Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


01 Feb 2021 07:01

10 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah dan Tahan Lama untuk Pekerja Kantoran

By Cektarif Plus


Meskipun saat ini jalanan masih sering dipadati dengan berbagai kendaraan modern dan canggih, seperti sepeda motor, mobil, hingga bus, ternyata moda transportasi tradisional seperti sepeda masih tetap memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.



Ya, seolah menolak tenggelam oleh kemajuan teknologi saat ini, sepeda tetap menjadi salah satu transportasi favorit bagi banyak kalangan. Bahkan untuk pekerja kantoran.

Rasanya bukan hal aneh lagi melihat para pekerja kantoran di ibukota menaiki sepeda untuk menuju ke kantor di pagi hari.

Bukan sepeda biasa yang memiliki ukuran besar, yang digunakan adalah sepeda lipat yang memiliki desain yang simple dan praktis sehingga mudah dibawa ke mana saja. Sepeda lipat sendiri memang tengah menjadi tren di kalangan masyarakat saat ini.

Dari banyaknya jumlah sepeda yang diproduksi setiap tahunnya, 10% di antaranya merupakan sepeda lipat.

Sepeda lipat memang memiliki tampilan berbeda yang membuatnya terlihat unik dan keren. Penggunaannya pun tidak sulit.Sehingga banyak yang menggemarinya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi sepeda lipat dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai sepeda lipat serta cara perawatannya.



Mengenal jenis dan karakteristik sepeda lipat

Secara umum, sepeda lipat terbagi menjadi 3 (tiga) jenis. Pertama, compact yang memiliki ukuran standar dan klasik. Kedua, full size yang memiliki ukuran roda lebih besar. Ketiga, sepeda lipat listrik yang dapat menggunakan tenaga listrik atau kayuhan.

Selain digunakan untuk transportasi ke tempat kerja, sepeda lipat juga dapat digunakan untuk berolahraga. Hal ini tidak lepas dari karakter sepeda lipat yang praktis dan simple sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Anda bisa memilih sepeda lipat compact. Karena jenis ini memiliki desain sederhana yang mudah disimpan. Namun, untuk Anda yang ingin sedikit bersantai, maka Anda bisa memilih sepeda lipat listrik.

Oleh karena itu, saat Anda memilih sepeda lipat perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah sepeda lipat hanya akan digunakan sebagai moda transportasi, atau juga untuk berolahraga.

Pilih ukuran yang tepat



Bila Anda memiliki tinggi badan 180 cm, tentu akan terasa aneh bila menggunakan sepeda lipat berukuran 16” yang relatif agak kecil. Hal ini bisa membuat kaki Anda tertekuk atau berlipat.

Jadi perhatikan betul ukuran, pilih di antara S, M atau L. Sesuaikan dengan tinggi badan Anda, agar bisa mendapatkan kenyamanan secara optimal.

Perhatikan massa jenis atau beratnya

Selain ukuran tinggi, massa jenis atau berat juga menjadi hal yang harus Anda perhatikan saat akan membeli sepeda lipat. Sebaiknya Anda memilih sepeda lipat yang memiliki berat total 10 kg hingga 20 kg.

Pastikan bahwa berat sepeda tersebut tidak akan membebani Anda saat harus membawanya ke mana-mana. Semakin ringan bobot sepeda lipat yang Anda pilih, semakin praktis dan efisien saat menggunakannya.



Pilih tipe yang sesuai

Sepeda lipat memiliki beberapa tipe yang berbeda. Sebut saja tipe city tour, hingga sepeda lipat gunung.

Setiap brand yang memproduksi sepeda lipat, baik lokal, indie, ataupun yang sudah lalang-melintang jauh, biasanya memberikan perbedaan tertentu pada produknya.

Perbedaan yang paling mudah dilihat adalah model dan desain dari sepeda lipat. Biasanya para brand akan berlomba memberikan desain menarik yang kemudian dilengkapi dengan berbagai komponen berkualitas dan tahan lama.

Karena itu, Anda bisa memilih tipe yang sekiranya sesuai dengan selera bersepeda Anda.

Perhitungkan harganya



Jika ingin membeli sesuatu, tentu harus mempertimbangkan harga barang tersebut dengan anggaran yang tersedia. Biasanya, harga yang ditawarkan akan mempengaruhi kualitas dari sepeda lipat tersebut.

