Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


08 Mar 2021 08:08

10 TV LED 32 Inch Terbaik dan Berkualitas

By Cektarif Plus


Memilih TV terbaik memang tidak mudah. Semakin banyak pilihan, bisa jadi semakin membuat bingung. Beragam merek menawarkan fitur canggih dan berkualitas. Belum lagi harganya yang kompetitif. Ada yang murah, sedang dan juga sangat mahal.



Belum lagi sisi ukuran, di mana semakin besar ukuran TV malah semakin tidak membuat nyaman, karena ukuran ruang yang kurang memadai. Selain itu, ukuran TV yang terlalu besar juga lebih sulit untuk mengangkat atau memindahkannya.

Karena itu, TV 32 Inch adalah solusi jalan tengah terbaik bagi Anda. Selain pas untuk berbagai ruangan, TV 32 Inch juga mudah dipindahkan, dan harganya pun lebih terjangkau.

Untuk kualitas, Anda bisa memilih TV jenis LED. Hal ini tentu lebih baik daripada TV tabung, yang mana TV LED bisa membuat Anda lebih hemat energi, gambar lebih jernih, dan fiturnya beragam.

Untuk itu, kami menyajikan 10 TV LED 32 inch terbaik dan berkualitas lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih TV LED yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Pilih TV LED yang dibekali dengan fitur android

Perkembangan teknologi membawa dampak positif di dunia elektronik. Salah satu buktinya dapat dilihat dari munculnya produk TV LED jenis Smart TV yang bukan hanya mampu menampilkan acara hiburan dari stasiun TV, namun juga dari konten menarik seperti YouTube, Netfilx, dan lain-lain.



Produk tersebut mengusung penggunaan sistem operasi jenis android yang memiliki kemampuan mirip dengan smartphone.

Jika Anda membutuhkan TV dengan keunggulan tersebut, maka pilih TV LED jenis android. Namun ingat, Anda perlu menyiapkan budget yang lebih banyak sebab TV LED jenis ini umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal.

Pertimbangkan resolusi layar yang ditawarkan

Selama ini terdapat lima jenis resolusi layar yang ditawarkan produsen pembuat TV. Lima jenis resolusi layar tersebut meliputi jenis resolusi HD, full HD, 4K, 6K, dan yang terbaru 8K.

Semakin besar resolusi layar yang ditawarkan maka semakin berkualitas pula gambar/video yang ditampilkan. Tampilan gambar/video yang dihasilkan TV dengan resolusi besar akan terlihat lebih tajam dan natural.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan resolusi layar ketika memutuskan untuk membeli TV LED. Agar TV LED yang Anda pilih memiliki ketajaman gambar yang bagus maka setidaknya Anda harus memilih TV LED dengan resolusi layar minimal 4K.



TV dengan resolusi layar 4K telah dilengkapi teknologi upscaling yang mampu mengubah resolusi 1080 P menjadi 4K dengan menambahkan jumlah piksel dalam prosesnya.

Pilih yang menawarkan kecepatan refresh yang besar

Setiap TV dilengkapi kemampuan kecepatan refresh yang berbeda. Kecepatan refresh sendiri merupakan kecepatan TV dalam merefresh setiap detik gambar yang terlihat di layar dan dinyatakan dalam satuan Hertz.

Ketika memilih TV LED upayakan untuk tidak memilih TV dengan kecepatan refresh 60 Hertz, sebab TV dengan kecepatan refresh tersebut terbukti tidak mampu menjaga kestabilan tampilan gambar.

Setidaknya pilihlah TV dengan kecepatan refresh 120 Hertz yang mampu membuat gambar terlihat lebih solid dan natural. Apalagi bagi para gamers, kecepatan refresh 120 Hertz sangat dibutuhkan guna membuat tampilan gambar terlihat lebih realistis.

Dan untuk yang terbaru, kini telah tersedia TV LED dengan kecepatan refresh HFR (High Frame Rate) yang lebih berkualitas dan cocok untuk Anda yang gemar melihat acara siaran langsung atau acara olahraga semacam sepak bola.



