Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


15 Jun 2020 08:15

10 Rekomendasi SSD Terbaik untuk Komputer atau Laptop Anda

By Cektarif Plus


Solid State Drive merupakan kepanjangan dari SSD. SSD adalah sebuah perangkat penyimpan data yang menggunakan IC sebagai memorinya. SSD memiliki kemampuan dan performa yang jauh lebih baik dibanding HDD. SSD sendiri memiliki kontrol atau kendali elektronik penuh atas komponennya, tidak seperti HDD yang berputar dan berpindah.



Kecepatan pemrosesan data yang dimiliki SSD jauh lebih tinggi dibanding HDD. Perangkat keras luar biasa ini akan membuat proses Booting Operating System pada perangkat hanya memakan waktu beberapa detik saja, maka dari itu banyak orang beralih dari HDD ke SSD.

Karena itu, kami akan menyajikan beberapa SSD atau Solid State Drive terbaik untuk komputer atau laptop Anda lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai SSD dan cara memilihnya.

Mengenal perbedaan SSD dengan HDD

HDD dan SSD tidak sama, SSD bukanlah perangkat perekam data yang ada di hard disk seperti HDD. Dengan demikian, kinerja SSD diklaim lebih baik tanpa membutuhkan daya listrik yang besar.

SSD juga tidak mudah rusak, serta tidak bising saat digunakan. Selain itu, metode baca/tulis pada SSD berbeda dengan HDD sehingga prosesnya menjadi dua kali lebih cepat. Jika dibandingkan, SSD memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan HDD.

Karena itu, banyak orang yang menjadikannya sebagai system storage. Sementara itu, HDD kerap digunakan untuk menyimpan file-file berukuran besar. Jika Anda masih menggunakan HDD sebagai system storage, mungkin ini saatnya mempertimbangkan untuk memindahkannya ke SSD supaya proses kerja komputer bisa lebih cepat.



Pilih SSD dengan konektor yang sesuai dengan komputer Anda

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memilih produk yang sesuai adalah mengecek apakah jenis konektor SSD sesuai dengan perangkat komputer Anda. Ada beberapa konektor SSD yang mungkin akan kompatibel dengan komputer Anda.

Pertama adalah konektor SATA. Biasanya, memori internal yang ada di komputer biasanya menggunakan SATA sebagai konektor untuk jalur akses data. Jika HDD internal di komputer, laptop, atau game konsol Anda ingin diganti dengan SSD internal, pilihlah SSD yang menggunakan konektor SATA.

Ada beragam tipe konektor SATA, contohnya SATA2 dan SATA3. Makin besar nomor yang ada di kode SATA berarti kecepatan transfernya juga semakin tinggi.

Kedua adalah konektor M.2. Jika Anda ingin SSD dengan tingkat kecepatan transfer data yang tinggi, sebaiknya Anda menggunakan SSD dengan konektor M.2. Akan tetapi, karena SSD tipe ini terpasang langsung pada soket motherboard, proses penggantiannya akan lebih sulit dibandingkan SSD eksternal portabel.

Sebelum membeli SSD, cek motherboard Anda untuk memastikan bahwa tingkat kecepatan transfer datanya sesuai dengan konektor yang akan Anda pilih. Jika Anda mempunyai motherboard jenis PCI Express 3.0x4 atau PCI Express 4.0x4, Anda dapat menggunakan SSD M.2



Ketiga adalah konektor USB. Rupanya, ada SSD eksternal yang dapat dihubungkan dengan USB. SSD ini cenderung lebih praktis dan mudah digunakan pada perangkat komputer. Supaya kecepatan transfernya tinggi, interface-nya harus kompatibel dengan USB3.0 atau lebih.

Pilih SSD berdasarkan kapasitas yang Anda butuhkan

Hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli SSD adalah kapasitasnya. Banyak sekali kapasitas SSD yang ada di pasaran, kapasitas yang Anda pilih tentunya harus sesuai dengan kebutuhan Anda jangan sampai terlalu kecil untuk kebutuhan Anda.

