Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


19 Apr 2021 09:00

10 Rekomendasi Rice Cooker yang Bagus dan Hemat Listrik

By Cektarif Plus


Rice cooker atau penanak nasi merupakan salah satu alat rumah tangga yang memiliki fungsi lebih dari satu. Selain untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk menghangatkan nasi dan juga mengukus makanan.



Fungsi lain yang bisa Anda gunakan saat memiliki rice cooker antara lain, untuk membuat agar-agar, sup sayur, hingga memasak mie instan. Tergantung pada kreativitas Anda, karena pada dasarnya rice cooker adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi panas.

Untuk mendapatkan rice cooker yang bagus, tentu Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti kualitas material yang digunakan, kapasitas, teknologi, harga dan juga mereknya.

Selain itu, perhatikan juga daya listriknya, mengingat frekuensi pemakaian rice cooker yang tinggi. Hal ini penting agar lebih hemat energi sehingga membuat tagihan listrik Anda tidak membengkak.

Karena itu, kami menyajikan rice cooker yang bagus dan hemat listrik berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai rice cooker, cara memilihnya hingga tips pemakaian agar lebih hemat listrik.

Alasan memilih rice cooker hemat listrik

Banyak orang tidak memperhatikan kapasitas dan daya listrik atas produk elektronik yang mereka beli. Seperti setrika, kulkas, TV, AC, microwave, mesin pompa air, mesin cuci hingga rice cooker yang memiliki daya listrik tinggi.



Jika Anda ingin memiliki perlengkapan elektronik rumah tangga tersebut, tentu kapasitas listrik di rumah juga harus mendukungnya. Hal ini penting agar kestabilan listrik terjaga dan tidak membuat boros.

Seperti diketahui, rice cooker adalah salah satu alat rumah tangga yang sangat banyak memakan listrik. Umumnya daya listrik yang dimiliki rice cooker untuk memasak sebesar 300-500 watt.

Meskipun kemudian turun saat proses menghangatkan nasi, yakni sekitar 30 hingga 60 watt saja, tergantung pada kualitas rice cooker yang Anda miliki.

Pilih kapasitas yang sesuai kebutuhan

Ukuran kapasitas rice cooker ini bermacam-macam, ada yang mini 0,6 liter hingga yang berukuran jumbo 5 liter. Ketika memilihnya, usahakan Anda menyesuaikan ukuran kapasitas dengan jumlah orang.

Misalnya, ukuran mini biasanya cukup untuk memasak nasi dengan 2 orang, ukuran 1 liter untuk 6 orang, sedangkan ukuran 2 liter cukup untuk memasak nasi dengan 14 hingga 16 orang.



Namun jika keluarga Anda di rumah termasuk keluarga besar dengan jumlah orang yang cukup banyak, Anda bisa memilih rice cooker dengan kapasitas lebih dari 2 liter, sehingga bisa memudahkan Anda saat memasak, lebih praktis dan juga hemat energi.

Pilih yang sudah dilengkapi dengan sistem pemanas pintar 3D

Untuk membuat nasi matang lebih sempurna, Anda bisa memilih rice cooker yang sudah didukung dengan sistem pemanas pintar 3D.

Sistem pemanas pintar 3D atau smart 3D heating system ini merupakan teknologi memasak nasi dari segala arah sehingga mampu menghasilkan nasi dengan tingkat kematangan yang maksimal.

Selain itu, teknologi tersebut juga bisa membuat nasi lebih lezat dan terasa nikmat ketika dikonsumsi.



Pilih material terbaik yang aman bagi kesehatan

Rice cooker yang menggunakan lapisan zat kimia PFOA (Perfluoro Octanoicid Acid) pada lapisan anti lengketnya patut Anda waspadai. Karena PFOA merupakan bahan kimia yang tidak dapat terurai dalam tubuh manusia sehingga bisa menimbulkan banyak penyakit.

Namun Anda jangan khawatir, karena kini banyak rice cooker yang menggunakan material Food Grade tanpa lagi menggunakan PFOA, di mana lebih aman digunakan untuk makanan serta tidak menimbulkan zat yang berbahaya bagi tubuh dikemudian hari.

