Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


23 Nov 2020 08:23

10 Samsak yang Bagus untuk Latihan Tinju di Rumah

By Cektarif Plus


Latihan tinju di rumah merupakan salah satu kegiatan fisik yang dapat menjaga kesehatan sekaligus kebugaran tubuh Anda di masa pandemi. Latihan tinju juga bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan tubuh yang ideal selain latihan beban di gym. Dan, Salah satu alat yang perlu dipersiapkan adalah samsak tinju.



Samsak adalah alat bantu bela diri yang berfungsi sebagai target dalam melatih pukulan dan tendangan. Untuk mendapatkan samsak yang bagus, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti merek, bentuk, material, dan juga harganya.

Karena itu, kami menyajikan 10 samsak yang bagus untuk latihan tinju di rumah lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai tips latihan tinju untuk pemula, manfaat latihan tinju bagi kesehatan, dan cara memilih samsak yang bagus untuk latihan tinju di rumah.

Selain itu, kami juga akan menjelaskan kepada Anda mengenai cara memasang samsak yang benar sekaligus juga dengan cara perawatannya.

Tips latihan tinju untuk pemula

Berikut ini beberapa tips latihan tinju untuk pemula yang bisa Anda lakukan di rumah, antara lain adalah :



  • Pelajari kuda-kuda

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat latihan tinju adalah memasang kuda-kuda yang benar. Kuda-kuda merupakan pertahanan untuk memaksimalkan kekuatan saat melancarkan sekaligus menahan serangan musuh. Kuda-kuda yang baik juga memberikan keseimbangan dan keleluasaan bergerak.

  • Posisikan tangan melindungi wajah

Posisi tangan dan siku sangat berpengaruh pada efektifitas serangan yang Anda lancarkan. Sebelum memukul samsak tinju, Anda harus memahami teknik memposisikan tangan yang benar.

Seperti yang dilakukan Muhammad Ali, sang juara dunia legendaris itu tak pernah menurunkan tangannya dari wajah ketika berhadapan dengan musuh.



  • Pelajari teknik pernapasan

Teknik pernapasan yang benar dapat memberikan energi yang maksimal pada pukulan Anda. Aturlah napas Anda sesuai irama gerakan yang Anda mainkan.

Saat memukul dalam gerakan lambat, gunakanlah napas yang dalam dan perlahan, semakin cepat gerakannya maka semakin cepat pula ritme bernapas yang Anda lakukan.

Manfaat latihan tinju bagi kesehatan

Itu lah beberapa tips latihan tinju yang bisa Anda lakukan di rumah. Sebelum lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui manfaat apa yang akan Anda dapatkan ketika latihan tinju di rumah, sebagai berikut:



  • Menjaga kesehatan jantung

Tinju memerlukan kombinasi gerakan yang kompleks.Tak hanya pukulan, tinju juga memerlukan teknik pernapasan dan permainan kuda-kuda.Serangkaian gerakan ini termasuk dalam metode olahraga kardiovaskular yang dapat menyehatkan jantung.

  • Melepas stress

Selain itu, memukul samsak tinju juga bersifat terapetic atau menenangkan fikiran. Berdasarkan penelitian, tinju sangat baik untuk melepaskan beban stress.

Jika dilakukan secara rutin, latihan tinju dapat menurunkan hormon kortisol atau hormon stress, sekaligus menaikkan kadar hormon endorfin atau zat yang memicu rasa tenang.



  • Membentuk tubuh lebih ideal

Jangan berfikir untuk dapat langsung menurunkan berat badan saat latihan tinju. Sebenarnya, jika dilakukan dengan porsi latihan yang tepat, secara otomatis latihan tinju dapat membentuk tubuh yang lebih ideal.

Tubuh yang ideal tentu berhubungan dengan berat badan yang ideal pula. Itu lah mengapa latihan tinju sangat digemari oleh semua kalangan. Tak hanya laki-laki, kaum perempuan mulai dari remaja hingga ibu-ibu pun bisa mempelajari tinju di rumah.

Cara memilih samsak tinju yang bagus

Anda hanya perlu menggantung samsak tinju di halaman atau garasi sambil melihat video tutorial dari YouTube untuk latihan tinju di rumah. Pun begitu, memilih samsak tidak lah semudah yang Anda pikirkan. Ada beberapa pertimbangan sebelum menentukan merk samsak yang bagus untuk menemani sesi latihan Anda.

Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan referensi terbaik untuk membantu Anda dalam memilih merk samsak yang bagus. Beberapa kriteria berikut ini bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih samsak tinju yang sesuai, antara lain:



  • Pilih yang sesuai kebutuhan

Poin pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memilih merk samsak yang bagus adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Tentukan tujuan awal mengapa Anda harus membeli samsak, metode latihan apa yang akan Anda gunakan dan bagaimana cara menggunakannya.

Berbagai jenis samsak tinju tentu memiliki fungsi yang berbeda, misalnya untuk latihan bela diri, atau hanya sekadar menemani latihan fisik harian di rumah.

  • Perhatikan bentuk dan kegunaannya

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan bentuk dan kegunaannya. Bentuk samsak tinju sangat beragam, dan masing-masing desain memiliki tujuan atau kegunaan yang berbeda.



Dahulu, samsak hanya digunakan untuk latihan tinju profesional. Bentuk samsak konvensional yang seperti bantal guling itu digunakan untuk melatih pukulan dalam tinju seperti straight, hook dan jab.

Sementara untuk melatih pukulan uppercut Anda bisa menggunakan samsak berbentuk wrecking ball, atau samsak yang berbentuk bowling. Ada pula samsak Body Oppnent Bag (BOB) atau yang biasa disebut samsak standing. Samsak ini tidak akan berayun ketika menerima pukulan dan tendangan.

  • Perhatikan material pembuatnya

Selain bentuk dan kegunaannya, Anda juga perlu memperhatikan material yang digunakan untuk membuat samsak yang Anda pilih. Saat ini tersedia berbagai bahan pembuat samsak yang bisa Anda pilih sesuai keinginan, seperti material kulit, kanvas, kulit sintetis hingga yang berbahan vinyl.

Samsak yang berbahan kulit asli tentu akan lebih awet dan tahan lama. Sementara yang berbahan kanvas atau kulit sintetis akan terasa lebih ringan ketika menerima tendangan dan pukulan. Samsak berbahan vinyl sedang populer saat ini, karena selain lebih murah, samsak vinyl juga mudah dibersihkan dan juga awet.



Cara memasang samsak yang benar

Poin ini juga sangat penting untuk diperhatikan selain merek samsak yang bagus. Memasang samsak dengan posisi yang benar juga berpengaruh pada sesi latihan tinju di rumah, selain itu memasang secara benar juga membuat samsak lebih aman.

Samsak biasanya memiliki pengait khusus yang bisa dipasang di dinding atau digantung menggunakan tiang penyangga. Memasang samsak dengan cara yang asal-asalan dapat menyebabkan samsak terjatuh ketika terkena pukulan dan tendangan.

Untuk mendapatkan skema latihan terbaik, sebaiknya Anda menyesuaikan bobot samsak dengan berat badan. Pilihlah samsak yang memiliki setengah bobot dari berat badan Anda. Misalnya berat badan Anda 70 kilo gram, Anda bisa memilih samsak seberat 35 kilo gram.

Samsak yang disesuaikan dengan berat badan akan lebih stabil dan efektif menguji ketangguhan pukulan Anda. Beberapa atlet bela diri bahkan memilih samsak dengan bobot yang jauh lebih ringan dari setengah berat badannya, hal ini dilakukan agar samsak lebih mudah berayun ketika menerima tendangan dan pukulan.

Samsak yang berayun kencang dapat diibaratkan sebagai lawan tanding yang lincah. Sehingga dapat melatih kesigapan pukulan, kecepatan dan akurasi. Namun, samsak yang ringan kurang maksimal untuk melatih kekuatan otot.



Cara merawat samsak agar awet

Setelah mengetahui cara memilih samsak yang benar, selanjutnya Anda juga perlu memperhatikan cara merawat samsak agar awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Berikut cara mudah merawat samsak agar tetap awet:

  • Bersihkan samsak secara rutin, selama latihan samsak Anda tentu akan terkena keringat dan minyak. Membersihkan samsak secara rutin dapat melindungi samsak Anda dari jamur dan noda membandel.
  • Ganti isi samsak secara berkala. Samsak atau yang dalam bahasa inggris disebut sand sack bisa diisi oleh berbagai material. Selain pasir halus, samsak juga bisa diisi kain perca, busa hingga karet ban. Gantilah isi samsak secara berkala sekaligus membersihkan bagian dalam samsak.
  • Gunakan hand wrap atau sarung tinju ketika menggunakan samsak. Selain akan melukai tangan Anda, menggunakan tangan kosong ketika memukul samsak juga dapat merobek material samsak.
  • Gantung samsak pada tiang atau pengait yang kuat. Usahakan menggunakan rantai atau tali berbahan kuat saat menggantung samsak agar tidak mudah terjatuh.
  • Simpan samsak ketika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya turunkan samsak dari tiangnya, keluarkan isi dan simpan samsak di tempat yang kering jika tidak digunakan.

