Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


24 Apr 2020 19:00

10 Rekomendasi Scanner Bagus dan Berkualitas

By Cektarif Plus


Scanner merupakan salah satu peralatan kantor yang banyak dicari di era serba digital seperti sekarang ini. Banyak produsen scanner berlomba-lomba menghadirkan produknya dengan kualitas apik, demi merebut hati para konsumen. Mereka mencoba menghadirkan produk yang diinginkan mayoritas konsumen.



Kebanyakan orang tidak hanya menginginkan produk yang bermerek, namun juga awet dan bagus hasilnya. Ditengah banyaknya produsen scanner yang bersaing menghadirkan produk-produk terbaik, tentu menjadi kesempatan baik pula bagi Anda untuk bisa mendapatkan satu yang terbaik, yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda.

Begitu banyak merek scanner yang bagus tentu membuat Anda bingung untuk memilih salah satu yang terbaik. Pada artikel kali ini, kami akan menghadirkan ulasan beberapa merek scanner yang bagus dan berkualitas lengkap dengan harganya. Tapi sebelumnya simak berbagai poin penting dari kami yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan membeli scanner.

Cara memilih scanner yang berkualitas

Mencari scanner yang bisa memenuhi kebutuhan spesifik Anda kadang cukup merepotkan. Meskipun scanner yang ada di pasaran saat ini bisa menangani tugas kantor sehari-hari, banyak dari mereka memiliki beragam jenis dan ukuran yang disesuaikan untuk berbagai keperluan. Anda perlu mengetahui akan seberapa sering menggunakan scanner, hingga mengukur budget yang tersedia untuk membeli scanner.

Biasanya brand yang terkenal dan banyak digunakan orang-orang akan bagus juga kualitasnya. Brand yang bagus biasanya akan berani memberi jaminan garansi. Anda akan sangat membutuhkan jaminan garansi jika hampir setiap hari menggunakan scanner

Mengetahui fitur-fitur yang dibutuhkan juga penting untuk diperhatikan. Di bawah iniakan kami jelaskan beberapa poin yang penting dalam memilih scanner yang berkualitas.



Perhatikan media apa saja yang akan Anda scan

Mengetahui media apa dan seberapa sering menggunakan scanner, akan menentukan fitur apa saja yang akan dibutuhkan. Karena pada umumnya media foto dan dokumen (per halaman) lebih sering untuk discan.

Selain itu, ada juga buku, kartu nama, majalah, dokumen asli yang mudah rusak seperti perangko, hingga objek 3D. Mempertimbangkan detail seperti ukuran maksimum dokumen asli juga perlu dilakukan, dan apakah perlu untuk memindai kedua sisi halaman dokumen.

Perhatikan tipe yang sesuai dengan penggunaan

Ketika menggunakan kertas seperti A4, F4, atau letter Anda bisa memilih scanner tipe flatbed. Tapi jika dokumen yang akan discan lebih besar dari dokumen A3 tipe scanner drum pas untuk digunakan. Untuk memindai kartu nama bisa memilih tipe business card scanner, tapi untuk foto Anda bisa menggunakan photo scanner.



Scanner portable atau handheld scanner pas digunakan jika ingin membawa scanner ke luar kantor. Namun jika membutuhkan mendigitalisasi dokumen fax atau dokumen A3 Anda bisa membeli scanner bertipe shetfed. Sedangkan untuk scanning barcode penjualan scanner handheld cocok untuk dipakai.

Pilih scanner flatbed untuk kebutuhan dokumen yang mudah rusak atau objek tiga dimensi

Jika Anda ingin memindai foto, dokumen yang mudah rusak ataupun objek tiga dimensi, Anda membutuhkan scanner flatbed yang memiliki pelat kaca besar, tempat meletakkan dokumen atau objek tersebut. Biasanya objek tiga dimensi tersebut discan ke gambar dua dimensi. Model flatbed cenderung bertahan hingga bertahun-tahun di pasaran, meskipun banyak juga model-model terbaru yang dihadirkan.

Anda bisa memilih scanner yang memiliki fitur automatic feeder, jika nantinya sering memindai foto atau perangko. Sayangnya fitur ini bisa merusak foto asli. Untuk mengatasinya Anda bisa menambahkan sebuah plastik yang terang atau cenderung bening.