Sebaiknya pilih sepeda lipat yang memang sesuai dengan ketersediaan anggaran Anda. Jangan memaksakan diri untuk membeli sepeda lipat berharga jauh dari anggaran yang Anda punya.

Cara merawat sepeda lipat agar lebih awet

Agar sepeda lipat Anda tetap bersih, nyaman dipakai, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat sepeda lipat:

  • Bersihkan sepeda lipat secara rutin dan teratur. Untuk membersihkannya, sebaiknya cukup disiram dengan air dan lap menggunakan kain bersih secara merata. Pastikan bagian yang dibersihkan dengan air telah dikeringkan dengan benar agar tidak menimbulkan karat.
  • Bila Anda menggunakan semprotan air, pastikan untuk memilih yang tekanannya tidak terlalu tinggi. Semprotan air dengan tekanan tinggi dapat merusak bagian-bagian penting tertentu dari sepeda lipat.
  • Perhatikan bagian-bagian sudut pada sepeda lipat, seperi engsel stang, pedal sepeda, hingga lingkaran ban. Apakah pada bagian-bagian tersebut masih terdapat debu dan kotoran yang menempel atau tidak. Bisa masih ada, segera bersihkan agar tidak menumpuk.
  • Jangan biarkan bagian-bagian penting pada sepeda, seperti rem, rantai, hingga kabel shifter, menjadi aus dan berkarat. Berikanlah pelumas pada bagian-bagian tersebut secara berkala agar gowesan sepeda terasa lebih nyaman dan tidak mudah rusak.
  • Periksakan volume angin pada ban sepeda secara rutin. Volume angin ban ini sangat mempengaruhi tekanan pada sepeda lipat. Semakin rendah volumenya, Anda akan merasa semakin sulit saat mengendarai sepeda lipat tersebut. Sebaliknya, bila volume tersebut terlalu tinggi malah akan membuat ban sepeda lipat menjadi pecah.
  • Simpan di tempat yang aman dan mudah terlihat. Sepeda lipat memang memiliki bentuk dan model yang praktis, tapi bukan berarti Anda bisa sembarangan meletakkannya. Agar bisa tahan lama, simpanlah di tempat yang mudah untuk mengeluarkannnya serta mudah Anda lihat.
  • Hindari menjemur pakaian di atas sepeda lipat. Rembesan air dari pakaian yang basah bisa membuat sepeda lipat menjadi cepat rusak.



10 Rekomedasi sepeda lipat murah dan tahan lama untuk pekerja kantoran

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang sepeda lipat lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi sepeda lipat murah dan tahan lama untuk pekerja kantoran dari berbagai merek berikut ini:

10. Pacific 2980 RX 6.8

foto-rekomendasi-sepeda-lipat-murah-dan-tahan-lama-untuk-pekerja-kantoran-10

Harga : Rp 3.250.000



Terbuat dari bahan Hi-Ten yang kuat dan kokoh

Pacific 2980 RX 6.8 merupakan sepeda lipat berdesain sporty dan trendy sehingga sangat cocok digunakan oleh para penikmat olahraga bersepeda, terutama kaum muda. Ada 4 varian warna yang bisa Anda pilih, yaitu merah muda, kuning, oranye, serta hijau.

Frame pada sepeda lipat ini terbuat dari material Hi-Ten Steel yang sangat kokoh dan tahan lama. Begitu pula pada bagian fork-nya.Sepeda lipat ini memiliki ukuran 20 inchi, sehingga bisa digunakan oleh siapa saja.

Rem kiri dan kanannya terbuat dari Mechanical Discbrake. Untuk bagian rantainya menggunakan tipe C8 yang nyaman untuk digowes, sementara pedalnya sendiri foldable sehingga praktis dan mudah disimpan. Anda bisa membeli sepeda lipat ini di Shopee.

9. EXOTIC Explore 9



foto-rekomendasi-sepeda-lipat-murah-dan-tahan-lama-untuk-pekerja-kantoran-9

Harga : Rp 3.375.000

Pegangan ergonomis dan nyaman dalam segala lintasan

EXOTIC Explore 9 ini sangat cocok digunakan oleh kalangan remaja hingga dewasa. Memiliki ukuran ban 20 inchi dengan frame yang terbuat dari material alloy sehingga lebih ringan dan anti karat.