Kapasitas 128 – 256 GB tersedia untuk Anda yang ingin mengupgrade SSD untuk meningkatkan kecepatan proses startup dan booting serta meningkatkan performa pada sistem operasi maka kapasitas ini akan cocok untuk Anda. Selain itu SSD dengan range kapasitas ini mampu digunakan sebagai media data sistem.

Kapasitas 512 GB atau lebih. Kapasitas ini direkomendasikan jika Anda menggunakan komputer untuk bermain game-game berat. Selain itu, SSD dengan kapasitas ini juga bisa digunakan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar.

Kapasitas 1 TB atau lebih digunakan untuk Anda yang memiliki kebutuhan mengedit foto, video, dan rendering karena SSD dengan kapasitas ini akan membantu Anda bekerja dengan lebih cepat dan lebih efisien.



Perhatikan kecepatannya dalam pemrosesan data

Pada setiap SSD tentunya memiliki perbedaan kecepatan pemrosesan data, maka Anda harus memperhatikan spesifikasi pada produk yang akan Anda beli. Apabila pada SSD tertulis 550 mbps, maka SSD tersebut memiliki kecepatan pemrosesan data standar yaitu 55 mbps. Semakin tinggi angka yang tertulis maka akan semakin tinggi pula kecepatan pemrosesan datanya.

Meski begitu, kecepatan pemrosesan data yang tertera pada SSD belum tentu berlaku pada semua komputer. Kecepatan tersebut akan Anda peroleh jika komputer Anda memiliki spesifikasi yang sesuai dan mendukung.

10 Rekomendasi SSD terbaik untuk komputer atau laptop Anda

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang solid state drive atau SSD lengkap dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami untuk memberikan rekomendasi SSD terbaik untuk komputer atau laptop Anda dari berbagai merek berikut ini:



10. SSD V-Gen 120 GB

ssd_v_gen_120_gb

Harga : Rp 376.000

Harga ekonomis dan berkualitas

V-Gen merupakan brand dari produsen yang fokus memproduksi memori. V-Gen mengeluarkan seri SSD berkualitas yang cukup untuk keperluan dasar komputasi sehari-hari. Ada berbagai macam kapasitas yang tersedia, dimulai dari 120 GB.

Untuk kecepatan perpindahan data yang sanggup dicapainya adalah antara 410 hingga 510 MB per detik. Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan data Anda yang tersimpan pada perangkat ini karena perangkat SSD ini dilengkapi dengan enkripsi yang dapat diatur melalui menu setup.



Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sesuai dengan standar umum yaitu 2.5 inci. Tentunya hal ini membuat SSD dari V-Gen ini kompatibel dengan beragam motherboard. Anda dapat membeli SSD V-Gen ini di Shopee.

9. SSD Tammuz M740 NVME 256GB

ssd_tammuz_m740_nvme_256gb

Harga : Rp 721.000

Jadikan komputer Anda lebih cepat dengan performa maksimal

SSD berjenis NVME ini merupakan SSD besutan Tammuz yang mengusung teknologi modern sehingga menghadirkan performa yang lebih cepat. NVME merupakan jenis SSD yang ditanam di dalam laptop.



Tammuz berhasil mengadaptasi teknologi SSD dari Korea dengan sangat baik sehingga dapat membuat SSD ini menghasilkan kecepatan pemrosesan data hingga 2 GB per detik. Karena mengadaptasi teknologi terbaru, SSD ini akan sangat ideal dengan motherboard produksi terbaru.

Selain itu, SSD ini hadir dengan fitur yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan performa nya hingga 15% dengan DRAM Cache. Anda dapat membeli SSD Tammuz ini di Shopee.

8. SSD Corsair Force LE200 240GB

ssd_corsair_force_le200_240gb

Harga : Rp 715.000

Siap mendongkrak performa komputer Anda



Seperti yang sudah diketahui bahwa Corsair merupakan brand yang memproduksi peralatan-peralatan komputer. Corsair juga memproduksi SSD berkapasitas 240GB dengan mengaplikasikan teknologi SATA3.

