Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


02 Nov 2020 08:02

10 Shampoo Terbaik untuk Mengatasi Ketombe

By Cektarif Plus


Aktivitas di luar ruangan dapat menimbulkan kotoran menempel pada rambut, seperti debu, lumpur, dan lain sebagainya. Untuk itu, rambut dan kulit kepala perlu dibersihkan secara menyeluruh. Dan, akibat tidak dibersihkan tersebut biasanya akan muncul berbagai masalah rambut, salah satunya adalah ketombe.



Ketombe merupakan salah satu permasalahan rambut yang sering dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasi ketombe, jangan ragu untuk memilih shampoo terbaik dari produk yang telah terbukti kualitasnya.

Karena itu, ketika memilih shampoo terbaik untuk mengatasi ketombe, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selain produknya memiliki kandungan anti ketombe, yaitu sesuaikan dengan kulit kepala, hindari yang memiliki kandungan alkohol dan silikon, serta pilih yang organik atau alami.

Untuk itu, kami menyajikan 10 shampoo terbaik untuk mengatasi ketombe lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih shampoo yang tepat untuk mengatasi ketombe berikut dengan cara menyimpannya.

Cara memilih shampoo untuk mengatasi ketombe

Agar rambut dan kulit kepala terhindar dari ketombe, Anda perlu memperhatikan pemilihan shampoo yang tepat. Salah satunya adalah menyesuaikan dengan tipe kulit dan kondisi kepala.

Kemudian, pahami kandungan bahan dan kondisi kulit kepala Anda agar dapat menemukan shampoo yang mampu mengatasi ketombe. Sebaiknya, pilih shampoo dengan komponen pembersih yang tidak terlalu kuat.



Pilih kandungan shampoo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala

Ada sederet bahan aktif pada shampoo yang dapat membantu mengatasi ketombe. Dimana setiap bahan pastinya memiliki fungsi dan cara kerja berbeda.

Untuk mengatasi ketombe, sebaiknya pilih shampoo dengan kandungan formula tepat yang dapat membantu merawat serta melembabkan kulit kepala dan rambut.

Ketombe kerap kali muncul akibat kulit kepala yang kering atau berminyak. Jika Anda memiliki ketombe yang kering atau bersisik, itu pertanda bahwa kulit kepala Anda kering. Jadi, pilihlah shampoo yang mengandung pelembab.

Sebaliknya, jika ketombe Anda terkesan berminyak, itu berarti terjadi kelebihan sebum pada kulit kepala. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih shampoo yang memberi efek menyegarkan dan mampu membersihkan kulit kepala secara menyeluruh.



Perhatikan kandungan bahan pembersih

Penyebab munculnya ketombe selain kulit kepala yang kurang bersih, juga bisa saja disebabkan oleh penggunaan shampoo yang tidak cocok dengan kulit kepala Anda.

Untuk itu, pilih shampoo anti ketombe yang menggunakan amino acid sebagai bahan pembersihnya karena bahan tersebut banyak direkomendasikan bagi penderita ketombe.

Bahan-bahan pembersih yang termasuk dalam kategori ini antara lain, betaine, glutamin, imidazole, dan lainnya. Kandungan amino acid dapat digunakan untuk kulit kepala yang kering dan memiliki permasalahan sebum berlebih.

Shampoo yang memiliki kandungan amino acid dapat menangani masalah ketombe dengan baik. Selain itu, bahan tersebut juga dinilai lebih aman dan ramah bagi banyak kulit kepala.

Hindari shampoo yang mengandung alkohol dan silikon



Shampoo dengan bahan pembersih yang mengandung alkohol dan petroleum dapat memperburuk kondisi kulit kepala.Terutama bagi Anda yang memiliki tipe kulit sensitif, bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi.

Selain memicu efek iritasi, kombinasi bahan tersebut juga dapat menyebabkan kulit kepala mengeluarkan sebum berlebih akibat dari keringnya kulit kepala.

