Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


21 Dec 2020 06:21

10 Rekomendasi Tandon Air yang Tahan Lama dan Bebas Lumut

By Cektarif Plus


Tandon air atau tangki air merupakan alat untuk menampung air dalam jumlah banyak. Fungsinya sebagai persediaan air agar selalu aman dan terkendali, terutama untuk kebutuhan rumah maupun bangunan. Tandon air ini juga dikenal dengan sebutan nama Toren.



Dengan memiliki tandon air, Anda akan memiliki banyak manfaat, seperti menghemat pengeluaran biaya listrik, menjaga lingkungan, hingga sebagai pertimbangan dalam menambah nilai jual bangunan.

Dalam perkembangannya, tandon air telah dirancang khusus agar dapat berfungsi sebagai penampung air yang aman bagi masyarakat. Seperti aman dari bakteri dan virus, maupun tumbuhan menempel seperti lumut.

Tandon air bebas lumut biasanya memiliki karakter tidak tembus cahaya, sehingga membuat lumut tidak tumbuh. Hal ini penting agar tandon air yang Anda miliki menjadi lebih awet dan tahan lama.

Meskipun begitu, ketika memilih tandon air, Anda juga harus memperhatikan hal lain seperti ukuran, material, tinggi tower, hingga harganya.

Berikut ini kami sajikan beberapa rekomendasi tandon air yang tahan lama dan bebas lumut lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai tandon air dan cara merawatnya.

Mengenal jenis-jenis tandon air



Secara umum tandon air memiliki 3 jenis. Pertama adalah tandon air Polyethylene (plastik). Tandon ini banyak diminati karena harganya yang murah dan tahan lama. Selain itu, juga lebih tahan akan benturan dan biasanya memiliki lapisan anti lumut dan jamur.

Kedua adalah tandon air logam. Sesuai namanya, tandon air ini terbuat dari bahan logam, seperti stainless steel yang kokoh dan tahan lama. Bentuknya terlihat elegan dan dapat menampung air dengan kapasitas 100 ribu hingga 200 ribu liter.

Terakhir adalah tandon air fiberglass. Tandon air ini terbuat dari bahan fiberglass atau FRP yang memiliki desain lebih modern dibanding tandon air lainnya. Karena memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca, tandon air ini sering digunakan pada bidang industri besar, seperti pabrik.

Dari ketiga jenis tandon air tersebut, Anda bisa memilih yang sekiranya dirasa paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan penyimpanan air Anda.

Perhatikan ukurannya

Tandon air memiliki varian bentuk dan warna berbeda. Begitu pun ukurannya. Ukuran inilah yang mempengaruhi kapasitas air tampungan dalam tandon. Anda bisa menentukan ukuran tandon air yang diperlukan berdasarkan banyak air yang akan digunakan.



Bila kebutuhan air Anda cenderung banyak, sebaiknya gunakan tandon air yang memiliki ukuran besar, atau sebaliknya. Pastikan pula bahwa ukuran tandon air sudah sesuai dengan ruang yang tersedia.

Perhatikan material pembuatnya

Umumnya, tandon air terbagi menjadi tiga jenis berbeda sesuai dengan material pembuatnya, yaitu tandon air plastik, tandon air stainless steel, serta tandon air fiberglass.

Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu seputar ketiga material tersebut baru baru kemudian memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan ketinggian towernya



Tandon air biasanya diletakkan di atas tower tertentu. Ketinggian dari tower inilah yang dapat mempengaruhi kekuatan tekanan air yang keluar dari dalam tandon. Agar bisa menghasilkan air dengan tekanan terbaik, sebaiknya perhatikan dahulu ketinggian towernya.

Bila Anda memilih jarak 2-3 meter, maka jumlah keluaran air berkisar 3-5 liter per menitnya. Untuk jarak 4-6 meter, dapat melontarkan air hingga jarak 5 meter. Sementara jarak lebih dari 7 meter memiliki tekanan yang besar, bahkan dapat menyalakan water heater tanpa pompa air.

Perhitungkan harga tandon air yang akan And beli

Sebelum membeli tandon air, perhatikan anggaran yang harus dikeluarkan terlebih dahulu. Harga tandon air sendiri bervariasi. Tergantung pada material yang digunakan serta kelebihan yang ditawarkannya.

