Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


22 Feb 2021 08:22

10 TV Box Android Bagus dan Berkualitas dengan Fitur Terbaik

By Cektarif Plus


Perangkat teknologi terbaru yang akrab disapa “Smart TV Box” hadir sebagai pelengkap kesempurnaan sebuah TV. Meski berukuran kecil, Mini Box Android ini serupa sebuah kotak magic yang mampu membuat peran TV menjadi lebih multifungsi.



Lebih tepatnya, dengan menggunakan TV Box Android sebuah layar TV akan mampu mengunjungi seluruh channel stasiun TV dunia, bermain game, dan streaming film atau hiburan lain melalui konten YouTube, Netflix, dan konten menarik lainnya.

Meski tergolong produk baru, jumlah brand TV Box Android yang beredar dipasaran kini sangat banyak, sehingga dibutuhkan beberapa pertimbangan agar produk yang Anda pilih bagus dan berkualitas dan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik.

Beberapa hal yang harus Anda dipertimbangkan saat membeli TV Box Android ini antara lain, jenis sistem operasi android, prosesor, kapasitas RAM, konektivitas jaringan, jumlah port USB dan fitur lain sesuai kebutuhan Anda.

Karena itu, kami menyajikan artikel mengenai10 TV Box Android bagus dan berkualitas dengan fitur terbaik lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai TV Box Android dan cara memilihnya.

Kenali jenis sistem operasi TV Box Android

Sesuai dengan namanya, perangkat yang diberi nama TV Box Android ini didukung sistem operasi jenis android. Layaknya sebuah smartphone, sistem operasi dari TV Box Android juga terdiri atas beberapa versi.



Berikut merupakan daftar jenis sistem operasi android yang umumnya beredar di pasaran:

  • Android 5.0
  • Android 5.1
  • Android 6.0.1
  • Android 6.1
  • Android 7.1
  • Android 8.1

Ketika memilih jenis sistem operasi android, upayakan untuk memilih sistem operasi android diatas 6 agar lebih mudah meng-update atau memperbarui sistemnya.

Perhatikan jenis prosesor yang ditawarkan

Sebuah perangkat elektronik umumnya dilengkapi prosesor sebagai pusat pengendali sistem. Prosesor yang berkualitas akan mampu menunjang performa perangkat menjadi lebih kuat dan mengusung kesediaan aplikasi yang profesional dan up to date.



Oleh karenanya, sangat penting memilih jenis prosesor ketika membeli TV Box Android. Setidaknya Anda wajib memilih prosesor jenis Quad Core atau Octa Core.

Untuk memudahkan Anda mengenal keunggulan beberapa jenis prosesor, berikut kami sajikan jenis prosesor yang dapat dijadikan pilihan ketika memilih TV Box Android, di antaranya adalah :

  • Tegra X1, mampu menjalankan video 4K dan cocok untuk para gamers berkat keunggulannya dalam menjalankan game.
  • Allwineer H6 Quad Core, memiliki performa kuat dan mampu membuka aplikasi dengan durasi waktu yang cepat.
  • Amlogic S912 Octa Core, unggul dalam menjalankan berbagai aplikasi streaming.

Perhatikan kapasits RAM dan ruang penyimpanan

Sebuah sistem tidak akan berjalan tanpa dukungan RAM dan ruang penyimpanan. Semakin besar kapasitas RAM dan ruang penyimpanan yang ditawarkan maka semakin cepat pula kinerja sistem dan kemampuan perangkat dalam menyimpan file unduhan.



Untuk itu, pastikan TV Android yang Anda pilih memiliki kapasitas RAM setidaknya 4 GB dengan ruang penyimpanan 8 GB. Dan jika Anda seorang gamers maka pilihlah ruang penyimpanan antara 16 GB hingga 32 GB.

Agar lebih mudah, pilihlah juga perangkat TV Box Android yang didukung penyimpanan eksternal dengan microSD berkapasitas penyimpanan minimal 64 GB.