Tidak hanya alkohol dan petroleum, kandungan silikon juga tidak baik untuk kulit kepala karena bersifat mengeringkan sehingga dapat menjadikan kulit kepala kasar apabila digunakan terus menerus. Maka dari itu, hindari shampoo yang memiliki kandungan silikon.

Pilih shampoo yang mampu mengatasi jamur

Sumber terbesar ketombe adalah dermatitis seborik, dimana menurut para ahli penyakit tersebut berkaitan dengan jamur.Jamur tertentu secara alami ditemukan di daerah kulit kepala dan sebagian besar shampoo anti ketombe memiliki sifat anti jamur.

Ketika ketombe menumpuk pada kulit kepala, sebaiknya Anda memilih shampoo dengan kandungan bahan asam salisilat dan coal tar.Dimana kedua bahan tersebut dipercaya dapat bekerja dengan baik untuk mengatasi jamur yang menyebabkan ketombe pada kulit kepala.



Pilih shampoo yang ramah di kantong

Shampoo yang ramah terhadap rambut dan kulit kepala pastinya terbuat dari bahan-bahan pilihan dengan kualitas terbaik, sehingga harganya juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan shampoo biasa.

Akan tetapi, shampoo merupakan produk yang hampir digunakan setiap hari, sehingga Anda perlu memastikan shampoo pilihan Anda tak hanya ramah untuk rambut dan kulit kepala, tapi juga ramah di kantong.

Saat ini, banyak beredar di pasaran shampoo berbahan alami dengan kemasan botol besar atau isi ulang. Untuk itu, perhatikan antara kuantitas dan kualitas shampoo yang Anda pilih.

Shampoo anti ketombe organik juga bisa menjadi pilihan



Bahan organik bisa menjadi solusi untuk Anda yang sensitif terhadap bahan kimia dan menginginkan perawatan rambut dengan bahan alami. Mayoritas shampoo organik menggunakan tea tree oil sebagai bahan baku utama untuk mengatasi ketombe.

Selain minyak pohon teh, bahan organik lainnya yang sering digunakan adalah ekstrak lidah buaya, rosemary, jojoba, minyak kelapa dan sebagainya yang dipercaya dapat melembabkan kulit kepala serta ampuh untuk mengusir ketombe.

Disamping itu, shampoo organik banyak dipilih karena dipercaya mampu membersihkan kotoran pada rambut dengan baik tanpa menyebabkan iritasi atau merusak rambut dan kulit kepala.Sehingga, shampoo tanpa bahan kimia seperti surfaktan ini lebih aman digunakan.

Cara menyimpan shampoo anti ketombe

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang cara memilih shampoo anti ketombe, maka yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah cara penyimpanannya. Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menyimpan shampoo agar tetap awet:



  • Hindari penyimpanan di bawah sinar matahari, sebaiknya simpan di tempat dengan temperatur normal ruangan.
  • Usai menggunakan shampoo, pastikan shampoo tertutup dengan rapat, karena apabila tutup terbuka kandungan bahan didalamnya menjadi tidak optimal lagi.
  • Shampoo paling mudah disimpan di wastafel kamar mandi, selain praktis juga dapat dengan mudah diambil. Namun, pastikan untuk menyimpan di tempat yang kering agar tidak ada bakteri yang menumpuk pada tutup botol.

10 Shampoo terbaik untuk mengatasi ketombe

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang shampoo anti ketombe beserta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi 10 shampoo terbaik untuk mengatasi ketombe sebagai berikut:

10. Sebamed Shampoo Anti Dandruff



shampoo-terbaik-untuk-mengatasi-ketombe-10

Harga : Rp 35.000

Bebas deterjen dan alkali, serta memiliki nutrisi yang sama dengan kondisioner.

Sebamed Shampoo Anti Dandruff merupakan shampoo yang ideal untuk rambut berminyak dan berketombe. Shampoo ini efektif membersihkan rambut hingga ke dalam pori kulit kepala, sehingga meminimalkan resiko kekeringan dan iritasi.

