Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


11 Jan 2021 06:11

10 Smart band Keren dan Murah untuk Penggemar Olahraga

By Cektarif Plus


Saat ini, rasanya sudah bukan menjadi hal aneh bila kita melihat berbagai kecanggihan teknologi. Hal ini terlihat dari munculnya banyaknya inovasi yang muncul dalam keseharian.Sebut saja keberadaan gadget yang makin hari selalu tersedia versi baru yang canggih.



Adanya kemajuan teknologi tentunya memberi kemudahan pada Anda dalam menjalankan aktivitas. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak terlena dan bermalas-malasan. Justru harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja dalam keseharian.Misalnya berolahraga.

Kebanyakan orang merasa kesulitan bila harus membawa gadgetnya saat berolahraga. Tapi tenang, sekarang sudah tersedia gadget wearable yang mudah dibawa untuk aktivitas berolahraga. Terutama untuk aktivitas berlari.

Smartband sendiri merupakan gadget yang memiliki bentuk cenderung mirip dengan jam tangan. Gadget ini memiliki berbagai fitur yang dapat mendukung kegiatan berolahraga Anda. Sebut saja fitness tracker yang berfungsi untuk mengukur detak jantung serta pembakaran kalori dari hasil berolahraga yang Anda lakukan.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi smartband dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai smartband serta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik smartband

Secara umum, smartband memiliki tiga jenis. Pertama, running watches with GPS Tracking yang menghindari kemungkinan tersesat. Kedua, heart race tracking included yang dapat membaca detak jantung. Ketiga, basic trackers yang dapat mencatat tiap langkah Anda.



Selain digunakan untuk berolahraga, smartband juga dapat digunakan untuk membuat penampilan pemakainya menjadi lebih menarik.Hal ini tidak lepas dari karakter smartband yang keren dan unik sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Anda bisa memilih basic trackers. Karena jenis ini memiliki penggunaan yang lebih simple. Namun untuk Anda yang gemar mencari rute baru saat berolahraga, maka Anda bisa memilih running watches with GPS Tracking.

Oleh karena itu, saat Anda memilih smartband perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah smarbandhanya akan digunakan untuk mencatat tiap langkah Anda saat berolahraga, atau juga untuk mengetahui detak jantung dan rute perjalanan.

Perhatikan material pembuatnya

Ada berbagai jenis dan merek smartband yang beredar di pasaran. Kebanyakan dari mereka memilih menggunakan material berbeda sebagai bahan pembuatnya. Tujuannya untuk memberikan desain unik sekaligus kenyamanan pada penggunanya.

Biasanya, material yang digunakan berupa PVC lembut, poliuretan TPU atau PU, silikon serta logam.



Karena dipasangkan bersentuhan dengan kulit, pastikan kalau bahan yang digunakan tersebut tidak akan membuat kulit Anda alergi agar nyaman digunakan.

Perhatikan keakuratan data

Ada berbagai fitur menarik yang dimiliki oleh smartband. Termasuk di antaranya untuk mengukur detak jantung serta target langkah yang diinginkan. Sayangnya, terkadang data yang diberikan bisa saja tidak akurat.

Oleh sebab itu, sebelumnya pastikan dahulu keakuratan data yang dimiliki oleh smartband tersebut.

Anda bisa mencoba mengenakannya untuk berlari di tempat atau cara lainnya. Sebaiknya pilih yang memiliki keakuratan minimal 95%.



Perhatikan kenyamanan pemakaiannya

Agar olahraga Anda tidak terganggu, sebaiknya pilih smartband yang ringan dan tidak terlalu menempel erat di kulit.

Dengan begitu, Anda akan merasa nyaman dan tidak terbebani saat menggunakan ‘asisten olahraga’ tersebut.

Perhatikan sinkronasi datanya

Salah satu keunggulan dari penggunaan smartband ini adalah kecepatan dalam melakukan sinkronasi data. Ya, smartband memang dapat merespons data sinkron dengan cepat sehingga hasilnya bisa langsung dilihat.

Biasanya smartband tersebut menggunakan fitur Bluetooth untuk mengirimkan data. Mulai dari Bluetooth 4.0 dengan konsumsi daya rendah, hingga Bluetooth 5.0 dengan kecepatan transmisi yang amat cepat.



