Cek Resi All-in-One 50 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


29 Apr 2020 04:34

10 Teleskop Terbaik untuk Astronom Amatir

By Cektarif Plus


Mengamati keindahan alam dan mempelajarinya merupakan sebuah kesenangan bagi sebagian orang. Dan, salah satu bidang yang sedang diminati oleh milennials saat ini adalah astronomi. Bahkan dibeberapa daerah, muncul banyak komunitas-komunitas yang dibentuk oleh para astronom amatir.

Untuk mempelajari benda-benda langit, mutlak dibutuhkan satu alat, yakni teleskop bintang. Namun, faktanya masih banyak orang yang belum mengerti cara memilih teleskop yang tepat. Terutama bagi mereka yang baru mulai belajar mengenai astronomi.

Karena itu, Kami menyajikan beberapa cara untuk menilai teleskop dan rekomendasi teleskop terbaik untuk Anda. Serta tata cara melakukan perawatan atau maintainance pada teleskop, supaya performanya selalu terjaga.


Cara mengenali tipe teleskop untuk kebutuhan pengamatan celestial object

Teleskop bintang memiliki berbagai tipe dan jenis. Namun, untuk kebutuhan pengamatan non-profesional setidaknya ada dua tipe yang umum ditemukan di pasaran. Yakni, teleskop tipe refraktor dan teleskop reflektor.

Teleskop jenis refraktor termasuk jenis yang paling mudah digunakan. Teleskop jenis ini cukup populer dipasaran, dan bisa Anda temukan hampir di semua marketplace. Yang membedakan dari reflektor, teleskop jenis ini memakai prinsip pembiasan untuk masuk kedalam bagian tabung.

Ada satu instrumen yang paling menentukan kualitas gambar yang diamati pada teleskop refrektor, yakni eyepiece. Kualitas dari eyepiece akan sangat menentukan hasil pengamatan, sebab citra yang dihasilkan pun akan semakin jelas. Teleskop jenis refraktor adalah jenis yang bisa digunakan siang dan malam hari.

Berbeda dengan jenis refraktor, teleskop reflektor menggunakan cermin sebagai instrumen pemantul cahaya untuk menghasilkan citra. Anda bisa membedakan teleskop refrektor dari jenis lain dengan melihat finderscope yang berada disamping tabung.

Teleskop reflektor sangat digemari oleh para astronom baik amatir maupun profesional. Sebab teleskop jenis ini bisa digunakan untuk mengamati benda-benda jauh yang minim cahaya. Selain itu, citra yang dihasilkan oleh teleskop reflektor sangatlah tajam.

Perhatikan bagian focal length pada teleskop yang akan Anda beli

Apakah Anda pernah melihat teleskop di observatorium? Disana biasanya ditempatkan teleskop bintang berukuran jumbo dengan moncong yang panjang. Ya, di-moncong itulah terdapat focal lenght. Dengan ukuran yang super, tentu tidak ada bintang yang tidak terlihat pada jarak tertentu.

Ukuran focal length juga memiliki fungsi yang sama pada teleskop bintang berukuran kecil. Semakin besar ukuran focal length, maka semakin jauh dan jelas pula objek benda langit yang bisa diamati. Namun, jangan hanya terkesan pada panjang fokusnya saja. Sebab, yang menentukan jumlah magnification bisa digunakan adalah ukuran okulernya.

Pilih jenis computerized

Perkembangan teknologi digital ternyata juga mempengaruhi jenis teleskop yang dijual dipasaran. Anda akan menemukan setidaknya dua jenis teleskop, yakni teleskop konvensional dan teleskop dengan teknologi computerized.

Kedua jenis teleskop ini memiliki keunggulan tersendiri. Umumnya, produk teleskop konvensional akan memiliki resistensi yang tinggi terhadap lingkungan, terutama terhadap air. Material yang digunakan pun umumnya cukup kuat dan ringan, seperti magnesium alloy, aluminium, hingga stainless stell.

Akan tetapi, untuk hal kemampuan dan hasil pengamatan, jenis computerized jauh lebih baik. Terutama update teknologi yang baru-baru ini popular seperti SkyAlign, sangatlah memudahkan para pengamat. Sebab, ada fungsi auto analytic yang dapat menentukan dan menemukan objek celestial yang ingin diamati.