Brand dari Jerman ini menggunakan bahan aktif Climbazole yang baik untuk membersihkan ketombe pada rambut. Selain itu, bahan tersebut juga akan menjadikan kulit kepala tetap lembut dan terhindar dari iritasi atau peradangan. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

9. Selsun Blue 5



shampoo-terbaik-untuk-mengatasi-ketombe-9

Harga : Rp 36.500

Memberikan sensasi rasa sejuk

Selsun adalah salah satu brand shampoo penghilang ketombe yang bagus dan banyak direkomendasikan oleh dokter. Selsun mengandung Aloe Barbadenis Gel atau lidah buaya yang dapat mencegah kerontokan serta menyuburkan rambut.

Selain itu, shampoo ini juga mengandung 1% Selenium Sulfida yang ampuh menghilangkan ketombe dan rasa gatal. Untuk penggunaannya, gunakan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Efek menthol dalam selsun shampoo akan memberikan sensasi rasa sejuk setelah keramas. Anda bisa membeli shampoo ini di Shopee.

8. Dove Shampoo Dandruff Care



shampoo-terbaik-untuk-mengatasi-ketombe-8_

Harga : Rp 25.400

Menjadikan rambut lebih sehat ternutrisi

Perawatan rambut berketombe dari Dove ini mengandung zinc pyrithione yang telah teruji klinis dapat menghilangkan ketombe dan gatal pada kulit kepala. Shampoo ini juga dilengkapi formula yang bekerja cepat untuk membersihkan dan mencegah ketombe muncul di rambut.

Bahan lain yang terkandung dalam shampoo ini adalah Micro Moisture Serum yang membantu merawat batang rambut sehingga tidak mudah kering. Anda bisa membeli produk ini di Blibli.

7. Neril Anti Dandruff Shield Shampoo



shampoo-terbaik-untuk-mengatasi-ketombe-7_

Harga : Rp 70.000

Diperkaya dengan kandungan konsentrat tumbuhan pilihan

Neril merupakan shampoo yang memiliki kandungan ekstra Piroctone Olamine untuk mengusir bakteri penyebab ketombe.

Selain itu, juga terdapat konsentrat wheat dan cartham oil yang dipilih secara khusus untuk melindungi serta merawat kesehatan kulit kepala. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. TRESemme Scalp Care Shampoo



shampoo-terbaik-untuk-mengatasi-ketombe-6_

Harga : Rp 25.000

Membantu menjaga kesehatan kulit kepala secara menyeluruh

Tresemme merupakan shampoo yang dilengkapi dengan kandungan ZPTO dan tea tree oil yang berfungsi merawat kulit kepala agar terhindar dari ketombe dan rambut rontok. Tidak hanya berfokus pada perawatan ketombe, shampoo ini bekerja menyeluruh untuk menyehatkan kulit kepala.

Selain itu, shampoo ini juga mampu membantu menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok karena patah. TRESemme memiliki aroma yang wangi serta tahan lama.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Wardah Anti Dandruff Shampoo



shampoo-terbaik-untuk-mengatasi-ketombe-5

Harga : Rp 20.000

Halal sehingga aman digunakan

Wardah merupakan shampoo merek lokal yang mengandung tea tree oil beserta zinc actives yang efektif menghilangkan ketombe dari kulit kepala. selain itu, bahan tersebut juga berfungsi mengatasi rambut rontok dan membuat rambut tetap harum meskipun tertutup (berjilbab).

Wardah Anti Dandruff Shampoo juga memiliki aroma wangi yang lembut serta awet seharian. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

4. Natur Shampoo Tea Tree Oil



shampoo-terbaik-untuk-mengatasi-ketombe-4_

Harga : Rp 17.000

Diformulasikan dengan tiga bahan baku alam yang kaya akan manfaat

Shampoo ini terbuat dari bahan baku alam, yakni tea tree oil, ekstrak ginseng dan ekstrak urang aring. Tea tree oil mempunyai khasiat membasmi ketombe serta mencegah kulit kepala kering dan berminyak. Sedangkan ginseng, memiliki peran penting untuk menghilangkan gatal-gatal akibat ketombe.