Pilih rice cooker yang mudah dibersihkan

Sebelum membeli rice cooker, beberapa orang biasanya akan mencari informasi secara langsung kepada teman atau pun keluarga mengenai produk rice cooker mana yang lebih awet dan tahan lama.

Meskipun begitu, ketahanan bukan satu-satunya faktor yang menjamin keawetan rice cooker. Karena ketahanan atau keawetan juga ditentukan bagaimana cara Anda merawat dan membersihkannya.



Misalnya, untuk menjaga agar lebih awet, usahakan Anda tidak mencuci beras langsung di panci rice cooker, sebab butiran kasar pada beras dapat merusak lapisan pancinya. Selain itu, hindari menggunakan sikat kawat atau benda yang sifatnya keras saat mencucinya.

Tips menggunakan rice cooker agar hemat listrik

Agar biaya tagihan listrik bulanan Anda tidak membengkak, maka Anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini saat menggunakan rice cooker di rumah :

  • Masaklah nasi sesuai dengan kapasitas kebutuhan keluarga. Semakin sedikit yang dimasak tentu daya listrik yang terpakai juga lebih sedikit.
  • Sebelum memasak nasi, usahakan untuk merendam beras terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Tujuannya agar beras lebih lunak sehingga membuat proses memasak nasi menjadi lebih cepat. Selain itu, agar penanakan nasi lebih cepat matang, Anda juga bisa menggunakan air panas. Hal ini tentu efektif untuk membuat tagihan listrik Anda di rumah tidak membengkak.
  • Matikan rice cooker setelah nasi sudah matang. Kemudian hidupkan lagi saat ingin menghangatkan nasi.
  • Ketika nasi nasi sudah sedikit, hendaknya Anda mencabut aliran listriknya. Karena nasi yang sedikit itu akan kering dan menempel saat mendapatkan panas terlalu lama. Jadi bisa terbuang percuma energi listrik saat Anda tidak mencabutnya.



10 Rekomendasi rice cooker yang bagus dan hemat listrik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang rice cooker hingga cara menggunakannya, maka perkenankan kami memberikanrekomendasi10 rice cooker yang bagus dan hemat listrik dari berbagai merek berikut ini:

10. Rice Cooker Miyako MCM-508 SBC

foto-rekomendasi-rice-cooker-yang-bagus-dan-hemat-listrik-10

Harga : Rp 213.000

Aman digunakan, tidak lengket, dan menjaga nasi tidak cepat membusuk



Miyako MCM-508 SBC menggunakan material Food Grade dan sudah memiliki sertifikat SNI. Sehingga membuat produk ini aman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari memasak nasi Anda di rumah.

Selain bisa untuk memasak nasi, Miyako MCM-508 SBC juga bisa digunakan untuk mengukus maupun menghangatkan makanan. Kapasitasnya cukup besar 1.8 liter dengan Inner Pot yang sudah dilengkapi dengan Nanoal yang anti lengket.

Rice cooker ini juga memiliki 3 elemen pemanas serta terdapat gelas pembuangan air di bagian samping yang berguna agar nasi tidak cepat membusuk. Sementara untuk daya listriknya sebesar 395 watt. Anda bisa membeli rice cooker ini di Shopee.

9. Rice Cooker BOLDe Super COOK Less Sugar

foto-rekomendasi-rice-cooker-yang-bagus-dan-hemat-listrik-9

Harga : Rp 554.000



Efektif mengurangi kadar gula yang berlebihan

Rice cooker dari BOLDe ini memiliki kelebihan selain digunakan untuk memasak nasi, yakni adanya teknologi 3D yang efektif mengurangi kadar gula berlebihan dalam masakan, sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan keluarga.

Selain itu, teknologi 3D yang digunakan ampuh menjaga makanan tetap higienis dan juga bisa menghindarkan dari kemungkinan basi selama 24 jam. Desainnya pun modern dengan layar digital dan kontrol yang bisa memudahkan Anda saat memasak.

Adapun untuk bagian panci terbuat dari bahan stainless anti lengket dengan material Food Grade. Sementara daya yang digunakan untuk memasak 400 watt dan menghangatkan 40 watt. Anda bisa membeli rice cooker ini di Shopee.