Namun untuk membeli TV dengan tipe kecepatan refresh tersebut, Anda harus menyiapkan budget yang lebih banyak.

Pertimbangkan jumlah dan jenis port yang ditawarkan

Untuk mempermudah penggunaan TV, sebaiknya Anda mempertimbangkan jumlah dan jenis port yang ditawarkan. Semakin banyak jumlah port akan semakin baik, sebab akan mendukung TV dapat digunakan untuk membuka berbagai fitur tambahan.

Upayakan untuk memilih TV LED dengan 4 port sebab dengan jumlah port tersebut TV LED yang Anda pilih akan mampu digunakan untuk menyambungkan fitur audio tambahan, konsol game, chromecast, dan 1 fitur tambahan lain.

Mengenai jenis port, sebaiknya Anda memilih TV LED dengan port HDMI 2.1 yang lebih modern dan mampu mendukung keluaran gambar resolusi 8K yang menghasilkan pencahayaan lebih akurat.



Pilih yang menghasilkan audio berkualitas

Kelemahan TV LED salah satunya dapat dilihat dari kualitas audio yang dihasilkan. Kualitas audio dari TV LED terkesan buruk akibat dampak dari desainnya yang tipis sehingga speaker yang digunakan pun lebih tipis dibanding TV tabung pada umumnya.

Agar TV LED yang Anda pilih memiliki kualitas audio yang bagus, pilihlah TV LED yang dilengkapi dengan speaker jenis soundbar. Ada dua pilihan speaker yang umumnya ditawarkan produsen TV LED, yakni speaker jenis soundbar dan home theatre.

Speaker jenis soundbar dari segi desain lebih praktis dan kualitas audio yang dihasilkan lebih bagus sehingga dapat dijadikan pilihan tepat ketika mempertimbangkan kualitas TV LED yang akan Anda pilih.

10 TV LED 32 Inch terbaik dan berkualitas

Setelah Anda mengetahui cara memilih TV LED, maka selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi 10 TV LED 32 inch terbaik dan berkualitas dari berbagai merk berikut ini:



10. TV LED 32 inch LG 32LM550BPTA

foto-tv-led-32-inch-terbaik-dan-berkualitas-10

Harga : Rp 1.799.000

Desain lebih tipis dan praktis

Produk yang kami rekomendasikan ini merupakan produk dari LG. Dibuat dengan desain tipis yang akan membuat desain interior Anda terlihat lebih modern. Dari segi bobot sengaja dibuat lebih ringan untuk membuatnya mudah dipindahkan ketika bosan.

Unggul dari segi output, berkat penggunaan teknologi Dynamic Color Enhancer yang membuatnya mampu menampilkan gambar dengan degradasi warna yang natural. Selain itu, Resolusi full HD yang digunakan juga turut mendukung penggunaan teknologi tersebut.



Tidak hanya itu, TV LED ini juga dilengkapi 2 port HDMI 2.1 yang canggih dan mendukung penggunaan perangkat tambahan lainnya. Anda bisa membeli TV LED ini di Shopee.

9. TV LED 32 inch Changhong

foto-tv-led-32-inch-terbaik-dan-berkualitas-9

Harga : Rp 1.400.000

Smart TV yang simple dan stylish

Produk dari brand Changhong ini merupakan produk Smart TV dengan prosessor jenis android 9.0 yang canggih. Dilengkapi berbagai fitur menarik seperti, google assistant yang membuat pengguna mampu mengunjugi konten menarik seperti YouTube dan Netflix.



Selain itu, produk ini juga dilengkapi fitur lain seperti Bluetooth 5.0 dan Wifi yang membuat penggunaannya lebih mudah, serta fitur Early Warning System yang merupakan fitur peringatan dini bencana alam pada siaran TV.

Tidak hanya itu, speaker yang digunakan tergolong speaker jenis large housing speaker yang membuat kualitas suara yang dihasilkan terdengar lebih ngebass dan jernih. Anda bisa membeli TV LED ini di Shopee.