Pilih yang dilengkapi port USB

Meski terlihat sepele, kehadiran port USB sangat membantu dalam proses pemakaian perangkat elektronik, khususnya TV Android. Dengan port USB Anda dapat dengan mudah membuka data yang Anda simpan di perangkat eksternal.

Ketika memilih TV Box Android, usahakan memilih produk yang menyediakan 2 port USB bertipe 3.0 yang dikenal memiliki kemampuan membaca dan menyimpan data lebih cepat dibanding USB 2.0.



Perhatikan perangkat yang mendukung kualitas gambar atau video

Kualitas TV Box Android dapat dinilai dari kemampuannya dalam menghasilkan keluaran gambar/video yang ditampilkan. TV Box Android yang berkualitas minimal mampu menghasilkan gambar/video beresolusi 4K/1080 p.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan fitur lainnya yang mendukung tayangan agar lebih bagus, dengan perangkat yang mendukung kualitas gambar atau video, seperti :

  • HDMI 2.0, di mana perangkat ini memungkinkan untuk mendukung resolusi sinyal video 4K. Sehingga tayangan konten seperti film akan terlihat lebih jernih, tajam dan detail.
  • Dynamic Refresh Rate Switching, di mana teknologi ini mendukung TV Box Android menampilkan gambar/video dalam durasi yang cepat.
  • 265 Hardware Decoding (HEVC),merupakan teknologi yang mendukung TV Box Android mampu mengkonversi ukuran video menjadi lebih kecil.

10 TV Box Android bagus dan berkualitas dengan fitur terbaik



Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang TV Box Android dan cara memilihnya, maka selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi 10 TV box android bagus dan berkualitas dengan fitur terbaik dari berbagai merek berikut ini:

10. TV Box Android Evpad 3S

foto-tv-box-android-bagus-dan-berkualitas-dengan-fitur-terbaik-10

Harga : Rp 1.100.000

Mampu menghasilkan gambar/video yang berkualitas

Produk dari Evpad ini dibuat dengan desain mini yang praktis dan unik. Dilengkapi prosessor quadcore tipe A53 dengan RAM 2 GB yang membuatnya memiliki performa lebih cepat.



Untuk memudahkan konektivitas, Evpad 3Sdilengkapi port 3.0 dan port lain untuk perangkat eksternal. Selain itu, juga didukung resolusi 6K sehingga kualitas gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih jernih.

Yang menarik adalah, Evpad 3Ssudah dilengkapi teknologi dolbi digital yang mampu menghasilkan audio film layaknya di bioskop. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli TV Box Android ini di Shopee.

9. TV Box Android X96 Mini

foto-tv-box-android-bagus-dan-berkualitas-dengan-fitur-terbaik-9

Harga : Rp 315.000

Cocok untuk semua jenis TV



Produk yang kami rekomendasikan ini menjadi solusi tepat untuk Anda yang bingung memilih Smart TV Box untuk TV jenis tabung. Sengaja dirancang kompatibel untuk semua jenis TV yang beredar saat ini.

Dari segi penggunaan sistem operasi android, produk ini mengusung penggunaan sistem operasi android tipe terbaru, yakni tipe 9.0, di mana tipe ini mudah diupdate serta kompatibel untuk semua konten hiburan menarik yang membuat pengalaman menonton Anda menjadi lebih menyenangkan.

Sedangkan dari segi spesifikasi, produk ini dilengkapi prosessor tipe amlogic S905W dengan ruang penyimpanan 16 GB, serta dilengkapi kemampuan menghasilkan keluaran gambar full HD resolusi 4K yang berkualitas. Anda bisa membeli TV Box Android ini di Shopee.

8. TV Box Android Pulierde H96 Max X3

foto-tv-box-android-bagus-dan-berkualitas-dengan-fitur-terbaik-8

Harga : Rp 500.000



Dilengkapi aplikasi pra install dan kapasitas RAM yang besar

H96 Max X3 ini merupakan seri terbaik dari brand Pulierde. Dilengkapi dengan sistem operasi android tipe 9.0 dengan RAM berkapasitas 4 GB membuat performa lebih cepat dan maksimal. Selain itu, TV Box Android ini juga mendukung 2.4G, 5G Dual-Wifi, dan Bluetooth.