8. Rice Cooker Cosmos CRJ-3205 D



foto-rekomendasi-rice-cooker-yang-bagus-dan-hemat-listrik-8

Harga : Rp 480.000

Membuat nasi lebih pulen

Cosmos CRJ-3205 D dengan kapasitas 2 liter ini memiliki desain cantik dan elegan. Inovasi yang dikembangkan dapat membuat nasi menjadi lebih pulen sehingga lebih enak ketika dikonsumsi.

Rice cooker ini juga didukung teknologi Fuzzy Logic dan 3D Heating yang bisa menghasilkan kualitas masakan menjadi lebih sehat serta menjaganya agar tidak mudah basi.

Selain itu, juga kualitas pancinya sudah dilengkapi dengan lapisan non stick yang memungkinkan Anda lebih mudah ketika membersihkan. Adapun daya listrik yang digunakan untuk memasak sebesar 400 watt. Anda bisa membeli rice cooker ini di Shopee.

7. Rice Cooker Philips HD3138/33 Viva Collection



foto-rekomendasi-rice-cooker-yang-bagus-dan-hemat-listrik-7

Harga : Rp 579.900

Memasak nasi terasa lebih sempurna

Rice cooker dari Philips ini memiliki sistem pemanas 3D yang dapat membuat nasi Anda masak lebih sempurna. Selain itu, kemampuan menjaga nasi agar tetap bisa dikonsumsi dengan baik cukup lama, yakni hingga 48 jam.

Adapun untuk bagian bodi rice cooker ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan tahan lama. Sementara bagian panci dilapisi dengan lapisan Bakuhanseki yang canggih, sehingga membuat panci 6 kali lebih keras dibandingkan dengan panci normal lainnya.

Untuk kapasitas rice cooker ini sebesar 2 liter dan cukup digunakan untuk kebutuhan keluarga Anda sehari-hari. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli rice cooker ini di Shopee.



6. Rice Cooker Maspion MRJ 208SS Stainless

foto-rekomendasi-rice-cooker-yang-bagus-dan-hemat-listrik-6

Harga : Rp 345.000

Memasak nasi menjadi lebih mudah dan praktis

Maspion MRJ 208SS ini memiliki kapasitas 1.8 liter. Cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi nasi Anda bersama keluarga di rumah sehari-hari. Selain itu, lebih praktis karena juga bisa digunakan untuk menghangatkan nasi.

Anda juga tidak perlu khawatir akan kualitas dan daya tahan nasi yang Anda masak, karena rice cooker ini sudah dilengkapi dengan steam cap yang mampu mengatur sirkulasi uap dengan sangat baik.

Adapun bahan yang digunakan produk ini terbuat dari stainless yang terbukti awet dan tahan lama. Sementara untuk daya listriknya sebesar 395 watt. Anda bisa membeli rice cooker ini di Shopee.



5. Rice Cooker Yong Ma YMC 802-SMC 8027 Digital

foto-rekomendasi-rice-cooker-yang-bagus-dan-hemat-listrik-5

Harga : Rp 544.000

Memudahkan Anda memasak berbagai aneka masakan

Produk dari Yong Ma ini dapat memudahkan Anda dalam memasak. Karena teknologi digitalnya sudah dilengkapi dengan 12 macam menu memasak, yakni cook, cepat, nasi goreng, beras merah, nasi sushi, bubur, kukus, soup, stew, cake, slow cook, dan yoghurt.

Selain itu, lebih praktis dengan fungsione touch untuk cook dan warm. Belum lagi fitur auto clean yang dapat membersihkan bakteri sehingga lebih higienis dan aman digunakan untuk makanan.



Adapun untuk bagian body terbuat dari bahan stainless anti karat, memiliki Inner Pot yang lebih tebal, dan didukung kapasitas cukup besar, yakni 2 liter.Anda bisa membeli rice cooker ini di Shope.

4. Rice Cooker Sharp KS-N18MG-RD/SL/BL/PK

foto-rekomendasi-rice-cooker-yang-bagus-dan-hemat-listrik-4

Harga : Rp 240.000

Bisa digunakan untuk memasak, menghangatkan dan juga mengukus

Sharp KS-N18MG memiliki beberapa pilihan desain body dengan motif dan warna yang menarik serta modern yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.