Pilih yang dilengkapi dengan fitur automatic feeder untuk kebutuhan sehari-hari



Fitur automatic feeder dimiliki oleh scanner sheet feeder. Fitur ini cocok bila Anda sering memindai dokumen setiap hari. Fitur yang akan membantu kinerja Anda agar efisien, tanpa membolak-balikan dokumen satu per satu untuk jumlah dokumen yang banyak.

Pilih fitur duplex yang lebih memudahkan saat memindai

Fasilitas duplex membantu Anda memindai kedua sisi halaman pada waktu bersamaan. Anda biasanya membutuhkan fitur duplexing juga fitur automatic feeder. Membeli scanner yang memiliki fitur keduanya tentu sangat membantu, namun harganya terbilang mahal.

Pilihan lainnya Anda bisa membeli scanner duplexing ADF. Scanner ini hanya mampu memindai satu bagian sisi halaman lalu memutarnya menuju bagian lain. Harganya tentu jauh lebih murah dan bisa meringankan pekerjaan Anda.

Pilih resolusi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan



Dalam beberapa keperluan, kita benar-benar membutuhkan resolusi yang cukup tinggi. Misalnya, untuk memindai foto negatif, karena foto negatif tidak mempunyai resolusi tinggi hingga memerlukan resolusi yang tinggi untuk dijadikan file digital.

Sebenarnya masalah resolusi bukanlah hal yang terlalu penting, tapi semakin besar resolusi semakin bagus pula hasilnya. Banyak scanner yang menawarkan resolusi yang tinggi, tapi Anda tidak perlu terlalu bingung jika akan mencetak dokumen yang kecil. Biasanya ukuran 600 ppi dan 4800 ppi tidak terlihat bedanya jika dicetak dikertas ukuran 20R.

Cara merawat scanner agar awet

Mempunyai scanner yang bagus kualitasnya akan sia-sia saja jika Anda tidak melakukan perawatan scanner dengan benar. Perawatan yang benar akan membantu scanner bertahan lebih lama, meskipun sering digunakan. Berikut ini beberapa tips merawat scanner yang bisa Anda coba diantaranya :

  • Bersihkan bagian permukaan kaca scanner dengan kain pembersih yang halus berbahan microfiber, supaya tak ada serat kain yang tertinggal atau menempel di kaca.
  • Bersihkan bagian dalam scanner dari debu atau kotoran dengan menggunakan kain pembersih yang halus. Anda bisa sedikit memakai alkohol untuk membersihkannya. Debu dan kotoran yang lama menempel dan tidak dibersihkan bisa saja mengendap atau menggumpal. Hasilnya kinerja scanner Anda akan terganggu. Membersihkan bagian dalam scanner tentunya perlu di buka bagian dalamnya lalu menutupnya kembali jika selesai dibersihkan.
  • Jika Anda kesulitan membuka atau membersihkannya, Anda bisa meminta bantuan pada ahlinya.



10 Rekomendasi scanner bagus dan berkualitas

Setelah Anda menyimak berbagai poin penting di atas tadi, sekarang kami akan merekomendasikan kepada Anda 10 scanner bagus dan berkualitas beserta harganya berikut ini :

10. Fujitsu ScanSnap iX1500

fujitsu_scansnap_ix1500

Harga : Rp 9.785.000



Scanner dekstop terbaik

ScanSnap iX1500 ini mudah diatur, mudah dibawa dan tidak terlalu mahal. Kelebihannya memiliki kemampuan scanning 30 halaman per menit dan bisa bertahan hingga 2.000 penggunaan dalam sehari. Scanner ini memiliki baki kertas / dokumen yang bisa disesuaikan dengan berbagai ukuran dokumen. Selain itu juga memiliki koreksi dan deteksi kualitas secara otomatis.

Scanner dari Fujitsu ini memiliki fitur automatic feeder yang melakukan scanning tanpa membolak-balikkan halaman dalam waktu bersamaan. Selain itu alat ini juga bisa dihubungkan ke komputer mac atau windows tanpa kabel, bahkan bisa bekerja di iOS atau tablet Android smartphone. Anda bisa membeli scanner ini di Lazada.

