Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


01 Jan 2021 01:01

10 Rekomendasi Smartphone dengan Fitur NFC Terbaik dan Murah

By Cektarif Plus


Selain berperan sebagai perangkat informasi dan komunikasi, smartphone juga dapat digunakan untuk kelancaran aktivitas bisnis dan usaha. Salah satu fitur penting dari smartphone yang dapat mendukung aktivitas tersebut adalah NFC (Near-field communication).



Fitur NFC marak digunakan karena fungsinya yang dapat memudahkan siapa pun untuk melakukan transaksi digital. Meski begitu, masih banyak pengguna smartphone yang belum mengetahui perihal fitur NFC ini.

Karena itu, kami menyajikan smartphone dengan fitur NFC terbaik dan murah lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai NFC dan cara penggunaannya.

Apa itu NFC?

NFC atau Near-field Communication berarti protokol komunikasi jarak dekat. Lebih tepatnya adalah protokol yang menghubungkan dua perangkat elektronik secara nirkabel tertentu dalam jarak dekat, tidak lebih dari 4 cm.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh Charles Walton pada tahun 1983. NFC sendiri sebenarnya adalah hasil pengembangan lanjutan dari Radio Frequency Identification (RFID) yang telah ditemukan sebelumnya.

Meski belum banyak diketahui, sebenarnya NFC ini bukanlah nama baru. Sistem fitur NFC telah diuji coba pertama kali untuk ponsel pada tahun 2007 lalu. Kemudian pada tahun 2010, NFC mulai hadir sebagai salah satu fitur di smartphone.



Fungsi NFC pada Smartphone

Walau sudah lama muncul pada smartphone, NFC masih belum bahkan kalah populer dengan fitur nirkabel lain seperti WiFi dan Bluetooth. Tidak sedikit yang menganggap remeh fungsi dari NFC.

Padahal, NFC memiliki fungsi yang bisa Anda gunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari, antara lain:

  • Kemudahan cek saldo

Fungsi dari NFC yang paling banyak diketahui adalah untuk mengecek sekaligus mengisi saldo dari kartu elektronik Anda. Sebut saja kartu e-toll, e-money, dan sebagainya.



Karena itu, fitur NFC sangatlah berguna bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dalam beraktivitas. Terutama kalau harus melewati jalan tol atau naik kendaraan umum seperti Transjakarta.

  • Untuk menyambungkan dua device

Bukan hanya smartphone, perangkat gadget lain seperti kamera DSLR dan printer pun kini juga telah dilengkapi dengan fitur NFC. Fungsinya adalah untuk menghubungkan data yang terdapat pada kamera ke smartphone.

Nantinya Anda bisa memindahkan data-data pada device tertentu, seperti kamera, ke smartphone atau sebaliknya. Sehingga tidak perlu repot-repot lagi menyalin dengan laptop atau PC.

  • Mempermudah proses pembayaran



Selain untuk urusan menyambungkan data dan pengecekan saldo, NFC juga bisa digunakan untuk proses pembayaran. Caranya mudah, Anda hanya perlu mendekatkan smartphone dengan fitur NFC ke dekat terminal pembayaran saja, sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

Tidak perlu khawatir soal keamanan. Karena NFC ini tergolong cukup aman untuk melakukan pembayaran.

Terlebih Anda harus mendekatkan ponsel ini langsung pada terminal pembayaran sehingga hanya Anda yang bisa melakukannya. Sebagian aplikasi juga ada yang menjadikan sidik jari atau pin sebagai syarat validasi pembayaran.

Cara menggunakan fitur NFC

Setelah membahas seputar NFC beserta fungsinya dalam keseharian, kami akan menjelaskan seperti apa cara menggunakan fitur NFC tersebut pada smartphone Anda.

Perlu diketahui, cara menggunakan NFC berbeda-beda. Sesuai dengan tujuan pemakaian yang diinginkan. Berikut adalah cara menggunakan fitur NFC pada smartphone yang perlu Anda ketahui.



1. Melakukan cek dan isi saldo

Fungsi NFC yang paling banyak diketahui adalah untuk mengecek dan mengisi saldo kartu pembayaran digital, seperti E-Toll atau E-Money. Berikut adalah cara untuk mengecek serta mengisi saldo kartu pembayaran digital:

  • Bukalah menu pengaturan yang terdapat pada smartphone Anda.
  • Pilih fitur NFC.
  • Kemudian buka aplikasi untuk pengisian dan pengecekan saldo. Aplikasi ini berbeda-beda. Tergantung pada jenis kartu yang Anda miliki. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Appstore atau Playstore.
  • Setelahnya tempelkan kartu Anda pada bagian belakang smartphone. Nantinya Anda bisa melihat sejumlah saldo serta melakukan pengisian ulang saldo tersebut.