Kapasitas 1.8 liter yang cukup digunakan untuk kebutuhan Anda dan keluarga sehari-hari. Selain itu, rice cooker ini terbukti lebih hemat karena hanya menghabiskan 50 watt untuk menghangatkan dan 390 watt untuk memasak.

Bahan yang digunakan pun anti lengket dan juga anti gores sehingga lebih mudah dibersihkan, awet dan tahan lama. Anda bisa membeli rice cooker ini di Shopee.

3. Rice Cooker Kirin KRC-389

foto-rekomendasi-rice-cooker-yang-bagus-dan-hemat-listrik-3

Harga : Rp 368.000

Memasak nasi lebih mudah dan cepat



Kirin KRC-389 ini sudah menggunakan pemanasan sistem 3D yang memungkinkan Anda memasak nasi menjadi lebih mudah dan cepat. Anda juga bisa menggunakan rice cooker ini untuk menghangatkan maupun mengukus makanan dengan praktis.

Untuk memudahkan Anda, Kirin KRC-389 sudah mendisain panel bagian depan (Font Panel) dengan satu tuas yang berfungsi untuk mengoperasikan penanak nasi. Untuk mengetahuinya, Anda cukup melihat dua lampu indikator sebagai penanda proses menanak nasi.

Adapun untuk kapasitas memasak rice cooker ini bisa menampung hingga 2 liter. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli rice cooker ini di Shopee.

2. Rice Cooker Oxone OX-252 Professional

foto-rekomendasi-rice-cooker-yang-bagus-dan-hemat-listrik-2

Harga : Rp 565.000



Terbuat dari bahan berkualitas dan hemat energi

Rice cooker dari Oxone ini hanya menggunakan konsumsi daya sebesar 350 watt untuk memasak nasi, sehingga bisa membuat Anda lebih hemat pengeluaran listrik di rumah.

Selain itu, kapasitas yang digunakan 1.8 liter, body terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi, dan memiliki desain simple yang dapat memberikan kesan elegan dan mewah.

Oxone OX-252 Professional ini juga multifungsi, bisa untuk memasak, menghangatkan, dan juga membuat bubur. Anda bisa membeli rice cooker ini di shopee.

1. Rice Cooker Sanken SJ-130H



foto-rekomendasi-rice-cooker-yang-bagus-dan-hemat-listrik-1

Harga : Rp 338.000

Nyaman, kuat dan tahan lama

Bagian body Sanken SJ-130H ini terbuat dari bahan berkualitas yang tebal sehingga lebih awet dan tahan lama. Sedangkan bagian untuk memasak nasi menggunakan wadah yang terbuat dari bahan stainless steel yang kuat, anti gores, dan juga anti karat.

Selain itu, rice cooker ini sudah menggunakan teknologi pemanas 3 D, di mana hasil masakan akan lebih sempurna dan memiliki kemampuan menghangatkan secara merata sehingga membuat nasi tidak mudah basi.

Yang menarik lagi adalah, lebih hemat listrik karena daya yang digunakan untuk memasak lebih kecil yakni 300 watt dan untuk menghangatkan hanya 38 watt saja. Anda bisa membeli rice cooker ini di Shopee.

Kesimpulan



  • Sebelum membeli rice cooker, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti kualitas material, kapasitas, teknologi, dan daya listriknya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara menggunakannya agar lebih hemat listrik.
  • Anda bisa memilih Yong Ma YMC 802-SMC, karena rice cooker ini memiliki teknologi digital yang canggih dengan 12 menu yang bisa Anda gunakan untuk memasak berbagai masakan.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan rice cooker yang bagus, lebih awet dan tahan lama, Anda bisa memilih Philips HD3138/33.
  • Namun, jika Anda ingin rice cooker yang lebih hemat energi, Anda bisa memilih Sanken SJ-130H.

Referensi

  1. Cosmos, Rice CookerCosmos – Digital Rice Cooker 2 LCRJ-3205D, https://cosmos.id/product/cosmos-crj-3205d-digital-rice-cooker-2-l/
  2. Corinna Horrigan, How to buy the best rice cooker, https://www.choice.com.au/home-and-living/kitchen/benchtop-cooking/buying-guides/rice-cookers
  3. Philips,Viva CollectionRice cooker HD3138,https://www.philips.co.id/id/c-p/HD3138_33/viva-collection-rice-cooker





Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.