9. Epson Perfection V550

epson_perfection_v550

Harga : Rp 2.900.000



Scanner flatbed terbaik

Epson telah mengukuhkan eksistensinya sebagai salah satu brand yang bermutu. Sebagai scanner flatbed terbaik epson perfection V550 mengusung scanner yang serba guna dan hemat energi. Pilihan tepat untuk pengguna scanner yang menginginkan gambar yang tajam dengan resolusi 6400 dpi.

Mesin yang dilengkapi teknologi ICE digital ini akan menghapus goresan atau debu pada film dan bisa mencerahkan warna foto yang pudar hanya dengan mengklik tombol. Selain melakukan scanning produk ini juga bisa mengunggah langsung file digital Anda ke layanan cloud serta situs media sosial seperti facebook dan lainnya. Anda bisa membeli scanner ini di Amazon.

8. Epson Perfection V370

epson_perfection_v370

Harga : Rp 1.619.500



Scanner foto terbaik

Selain Epson Perfection tipe V550, Epson juga memiliki tipe scanner yang tanggung untuk foto terbaik Anda. Dengan harga yang terjangkau Epson Perfection hadir dengan tipe V370. Tipe ini mudah kita jumpai di pasaran. Scanner tipe ini hadir dengan mengandalkan resolusi optik 4800 x 9600 dpi membuat foto dan dokumen begitu jelas dan jernih.

Merek ini juga dikenal hemat energi dengan mengandalkan teknologi LED Ready scan, yang membuat proses lebih cepat dan menghilangkan waktu pemanasan. Didukung software pengambilan dokumen yang memungkinkan Anda mengirim hasil scanning ke Google Documents, Evernote dan layanan cloud lainnya. Anda bisa membeli scanner ini di Lazada.

7. Brother Image Center ADS-2800W

brother_imagecenter_ads_2800w

Harga : Rp 11.075.000



Scanner terbaik untuk kantor ukuran sedang

Selain brand Epson, Brother Image Center juga cukup dikenal sebagai merek printer, scanner maupun mesin fotokopi. Dengan tipe ADS-2800W, scanner ini sangat sesuai untuk ukuran kantor Anda yang tidak terlalu besar. Produk ini bisa menangani pemindaian hingga 30 halaman per menit dengan resolusi 300 dpi.

Scanner dari Brother ini bisa memindai warna dan hitam putih hingga cocok untuk semua dokumen multi halaman maupun foto. Meskipun harganya termasuk tinggi, tapi hasil akhirnya tidaklah mengecewakan. Anda bisa membeli scanner ini di Shopee.

6. Kodak Scanmate i1150

kodak_scanmate_i1150

Harga : Rp 5.910.000



Scanner paling ringkas

BrandKodak juga termasuk dalam jajaran merek scanner yang berkualitas. Dengan bentuknya yang kecil dan ramping sangat mendukung kegiatan bisnis, perbankan, rumah sakit hingga asuransi. Scanner ini mampu memindai semua dokumen hingga ID, selain itu juga bisa mengubahnya dalam file PDF, mengirimnya ke cloud ataupun email.

Kecepatan scanning brand ini mencapai 30 halaman per menit. Selain itu produk ini juga bisa diatur dengan mudah sesuai jenis data atau dokumennya. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Brother DS-620

brother_ds_620

Harga : Rp 1.735.000



Scanner mobile terbaik

Selain Brother tipe Image Scanner, brother juga memiliki jenis scanner berkualitas lainnya, yaitu Brother DS-26. Scanner yang mudah di bawa kemana saja, bahkan bisa diletakkan ke dalam koper atau tas Anda. Scanner ini kompatibel dengan Windows, Mac, maupun Linux.

Produk ini bisa mengunggah hasil scanning langsung ke layanan Cloud dan bisa mengubahnya menjadi PDF. Meskipun bukan scanner duplex, namun itu bukanlah masalah jika Anda tidak perlu memindai banyak dokumen dua sisi. Anda bisa membeli scanner ini di Lazada.