Dengan teknologi ini, SSD dari Corsair ini mampu melakukan booting hingga 6GB per detiknya. Anda tidak perlu khawatir karena SSD ini kompatibel untuk komputer maupun laptop.Selain kapasitas 240GB, Corsair juga menghadirkan kapasitas 120 GB hingga 1 TB yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ukurannya hampir sama dengan hard disk konvensional pada umumnya. Anda dapat membeli SSD Corsair ini di Shopee.

7. Sandisk Extreme Portable SSD 1TB

sandisk_extreme_portable_ssd_1tb

Harga : Rp 2.096.000



Perangkat portable yang siap dibawa kemanapun Anda pergi

Selain Harddisk, kini SSD juga memiliki versi portable atau eksternal. Kapasitas yang ditawarkan oleh SSD dari Sandisk ini sangat besar yaitu 1 TB. Kapasitas ini sudah lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai macam file mulai dari file pekerjaan hingga hiburan.

Karena SSD ini merupakan portable, maka SSD ini sangat mudah untuk dilepas pasang dan tidak perlu membongkar komputer atau laptop untuk memasangnya. Selain itu, SSD ini mudah dibawa kemana saja karena ukurannya yang kecil dan ringan.

Sesuai dengan namanya, SSD portabel ini mampu bertahan dalam keadaan ekstrim karena SSD ini tahan goncangan dan tahan air. Anda dapat membeli SSD ini di Shopee.

6. Western Digital SSD Blue 500 GB SATA3



western_digital_ssd_blue_500gb_sata3

Harga : Rp 1.290.000

SSD dengan kapasitas besar dan instalasi yang mudah

Western Digital berhasil memproduksi SSD dengan lima seri yaitu seri Black, Blue Green, Red, dan Purple. SSD dengan label berwarna biru ini berarti diciptakan untuk penggunaan sehari-hari seperti bekerja, menonton video, menyimpan data, dan bermain game.

SSD ini memiliki banyak sekali fitur unggulan, salah satunya adalah kemampuan menghemat daya hingga 25%.SSD ini didesain menggunakan papan sirkuit utama agar menjaga SSD dari benturan yang keras.

Kapasitasnya 500GB yang didukung dengan teknologi SATA3 yang membuat transfer rate-nya semakin cepat hingga 550 MB per detik. Ukurannya standar 2.5 inci yang membuatnya kompatibel untuk laptop dan komputer.Anda dapat membeli SSD Western Digital ini di Lazada.

5. Gloway SSD Fervent Series 240 GB



gloway_ssd_fervent_series_240gb

Harga : Rp 1.205.000

Mampu bertahan pada suhu yang sangat ekstrim

Brand ini memang belum terlalu terkenal di Indonesia, namun SSD yang ditawarkan oleh Gloway tidak perlu diragukan kualitasnya. SSD ini cukup diminati oleh pasaran karena memiliki garansi yang lama. Selain itu, SSD ini dilengkapi oleh fitur anti guncangan dan tahan dengan suhu ekstrim mulai dari -40 hingga 85 derajat celcius.

SSD dari Gloway ini didukung dengan teknologi SATA3 dengan kemampuan transfer rate nya yang mampu mencapai 6 GB per detik. Gloway sendiri mengklaim jangka hidup SSD ini mencapai 100 juta jam. Anda dapat membeli SSD Gloway ini di Shopee.

4. Seagate Fast SSD External 250 GB



seagate_fast_ssd_external_250gb

Harga : Rp 1.250.000


[link produk]

SSD eksternal dengan kualitas dan fitur unggulan

Produk besutan Seagate ini masuk kedalam jenis SSD eksternal. Ukurannya ramping dengan bobot yang ringan sangat memudahkan Anda jika ingin membawanya traveling. Bahan utama SSD ini adalah metal, sehingga lebih tahan terhadap guncangan.

SSD ini ideal digunakan pada komputer atau laptop jenis baru karena menggunakan konektor tipe C 3.1. Kecepatan transfer rate-nya mencapai 540 MB per detik. Anda dapat embeli SSD eksternal Seagate ini di Blibli.



