Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


20 Jul 2020 08:20

10 Skin Care Terbaik untuk Merawat Kulit Wajah Sensitif

By Cektarif Plus


Permasalahan kulit wajah merupakan hal yang sekarang ini menjadi perhatian utama hampir setiap orang, khususnya wanita. Karena setiap orang mempunyai jenis kulit berbeda beda, dan tentunya permasalahan yang dihadapi juga berbeda pula.



Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut juga diperlukan cara-cara khusus untuk masing-masing tipe kulit. Namun, sebelum mencari pemecahan masalah dari setiap masalah kulit wajah yang Anda hadapi, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apa sebenarnya tipe kulit wajah Anda.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa skin care terbaik untuk mewarat kulit wajah sensitif dari berbagai merek serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai skin care dan cara memilihnya.

Tentukan terlebih dahulu tipe kulit Anda

Langkah pertamayang harus Anda lakukan sebelum mencari produk yang bisa menyembuhkan segala macam permasalahan yang dialami oleh kulit wajah. Maka ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menentukan tipe kulit, atau yang biasa disebut dengan skintype.

Cucilah muka di malam hari, kemudian diamkan sampai pagi, dan jangan menggunakan skin care apapun baik itu baik itu pelembab, toner, serum, masker, atau produk skin care yang lainnya. Setelah Anda bangun di pagi hari, perhatikan keadaan kulit wajah Anda.

Jika terdapat minyak berlebih di seluruh area wajah, berarti kulit wajah Anda termasuk kedalam tipe kulit berminyak. Namun, jika kulit Anda tidak menunjukkan banyak perubahan, maka ada kemungkinan kulit Anda termasuk kedalam tipe kulit kering.



Kemudian, jika Anda melihat di beberapa area wajah muncul minyak berlebih, tetapi di beberapa area kulit cenderung tidak berubah atau tidak mengeluarkan minyak, berarti kulit Anda masuk kedalam tipe kulit kombinasi. Biasanya produksi minyak berlebih hanya akan muncul di area dahi, hidung dan dagu atau yang biasa kita kenal dengan area T-zone.

Cara yang kedua sama seperti cara yang pertama, yaitu Anda perlu mencuci muka terlebih dahulu, akan tetapi Anda tidak perlu menunggu hingga pagi hari. Cukup diamkan wajah selama 2 sampai 3 jam, dan pastikan wajah Anda tidak terkena AC berlebihan, dan juga tidak berkeringat berlebihan.

Setelah 2 jam, tempelkan kertas minyak keseluruh bagian wajah mulai dari kedua pipi, hidung dan dagu. Amati kertas minyak selama beberapa menit, jika semua kertas menempel pada wajah dengan erat dan terlihat banyak bagian yang basah Berarti kulit Anda adalah tipe kulit berminyak.

Tetapi jika kertas minyak sulit menempel pada wajah berarti kulit wajah Anda termasuk kulit kering. Nah yang terakhir, jika kertas minyak menempel pada area T-zone tetapi tidak menempel pada area yang lain berarti kulit Anda termasuk kedalam tipe kulit kombinasi.

Cara yang terakhir adalah dengan memperhatikan pori-pori di seluruh wajah. Jika pori-pori di seluruh wajah Anda terlihat cukup besar, ada kemungkinan kulit wajah Anda merupakan kulit wajah yang berminyak karena biasanya pori-pori yang besar lebih banyak memproduksi minyak.

Sebaliknya jika pori-pori di wajah Anda kecil,bahkan tidak terlihat ada kemungkinan kulit Anda termasuk ke dalam kulit kering. Atau mungkin pori-pori Anda di beberapa bagian terlihat kecil tapi di beberapa bagian terlihat besar, nah itu sepertinya tanda kalau kulit Anda termasuk ke dalam kulit kombinasi.



Kenali ciri-ciri kulit sensitif

Setelah mengetahui tipe kulit wajahAnda, selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah ciri-ciri kulit wajah Anda.Apakah termasuk ke dalam kulit sensitif atau tidak? Karena apapun skintype atau jenis kulit wajah yang Anda miliki, semua berpotensi memiliki sensitifitas yang tinggi.

Berikut adalah ciri-ciri yang dapat Anda amati untuk mengetahui apakah kulit wajah kita termasuk kedalam kulit sensitif.