Cara merawat teleskop agar tetap dalam kondisi prima

Untuk menjaga performa dari teleskop, Anda sangat wajib melakukan perawatan secara berkala. Sebab, teleskop memiliki beberapa bagian yang cukup sensitif, terutama di bagian lensa serta eyepiece. Terutama teleskop dengan teknologi computerized. Berikut tata cara memberi perawatan pada teleskop Anda :

  • Jangan langsung mengusap teleskop dengan kain atau tissue, terutama di bagian lensa. Gunakanlah compressor gas atau udara untuk membersihkan debu serta kotoran yang menempel.
  • Untuk kotoran seperti lumpur atau smuged yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan semprotan udara. Gunakan cairan pembersih khusus seperti yang biasa dipakai untuk membersihkan layar LCD atau bila tidak ada, Anda bisa menggunakan alkohol.
  • Perawatan dibagian sensitif dari teleskop, sebaiknya menggunakan kain khusus yang bertekstur lembut, atau tissue. Namun akan lebih baik jika menggunakan kapas yang lembut, seperti kapas untuk kecantikan.

10 Teleskop terbaik untuk astronom amatir

Dengan beberapa informasi diatas, Anda akan cukup memiliki dasar untuk menilai teleskop yang tepat sebelum melihat spesifikasi dari produk. Namun, akan jauh lebih mudah jika Anda langsung menilai dari spesifikasi produknya. Dan berikut beberapa rekomendasi teleskop untuk Anda yang ingin mencoba dunia astronomi dan pengamatan benda-benda langit.

10. Celestron Omni XLT 102

celestron_omni_xlt_102

Harga : Rp 7.000.000

Teleskop full compact starter untuk Astronom pemula

Salah satu produk terbaik dari Celestron yang cukup populer di marketplace Indonesia. Omni XLT 102 memiliki kemampuan yang bagus serta fitur yang sangat lengkap. Teleskop ini termasuk jenis refractor, serta memiliki focal length 1000mm dan aperture 102mm.

Omni XLT 102 memiliki berat keseluruhan 43 lbs (19.5), jadi Anda mungkin akan kesulitan untuk memindahkannya sendirian. Akan tetapi, panjang optical tube-nya hanya 1003mm. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, itu mugkin akan sedikit membantu Anda untuk membawanya. Anda bisa membeli teleskop ini di Shopee.

9. Celestron Sky Prodigy 130 Computerized Reflector Telescope

celestron_sky_prodigy_130_computerized_reflector_telescope

Harga : Rp 24.454.300

Nikmati pengalaman mengamati objek angkasa tiap 100 tahun dengan SkyProdigy Computerized

Sekarang Anda tidak akan lagi melewatkan kesempatan mengamati objek angkasa langka tiap 100 bahkan 1000 tahun sekali. Dengan teknologi computerized dari SkyProdigy 130, Anda bisa mendapatkan lebih banyak objek untuk diamati secara otomatis.

Seperti halnya teleskop jenis reflektor, produk ini dapat mengasilkan pengamatan yang sangat tajam dan jernih. SkyProdigy 130 merupakan teleskop kelas menengah. Namun, karena kemudahan konfigurasinya, produk ini dapat digunakan oleh astronom kelas pemula sekalipun. Anda bisa membeli teleskop ini di tokogps.com.

8. Meade Polaris 130EQ Reflector Telescope

meade_polaris_130eq_reflector_telescope

Harga : Rp 2.500.000

Mengagumi komet 1000 tahun dengan fitur slow-motion dari Polaris 130EQ

Polaris 130EQ merupakan teleskop yang didesain khusus untuk Anda pecinta angkasa sejati. Teleskop ini memiliki 3 jenis eyepiece yang dapat memberikan pengamat pemandangan yang sangat berbeda.Yakni, low, medium, dan high.

Keunggulan paling mencolok dari teleskop Polaris 130EQ adalah fitur mount Equatorialnya yang dilengkapi dengan fungsi slow-motion. Anda akan dapat dengan mudah mengontrol dan melacak objek-objek celestial di langit yang sangat luas dan dalam. Anda bisa membeli teleskop ini di luarangkasa.com.

7. Celestron Astro Fi 90mm Refractor

celestron_astro_fi_90mm_refractor

Harga : Rp 10.279.500

Mengamati langit jadi lebih mudah dengan teknologi digital dari Astro Fi 90mm

Sekarang Anda dapat mengontrol mount teleskop langsung melalui smartphone. Astro Fi 90mm merupakan teleskop yang sempurna untuk Anda yang masih awam dengan ilmu astronomi. Teknologi SkyAlign yang diterapkan pada produk ini akan membantu pengamat untuk mengidentifikasi benda langit yang ingin diamati.