2. Melakukan pembayaran

Selain mengisi saldo kartu digital, fitur NFC juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran. Berikut adalah cara melakukan pembayaran dengan fitur NFC:



  • Buka menu Setting yang terdapat pada smartphone Anda.
  • Kemudian pilihlah menu Connection.
  • Setelahnya geser tombol NFC and Payment.
  • Terakhir, klik Tap and Pay. Lalu bayarkan sesuai jumlah yang Anda beli.

3. Transfer data

Salah satu fungsi NFC yang menarik untuk memindahkan data dari satu device ke device lain. Berikut adalah cara untuk melakukan transfer data dengan menggunakan fitur NFC, yaitu :

  • Buka menu Setting pada smartphone Anda.
  • Pilih menu Other.
  • Masuk ke pengaturan NFC untuk mengaktifkan fitur tersebut.
  • Setelah NFC aktif, pilih file yang akan dikirim.
  • Tekan dan tahan file tersebut hingga ada pilihan menu atau pilihan. Kalau sudah muncul, klik Share atau Send.
  • Dekatkan smartphone Anda pada device yang ingin dikirimkan data.
  • Tunggu hingga ada laporan pengiriman selesai.

10 Rekomendasi smartphone dengan fitur NFC terbaik dan murah



Setelah Anda mengetahui berbagai informasi mengenai NFC, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi smartphone dengan fitur NFC terbaik dan murah dari berbagai merek berikut ini:

10. Samsung Galaxy A50s

foto-rekomendasi-smartphone-dengan-fitur-nfc-terbaik-dan-murah-10

Harga : Rp 3.100.000

DISPLAY Super AMOLED, 6.4-inch FHD+, Infinity-U Display
RESOLUTION 1080 x 2340 pixel
PROCESSOR Exynos 9610
OS Android Pie
RAM & ROM 4GB/64GB & 6/128GB
MEMORY Micro SD (Up to 512 GB)
CAMERA Main Camera: 48MP (F2.0) + 5MP (F2.2) + 8MP (Ultra Wide) (F2.2)



Selfie Camera: 32MP (F2.0)

FEATURE On-screen Fingerprint, Face Recognition, NFC, Biometric Authentications
BATTERY 4000 mAh

Samsung merupakan salah satu brand ponsel kenamaan di dunia. Kali ini, brand asal Korea Selatan ini menghadirkan ponsel anyar dengan berbagai fitur terbaiknya, seperti NFC. Perkenalkan Samsung Galaxy A50s.

Smartphone ini merupakan bagian dari Samsung Galaxy seri A yang juga termasuk dalam kelompok smartphone canggih middle class. Samsung Galaxy A50s ini memiliki berbagai fitur terbaik yang menarik minat para pecinta gadget. Salah satunya adalah fitur NFC.

Anda bisa menggunakan fitur NFC pada smartphone Samsung ini untuk melakukan berbagai hal. Termasuk melakukan pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Samsung Payment.

Selain itu, fitur kamera dengan resolusi tinggi juga menjadi hal yang wajib Anda coba dari smartphone ini. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

9. ASUS Zenfone 2 ZE551 ML



foto-rekomendasi-smartphone-dengan-fitur-nfc-terbaik-dan-murah-9

Harga : Rp 1.800.000

DISPLAY IPS LCD 5,5 inci
RESOLUTION 1080 x 1920 pixel
CHIPSET Intel Atom Z3560
CPU Quad-core 1.8 GHz
RAM/ROM 2GB/16GB
MEMORY Micro SD (Up to 256 GB)
CAMERA Back Camera: 13MP, f/2.0, autofocus, dual-LED
dual-tone flash

Front Camera: 5MP, f/2.0

NFC Yes
BATTERY Removable Li-po 3.000 mAh

ASUS merupakan brand perangkat elektronik yang amat populer di berbagai kalangan masyarakat. Karena brand satu ini selalu menghadirkan produk smartphone dengan fitur NFC keluaran terbaik. Salah satunya adalah ASUS Zenfone 2 ZE551 ML ini.