Pertama, mudah berjerawat.Permasalahan ini biasanya akan terlihat pada kulit wajah sensitif yang memiliki skintype berminyak. Jerawat akan sangat mudah tumbuh jika kulit wajah memproduksi minyak berlebih, karena kelebihan minyak tersebut akan memicu timbulnya komedo yang bisa menjadi cikal-bakal tumbuhnya jerawat. Selain itu minyak yang muncul secara terus menerus bisa memperlambat penyembuhan jerawat.

Kedua, mudah terkena alergi.Alergi bisa terjadi pada kulit wajah sensitif dengan skintype apapun baik itu berminyak, normal, ataupun kombinasi. Alergi yang bisa menyerang kulit wajah sensitif tidak hanya berasal dari bahan-bahan yang terkandung didalam kosmetik, tetapi bisa juga berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Karena ada beberapa orang yang mengalami alergi di kulit wajahnya yang berbentuk jerawat, jika terlalu banyak memakan makanan pedas, atau terlalu banyak mengkomsumsi kopi.

Ketiga, mudah terbakar atau terpapar sinar matahari.Kulit sensitif juga ada yang sangat tidak bersahabat dengan sinar matahari. Karena jika terkena atau terpapar sinar matahari secara langsung kulit wajah sensitif bisa langsung memerah atau bahkan berubah warna menjadi kegelapan.



Keempat, mudah mengalami inflamasi.Kulit yang sensitif sangat mudah mengalami inflamasi atau peradangan yang berbagai macam bentuknya, mulai dari kemerahan, mengelupas, muncul noda kehitaman, dan berbagai bentuk peradangan lainnya.

Kelima, sangat gampang merasa tersengat atau seperti tertusuk-tusuk. Kulit sensitif juga mudah merasakan sakit jika terjadi sesuatu yang salah dalam merawatnya, misalnya jika kulit wajah tidak cocok terhadap sebuah produk yang digunakan, maka kulit bisa memberikan respon penolakan berupa rasa panas yang menyengat, atau rasa sakit seperti tertusuk-tusuk di bagian tertentu dari kulit wajah.

Perhatikan kandungan bahan yang digunakan

Jika sudah mengetahui bahwa kulit wajah Anda termasuk kedalam kulit sensitif, maka Anda harus berhati-hati dalam memilih produk skincare yang akan digunakan. Karena jika ternyata skincare yang Anda pilih mengandung bahan-bahan yang tidak cocok untuk kulit, maka kulit wajah Anda akan sangat mudah mengalami peradangan atau inflamasi.

Kulit sensitif yang mengalami inflamasi akan sangat sulit disembuhkan, bahkan tidak menutup kemungkinan jika sembuh pun akan tetap meninggalkan bekas yang juga cukup sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu,Anda harus sangat berhati-hati saat memilih skincare.

Usahakan sebelum membeli produk skincare bacalah terlebih dahulu ingredients atau komposisi yang ada di dalam produk tersebut, untuk memastikan semua kandungan bahan dalam produk skincare yang ingin dibeli aman digunakan untuk kulit wajah Anda.



Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda mengetahui bahan-bahan apa saja yang tidak cocok digunakan pada kulit wajah yang sensitif.

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan-bahan yang terkandung di dalam produk skincare namun biasanya tidak cocok digunakan pada tipe kulit wajah sensitif.

Pertama, alkoholyang berfungsi sebagai pelarut, dan juga untuk mempercepat penyerapan skincare-skincare yang akan Anda gunakan selanjutnya. Namun di beberapa kulit sensitif khususnya yang memiliki skintype kulit kering, alkohol bisa menyebabkan kulit wajah menjadi dehidrasi dan lebih kering lagi. Yang bisa menjadi salahsatu penyebab tumbuhnya jerawat.

Kedua, SLS (sodium lauryl sulfate).SLS ini biasanya kita temukan di dalam produk rumah tangga seperti deterjen, sabun mandi, pasta gigi, dan juga sabun pencuci muka. Salah satu ciri bahwa sabun pencuci muka kamu mengandung SLS, ketika saat Anda mencuci muka busa yang dihasilkan dari sabun cuci muka tersebut sangat banyak, dan setelah mencuci muka sensasi yang Anda rasakan adalah muka terasa lebih kesat.