Cara merawat smartband agar lebih awet

Agar smartband Anda tetap bersih, nyaman dipakai, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat smartband:

  • Selalu merawat baterai smartband dengan baik dan teratur. Baterai adalah nyawa dari smartband. Tanpa adanya baterai ini, smartband tidak akan bisa hidup. Pastikan Anda merawat baterai dengan baik agar tidak mudah rusak.
  • Hindari pengisian baterai terlalu lama, bahkan hingga melewati batas full. Hal tersebut dapat membuat baterai menjadi mudah rusak. Biasanya smartband memiliki indikator baterai yang memudahkan Anda untuk mengecek daya baterai. Segera lepas daya listriknya bila isi baterai sudah penuh.
  • Jangan pernah biarkan baterai smartband habis hingga mati total. Hal ini dapat mempengaruhi penyimpanan memori, dan huga bisa merusak smartband Anda.
  • Pastikan konektor pengisian daya smartband sudah bersih dan terlindungi dari debu dan kotoran yang menumpuk. Karena debu dan kotoran tersebut dapat merusak IC sekaligus mengganggu pengisian daya baterai smartband. Pilihlah yang sudah memiliki karet pelingung. Selalu simpan di tempat tertutup dan bersihkan dengan kain lembut atau cotton bud.
  • Smartband memiliki layar sentuh LED layaknya sebuah smartphone. Karena penggunaannya disentuh, kemungkinan munculnya goresan bisa saja terjadi. Karena itu, pastikan Anda menggunakan pelindung untuk mencegah timbulnya berbagai goresan pada smartband.
  • Segera bersihkan layar smartband saat terkena kotoran. Menempelnya kotoran pada smartband memang tidak bisa dihindarkan sepenuhkan. Karena itu, bila ada kotoran menempel, segera bersihkan dengan kain microfiber yang bersih. Ingat, jangan gunakan kain tersebut secara berulang serta hindari penggunaan cairan kimia dalam membersihkannya.
  • Bersihkan strap smartband secara teratur dengan cairan pembersih khusus. Bila strap tersebut sudah usang, sebaiknya diganti dengan yang baru.
  • Jangan simpan smartband di tempat yang lembab. Kandungan air tentu dapat merusak perangkat elektronik. Belum lagi adanya keberadaan jamur yang bisa ikut muncul.
  • Simpan smartband di tempat khusus yang kering serta terhindar dari udara lembab. Sebaiknya gunakan box khusus seperti dry box atau box khusus jam tangan.

10 Smartband keren dan murah untuk penggemar olahraga



Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang smartband lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi smartband keren dan murah untuk penggemar olahragadari berbagai merek berikut ini:

10. Xiaomi MiBand 4 Smartband

foto-smartband-keren-dan-murah-untuk-penggemar-olahraga-10

Harga : Rp 219.000

Ketahanan baterai up to 20 jam

Gadget pendamping seperti smartband memang sangat diperlukan untuk membuat kegiatan berolahraga Anda menjadi lebih nyaman dan mudah. Termasuk dengan Xiaomi MiBand 4 Smartband.



Teknologi cerdas Mi Band 4 ini memiliki desain yang sederhana namun terlihat keren dan canggih. Sangat cocok bagi Anda yang ingin tetap tampil trendi saat melakukan berbagai aktivitas luar ruangan, seperti berolahraga.

Smartband satu ini dilengkapi dengan fitur Bluetooth 5.0 LE yang cepat. Selain itu, Mi Band 4 ini juga tahan air hingga 50 meter dan memiliki bobot yang ringan. Ketahanan baterainya pun mencapai 20 hari.Anda bisa membeli smartband ini di Shopee.

9. Huawei Honor Band 5

foto-smartband-keren-dan-murah-untuk-penggemar-olahraga-9

Harga : Rp 359.000

Pengisian baterai hanya 1,5 jam



Seakan tidak mau kalah dengan perkembangan teknologi, brand Huawei juga membuat produk smartband yang diberi nama Huawei Honor Band 5. Smartband ini memiliki berbagai keunggulan, terutama soal ketahanan dalam air.

Ya, Huawei Honor Band 5 memiliki layar AMOLED yang memiliki ketahanan hingga 50 meter di bawah permukaan air. Selain itu, smartband model CRS-B19S ini juga dilengkapi dengan sistem Android 4.4 serta Ios 9.0 ke atas yang canggih.

Kapasitas baterai dari smartband Huawei ini adalah 100mAh dengan ketahanan waktu stand by mencapai 20 hari. Waktu pengisian dayanya pun cukup sebentar. Hanya berkisar 1,5 jam saja. Anda bisa membeli smartband ini di Shopee.