Anda bisa mencari informasi seputar harga dari tandon air melalui internet atau mendatangi langsung toko yang menjualnya.



Cara merawat tandon airagar lebih awet

Agar tandon air Anda bisa tetap bersih, nyaman dipakai, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat tandon air:

  • Kuras air pada tandon secara teratur. Hal ini dapat mencegah menumpuknya kotoran di dalam tandon sekaligus untuk menjaga kebersihannya. Sebaiknya dibersihkan setidaknya 2 hingga 4 bulan sekali.
  • Sebaiknya Anda memberi pelindung pada tandon air. Karena tandon air yang sering terpapar sinar matahari menjadi mudah berlumut. Anda bisa memberi penutup berupa atap atau terpal.
  • Anda juga bisa mengecat tandon air tersebut dengan warna gelap. Cat dengan warna gelap dapat membantu melindungi masuknya sinar matahari ke dalam tandon sekaligus mencegah timbulnya lumut.
  • Pilihlah tandon air yang bersifat anti-bacterial. Tandon air jenis ini biasanya sudah dilengkapi dengan fitur light block yang dapat mencegah masuknya sinar matahari ke dalam tandon. Dengan begitu, lumut tidak akan dapat muncul dan berkembang biak di dalamnya.

10 Rekomedasi tandon air yang tahan lama dan bebas lumut

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang tandon air lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi tandon air yang tahan lama dan bebas lumut dari berbagai merek berikut ini:



10. Tandon Air Penguin TP 110- 1000 L

foto-rekomedasi-tandon-air-yang-tahan-lama-dan-bebas-lumut-10

Harga : Rp 2.400.000

Lapisan dinding lebih tebal untuk perlindungan maksimal

Tandon air dari brand Penguin ini telah didesain khusus agar dapat memberikan perlindungan maksimal berupa ketebalan ekstra yang membuatnya tahan akan segala cuaca dan bebas lumut.

Selain itu, tandon air ini juga tahan akan segala macam benturan dan tekanan. Jadi, tidak mudah pecah atau bocor bila. Terdapat bagian kaki-kaki serta tulangan yang membuat struktur tandon air ini semakin kuat.



Tandon air ini memiliki ukuran tinggi sekitar 1.450 mm dengan diameter sebesar 1.050 mm. Kapasitas air yang dapat ditampung oleh tandon air ini sekitar 1000 liter. Sehingga cocok digunakan untuk menampung air minum atau irigasi. Anda bisa membeli tandon air ini di Shopee.

9. Tandon Air Penguin Tb 110 Galaxy Marble - 1050 L

foto-rekomedasi-tandon-air-yang-tahan-lama-dan-bebas-lumut-9

Harga : Rp 2.287.560

Tahan lama dan menjaga kualitas air lebih baik

Penguin Tb 110 Galaxy Marble merupakan jenis penampung air/tandon air yang cocok untuk penggunaan komersial dan residensial. Tandon air ini sudah dilengkapi dengan pelindung UV20 yang membuatnya lebih tahan lama.



Dari segi penampilannya, Galaxy Marble ini memiliki bentuk yang ribless, tanpa sambungan, serta aerodinamis yang membuat kotoran menjadi sulit mengendap dan bebas bocor.

Menariknya lagi, tandon air ini sudah memiliki standar food-grade serta dibuat menggunakan bahan yang bebas lumut. Sehingga air yang ditampung akan selalu bersih dan aman untuk dikonsumsi. Anda bisa membeli tandon air ini di Shopee.

8. Tandon Air Mpoin Plus 1100 Tall Wave

foto-rekomedasi-tandon-air-yang-tahan-lama-dan-bebas-lumut-8

Harga : Rp 1.818.000



Mampu memberikan kestabilan pada suhu air

Tandon air dari brand Mpoin Plus ini terbuat dari bahan berkualitas yang diimpor langsung dari Dow Chemical America. Memiliki sifat yang lebih elastis dan kuat menahan tekanan.

Selain itu, sinar UV tidak akan tmebus ke dalam tangki sehingga air yang ditampung akan bebas lumut dan tetap bersih.