Sebagian orang memang menyukai sensasi kesat setelah mencuci muka, akan tetapi perlu diketahui bahwa SLS ini bisa membuat kulit Anda menjadi kering, bahkan efek jangka panjangnya bisa membuat wajah menjadi kemerahan dan iritasi.

Ketiga, minyak sintetis. Biasanya seseorang yang mempunyai kulit wajah sensitif khususnya dengan typeskin kering akan mencari skincare yang mengandung minyak atau oil. Tapi tahukah Anda kalau banyak sekali skincare yang di dalamnya mengandung minyak sintetis. Yang notabenenya minyak sintetis ini bisa menyebabkan pori-pori wajah Anda menjadi tersumbat, sehingga akan muncul komedo yang sangat banyak.

Keempat, Scrub, yang merupakan kandungan dari produk skincare yang berbentuk butiran-butiran kecil atau butiran-butiran halus. biasanya kerap terdapat pada produk masker atau sabun pencuci muka.



Sebenarnya kandungan scrub dalam skincare tidak terlalu berbahaya jika Anda menggunakannya secara tepat, karena fungsi utama dari scrub itu sendiri adalah untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah Anda.

Untuk kulit wajah sensitif, skincare yang mengandung scrub tidak boleh digunakan terlalu sering, karena sifatnya yang mengeksfoliate bisa menyebabkan kulit sensitif Anda menjadi kering atau bahkan dehidrasi.

Dan parahnya lagi bisa sampai mengalami pengelupasan kulit. Jika memiliki kulit wajah sensitif Anda tetap boleh menggunakan scrub tetapi frekuensinya maksimal 2 kali seminggu.

10 Skin care terbaik untuk Merawat kulit wajah sensitif

Setelah Anda mengetahui berbagai skin care dan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi skin careterbaik untuk merawat kulit wajah sensitif dari berbagai merek di bawah ini:



10. Garnier Micellar Cleansing Water Pink

garnier_micellar_cleansing_water_pink

Harga : Rp 21.216

Tidak mengandung alkohol

Micellar Water merupakan produk skincare yang pertama kali digunakan jika ingin membersihkan wajah. Garnier micelalr cleansing berwarna pink ini memang dikhususkan untuk kulit sensitif, produk ini tidak mengandung alkohol sehingga tidak akan membuat kulit wajah menjadi kering. Anda bisa membeli produk ini di Lazada.

9. Cetaphil Gentle Skin Cleanser



cetaphil_gentle_skin_cleanser

Harga : Rp 42.500

Dapat mengangkat kotoran di wajah

Setelah menggunakan Micellar Water, produk yang digunakan selanjutnya adalah cleanser, yang berfungsi mengangkat sisa-sisa kotoran diwajah. Cetaphil gentle skin cleanser ini sangat cocok digunakan untuk kulit sensitif karena tidak mengandung sabun, pewangi, dan non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori. Anda bisa membeli produk ini di Lazada.

8. Acnes Face Wash



acnes_face_wash

Harga : Rp 13.500

Cocok untuk kulit sensitif

Step berikutnya adalah mencuci muka. Anda bisa menggunakan Acnes Face Wash sebagai sabun pencuci muka, karena sejak dulu produk Acnes memang dipercaya dapat menghilangkan jerawat, sehingga sangat cocok digunakan untuk kulit sensitif.Anda bisa membeli produk ini di Lazada.

7. Himalaya Purifying Neem Mask

himalaya_purifying_neem_mask

Harga : Rp 40.000



Ampuh mengatasi jerawat

Setelah mencuci muka, Anda bisa menggunakan masker wajah. Salah satu masker yang cocok untuk kulit sensitif adalah himalaya Purifying Neem Mask, masker ini merupakan masker herbal dengan sensasi mint jika digunakan yang ampuh untuk mengatasi jerawat.

Namun, untuk masker ini hanya boleh digunakan 1-2 kali seminggu agar kulit wajah tidak terasa kering.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. Some By Mi AHA BHA PHA Miracle Toner

some_by_mi_aha_bha_pha_miracle_toner

Harga : Rp 120.000



Membuat kulit lebih bersih dan mulus

Setelah masker di cuci bersih, step selanjutnya yaitu toner. Toner dari Some By Mi ini bermanfaat untuk mengatasi jerawat yang membandel, dan juga bisa mengeluarkan sisa-sisa racun atau bakteri melalui proses purging selama kurang lebih 3-7 hari. Setelah itu kulit wajah akan menjadi bersih dan mulus asalkan digunakan secara rutin dan teratur. Anda bisa membeli toner ini di Shopee.