Selain itu, dilengkapi pula dengan fasilitas 9 x 2 pilihan kecepatan yang memudahkan Anda dalam menghadapi berbagai kondisi jalanan.

Yang menarik adalah, pegangan sepeda ergonomis dapat menyesuaikan genggaman tangan, sehingga sangat nyaman dipakai bahkan bila harus berkendara dalam waktu lama. Anda bisa membeli sepeda lipat ini di Shopee.

8. Sepeda Lipat United Stylo Single Speed



foto-rekomendasi-sepeda-lipat-murah-dan-tahan-lama-untuk-pekerja-kantoran-8

Harga : Rp 2.250.000

Cocok untuk usia 7 tahun hingga dewasa

Stylo merupakan salah satu produk sepeda lipat dari brand United Bike. Sepeda lipat ini memiliki ukuran 16 inchi yang sangat friendly untuk digunakan oleh anak-anak berusia 7 tahun ke atas hingga dewasa.

Pada bagian frame sepeda lipat ini terbuat dari bahan besi (Hi-Ten steel) yang kuat dan tahan lama. Remnya merupakan jenis V-brake yang pakem dan aman. Sepeda lipat ini dapat Anda beli di Shopee.

7. Pacific 2980 RX 6.0 VT Sepeda Lipat



foto-rekomendasi-sepeda-lipat-murah-dan-tahan-lama-untuk-pekerja-kantoran-7

Harga : Rp 2.895.000

Desain sporty dan nyaman dikendarai

Berbicara soal sepeda lipat, rasanya tidak bisa meninggalkan nama Pacific. Ya, brand satu ini memang terkenal akan berbagai produk sepeda lipat kualitas terbaiknya. Tak heran kalau banyak yang meminatinya.

Pacific 2980 RX 6.0 VT terbuat dari material Hi-Ten yang kokoh dan kuat, desain sporty dan trendi, serta1 x 7 speed sehingga nyaman untuk dikendarai. Anda bisa membeli sepeda lipat ini di Shopee.

6. Maximo Piegare Cyclo TX7 3.0



foto-rekomendasi-sepeda-lipat-murah-dan-tahan-lama-untuk-pekerja-kantoran-6

Harga : Rp 3.500.000

Mudah dilipat, anti karat, dan trendi

Maximo Piegare Cyclo TX7 3.0 terbuat dari bahan alumunium speek 7 speed yang kuat dan anti karat. Berukuran 20 inchi dan bagian pedalnya bersifat foldable atau mudah dilipat. Sementara untuk rantainya menggunakan tipe C8 yang kuat.

Bagian rem dari sepeda lipat ini menggunakan F/R Brakes Maximo Mechanical Discbrake. Sementara untuk bannya menggunakan jenis Kenda K193 20”x1.50. Anda bisa membeli sepeda lipat ini di Shopee.

5. Element MTB Folding Ecosmo Z9



foto-rekomendasi-sepeda-lipat-murah-dan-tahan-lama-untuk-pekerja-kantoran-5

Harga : Rp 6.000.000

Dilengkapi dengan pemindah gigi depan dan belakang

Sepeda lipat satu ini memiliki bagian rangka dari material Alloy yang kuat dan tahan lama. Untuk bagian fork depan menggunakan Rigid sementara untuk shifter-nya menggunakan Sensah RX 2x9.

Element MTB Folding Ecosmo Z9 ini juga dilengkapi dengan pemindah gigi. Untuk bagian gigi depan merupakan 2 speed shimano, sementara bagian belakangnya menggunakan 9 speed shimano sora.

Pada bagian stang dan leher stang sama-sama menggunakan komponen dari Element. Lalu untuk remnya, baik depan maupun belakang sama-sama menggunakan Hydraulic Brake. Anda bisa membeli sepeda lipat ini di Shopee.



4. Phoenix 2026

foto-rekomendasi-sepeda-lipat-murah-dan-tahan-lama-untuk-pekerja-kantoran-4

Harga : Rp 2.950.000

Dilengkapi dengan rangka besi yang kuat dan tahan banting

Phoenix 2026 merupakan produk sepeda lipat milik brand Phoenix yang memiliki desain playful dan fun. Anda dapat melipat sepeda ini pada bagian tiang stang, body, serta pedal sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Sepeda lipat ini dilengkapi dengan fitur boncengan belakang yang kuat dan kokoh. Selain itu, rangka besi dari sepeda ini juga tidak kalah kuat dan tahan banting. Sangat cocok digunakan untuk bersepeda dalam jangka waktu lama.

