah, maka bukan tidak mungkin perangkat akan mengalami error atau kerusakan.

10 Walkie talkie paling tahan lama dan jangkauan terluas

Setelah Anda mengetahui dan memahami hal-hal apa saja tentang walkie talkie beserta cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi walkie talkie terbaik untuk memenuhi kebutuhan komunikasi Anda.



10. Uniden MHS75 Submersible 2-Way 5W VHF Marine Radio

uniden_mhs75_submersible_2_way_5w_vhf_marine_radio

Harga : Rp 2.163.000

Tetap menjaga komunikasi walau diterjang badai

Walkie talkie Uniden MHS7 dirancang untuk kebutuhan komunikasi di lokasi-lokasi dengan kondisi alam ekstrem. Perangkat ini menggunakan JIS8 Submersible Standart, dan mampu menerima semua channel pengamatan cuaca NOAA.

MHS75 juga memiliki durasi pemakaian battery yang panjang, hingga 12 jam aktif. Untuk bagian Transmit Power-nya, walkie talkie ini menggunakan 1 Watt/2.5/5.Dan bagian terbaik dari MHS75 adalah, waktu pengisian battery yang sangat cepat.Anda bisa membeli walkie talkie ini di Lazada.



9. Retevis H-777 2-Way USB UHF Radio 400-470Mhz

retevis_h_777_2_way_usb_uhf_radio_400_470mhz

Harga : Rp 703.000

Walkie talkie simple dan ekonomis, serta mampu beroperasi di lingkungan paling ekstrem

Retevis H-777 merupakan walkie talkie yang menggunakan single frequency UHF. Perangkat ini sempurna untuk komunikasi jarak pendek. Selain itu, walkie talkie ini menggunakan kapasitas battery besar 1500mAh dan dapat digunakan pada suhu lingkungan minus 30 hingga 60 derajat.

Bila Anda membutuhkan konfiguasi lanjutan, H-777 juga dapat diprogram ulang dengan menggunakan PC software. Walkie talkie ini juga memiliki tingkat keamanan serta privasi yang terjamin. Anda bisa membeli walkie talkie ini di Lazada.



8. Motorola MR350R 35-Mile 2-Way FRS/GMRS Radio

motorola_mr350r_35_mile_2_way_frs_gmrs_radio

Harga : Rp 1.475.000

Mampu menjaga komunikasi hingga jangkauan 35 mil

MR350R dirancang khusus untuk Anda yang membutuhkan alat komunikasi jarak jauh di alam bebas. Dengan jarak mencapai 35 mil atau 56 km, serta fitur priority scandapat dipastikan jalur komunikasi tidak akan terputus, terutama di daerah tanpa sinyal GSM atau internet.

Walkie talkie ini menggunakan gelombang tipe FRS/GMRS, atau populer dikenal sebagai UHF. Pada kondisi normal MR350R dapat aktif selama 9 jam, serta dapat langsung di¬-charge ketika daya battery habis. Selain itu, walkie yang satu ini juga memiliki 7 channel cuaca NOAA. Anda bisa membeli walkie talkie ini di Shopee.



7. Midland GXT1030V P4 2-Way GMRS Radio

midland_gxt1030vp4_2_way_gmrs_radio

Harga : Rp 2.255.000

Memiliki 50 channel serta tersambung di 10 stasiun cuaca NOAA dalam radius 57 Km

Midland GXT1030V P4 merupakan walkie talkie yang bisa Anda andalkan untuk segala macam kegiatan, baik indoor maupun indoor. Dengan jangkauan hingga 57 Km, serta memiliki 22 channel plus 28 channel ekstra, Anda tidak akan kesulitan berkomunikasi dalam kelompok.

GXT1030V dibekali dengan JIS4 Waterproof, sehingga walkie satu ini tetap aman dioperasikan dalam keadaan hujan ringan maupun sedang. Selain itu, Anda juga akan bisa menggunakan kode privasi, sehingga semua komunikasi dipastikan aman dari intervensi. Anda bisa membeli walkie talkie ini di Lazada.



6. Cobra CXT 1035 FLT Camo Radio

cobra_cxt_1035_flt_camo_radio

Harga : Rp 2.380.000

Walkie talkie terbaik untuk kegiatan di alam bebas dan berburu

Cobra CXT1035FLT merupakan salah satu walkie talkie dengan fitur premium terbaik yang bisa Anda dapatkan di marketplace Indonesia. Jarak jangkauan walkie ini mencapai 37 mil atau 58 Km, serta miliki ketahanan yang sangat mengesankan, bahkan jika terjatuh digenangan air. Produk jenis ini menggunakan standard IPX7, floating &waterproof.

CXT1035FLT memiliki fitur rewind-say-again, yang mana semua audio yang masuk selama 20 detik akan otomatis tersimpan, dan dapat dibuka kembali. Selain itu, walkie talkie ini juga terhubung dengan radio cuaca darurat badai NOAA. Anda bisa membeli walkie talkie ini di Bukalapak.



5. Motorola Talkabout T60 Radio

motorola_talkabout_t60_radio

Harga : Rp 1.000.000

Talkabout T60, walkie talkie simple dengan fitur lengkap

T60 merupakan walkie talkie yang cocok untuk digunakan untuk kegiatan indoor maupun outdoor. Jenis gelombang yang digunakan adalah PMR446 – license free, yakni jenis yang sama dengan UHF. Jarak jangkauan T60 dapat mencapai 8 Km, dan memiliki 8 channel.

Pada walkie talkie ini menggunakan room-scan monitor untuk mencari sambungan channel yang dibutuhkan, Untuk jenis battery, T60 memakai NiMH rechargeable yang memiliki kompabilitas perangkat luas. Anda bisa membeli walkie talkie ini di Shopee.