Bagian dari seri ASUS Zenfone 2 ini merupakan smartphone canggih yang memiliki layar berukuran 5.5 inch dengan teknologi IPS serta memiliki resolusi yang cukup tinggi, yaitu 1080 x 1920 pixel.



Smartphone ini juga dilengkapi dengan prosesor Intel Atom Z3560 dengan Quad-core 1.8 GHz yang mempermudah aktivitas multitasking Anda.

Selain itu, kehadiran fitur NFC di dalamnya juga semakin mempermudah Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Terutama bila memiliki mobilitas tinggi. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

8. Nokia 4.2

foto-rekomendasi-smartphone-dengan-fitur-nfc-terbaik-dan-murah-8

Harga : Rp 1.940.000



DISPLAY 5.71 inch HD+ a-Si TFT LCD with selfie notch
RESOLUTION 720 x 1520 pixel
OS Android Pie 9
CPU Qualcomm® Snapdragon™ 439
RAM/ROM 2GB/16GB
MEMORY Micro SD (Up to 400 GB)
CAMERA Dual 13 MP + 2 MP
NFC Yes
BATTERY Li-Ion 3000 mAh

Seolah menolak lekang oleh perkembangan zaman, Nokia kembali hadir dalam persaingan di bidang teknologi. Kali ini, brand asal Finlandia ini mengeluarkan smartphone anyar lengkap dengan fitur NFC. Salah satunya adalah Nokia 4.2.

Smartphone ini termasuk salah satu yang memiliki harga terjangkau, berada di kisaran 2 jutaan. Sangat cocok bagi Anda yang menginginkan smartphone canggih lengkap dengan fitur NFC dengan budget yang tidak terlalu besar.

Dilengkapi dengan sistem operasi Snapdragon 439 serta grafis Adreno 505, Nokia 4.2 bisa memberikan pengalaman di level terbaik untuk kegiatan multimedia Anda. Terlebih kehadiran RAM 2 GB serta ROM 16GB yang cukup dapat diandalkan.Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

7. ASUS Zenfone 5Q ZC600KL



foto-rekomendasi-smartphone-dengan-fitur-nfc-terbaik-dan-murah-7

Harga : Rp 2.495.000

DISPLAY 6 inch
RESOLUTION Full HD + 1080 x 2160 pixel
CPU Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53
CHIPSET Qualcomm SDM630 Snapdragon 630
RAM/ROM 3/32GB, 4/64GB
MEMORY Micro SD (Up to 2TB)
CAMERA Main Camera: 16MP + MP

Front Camera: 20MP + MP

NFC Yes
BATTERY 3300 mAh

ASUS Zenfone 5Q ZC600KL merupakan salah satu smartphone dengan fitur NFC keluaran terbaik dari ASUS. Seperti halnya beberapa smartphone ASUS lainnya, ASUS Zenfone 5Q ZC600KL dibanderol dengan harga yang cukup murah, hanya berkisar Rp 2 jutaan saja.

Harga tersebut termasuk cukup murah untuk berbagai spesifikasi serta fitur menarik yang ditawarkan oleh smartphone ini. Sebut saja layar 6 inch yang dilengkapi dengan resolusi Full HD + 1080x2160 pixels.

Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 630 dengan CPU Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53 yang membuat kegiatan multitasking Anda lebih nyaman. Terdapat pula fitur kamera belakang ganda (12MP + 8MP) serta kamera depan (20 MP) yang memberikan pengalaman terbaik dalam berbagai momen Anda. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.



6. Nokia 3.1 Plus

foto-rekomendasi-smartphone-dengan-fitur-nfc-terbaik-dan-murah-6

Harga : Rp 1.999.000

DISPLAY IPS LCD 6.0 inci
RESOLUTION 720 x 1440 pixels
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
CHIPSET Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
RAM/ROM 2/16GB, 3/32GB
MEMORY Micro SD (Up to 400 GB)
CAMERA Main Camera: 13 MP, f/2.0, AF + 5 MP, f/2.4, depth sensor

Front Camera: 8 MP, f/2.2

NFC Yes
BATTERY Li-Ion 3500 mAh



Nokia 3.1 Plus merupakan salah satu smartphone unggulan keluaran brand Nokia yang telah dilengkapi dengan fitur NFC. Smartphone Nokia ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membeli ponsel pintar spesifikasi terbaik dengan harga terjangkau.

Smartphone ini hadir dengan Mediatek MT6762 Helio P22 sebagai chipsetnya. Selain itu, didukung pula dengan RAM 3GB serta storage berkapasitas 32 GB yang mendukung aktivitas multitasking dan penyimpanan data Anda dengan baik.