Soal giginya sendiri, tersedia pilihan hingga 7 ketahanan. Sistem pergantian giginya pun mudah. Cukup tekan jempol dan telunjuk Anda dan nikmati berbagai medan di jalanan. Termasuk tanjakan. Anda bisa membeli sepeda ini di Shopee.



3. Pacific Noris 2.1

foto-rekomendasi-sepeda-lipat-murah-dan-tahan-lama-untuk-pekerja-kantoran-3

Harga : Rp 4.500.000

Frame berbahan Alloy yang kokoh

Brand Pacific seperti tidak pernah kehabisan akal dalam mengeluarkan produk sepeda lipat berkualitas terbaiknya. Kali ini, Pacific membuat produk sepeda lipat yang diberi nama Pacific Noris 2.1.

Seperti sepeda lipat keluaran brand Pacific lainnya, Pacific Noris 2.1 ini juga memiliki berbagai keunggulan terutama dalam fiturnya. Misalnya untuk bagian rangkanya yang terbuat dari 16³ Alloy 6061 Folding Frame.



Untuk bagian pengoper giginya menggunakan Shimano SL-M310 8 Speed. Sementara untuk rem depan dan belakangnya sama-sama menggunakan Pacific Mechanical Discbrake. Anda bisa membeli sepeda lipat ini di Shopee.

2. Sepeda Lipat Wimcycle Pocket Rocket

foto-rekomendasi-sepeda-lipat-murah-dan-tahan-lama-untuk-pekerja-kantoran-2

Harga : Rp 3.500.000

Cocok digunakan di berbagai area dan medan jalanan

Pocket Rocket Wimcycle memiliki tampilan lebih colorful dan fresh. Bagian rangka terbuat dari material Alloy yang kuat dan kokoh.



Sepeda lipat ini juga dilengkapi dengan roda berukuran 20 inchi yang membuatnya sangat cocok digunakan untuk bersepeda di berbagai area. Mulai dari perumahan, taman, hingga jalanan umum.

Adapun bagian rantai menggunakan tipe 8-SP yang kuat. Sementara untuk pengoper giginya menggunakan Shimano Altus SL-M315-8R. Sedangkan, pedal sepeda bersifat foldable sehingga mudah menyimpannya. Anda bisa membeli sepeda lipat ini di Shopee.

1. Selis Sepeda Lipat - Orange KHS F26

foto-rekomendasi-sepeda-lipat-murah-dan-tahan-lama-untuk-pekerja-kantoran-1

Harga : Rp 5.450.000

Sepeda lipat ini memiliki desain sporty dan praktis, sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja.



Material yang digunakan pada bagian rangkanya adalah 26 Inch Full CRMO Reyno500 dan bagian garpu depannya merupakan tipe CWI-3253. Kemudian untuk remnya sama-sama menggunakan tipe Tektro F/R: 836AL 827.12.

Bagian pemindah gigi depan dari Orange KHS F26 adalah TAFDM-311M6, sementara untuk pemindah gigi bagian belakangnya adalah ARDM360SGSL. Anda bisa membeli sepeda lipat ini di Blibli.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli sepeda lipat, sebaiknya Anda mempertimbangkan ukuran, berat, tipe serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar sepeda lipat Anda lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Maximo Piegare Cyclo TX7 3.0, karena memiliki warna serta desain yang sporty dan trendi.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin menggunakannya untuk berjalan-jalan di berbagai area, Anda bisa memilih Sepeda Lipat Wimcycle Pocket Rocket.
  • Namun, untuk Anda yang menginginkan sepeda lipat yang cocok untuk usia 7 tahun ke atas, maka Anda bisa memilih Sepeda Lipat United United Stylo.



Referensi

  1. Sepeda.Me (2020), Panduan Lengkap Memilih Sebelum Membeli Sepeda Lipat, https://www.sepeda.me/sepeda/panduan-lengkap-sebelum-membeli-sepeda-lipat.html
  2. Super Adventure (2020), Begini Bro Cara Merawat Sepeda Lipat Biar Awet Bertahun-tahun, https://www.superadventure.co.id/news/21740/begini-bro-cara-merawat-sepeda-lipat-biar-awet-bertahun-tahun/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.