5. Loreal Revitalift Crystal Micro Essence

loreal-revitalift_crystal_micro_essence

Harga : Rp 173.500

Membuat kulit lebih cerah



Step yang berikutnya adalah penggunaan essence. Salah satu produk yang bisa digunakan pada kulit wajah sensitif yaitu Loreal Revitalift Crystal Mico Essence.

Fungsi utama dari Essence ini adalah merawat kulit yang kusam agar bisa terlihat lebih cerah dan segar. Salah satu kandungan yang ada dari Essence yaitu centella asiatica juga mampu menghilangkan garis-garis halus yang ada diwajah, selain itu produk ini mempunyai kemampuan untuk menghidrasi kulit agar tetap lembab.Anda bisa membeli produk ini di Lazada.

4. Some By Mi Yuja Niacin Blemish Care Serum

some_by_mi_yuja_niacin_blemish_care_serum

Harga : Rp 149.000

Efektif menghilangkan flek hitam



Setelah menggunakan Essence,Anda juga bisa menggunakan serum jika diperlukan. Serum dari Some By Mi juga merupakan produk yang cocok digunakan untuk kulit sensitif yang mengandung 80% ekstrak jeruk yuja yang berfungsi untuk menutrisi kulit, dan membantu menghilangkan flek hitam pada kulit wajah.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Emina Ms Pimple Acne Solution Moist Gel

emina_ms_pimple_acne_solution_moist_gel

Harga : Rp 23.000

Cocok untuk kulit kering dan sensitif

Untuk kulit wajah sensitif yang kering, sangat wajib menggunakan moisturizer agar kulit tetap terhidrasi. Karena jika wajah mengalami dehidrasi maka bisa berakibat kulit kemerahan dan mengelupas.



Moisturizer gel dari emina ini merupakan salah satu produk dari rangkaian pimple acne solution yang memang dibuat untuk pengguna yang memiliki kulit sensitif, karena tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

2. Emina Sun Protection

emina_sun_protection

Harga : Rp 21.000

Aman dari paparan sinar matahari

Dari seluruh rangkaian skincare, sunscreen atau sun protector merupakan produk yang paling wajib digunakan, untuk jenis kulit apapun, terlebih lagi tipe kulit sensitif.



Kenapa kulit sensitif sangat perlu menggunakan sunscreen? Karena sunscreen ini berfungsi untuk menjaga kulit wajah kita dari paparan sinar matahari, agar kulit kita tidak terbakar atau berubah menjadi gelap. Untuk hasil maksimal, kita perlu menggunakan sunscreen secara berulang tiap 4 atau 5 jam sekali.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

1. Wardah Acnederm Acne Spot Treatment

wardah_acnederm_acne_spot_treatment

Harga : Rp 15.000

Menyembuhkan jerawat

Produk skincare yang satu ini tidak perlu digunakan setiap hari. Karena fungsi utama dari skincare acne spot adalah menyembuhkan jerawat-jerawat yang timbul, sehingga cara penggunaannya cukup di totol-totolkan saja ke area jerawat yang timbul di permukaan kulit wajah.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum mencari skincare, cari tahu terlebih dahulu tipe kulit wajah.
  • Ketahui ciri-ciri kulit sensitif, untuk mengetahui apakah kulit wajah kita sensitif atau tidak.
  • Pelajari kandungan-kandungan dalam skincare yang bisa memberi efek lebih buruk untuk kulit sensitif.
  • Gunakan skincare sesuai dengan urutan yang benar, agar mendapat hasil yang maksimal.

Rerefensi



  1. 3 Cara Gampang Mencari Tau Tipe Kulit Wajah Kamu - (BISA LAKUKAN DIRUMAH), https://www.youtube.com/watch?v=VOEAEcSyfxo
  2. Cetaphil Gentle Skin Cleanser Review, https://www.youtube.com/watch?v=LxeV00l7lvg&t=285s



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.