Astro Fi 90mm memiliki 2 buah eyepiece dengan focal length 25mm dan 10mm, serta dapat melakukan perbesaran hingga 91x. Teleskop ini juga mengunakan mount tipe Altitude-Azimuth, serta tracking mode EQ North dan Q South.

Walaupun memiliki spesifikasi tinggi, Astro Fi 90mm hanya memiliki panjang optical tube 945mm dan diameter 99mm. Jadi Anda akan cukup mudah memindahkan teleskop ke spot-spot pengamatan terbaik. Anda bisa membeli teleskop ini di lazada.co.id.

6. Meade Infinity 102mm Refractor

meade_infinity_102mm_refractor

Harga : Rp 6.780.000

Rasakan pengalaman mengamati angkasa dalam 6 jenis aperture berbeda di Infinity 102mm

Teleskop Infinity 102mm memiliki focal length 600 f/5.9 dengan mount Alt-Azimuth. Produk ini dapat memberi Anda lebih banyak pengalaman berbeda dalam pengamatan objek celestial. Infinity 102mm merupakan teleskop bertipe computerized, dan Anda juga bisa mengatur slow-motion untuk pengamatan yang lebih detil.

Dalam Infinity Series, Anda akan diberikan lebih banyak pilihan metode pengamatan. Dan, untuk teleskop yang satu ini, Anda dapat mengatur aperture hingga 6 jenis opsi serta 3 jenis eyepiece. Anda dapat dipastikan dapat melihat objek langit seperti bulan dan planet besar dengan sangat jelas. Anda bisa membeli teleskop ini di lazada.co.id.

5. Celestron Regal M2 100 ED “Spotting Scope”

celestron_regal_m2_100_ed_spotting-_scope

Harga : Rp 14.200.000

Rasakan sensasi menatap langit yang sesungguhnya dengan Regal M2 100ED

Regal M2 merupakan teleskop khusus didesain untuk Anda para traveller pemburu celestial object. Anda dapat melakukan pengamatan dengan posisi apa pun, bahkan jika itu posisi rebahan. Teleskop ini hanya memiliki berat 2Kg, dengan panjang focal 540mm.

Teleskop Regal M2 menggunakan material Extra-Low Dispertion (ED) dan full coated XLT anti-reflective. Teleskop ini juga memiliki ketahanan terhadap embun dan air, sebab material yang digunakan pada tube adalah magnesium-alloy.

Tidak hanya itu, Regal M2 juga memiliki T-adapter ring yang kompatibel dengan camera DSLR. Anda juga dapat mengamati objek jauh dengan sangat leluasa, sebab teleskop ini memiliki magnifikasi hingga 61x.Anda bisa membeli teleskop ini di javaindotech.

4. Celestron AstroMaster 130EQ Newtonian Telescope

celestron_astromaster_130eq_newtonian_telescope

Harga : Rp 6.780.000

Tembus batas angkasa dan buka tabir rahasia hingga ke Saturnus dengan Astromaster 130EQ

Anda pasti akan terkesan dengan kemampuan AstroMaster 130EQ. Walaupun teleskop ini diperuntukan untuk pemula, namun secara kemampuan sangatlah mumpuni. Tidak hanya bulan, bintang, dan komet. Teleskop ini juga mampu menembus kedalaman angkasa hingga Jupiter dan Saturnus.

AstroMaster 130EQ memiliki panjang dan rasio focal 650 f/5 dan aperture 130mm. Sedangkan pada eyepiece, teleskop ini menggunakan teknologi erect image corrector. Dan seperti halnya teleskop reflektor lain, AstroMaster 130EQ dapat menangkap objek dengan sangat jelas serta jernih.

Tipe mount pada teleskop ini adalah CG-3 Equatorial. Seperti jenis mount German lainnya, Anda akan lebih fleksibel dalam mengarahkan teleskop ketika melakukan pengamatan objek langit. Terutama bila Anda sedang berburu lintasan komet yang terus bergerak dengan cepat. Anda bisa membeli teleskop ini di Shopee.

3. Celestron NexStar 8SE Telescope – Computerized Telescope for Beginner

celestron_nexstar_8se_telescope

Harga : Rp 47.088.000

Tembus batas 23 juta tahun cahaya ke Whirlpool Galaxy dengan NexStar 8SE

Siapa bilang astronom pemula tidak akan mampu menyelam kekedalaman angkasa jutaan tahun cahaya. Dengan NexStar 8SE, Anda pun bisa melakukannya! Teleskop ini menggunakan teknologi SkyAlign dari Celestron, yang mana Anda tidak perlu kesulitan dalam menentukan objek pengamatan celestial.