8. IIT E18 Smartband Watch

foto-smartband-keren-dan-murah-untuk-penggemar-olahraga-8

Harga : Rp 262.200



Dengan tiga varian warna yang trendi

Apakah Anda termasuk tipe orang yang senang workout atau fitness?Bila iya, tak ada salahnya mencoba gadget fitness tracker berbentuk layaknya jam tangan digital ini. Perkenalkan, IIT E18 Smartband Watch.

Seperti namanya, smartband ini memiliki bentuk gelang layaknya sebuah jam tangan sehingga mudah digunakan saat beraktivitas. IIT E18 Smartband Watch menggunakan layar sentuh kompatibel serta LCD berwarna yang nyaman bagi mata Anda.

Smartband ini dilengkapi dengan fitur life waterproof yang membuatnya aman digunakan untuk olahraga air. Menariknya, terdapat tiga pilihan warna trendi yang bisa Anda pilih sesuai keinginan, yaitu hitam, biru, dan merah maroon. Anda bisa membeli smartband ini di Shopee.

7. Xwatch SmartBand F1



foto-smartband-keren-dan-murah-untuk-penggemar-olahraga-7

Harga : Rp 108.000

Harga murah untuk fungsi maksimal

Xwatch SmartBand F1 bisa dibilang sebagai salah satu smartband yang memiliki fungsi lengkap. Sebut saja motion record, memantau waktu tidur, memantau kelelahan otak statis dan dinamis, hingga memantau kelelahan pada oksigen di darah.

Bukan hanya digunakan sebagai pemantau kesehatan dan pergerakan saat berolahraga, Xwatch SmartBand F1 juga dapat digunakan sebagai pengingat komunikasi hingga waktu.Misalnya untuk panggilan telepon, WeChat, SMS, jam, hingga alarm.

Smartband ini dilengkapi dengan fitur Bluetooth, baterai 80mAh dengan stand by lebih dari 10 hari dan waktu pengisian 2 jam, serta operasi single touch. Anda bisa membeli smartband ini di Shopee.

6. Xiaomi Mi Band 4 AMOLED SmartBand [GLOBAL VERSION]



foto-smartband-keren-dan-murah-untuk-penggemar-olahraga-6

Harga : Rp 597.000

Support untuk semua jenis smartphone

Xiaomi Mi Band 4 AMOLED SmartBand merupakan salah satu produk smartband keluaran brand Xiaomi yang memiliki banyak fitur menarik. Sebut saja stopwatch, alarm, pengaturan musik, dan sebagainya.

Smartband ini menggunakan layar berukuran 120 x 240 pixel serta brightness hingga 450 nits. Layarnya sendiri memiliki lapisan anti sidik jari serta 2.5D panel kaca. Dengan baterai berkapasitas 135 mAh, smartband ini dapat standby hingga 20 hari hanya dari pengisian selama 2 jam.

Bagi penggemar olahraga air, tak perlu khawatir. Karena smartband ini bersifat anti air.Bahkan hingga kedalaman 50 meter. Xiaomi Mi Band 4 AMOLED SmartBand juga support untuk segala jenis smartphone. Anda bisa membeli smartband ini di Shopee.



5. Xwatch S909 GPS Watch Sport Smartband

foto-smartband-keren-dan-murah-untuk-penggemar-olahraga-5

Harga : Rp 300.000

Tersedia dalam 8 bahasa

Xwatch S909 GPS Watch Sport Smartband adalah salah satu produk smartband terbaik keluaran brand Xwatch untuk kelompok usia dewasa. Smartband ini dapat digunakan untuk semua jenis smartphone, baik Android maupun iPhone.

Menariknya, Xwatch S909 GPS Watch Sport Smartband ini tersedia dalam 8 bahasa, yaitu Prancis, Italia, Jerman, Inggris, Spanyol, Rusia, Portugis, hingga Jepang. Cocok digunakan bagi Anda yang sedang mempelajari salah satu dari kedelapan bahasa tersebut.

Selain itu, smartband ini juga dilengkapi dengan fitur pengukur kecepatan dan ketinggian, pengingat SMS dan panggilan telepon, kalender, notifikasi sosial, tracker denyut jantung, dan sebagainya. Anda bisa membeli smartband ini di Blibli.



4. OEM SmartBand F1 Plus Color

foto-smartband-keren-dan-murah-untuk-penggemar-olahraga-4

Harga : Rp 85.000

Support untuk notifikasi Instagram dan WhatsApp

OEM Smartband F1 Plus Color bisa dikatakan sebagai smartband all in one. Hal ini karena berbagai fitur menarik yang dimilikinya. Sebut saja monitor tekanan dan oksigen darah serta detak jantung.