Soal pencitraan, Nokia 3.1 Plus ini dilengkapi dengan kamera depan 8MP serta bukaan f2.2. Sementara untuk kamera utamanya memiliki sensor utama 13 MP serta dilengkapi juga dengan sensor mendalam sebesar 5MP.Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

5. Xiaomi Redmi Note 9 Pro

foto-rekomendasi-smartphone-dengan-fitur-nfc-terbaik-dan-murah-5

Harga : Rp 3.272.000



DISPLAY IPS LCD 6.67 inches
RESOLUTION 1080 x 2400 pixels
GPU Adreno 618
CHIPSET Snapdragon 720G (8 nm)
ROM 64/128 GB
MEMORY MicroSDXC (dedicated slot)
CAMERA Back Camera: 64 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP

Front Camera: 16 MP

NFC Yes
BATTERY Non-removable Li-Po 5020 mAh

Redmi Note 9 Pro merupakan salah satu desain terbaru dari seri Redmi Note milik Xiaomi. Smartphone flagship satu ini telah dilengkapi dengan berbagai spesifikasi serta fitur terbaik.Seperti fitur NFC.

Dengan harga berkisar 3 jutaan, smartphone ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang sering menikmati konten tertentu. Karena Redmi Note 9 Pro memiliki tampilan layar IPS Full HD serta HDR10 yang membuatnya terlihat luas dan cerah.

Soal kamera, tak perlu diragukan lagi. Smartphone ini memiliki kamera utama 64 MP yang memungkinkan Anda mengabadikan berbagai momen terbaik dari berbagai lensa dan sensor kedalaman terbaik juga.Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.



4. Nokia 5.3

foto-rekomendasi-smartphone-dengan-fitur-nfc-terbaik-dan-murah-4

Harga : Rp 2.600.000

DISPLAY IPS LCD 6.55 inches
RESOLUTION 720 x 1600 pixels
GPU Adreno 610
CHIPSET Snapdragon 665 (11 nm)
RAM/ROM 6GB/64GB
MEMORY MicroSDXC (dedicated slot)
CAMERA Main Camera: 13 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP

Front Camera: 8 MP

NFC Yes
BATTERY Non-removable Li-Po 4000 mAh

Berbagai varian smartphone terbaik keluaran brand Nokia telah hadir di Indonesia. Di mana salah satunya adalah Nokia 5.3 yang termasuk dalam kategori smartphone andal karena spesifikasi dan fitur menariknya. Seperti NFC.



Smartphone ini memiliki desain menarik dengan varian warna elegan yang telah menjadi ciri khas dari produk keluaran Nokia. Dengan tenaga chipset Snapdragon 665-nya, smartphone ini cukup dapat diandalkan untuk aktivitas multitasking.

Untuk kameranya sendiri, Nokia 5.3 telah dilengkapi dengan main camera yang terdiri dari empat modul dengan posisi melingkar. Di bagian tengahnya terdapat lampu kilat LED yang mendukung hasil pengabadian momen terbaik untuk Anda. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

3. Samsung Galaxy A30s

foto-rekomendasi-smartphone-dengan-fitur-nfc-terbaik-dan-murah-3

Harga : Rp 2.950.000



DISPLAY 6.4 inci Super AMOLED, Infinity-V display
RESOLUTION HD+ (1560 x 720)
CPU 2x Cortex-A73 cores @ 1.8GHz + 6x Cortex-A53 cores @ 1.6GHz
CHIPSET Exynos 7904
RAM/ROM 3GB & 4GB/ 32GB, 64GB & 128GB
MEMORY MicroSDXC (dedicated slot)
CAMERA Main Camera: 25MP, f/1.7; 8MP, Ultra Wide; 5MP

Front Camera: 16MP, f/2

FEATURE NFC, In-display fingerprint sensor
BATTERY 4000 mah, 15W fast charging

Samsung Galaxy A30s merupakan salah satu produk unggulan dari brand Samsung yang telah dilengkapi dengan fitur NFC. Smartphone ini sendiri merupakan bagian dari Samsung Galaxy seri A.

Dibanderol dengan harga dua jutaan, Samsung Galaxy A30s memiliki layar Super AMOLED keren dengan fitur in-display fingerprint sensor yang membuatnya lebih aman.Selain itu baterainya memiliki kapasitas lumayan, 4000 mAh, dengan fast charging 15W.