10 Samsak yang bagus untuk latihan tinju di rumah

Nah, itu lah beberapa cara yang bisa Anda gunakan sebelum memilih samsak yang sesuai kebutuhan. Setelah mengetahui cara merawat samsak agar tetap awet, berikut adalah rekomendasi 10 samsak yang bagus untuk latihan tinju di rumah :



10. Stamina Ultimate Punching Bag Size S

foto-merk-samsak-tinju-bagus-10

Harga : Rp 420.000

Cocok untuk pemula

Samsak yang satu ini cocok bagi Anda yang baru pertama kali belajar tinju di rumah. Selain bobotnya yang ringan, samsak ini juga dibuat dari material canvas curalon yang cukup kuat digunakan setiap hari.

Produk ini dilengkapi dengan rantai besi dan pengait, serta dapat digantung di mana saja. Anda bisa mendapatkan samsak ini di Shopee.



9. B&G Sport Boxing Pile

foto-merk-samsak-tinju-bagus-9

Harga : Rp 1.875.900

Samsak profesional dengan harga murah

Material kanvas ini terbilang premium untuk samsak murah. B&G Sport Boxing Pile adalah salah satu samsak terbaik yang dirancang untuk intensitas latihan yang lebih tinggi.

samsak ini terbuat dari bahan kulit sintetis yang kuat, dan dilengkapi penyangga yang membuatnya tidak akan jatuh ketika menerima pukulan dan tendangan yang bertubi-tubi. Anda bisa mendapatkan samsak ini di Shopee.



8. Everlast C3 Heavy Bag 100 Lbs

foto-merk-samsak-tinju-bagus-8

Harga : Rp 1.800.000

Dilengkapi busa berteknologi C3

Siapa yang tak kenal Everlast? Salah satu merk samsak bagus untuk latihan tinju ini dirancang dengan kualitas bahan baku dan teknologi terbaik di kelasnya. Berbahan kanvas tebal, Everlast menyematkan busa berteknologi C3 pada samsak ini.

Busa C3 memberikan ketahanan yang maksimal, sehingga lebih tahan terhadap pukulan dan tendangan. Anda bisa membeli produk ini di Bukalapak.



7. Richter Boxing Man

foto-merk-samsak-tinju-bagus-7

Harga : Rp 5.550.000

Seperti memukul musuh

Samsak yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang gemar olahraga Mix Martial Art. Selain untuk melatih pukulan dan tendangan, Richter Boxing Man dirancang dengan bentuk boneka berukuran orang dewasa.

Berbahan karet yang elastis dan kuat, samsak ini berbentuk samsak standing yang stabil ketika menerima pukulan dan tendangan. Bagian bawah samsak ini juga bisa diisi dengan air agar lebih kokoh.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



6. Joerex Boxing Heavy Bag

foto-merk-samsak-tinju-bagus-6

Harga : Rp 4.999.000

Untuk latihan yang lebih intensif

Joerex Boxing Heavy Bag ini cocok untuk Anda yang memiliki jadwal latihan yang lebih intensif.Dibuat dari gabungan bahan PVS dan EVA, lapisan luar samsak ini dibalut dengan busa yang lembut dan kuat.

Produk ini dilengkapi rantai logam sebagai gantungan, sehingga Anda bisa menempatkan samsak ini di mana saja. Anda bisa membeli produk ini di Bukalapak.



5. Rounin Fightware Sand Sack Bowling

foto-merk-samsak-tinju-bagus-5

Harga : Rp 923.000

Cocok untuk latihan karate dan taekwondo

Dengan tinggi 100 cm, Rounin Fighterware Sand Sack Bowling ini sangat cocok untuk menemani sesi latihan pukulan dan tendangan. Maka dari itu, samsak ini digemari untuk latihan karate dan taekwondo di rumah.