8. TV LED 32 inch Samsung 32T4500

foto-tv-led-32-inch-terbaik-dan-berkualitas-8

Harga : Rp 2.190.000

Kaya akan fitur modern yang canggih



Produk yang kami rekomendasikan ini merupakan produk unggulan dari Samsung yang banyak diminati konsumen di pasar global sejak tahun 2006. Tergolong produk Smart TV dengan desain simpel dan canggih.

Bukti kecanggihannya dapat dilihat dari fitur-fitur terbaru yang disematkan, diantaranya yaitu fitur home cloud untuk menyimpan file unduhan, fitur wifi built in, fitur easy control dengan remot, dan fitur bixby yang mampu mengontrol TV langsung melalui suara.

Selain itu, TV ini juga mampu beralih peran menjadi sebuah personal computer yang lengkap. Kualitas gambar yang dihasilkan pun terlihat lebih nyata berkat teknologi High Dynamic Range yang disematkan. Anda bisa membeli TV LED ini di Shopee.

7. TV LED 32 inch Xiaomi Mi 4A

foto-tv-led-32-inch-terbaik-dan-berkualitas-7

Harga : Rp 1.999.000



Dilengkapi remot dan 3 port HDMI

Xiaomi Mi 4A ini merupakan produk smart TV pertama dari brand Xiaomi. Dibuat dengan desain ramping serta dilengkapi spesifikasi produk yang menggiurkan, yang salah satunya dapat dilihat dari jenis prosessor dan teknologi sound DTS yang digunakan.

Tidak kalah dengan produk lainnya, produk ini juga kaya akan konten menarik yang membuat Anda dapat menikmati konten hiburan dari kancah local maupun global. Penggunannya mudah berkat satu remot control dengan 12 tombol yang multifungsi.

Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi 3 port HDMI yang membuatnya dapat dengan mudah disambungkan dengan perangkat eksternal lainnya. Anda bisa membeli TV LED ini di Shopee.

6. TV LED 32 inch Sakura TCLG-S32A



foto-tv-led-32-inch-terbaik-dan-berkualitas-6

Harga : Rp 1.890.000

Lebih hemat energi

Keunggulan utama dari produk Sakura ini terletak pada fitur hemat energi yang disematkan. Dengan adanya fitur tersebut dapat dipastikan Anda dapat melihat TV sepanjang waktu tanpa khawatir akan mengeluarkan banyak biaya berkat konsumsi daya <50 W yang dibutuhkan.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi fitur media player yang mampu mengakses video dan lagu favorit Anda dari berbagai sumber dengan kualitas suara yang terdengar lebih jernih dan kencang berkat dua speaker internal yang digunakan.

Namun sayangnya, dari segi kualitas gambar yang dihasilkan, produk ini hanya dilengkapi resolusi layar tipe standard yakni resolusi HD1366x768 piksel. Anda bisa membeli TV LED ini di Shopee.

5. TV LED 32 Inch Samsung UA32N4001



foto-tv-led-32-inch-terbaik-dan-berkualitas-5

Harga : Rp 1.500.000

Cocok untuk para gamers

Produk dari Samsung ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan produk sebelumnya, yakni dilengkapi fitur konsumsi daya rendah (di bawah 50 watt) dan resolusi layar tipe HD 1366x768 piksel.

Namun perbedaannya, terletak pada fitur steam link yang membuatnya lebih mudah digunakan untuk bermain game dan smart hub untuk mempermudah pengguna dalam mengontrol penggunaan TV.

Selain itu, dari segi desain produk ini terlihat lebih simpel dan futuristik dengan sedikit bezel dari bahan plastik yang praktis. Anda bisa membeli TV LED ini di Shopee.



4. TV LED 32 Inch Sharp Aquos 2T-C32BG1i

foto-tv-led-32-inch-terbaik-dan-berkualitas-4

Harga : Rp 1.750.000

Dilengkapi fitur antena booster untuk memperkuat sinyal

Produk TV LED jenis Aquos ini merupakan seri terbaru dari Sharp. Dibuat dengan desain simpel yang ramping dan kokoh berkat tambahan dua kaki penyangga yang tahan terhadap goncangan. Desainnya semakin terlihat futuristik berkat ukuran bezel yang tipis.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi resolusi layar tipe HD LED backlight yang membuat kualitas gambar yang dihasilkan terlihat lebih halus dan alami. Suara yang dihasilkan juga terdengar lebih jernih berkat fitur 10W Sound Reflecting Design yang digunakan.

Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi fitur antenna booster untuk memperkuat sinyal dan eco mode untuk menghemat pengeluaran listrik. Anda bisa membeli TV LED ini di Shopee.



3. TV LED 32 Inch Polytron PLD32B150

foto-tv-led-32-inch-terbaik-dan-berkualitas-3

Harga : Rp 2.100.000

Unggul dari segi kualitas audio yang dihasilkan

Produk Polytron PLD32B150 ini dibuat dengan desain ergonomis. Dilengkapi dua kaki di bagian samping yang mampu membuat TV tahan terhadap goncangan.

Suara yang dihasilkan terdengar lebih powerfull berkat tambahan souandbar double stereo speaker yang ditawarkan. Sedangkan untuk kehadiran subwoofer-nya berguna untuk menjaga kualitas bass yang dihasilkan.



Selain itu, produk ini juga dilengkapi fitur loudness control yang dapat digunakan untuk mengatur keserasian suara dari soundbar dan subwoofer. Anda bisa membeli TV LED ini di Shopee.

2. TV LED 32 Inch Polytron PLD32T1550

foto-tv-led-32-inch-terbaik-dan-berkualitas-2

Harga : Rp 1.950.000

Dilengkapi tower speaker dengan suara nendang

Produk yang kami rekomendasikan ini juga termasuk produk dari Polytron. Dilengkapi 1 set speaker tower sebagai ganti soundbar yang cocok diletakkan di ruang TV yang luas.



Dengan kehadiran perangkat tersebut dapat dipastikan pengalaman menonton Anda akan terasa lebih menyenangkan.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi teknologi 3D comb filter yang membuat tampilan gambar terlihat lebih nyata. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi fitur eco mode. Anda bisa membeli TV LED ini di Shopee.

1. TV LED 32 Inch Coocaa

foto-tv-led-32-inch-terbaik-dan-berkualitas-1

Harga : Rp 1.944.000

Brand Coocaa mungkin terdengar asing di telinga Anda. Namun dari segi kualitas, brand ini telah dilengkapi spesifikasi yang mampu bersaing dengan produk unggul lainnya.



Salah satu buktinya dapat dilihat dari prosessor jenis android 9.0 yang digunakan. Dengan penggunaan prosesor tersebut dapat dipastikan produk ini akan memiliki performa lebih tangguh dan mampu digunakan untuk mengunjungi berbagai konten.

Sama dengan produk lainnya, produk ini juga dilengkapi fitur eco mode untuk menghemat konsumsi daya listrik. Anda bisa membeli TV LED ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli TV LED 32 Inch terbaik, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal, seperti resolusi layar, kecepatan refresh, jumlah port, kualitas audio, dan fitur yang ditawarkan.
  • Anda bisa memilih Sharp Aquos 2T-C32BG1i, karena TV LED 32 Inch ini bukan hanya unggul dari segi desain namun juga kualitas gambar yang dihasilkan.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin TV LED 32 Inch yang canggih dan mampu diubah menjadi personal computer yang lengkap, maka Anda bisa memilih Samsung 32 Inch Smart TV LED 32T4500.
  • Namun, jika Anda menginginkan TV LED 32 inch dengan kualitas suara yang unggul dan terbaik, maka Anda bisa memilih Polytron PLD32B150.



Referensi

  1. Brian Westover dan John R Quain (2020), TV Buying Guide: 9 Things You Need to Know, https://www.tomsguide.com/us/tv-buying-guide,review-1943.html
  2. World Wide Stereo Team (2020), Ultimate TV Buying Guide: How to Choose the Best TV, https://www.worldwidestereo.com/blogs/wws-underground/entries/how-to-choose-the-best-tv



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.