Disamping itu, ginseng juga mampu melindungi rambut dari polusi dan sinar matahari. Untuk ekstrak urang aring berfugsi melembabkan kulit kepala. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Head & Shoulders Supreme



shampoo-terbaik-untuk-mengatasi-ketombe-3

Harga : Rp 17.000

Membuat rambut terasa lebih harum dan tampak berkilau

Head & Shoulders sudah lama menjadi produk shampoo anti ketombe yang dipercaya dapat mengatasi ketombe membandel. Shampoo ini mengandung Argan Creme dan parfum floral. Memiliki kandungan bahan pelembab sepuluh kali lebih tinggi serta formula anti ketombe yang tahan lama.

Shampoo ini juga mampu memperbaiki rambut kusam sehingga rambut tampak berkilau dan terasa lembut. Anda dapat membeli produk ini di Shopee.

2. Rudy Hadisuwarno Dandruff Defense



shampoo-terbaik-untuk-mengatasi-ketombe-2

Harga : Rp 27.000

Menjadikan rambut tetap kuat dan sehat berkilau

Produk perawatan rambut berketombe ini diformulasikan dengan kombinasi tea tree oil dan active dandruff defense complex formula yang berfungsi menjaga kekuatan dan menutrisi akar rambut agar rambut tetap kuat berkilau dan membantu mengurangi ketombe.

Dengan penggunaan secara teratur niscaya ketombe akan berkurang dan rambut akan tetap terjaga kesehatannya. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

1. L’Oreal Power Clear



shampoo-terbaik-untuk-mengatasi-ketombe-1_

Harga : Rp 115.000

Dilengkapi dengan kandungan power clear yang tidak membuat rambut kering

L’Oreal Power Clear merupakan shampoo anti ketombe yang diformulasikan dengan senyawa selenium. Bahan tersebut ampuh dalam mengusir ketombe di kulit kepala.Selain itu, juga terdapat kandungan Bisabolo yang memberi efek segar pada kulit kepala sehabis keramas.

Shampoo ini juga dilengkapi dengan kandungan Alpha Pirithone yang berguna mengontrol ketombe dan juga memiliki kandungan power clear yang tidak membuat rambut menjadi kering.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

Kesimpulan



  • Dalam memilih shampoo anti ketombe ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan yaitu, pilih kandungan yang sesuai dengan kondisi kulit kepala, perhatikan kandungan bahan pembersih. Hindari shampoo yang mengandung alkohol, pilih yang mampu mengatasi jamur, ramah di kantong, dan shampoo organik juga dapat menjadi pilihan.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara penyimpanannya agar lebih awet.
  • Jika Anda ingin membeli shampoo yang tidak hanya dapat mengatasi ketombe, namun juga memberikan efek lembut pada rambut, maka Anda bisa memilih Sebamed Shampoo Anti Dandruff karena diperkaya dengan nutrisi yang sama dengan kondisioner.
  • Namun, jika Anda memiliki ketombe yang terkesan berminyak, Anda bisa memilih shampoo L’Oreal Power Clean yang memberi efek menyegarkan sehabis keramas.
  • Disamping itu, untuk Anda yang memiliki kulit kepala sensitif terhadap bahan kimia,Anda bisa membeli shampoo Natur Shampoo Tea Tree Oil yang diformulasikan dengan tiga bahan baku alam yang kaya akan manfaat.

Referensi

  1. Hrustic (2019), Dandruff Shampoos to Cleanse a Flaky Scalp, According to Dermatologists, https://www.prevention.com/beauty/hair/g19876075/best-dandruff-shampoo/.
  2. Colameo (2019), How to Cure a Flaky, Dry Scalp: The Treatment and Causes You Should Know, https://www.google.com/amp/s/www.glamour.com/story/how-to-treat-a-dry-flaky-scalp/amp.





Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.