Kemudian dilengkapi juga dengan Thermal Stabilizer pada bagian lapisan tengahnya yang berfungsi untuk menstabilkan, sekaligus menjaga suhu di bagian luar dan dalamnya. Anda bisa membeli tandon air ini di Shopee.

7. Tandon Air Penguin TM 100 Modular - 1050 Liter



foto-rekomedasi-tandon-air-yang-tahan-lama-dan-bebas-lumut-7

Harga : Rp 2.350.000

Bentuk lebih ramping dengan kapasitas besar

Biasanya tandon air memiliki bentuk yang cenderung ‘gemuk’ sehingga membutuhkan tempat yang cukup luas untuk meletakkannya. Sekarang sudah ada tandon air yang memiliki bentuk lebih ramping. Namanya Penguin TM 100 Tandon Air Modular.

Tandon air ini memiliki bentuk lebih ramping dengan diameter 90 cm. Meski begitu, tandon air ini memiliki kapasitas tampungan yang cukup besar, yaitu 1.050 liter.

Kelebihan lain tandon air sudah menggunakan teknologi silver ion Bio Cote yang dapat menghilangkan keberadaan jamur dan bakteri. Lapisan dinding yang digunakan pun kedap cahaya sehingga bebas lumut. Anda bisa membeli tandon air ini di Shopee.



6. Tandon Air Penguin TBSK Stainless - 1000 L

foto-rekomedasi-tandon-air-yang-tahan-lama-dan-bebas-lumut-6

Harga : Rp 2.420.000

Lebih kuat dan tahan lama

Tandon air Penguin TBSK ini terbuat dari bahan stainless steel 304 yang lebih kuat, tahan lama serta higienis. Memiliki ukuran dengan tinggi sekitar 1.760 mm dan diameter 965 mm. Sementara kapasitas jumlah air yang dapat ditampung mencapai 1000 liter.

Sayangnya, tandon air ini tidak cocok digunakan untuk pemakaian di area perumahan yang berdekatan dengan pantai. Tapi, Anda bisa menggunakannya untuk menampung air PAM di luar wilayah tersebut. Anda bisa membeli tandon air ini di Shopee.



5. Tandon Air Excel 2250 Liter - AL 2250

foto-rekomedasi-tandon-air-yang-tahan-lama-dan-bebas-lumut-5

Harga : Rp 3.045.000

Diproduksi dengan teknologi Rotational Moulding

Tandon Air Excel ini terbuat dari bahan Polyethylene yang memiliki standar food grade dan tahan akan sinar UV. Bahan Polyethylene yang digunakan sendiri merupakan material murni, bukan daur ulang.

Tandon air ini menggunakan teknologi dengan tekanan rendah serta temperature suhu tinggi yang berputar hingga 360o sehingga dapat menghasilkan lapisan yang halus merata, tanpa perlu sambungan. Teknologi ini bernama Rotational Moulding.

Adapun ukuran tandon air ini memiliki tinggi 1.740 mm dan diameter 1.430 mm, sehingga mampu menampung air hingga kapasitas 2.250 liter. Anda bisa membeli tandon air ini di Shopee.



4. Tandon Air Penguin Kotak 450 Liter - TE 50

foto-rekomedasi-tandon-air-yang-tahan-lama-dan-bebas-lumut-4

Harga : Rp 1.853.200

Tandon kotak yang dibuat dengan teknologi Rotamoul 4

Tandon air bentuk kotak ini memiliki ukuran tinggi sekitar 890 mm dengan panjang dan lebar 775 mm. Tandon air ini memiliki ketebalan dinding berkisar 10 – 12 mm dengan kapasitas tampungan air maksimal 450 liter.

Bukan hanya bentuknya yang unik, tandon air ini juga dilengkapi berbagai fitur berkualitas terbaik. Sebut saja teknologi Rotamould 4 dengan material food grade sehingga dapat membasmi virus dan bakteri, mencegah munculnya lumut dan jamur, serta tahan akan segala suhu dan cuaca. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



3. Tandon Air Lucky Polytank 5450 Liter - LS 550

foto-rekomedasi-tandon-air-yang-tahan-lama-dan-bebas-lumut-3

Harga : Rp 5.370.000

Terdiri dari 4 lapisan terbaik dan berkualitas

Tandon air dari brand Lucky ini memiliki diameter 182 cm dengan ketinggian 235 cm serta dapat menampung air dengan kapasitas maksimal yang besar, yaitu 5.450 liter.