Berkat besarnya kapasitas RAM yang ditawarkan tersebut, produk ini juga mampu membuat aktivitas nge-game Anda terasa lebih menyenangkan. Apalagi dengan keluaran gambar yang terlihat lebih nyata dan natural berkat resolusi 8K.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi aplikasi 10k saluran dan aplikasi film pra install yang mampu memperbarui secara otomatis. Anda bisa membeli TV Box Android ini di Shopee.

7. TV Box Android Infinity B32



foto-tv-box-android-bagus-dan-berkualitas-dengan-fitur-terbaik-7

Harga : Rp 680.000

Unggul dari segi desain dan performa

Produk dari brand Infinity ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan produk sebelumnya. Dari segi harga lebih ekonomis sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan produk dengan harga lebih rendah.

Infinity B32 memiliki keunggulan dari segi performa, berkat sistem operasi android tipe 9.0 dan kapasitas RAM 4 GB yang digunakan. Dirancang layaknya TV Android lain yang mampu merubah kegunaan TV menjadi perangkat yang dapat digunakan untuk mengunjungi stasiun TV dunia, nge-game, dan menikmati konten hiburan lainnya.

Jika dibanding produk sebelumnya, kualitas gambar yang dihasilkan lebih rendah karena hanya mendukung keluaran gambar/video kualitas HD resolusi 4K. Anda bisa membeli TV Box Android ini di Shopee.

6. TV Box Android T9



foto-tv-box-android-bagus-dan-berkualitas-dengan-fitur-terbaik-6

Harga : Rp 599.000

Mampu membuka semua jenis file foto dan video

Produk T9 ini mengusung sistem operasi android tipe 8.1 yang akrab disapa Android Oreo. Sistem operasi android tersebut bukan hanya mendukung kecepatan kinerja perangkat dalam hal koneksi jaringan namun juga dalam hal pembacaan semua jenis file foto dan video.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi beberapa fitur menarik seperti fitur indicator power LED yang dapat berubah warna sesuai kondisi perangkat dan fitur HEVC yang mampu mengkonversi resolusi video/foto secara otomatis dengan hasil yang memuaskan.

Yang menarik lagi adalah, fiturnya mendukung H.265, 4K 60pfs, HD 2.0, USB3.0, dan juga 2.4G&5.8GHz Dual Wifi, serta Bluetooth 4.0. Anda bisa membeli TV Box Android ini di Shopee.



5. TV Box Android Minix Neo U9H

foto-tv-box-android-bagus-dan-berkualitas-dengan-fitur-terbaik-5

Harga : Rp 1.978.500

Kualitas gambar yang dihasilkan terlihat lebih natural

Produk dari brand Minix ini unggul dari segi output yang dihasilkan. Teknologi HDR 10 yang digunakan membuat kualitas gambar yang ditampilkan terlihat lebih natural, sehingga cocok digunakan untuk bermain game ataupun memutar video berbasis 3 D.

Meski hanya dilengkapi RAM kapasitas 2 GB, perangkat ini didukung ruang penyimpanan sebesar 16 GB yang mampu menyimpan berbagai ukuran file hasil unduhan. Jenis prosessor yang digunakan jenis Amlogic S912 yang mampu menunjang kelancaran proses streaming konten hiburan yang Anda lakukan.

Selain itu, modelnya terlihat unik dengan antena yang berguna untuk mempercepat proses penangkapan jaringan. Anda bisa membeli TV Box Android ini di Shopee.



4. TV Box Android Mecool KM 8

foto-tv-box-android-bagus-dan-berkualitas-dengan-fitur-terbaik-4

Harga : Rp 739.000

Lebih mudah dan praktis dalam pengaturan

Mecool menawarkan produk yang sedikit berbeda dengan produk lainnya. Pasalnya, produk ini dilengkapi fitur Voice Search dan fitur Built in Microphone (pada remot) yang membuatnya dapat digunakan hanya dengan perintah suara.

Selain itu, produk ini juga telah diakui secara resmi oleh “Google” sehingga mampu digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi dari Google seperti Google Home, Google Cast, dan Google Widevine L1.



Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi ruang penyimpanan 16 GB yang akan menjaga kelancaran proses unduhan dan streaming konten hiburan yang Anda lakukan. Anda bisa membeli TVBox Android ini di Shopee.

3. TV Box Android A 95X Max

foto-tv-box-android-bagus-dan-berkualitas-dengan-fitur-terbaik-3

Harga : Rp 1.306.280

Dilengkapi fitur perekam video yang mengesankan

TV Box Android ini dilengkapi ruang penyimpanan sebesar 64 GB yang mampu menyimpan berbagai jenis file unduhan serta membuat kinerja perangkat menjadi lebih cepat. Dilengkapi juga dengan sistem operasi android tipe 8.1 yang mengusung berbagai fitur canggih terbaru.



Beberapa fitur tersebut meliputi perekam video yang memungkinkan Anda dapat merekam video melalui layar TV, dan Bluetooth versi 5 yang mampu menjangkau jarak lebih jauh dan kecepatan transfer data yang lebih baik.

Tidak hanya itu, TV Box Android ini juga dilengkapi dengan fitur 4K yang dapat membuat gambar lebih jernih dan nyata.Anda bisa membeli TV Box Android ini di Shopee.

2. TV Box Android Xiaomi Mi 3S

foto-tv-box-android-bagus-dan-berkualitas-dengan-fitur-terbaik-2

Harga : Rp 795.000

Desain ramping dan ergonomis



Produk dari brand Xiaomi ini dibuat dengan desain slim yang praktis. Dilengkapi sistem operasi android tipe 8.1 dengan perbandingan keunggulan yang sama dengan produk sebelumnya.

Selain itu, Xiaomi Mi 3S juga telah dilengkapi teknologi H265 yang membuat keluaran gambar yang dihasilkan terlihat lebih nyata.

Namun sayangnya, dari segi kapasitas RAM, produk ini memiliki kapasitas RAM yang kecil yakni sebesar 2 GB. Anda bisa membeli TV Box Android ini di Shopee.

1. TV Box Android Nvidia Shield Pro

foto-tv-box-android-bagus-dan-berkualitas-dengan-fitur-terbaik-1

Harga : Rp 6.400.000



Memiliki performa yang powerfull

Produk yang kami rekomendasikan ini mengusung penggunaan sistem operasi android 9.0 dan prosessor Tegra X1+ yang dikenal mampu mengubah performa perangkat menjadi25% lebih cepat dari perangkat pada umumnya.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi RAM berkapasitas 3 GB dengan ruang penyimpanan 16 GB yang besar, Dengan ruang penyimpanan tersebut, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan ruang untuk menyimpan berbagai file unduhan.

Tidak hanya itu, TV Box Android ini juga dilengkapi kemampuan menyajikan gambar/video dengan resolusi 4K dan kualitas audio yang jernih berkat teknologi dolby audio yang disematkan. Anda bisa membeli TV Box Android ini di Shopee.

Kesimpulan



  • Ketika memilih TV Box Android, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal, seperti jenis prosessor, kapasitas RAM, jumlah port USB, dan fitur penting lainnya.
  • Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan merek serta harganya, agar apa yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.
  • Anda bisa memilih Pulierde H96 Max X3, karena TV Box Android ini dibuat dengan kapasitas ruang penyimpanan yang besar dan mampu mendukung kualitas gambar hingga resolusi 8K.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih TV Box Android Infinity B32, karena TV Box Android ini unggul dari segi desain dan performa.
  • Namun, jika Anda menginginkan TV Box Android yang dilengkapi beberapa fitur terbaru seperti fitur perekam video yang mengesankan, maka Anda bisa memilih TV Box Android A 95X Max.

Referensi

  1. Kay (2020), How to Choose Android TV Box (10 Tips), https://joyofandroid.com/android-tv-box-tips/
  2. Rubayath Rahman (2020), 3 Things You Need to Know Before Buying an Android TV Box, https://techandall.com/3-things-you-need-to-know-before-buying-an-android-tv-box/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.