3. Crucial SATA Internal SSD 2 TB

crucial_sata_internal_ssd_2tb

Harga : Rp 4.348.960

SSD super lega dengan kapasitas besar

Jika Anda membutuhkan SSD dengan kapasitas yang super besar untuk mendukung pekerjaan Anda atau untuk mendukung kegiatan gaming Anda, Crucial hadir untuk masalah Anda. Crucial menjawab kebutuhan Anda dengan menciptakan SSD dengan kapasitas 2 TB.

Selain kapasitasnya yang sangat besar, SSD ini dilengkapi dengan fitur Dynamic Write Acceleration yang dapat mempercepat performa kerja komputer Anda. Tidak hanya itu, transfer rate SSD ini pun mencapai kecepatan 560 MB per detik. Anda dapat membeli SSD Crucial ini di Shopee.



2. Sandisk Ultra 3D SSD 1 TB

sandisk_ultra_3d_ssd_1_tb

Harga : Rp 1.881.000

Tidak perlu khawatir dengan getaran dan guncangan

Sandisk Ultra SSD 3D dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda dengan fitur yang diklaim dapat tetap stabil pada suhu panas, serta didesain mampu menahan guncangan dan getaran. Dengan demikian, data Anda tetap aman meskipun komputer terjatuh.

SSD ini hadir dengan kapasitas 1 TB dengan yang didukung dengan konektor SATA3. Selain itu, SSD ini menggunakan teknologi 3D NAND yang membuatnya tetap dingin dengan penggunaan komputer yang ekstra. Konsumsi dayanya juga tidak besar sehingga baterai laptop Anda akan tahan lebih lama.

Tidak hanya itu, kecepatannya transfer datanya mencapai 550 MB per detik membuat produk ini dapat digunakan untuk kebutuhan game, rendering video dengan resolusi tinggi. Anda dapat membeli SSD Sandisk di Lazada.



1. Samsung SSD 970 PRO– 1 TB

samsung_ssd_970_pro_1tb

Harga : Rp 4.691.000

SSD dengan teknologi terbaru untuk komputer high-end Anda

SSD dari Samsung ini dibangun dengan teknologi V-NAND terbaru. Menggunakan pengontrol Phoenix baru dengan konektor M.2 membuat produk ini mampu memproses data pada kecepatan hingga 3500 MB per detik.

SSD ini menggunakan pengontrol berlapis nikel memiliki pembuangan panas yang baik. Dynamic Thermal Guard-nya akan secara otomatis memantau dan mempertahankan suhu operasi yang optimal untuk meminimalkan penurunan kinerja yang terjadi akibat suhu yang tinggi.



Samsung hadir dengan banyak pilihan kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari 512 GB hingga 2 TB. Anda dapat membeli SSD Samsung ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli solid state drive atau SSD, sebaiknya Anda mempertimbangkan spesifikasi, kapasitas, jenis konektor, merek, serta harganya.
  • Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara memilih SSD supaya Anda tidak salah pilih SSD dan mendapatkan SSD yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan kompatibel dengan device Anda.
  • Anda dapat memilih Crucial SATA Internal SSD, karena memiliki kapasitas 2 TB dan cocok bagi Anda yang membutuhkan media penyimpanan yang sangat besar untuk kebutuhan pekerjaan Anda.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin memiliki SSD portabel yang dapat dibawa kemana saja, Anda dapat memilih Sandisk Extreme Portable SSD.
  • Namun, jika Anda yang sekedar ingin mengupgrade perangkat komputer Anda supaya kinerjanya lebih optimal dan lebih cepat, maka Anda dapat memilih Western Digital SSD Blue.

Referensi



  1. Bill Thomas & Kevin Lee (2020), Best SSDs 2020: the top solid-state drives for your PC,https://www.techradar.com/news/best-solid-state-drives-ssds
  2. John Burek (2020), The Best SSDs for Upgrading Your Laptop in 2020,https://sea.pcmag.com/ssd/19552/the-best-ssds-for-upgrading-your-laptop-in-2020



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.