Produk ini dibalut bahan kulit sintetis, sehingga Anda bisa mengisi samsak ini dengan karet vulkanisir atau kain perca agar lebih nyaman digunakan. Anda bisa mendapatkan samsak ini di Shopee.



4. Frasser Sand Sack

foto-merk-samsak-tinju-bagus-4

Harga : Rp 220.000

Pilihan sasana bela diri

Samsak yang satu ini sangat cocok digunakan pada gym atau sasana bela diri. Memiliki tinggi 100 cm, samsak Frasser ini berbahan kanvas tebal yang dilapisi kulit sintetis. Samsak ini juga sudah dilengkapi rantai penggantung yang dapat dikaitkan pada tiang yang dipasang di tembok sasana bela diri.

Harganya yang tidak terlalu mahal juga sangat pas menjadi teman latihan tinju, karate, muay thai atau hanya untuk latihan cardio di rumah. Anda bisa membeli produk Frasser ini di Shopee.



3. Venum Punching Bag

foto-merk-samsak-tinju-bagus-3

Harga : Rp 1.100.000

Dirancang untuk petarung MMA

Penggemar MMA tentu sudah akrab dengan merk yang satu ini. Venum merupakan pelopor apparel MMA yang populer digunakan para petarung profesional. Dibuat dari material berkualitas premium.

Samsak ini sangat kuat menerima pukulan dan tendangan yang bertubi-tubi. Untuk hasil yang maksimal, Anda juga bisa melengkapi sesi latihan dengan berbagai produk Venum lainnya.Anda bisa membeli samsak ini di Shopee.



2. Rounin Fightware Sand Sack Heavy Bag

foto-merk-samsak-tinju-bagus-2

Harga : Rp 1.189.000

Desain klasik super kuat

Satu lagi produk Rounin yang dapat menjadi teman latihan tinju Anda di rumah. Rounin Fightware Sand Sack Heavy Bag mengusung bentuk lurus ala samsak klasik.Dengan tinggi 180 cm, samsak ini dilapisi kulit sintetis yang tebal dan kuat.

Anda bisa mengisi samsak ini dengan karet vulkanisir dan kain perca agar lebih nyaman digunakan. Produk ini bisa Anda dapatkan di Shopee.



1. Fairtex Super Tear Drop Heavy Bag HB15

foto-merk-samsak-tinju-bagus-1

Harga : Rp 1.300.000

Dirancang untuk Muay Thai

Dengan desain tear drop, salah satu produk andalan Fairtex ini sangat cocok untuk latihan muay thai. Bentuknya yang unik itu dapat dijadikan sasaran yang efektif untuk melatih tendangan lutut, pukulan siku dan beragam teknik beladiri ala Muay Thai.

Tidak hanya desainnya yang menarik, warna samsak ini pun cukup sedap dipandang. Agar sesi latihan Anda lebih optimal, Anda bisa menggunakan beragam produk lain dari Fairtex. Produk asal Thailand ini bisa Anda dapatkan di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli samsak terbaik, perhatikan bentuk dan kegunaannya, bahan baku dan sesuaikan samsak yang Anda pilih dengan berat badan Anda.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara merawat samsak yang Anda pilih agar awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Bagi Anda yang baru memulai latihan fisik menggunakan samsak, Anda bisa memilih Stamina Ultimate Punching Bag Size S.
  • Untuk Anda yang yang ingin merasakan sesi latihan tinju profesional, Anda bisa memilihB&G Sport Boxing Pile, Everlast C3 Heavy Bag 100 Lbs, Joerex Boxing Heavy Bag dan Rounin Fightware Sand Sack Bowling.
  • Khusus untuk Anda yang gemar latihan bela diri Mix Martial Art (MMA), Anda bisa memilih Richter Boxing Man, Frasser Sand Sack, Venum Punching Bag dan Fairtex Super Tear Drop Heavy Bag HB15.

Referensi

  1. Ringside.com (2018), A Buyer Guide To Punching Bags: What Style Is Richt For You?,https://blog.ringside.com/a-buyers-guide-to-punching-bags-what-style-is-right-for-you/
  2. Fighttips (2020), Home Boxing Workout for Punch Speed & Endurance,https://www.youtube.com/watch?v=bsOGe3vtfoA





Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.