4. Cobra ACXT 565 WT 2-Way Radio

cobra_acxt_565_wt_2_way_radio

Harga : Rp 1.099.000

Walkie talkie dengan jangkauan 51 Km dan memiliki lebih dari 2000 kombinasi channel

Cobra ACXT565 merupakan walkie talkie dengan fitur premium yang memiliki berharga cukup terjangkau. Seperti halnya radio premium pada umumnya, ACXT565 juga terhubung dengan saluran darurat dan cuaca NOAA, serta memiliki ketahanan terhadap air.

Walkie talkie ini sudah menerapkan VibrAlert, yang mana Anda tidak perlu selalu mengaktifkan perangkat. Dan, ketika ada transmisi yang terhubung, walkieakan begetar hingga beberapa saat. Bagian menariknya adalah, ACXT565 dapat di-upgrade jarak jangkauannya menjadi lebih luas. Anda bisa membeli walkie talkie ini di Lazada.



3. BaoFeng BF-F8HP Dual Band (VHF/UHF) Analog Portable Radio

baofeng_bf_f8hp_dual_band_vhf_uhf_analog_portable_radio

Harga : Rp 425.000

Persembahan walkie talkie analog kekinian dari BaoFeng

Bila Anda masih cukup puas dengan walkie talkie analog, maka BaoFeng F8HP patut menjadi pertimbangan. F8HP memiliki transmitter yang mampu menangkap berbagai jenis gelombang, seperti VHF, UHF, hingga gelombang radio komersial. Selain itu, walkie talkie ini juga memiliki battery dengan kapasitas 30% lebih besar.

Keunggulan dari BaoFeng F8HP tidak sampai disitu, jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, walkie talkie ini mengonsumsi energy 2x lebih sedikit. Dan, walaupun berjenis analog, F8HP juga bisa diprogram dan dikonfigurasi ulang secara manual di PC. Anda bisa membeli walkie talkie ini di Shopee.



2. Midland GTX1050V P4 2-Way 36 Mile GMRS Radio

midland_gtx1050v_p4_2_way_36_mile_gmrs_radio

Harga : Rp 2.224.000

Dirancang khusus untuk kegiatan berburu

Walkie talkie GTX1050V P4 dapat Anda andalkan untuk hamper semua kegiatan, terutama saat berburu. Perangkat ini memiliki 5 jenis animal call alert, sehingga Anda bisa berbagi informasi mengenai binatang buruan tanpa perlu mengeluarkan suara yang tidak perlu.

Dengan luas jangkauan hingga 58 Km, Anda dapat memperluas area berburu tanpa kehilangan jalur komunikasi. Selain itu, GTX1050V juga dilengkapi dengan JIS4-waterproof, sehingga Anda dapat berburu dalam kondisi apa pun. Walkie talkie ini dapat di beli di Lazada.



1. Nomu T18 IP60 Mobile Android 7.0 4G Walkie Talkie Smartphone

nomu_t18_ip60_mobile_android_7_0_4g_walkie_talkie_smartphone

Harga : Rp 3.163.500

Teknologi digital akan tetap menyertai Anda di alam bebas paling ekstrem sekali pun

IP60 merupakan walkie talkie dengan teknologi Android 7.0 pertama di dunia. Perangkat yang satu ini dapat terhubung dengan hampir semua jenis jaringan (2G/3G/4G) dan teknologi wi-fi 802.11 2.4GHz/ 5GHz, serta VHF/ UHF.Selain itu, IP8 juga dapat terhubung dengan GPS dan Glonass.

Dengan walkie talkie IP60, Anda bisa terus berkomunikasi hingga 12 jam non-stop. Tidak sampai disitu, IP60 juga memiliki battery standby hingga 80 jam, dan charging time hanya 2.5 jam. Walkie talkie ini telah memuhi uji ketahanan serta bersertifikat IP68, seperti yang dimiliki oleh rugged laptop.



Tidak hanya unggul soal ketahanan, IP60 juga memiliki 5 jenis sensor, yakni proximity, acceleration, light, gravity, gyroscope, dan pressure. Selain itu, walkie ini juga built-in dengan 16 bahasa berbeda. Anda bisa membeli walkie talkie ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli walkie talkie untuk kebutuhan komunikasi, sebaiknya Andamempertimbangkan jenis kegiatan yang akan Anda lakukan, dan pastikan spesifikasi walkie talkie sesuai dengan jenis kegiatan tersebut. Selain itu, perhatikan kualitas dari walkie talkie, teknologi, serta harganya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tata cara penggunaan serta perawatannya. Sebab, setiap walkie talkie memiliki aturan dan teknologi tersendiri, jadi mungkin beberapa panduan umum tidak akan benar-benar bisa Anda terapkan.
  • Anda dapat memilih walkie talkie dengan daya tahan baterai besar dan jangkauan luas, seperti Midland GTX Series untuk kebutuhan kegiatan di alam bebas dengan jangka waktu yang panjang.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan walkie talkie berharga cukup ringan, namun memiliki spesifikasi premium, Anda bisa memilih produk dari BaoFeng.
  • Dan, khusus untuk Anda yang tertarik dengan walkie talkie plussmartphone dalam satu perangkat, Anda bisa memilih Nomu T18 IP60 Android 7.0 Walkie Talkie Smartphone.

Referensi



  1. One Direct (2016), Five Steps to Choosing The Best Walkie Talkie,https://blog.onedirect.co.uk/two-way-radios/choosing-the-best-walkie-talkie
  2. Outside Pursuits (2020), The 7 Best Walkie Talkies,https://www.outsidepursuits.com/best-walkie-talkie/
  3. Global Telecom, How to Select the Right Two Way Radio Frequency,http://globaltelecom.online/how-to-select-the-right-two-way-radio-frequency/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.