Selain itu, juga dapat memonitor waktu tidur hingga pelacak olahraga kompeherensif. Smartband berukuran 0,96 inchi ini juga memiliki baterai berkapasitas 90 mAh dengan waktu standby hingga 7 hari.



Smartband ini dilengkapi pula dengan fungsi kalender, stopwatch, alarm, hingga dukungan notifikasi untuk berbagai sosial media. Sebut saja Instagram, WhatsApp, Facebook, Skype, WeChat, Twitter, dan lain sebagainya. Anda bisa membeli smartband ini di Shopee.

3. Lenovo WD06 Color Screen

foto-smartband-keren-dan-murah-untuk-penggemar-olahraga-3

Harga : Rp 407.000

Memiliki efek visual terbaik

Lenovo WD06 Color Screen merupakan smartband keluaran brand Lenovo yang memiliki fungsi sebagai activity tracker saat berolahraga. Smartband ini dapat digunakan untuk melacak kebugaran Anda saat berolahraga.



Caranya dengan memonitor detak jantung Anda selama melakukan aktivitas olahraga secara real-time. Nantinya, Anda dapat mengoptimalkan aktivitas Anda berdasarkan zona denyut jantung tersebut.

Smartband ini dilengkapi dengan smart light sensor yang dapat menyesuaikan kecerahan tampilan layar sesuai dengan kondisi pencahayaan di sekitar. Sehingga memberikan efek visual terbaik bagi Anda yang melihatnya. Anda bisa membeli smartband ini di Shopee.

2. Skmei B15P SmartBand

foto-smartband-keren-dan-murah-untuk-penggemar-olahraga-2

Harga : Rp 222.900

Monitor jumlah langkah, kalori terbuang, dan waktu tidur



Berbicara soal jam tangan, rasanya sulit untuk melupakan namabrand Skmei. Selain jam tangan, Skmei juga meluncurkan produk smart brand yang tidak kalah kerennya. Namanya Skmei B15P Smartband.

Smartband ini terbuat dari bahan rubber berkualitas terbaik dengan desain yang keren dan trendi. Sangat cocok bagi Anda yang tetap ingin tampil menarik saat berolahraga. Ada berbagai fitur menarik pada produk Skmei B15P Smartband ini.

Sebut saja fitness tracker yang memungkinkan Anda untuk mengetahui jumlah langkah yang dilakukan, jumlah kalori yang terbuang, monitor waktu tidur, dan sebagainya. Anda bisa membeli smartband ini di Shopee.

1. RealMe Smartband Original

oto-smartband-keren-dan-murah-untuk-penggemar-olahraga-1

Harga : Rp 299.000



Memiliki 5 tampilan layar berbeda

Produsen berbagai gadget canggih seperti Realme ternyata juga tidak mau ketinggalan dalam persaingan smartband. Mereka juga merilis produk smartband yang tidak kalah kerennya dengan produk gadget lainnya yang diberi nama RealMe Smartband Original.

Smartband canggih ini dilengkapi dengan sensor detak jantung optic PPG yang memiliki presisi tinggi sehingga dapat mengukur denyut jantung pemakainya secara akurat dan real time.

Ada pula fitur monitoring kualitas tidur serta pengingat minum dan beraktivitas. Selain itu, smartband ini juga dapat menampilkan lebih dari 65 ribu warna serta memiliki lima tampilan layar berbeda yang memanjakan mata. Anda bisa membeli smartband ini di Shopee.

Kesimpulan



  • Sebelum membeli smartband, sebaiknya Anda mempertimbangkan material pembuatnya, sinkronisasi data, keakuratan data, serta kenyamanan pemakaiannya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar smartband Anda lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Lenovo WD06 Color Screen, karena dapat memonitor detak jantung secara real time.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin menggunakannya sebagai notifikasi berbagai sosial media, Anda bisa memilih OEM Smartband F1 Plus Color.
  • Namun, untuk Anda yang menginginkan smartband dengan tampilan layar berbeda, maka Anda bisa memilih RealMe Smartband Original.

Referensi

  1. TectoGizmo (2016), Different Type of Fitness Trackers, https://tectogizmo.com/different-types-of-fitness-trackers/
  2. Gearbest (2019), How to Choose a Smartband, https://www.gearbest.com/blog/how-to/how-to-choose-a-smart-band-6148



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.