NexStar 8SE memiliki ukuran aperture 8 inch yang mampu mengumpulkan cahaya dengan sangat mengesankan. Teleskop ini juga mempunyai panjang dan rasio focal diatas rata-rata, yakni 2032mm f/10.

Dan, bagian terbaik dari NexStar 8SE adalah penggunaan model optic Schmidt-Cassegrain pada teleskop. Anda akan mendapatkan view yang luar biasa jernih saat melakukan pengamatan. Teleskop ini menggunakan teknologi SkyAlign, jadi Anda bisa mengoneksikan NexStar 8SE dengan smartphone atau perangkat lain. Anda bisa membeli teleskop ini di Shopee.

2. Orion 8297 Newtonian Astrograph Reflector Telescope

orion_8297_newtonian_astrograph_reflector_telescope

Harga : Rp 20.961.000

Anda tidak butuh roket untuk menjelajahi kedalaman angkasa dengan segala rahasianya

Tidak salah lagi! Orion 8297 merupakan teleskop bintang premium dengan harga paling rendah. Anda akan semakin tersihir oleh keindahan dan keagungan angkasa saat melakukan pengamatan dengan teleskop ini.

Orion 8297 memiliki panjang dan rasio focal hingga 800mm f/3.9, dan aperture 203mm. Tipe cermin yang digunakan adalah parabolic primary.Namun tidak hanya itu, secondary mirror-nya intergrated dengan camera CCD dan DSLR.

Teleskop ini menggunakan 2 jenis ukuran eyepiece yang tidak biasa, yakni berukuran 2” dan 1.25”.Orion 8297 menggunakan focuser berjenis Crayford dengan panjang lintasan 69mm. Jenis focuser ini memang telah teruji dan terbukti menghasilkan gambaran yang sangat tajam dan lembut. Anda bisa membeli teleskop ini di hargadunia.com.

1. Orion GoScope III 70mm Refractor Travel

orion_goscope_iii_70mm_refractor_travel

Harga : 4.500.000

Rasakan pengalaman mengamati langit dan bintang di berbagai tempat dengan GoScope III

GoScope III merupakan teleskop terbaik untuk Anda yang ingin mempelajari langit di berbagai tempat. Teleskop ini didesain dapat dibawa dalam satu backpack termasuk alat pendukung, seperti tripod dan aksesoris lainnya.

Dengan focal length dan ratio 400mm f/5.6, Anda dapat dengan leluasa menikmati keindahan angkasa baik pada pagi atau malam hari. Teleskop ini juga memiliki 2 jenis eyepiece Kellner berukuran 1.25”, yang masing-masing dapat melakukan perbesaran 44x dan 20x.

Material yang digunakan pada tube dan tripod adalah aluminium yang ringan, sehingga berat GoScope III secara keseluruhan tidak sampai 2Kg. Bila Anda berencana menggunakan teleskop untuk pengamatan alam pada siang hari, GoScope juga cukup mudah saat dipakai tanpa tripod. Anda bisa membeli teleskop ini di Tokopedia.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli teleskop untuk kebutuhan hobi atau pendidikan, Ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai jenis-jenis teleskop. Setidaknya ada dua jenis teleskop berdasarkan teknologinya, yakni konvensional dan computerized.
  • Masing-masing jenis teleskop memiliki tingkat kesulitan dan resistensi tersendiri. Beberapa teleskop memang didesain cukup kuat, seperti tahan embun dan air. Namun, beberapa teleskop lain sangat rentan terhadap lingkungan yang tidak kondusif, terutama teleskop berjenis computerized.
  • Memperhatikan budget sebelum pembelian juga merupakan faktor penting. Bila Anda benar-benar pemula, akan lebih baik memilih produk seperti Meade Infinity Series.
  • Namun, jika Anda serius ingin menekuni bidang astronomi dan pengamatan objek celestial, maka Anda bisa memilih produk dengan kemampuan yang mumpuni, seperti Celestron NexStar 8SE yang memiliki banyak fitur premium.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan teleskop dengan spesifikasi tinggi dan mudah dibawa traveling, Anda bisa memilih produk dari Orion, seperti GoScope III 70mm Refrector.

Referensi

  1. The Nine Planets, Best Telescope, https://nineplanets.org/guide/best-telescope/
  2. SPACE (2019), Best Telescope for the Money – 2019 Review and Guide,https://www.space.com/15693-telescopes-beginners-telescope-reviews-buying-guide.html
  3. The Planets (2020), Ultimate Best Telescope Buying Guide, https://theplanets.org/best-telescopes-buying-guide/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.