Meski harganya murah, kualitas kamera Samsung Galaxy A30s ini tidak murahan. Di mana main camera (25 MP) serta kamera tersiernya (16 MP) memiliki kualitas tangkapan yang baik sehingga dapat mengabadikan objek atau momen tertentu dengan baik. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

2. Redmi 8 Note Pro



foto-rekomendasi-smartphone-dengan-fitur-nfc-terbaik-dan-murah-2

Harga : Rp 2.878.500

DISPLAY IPS LCD 6.53 inches
RESOLUTION 1080 x 2340 pixels
GPU Mali-G76 MC4
CHIPSET Mediatek Helio G90T (12 nm)
RAM &ROM 6GB & 64/128 GB
MEMORY MicroSDXC (dedicated slot)
CAMERA Main Camera: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP

Front Camera: 20 MP

NFC Yes
BATTERY Non-removable Li-Po 4500 mAh

Redmi Note 8 Pro merupakan salah satu smartphone keluaran Xiaomi yang telah dibekali dengan fitur NFC terbaik. Selain NFC, Redmi Note 8 Pro juga memiliki fitur infrared yang semakin mempermudah keseharian Anda.

Tampil dengan layar IPS FHD yang cerah, bagian display Redmi Note 8 Pro juga dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass 5 yang membuatnya semakin kokoh dan kuat. Terlebih, tingkat kecerahan hingga 500 nits sangat membantu Anda untuk menggunakan smartphone ini saat melakukan aktivitas outdoor.



Keunggulan lain dari smartphone ini adalah fitur kameranya. Sedikit informasi, Redmi Note 8 Pro merupakan smartphone pertama di Indonesia yang memiliki kamera 64MP. Sehingga dapat menghasilkan gambar terbaik kapanpun. Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

1. Samsung Galaxy A31

foto-rekomendasi-smartphone-dengan-fitur-nfc-terbaik-dan-murah-1

Harga : Rp 3.420.000

DISPLAY Super AMOLED 6.4 inches
ESOLUTION 1080 x 2400 pixels
GPU Mali-G52 MC2
CHIPSET Mediatek MT6768 Helio P65 (12 nm)
RAM & ROM 6/8GB & 128 GB
MEMORY MicroSDXC (dedicated slot)
CAMERA Main Camera: 48 MP + 8 MP + 5 MP + 5 MP



Front Camera: 20 MP

NFC Yes
BATTERY Non-removable Li-Po 5000 mAh

Samsung sepertinya tidak pernah kehabisan ide dalam menghasilkan inovasi smartphone dengan fitur NFC terbaik. Kali ini, brand asal Korea Selatan tersebut menghadirkan smartphone yang diberi nama Samsung Galaxy A31.

Smartphone ini terkenal akan feel solid serta keunikan desainnya. Sehingga mudah dikenali, terutama oleh para pecinta gadget. Samsung Galaxy A31 dilengkapi dengan panel OLED yang cerah serta tampilan warna akurat sehingga membuat penggunannya merasa nyaman.

Selain fitur NFC, Samsung Galaxy A31 memiliki keunggulan dalam kamera dan daya tahan baterainya.

Bila Anda memiliki hobi membuat vlog, Samsung Galaxy A31 bisa menjadi pilihan. Karena smartphone ini memiliki kamera depan 20MP yang memberikan hasil tangkapan gambar maupun video berkualitas terbaik.Anda bisa membeli smartphone ini di Shopee.

Kesimpulan



  • NFC (Near-field Communication) merupakan protokol yang menghubungkan dua perangkat elektronik secara nirkabel tertentu dalam jarak dekat.
  • Meski tidak banyak diketahui, NFC memiliki berbagai fungsi penting, antara lain mengecek dan mengisi saldo kartu digital, transfer data, serta melakukan pembayaran.
  • Cara menggunakan NFC berbeda-beda. Tergantung pada tujuan penggunaan yang diinginkan.
  • Ada berbagai produk smartphone terbaik dan murah yang telah dilengkapi dengan fitur NFC. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Referensi

  1. Samsung (2019), Apa Itu NFC dan Apa Manfaatnya Buatmu?, https://www.samsung.com/id/discover/mobilephone/apa-itu-nfc-dan-apa-manfaatnya-buatmu/
  2. Qword (2020), Apa Itu NFC, Penjelasan, dan Cara Penggunaannya, https://qwords.com/blog/apa-itu-nfc/





Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.