Lucky Polytank tidak hanya digunakan sebagai penampungan air untuk pemakaian rumah tangga saja, namun juga bisa digunakan untuk industri. Produk ini juga sudah memiliki sertifikasi FDA, SNI, hingga ISO 9001:2008.



Ada 4 lapisan yang melekat pada tandon air ini, yakni lapisan yang mengandung anti UV, lapisan yang menggunakan bahan shock-absorbant yang tahan benturan, lalu lapisan yang memberikan perlindungan lebih, dan lapisan yang dapat mencegah tumbuhnya lumut. Anda bisa membeli tandon air ini di Shopee.

2. Tandon Air Mpoin Plus Drain 1200 Liter

foto-rekomedasi-tandon-air-yang-tahan-lama-dan-bebas-lumut-2

Harga : Rp 2.450.000

Kapasitas lebih besar dan terbuat dari bahan berkualitas

Tandon air ini menggunakan Anti Microba Silver Ion yang yang telah teruji dan sesuai dengan ISO 22916. Sehingga air yang Anda simpan dalam tandon air ini aman digunakan sehari-hari karena bebas dari ancaman bakteri dan virus.



Produk tandon air berwarna hitam ini memiliki tinggi 202 cm dengan diameter 113 cm serta ketebalan bagian dinding berkisar 8-11 cm. Tandon air ini memiliki kapasitas maksimal menampung air sebesar 1200 liter. Anda bisa membeli tandon air ini di Shopee.

1. Tandon Air Penguin TH 200

foto-rekomedasi-tandon-air-yang-tahan-lama-dan-bebas-lumut-1

Harga : Rp 4.650.000

Menggunakan lapisan dalam Plascobrite yang bebas rasa dan bau

Penguin TH 200 terbuat dari material terbaikyang tahan terhadap sinar UV serta memiliki sertifikat food-grade.



Tandon air ini juga telah menggunakan lapisan dalam Plascobrite sehingga tidak menimbulkan rasa dan bau tertentu, sekaligus dapat mencegah tumbuhnya lumut.

Selain itu, memiliki bentuk tabung horizontal, berbeda dengan tandon air yang umumnya berbentuk tabung vertikal.

Tinggi dari tandon air ini sekitar 1.030 mm dengan panjang 2.025 mm serta lebar 1.385 mm. Sementara kapasitas tampungan air maksimalnya mencapai 2000 liter. Anda bisa membeli tandon air ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli tandon air, sebaiknya Anda mempertimbangkan ukuran, material, tinggi tower, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar tandon air menjadi lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Mpoin Plus Drain 1200 Liter, karena memiliki kapasitas yang cukup besar dan sudah menggunakan Anti Microba Silver Ion.
  • Sedangkan, jika Anda yang ingin tandon air dengan teknologi silver ion Bio Cote yang dapat menghilangkan keberadaan jamur dan bakteri, serta memiliki bentuk yang ramping dan luas,maka Anda bisa memilih tandon air Penguin TM 100 Modular 1050 Liter.
  • Namun, untuk Anda yang menginginkan tandon air dengan kapasitas yang lebih besar dan terbuat dari bahan berkualitas terbaik, Anda bisa memilih Lucky Polytank 5450 Liter - LS 550.



Referensi

  1. Wikipedia (2020), Water Tank, https://en.wikipedia.org/wiki/Water_tank#:~:text=A%20water%20tank%20is%20a,well%20as%20many%20other%20uses
  2. Bushmans (2020), How to Select a Water Tank, https://www.bushmantanks.com.au/blog/how-to-select-a-water-tank/#:~:text=The%20general%20recommendation%20is%20to,slimline%20design%20for%20above%20ground
  3. Aqualux (2019), Cara Merawat Tangki Air Agar Awet dan Tidak Berlumut, https://www.aqualuxindonesia.com/cara-merawat-tangki-air.html



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.