4. Canon CanoScan LiDE220 Color Image Scanner

canon_canoscan_lide220

Harga : Rp 1.165.000



Scanner serba guna

Canon yang dikenal sebagai merek kelas atas untuk printer, scanner hingga mesin fotokopi ini hadir dengan scanner tipe CanoScan LiDE220. Scanner ini memiliki mode pindai otomatis yang akan segera menyesuaikan fitur sesuai yang Anda inginkan. Brand ini memiliki resolusi 4.800 dpi dan dilengkapi fitur pengkoreksi warna dan penghilang debu.

Canon CanoScan LiDe220 merupakan scanner serbaguna dan terjangkau harganya. Anda bisa dengan mudah memindah semua jenis dokumen hingga foto dengan kualitas yang bagus. Selain itu produk ini memiliki harga yang terjangkau. Anda bisa membeli scanner ini di Lazada.

3. CZUR ET16 Plus

czur_et16_plus

Harga : Rp 6.372.000



Terbaik untuk scanning buku

Scanner merek ini sangat ideal untuk memindai buku. Dilengkapi fitur pemerataan otomatis yang membuat hasil scanning buku terlihat sangat rata. Scanner ini dilengkapi fitur ‘penghapusan jari’ jika Anda memegang buku di atas tempat pemindaian. Selain itu kecepatan scanning alat ini juga mencapai 1,5 detik.

Czur ET16 plus ini mampu memindai kedua halaman buku yang dibuka sekaligus. Selain itu juga memiliki keunggulan berupa pengenalan 187 bahasa dan bisa mengonversi semuanya ke bahasa Inggris atau ke lain bahasa yang Anda inginkan. Anda bisa membeli scanner ini di Lazada.

2. HP ScanJet Pro 3000 s3 Sheet-Feed Scanner

hp_scanjet_pro_3000_s3_sheet_feed_scanner

Harga : Rp 5.899.000



Scanner bersoftware lengkap

Brand HP tidak hanya dikenal banyak memproduksi perangkat komputer, laptop atupun printer namun juga memproduksi scanner yang berkualitas. Salah satunya HP ScanJet Pro 3000 s3, dengan harga yang terjangkau namun memiliki kecepatan pemindaian yang bagus dan hasil akhir yang apik.

Scanner ini memiliki perangkat lunak yang lengkap, dari dokumen hingga software pengarsipan kartu nama. Alat ini pas untuk Anda yang sering melakukan pemindaian berbagai dokumen. Anda bisa membeli scanner ini di Shopee.

1. Canon CanoScan LiDE 400

canon_canoscan_lide_400

Harga : Rp 1.322.000



Scanner yang mudah digunakan

Dari sekian banyak tipe scanner yang diproduksi oleh Canon, salah satu yang mencuri perhatian adalah tipe CanoScan LiDE400. Selain harga yang sangat terjangkau, scanner ini mempunyai keunggulan berupa penggunaannya yang sangat mudah.

Scanner foto flatbed ini kaya akan software yang tidak hanya mampu mendukung pemindaian foto tapi juga berupa teks dokumen. Selain itu alat ini hadir dengan kisckstand untuk posisi tegak. Anda bisa membeli scanner ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli scanner, Anda perlu mempertimbangkan poin-poin penting seperti mempertimbangkan harga scanner, fitur-fitur yang dibutuhkan, hingga dokumen apa yang akan Anda scan.
  • Jika Anda menginginkan scanner murah yang berkualitas dan mudah digunakan serta tak sulit ditemui di pasaran, Anda bisa memilih Canon CanoScan LiDE 400.
  • Anda yang ingin memindai foto dengan kualitas gambar yang jelas dan jernih, Anda bisa memilih Epson Perfection V370.
  • Namun, jika Anda yang ingin memindai buku dengan hasil yang sempurna, maka Anda bisa memilih CZUR ET16.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin membeli scanner berkualitas yang bisa digunakan di mana saja, termasuk di rumah atau di kantor, Anda bisa memilih Brother DS-620.



Referensi

  1. Tony Hoffman (2019), The Best Scanner for 2020,https://sea.pcmag.com/scanners/13113/the-best-scanners-for-2020
  2. Beverly Bird (2019), The 8 Best Document Scanners for 2020, https://www.thebalancesmb.com/best-document-scanners-4158036



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.