Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


10 Aug 2020 08:10

10 Rekomendasi Reel Pancing Terbaik untuk Memancing

By Cektarif Plus


Reel pancing atau penggulung benang adalah salah satu bagian dari alat pancing yang berbentuk silinder, dan memiliki fungsi untuk menggulung benang atau kenur pancing. Penggunaan reel pada joran untuk memancing dapat sangat membantu ketika pemancing melakukan casting yang berefek pada jarak dan akurasi dari lemparan.



Dalam penggunaanya reel tidak bisa dipasang secara sembarangan. Karena reel atau penggulung benang ini memiliki banyak tipe, dan masing-masing dari tipe tersebut cocok digunakan untuk setiap situasi memancing yang berbeda. Tujuan dari pembedaan tersebut adalah untuk memberikan pengalaman memancing yang spesifik untuk Anda.

Karena itu, kami telah menyajikan beberapa reel pancing terbaik untuk memancing lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai tipe reel, cara memilihnya, dan cara merawat reel pancing agar lebih awet.

Mengenal jenis-jenis reel pancing

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli reel pancing terbaik, sebaiknya Anda mengetahui beberapa jenis reel pancing yang biasa digunakan ketika melakukan kegiatan memancing:

Pertama, Spincast Reels. Jenis reel satu ini adalah jenis yang paling umum digunakan. Karena spincast reels memiliki harga yang cukup terjangkau dan mudah untuk digunakan bagi para amatir yang baru mencoba hobi memancing.

Kelebihan spincast reels dapat memberikan akurasi yang baik ketika digunakan dan juga mudah dilepaskan. Seperti ketika Anda mungkin mengalami benang kusut, yang harus Anda lakukan cukup membuka penutup dari reel dan menarik benang kusut tersebut.



Kedua, Baitcasting Reels. Jenis reel satu ini adalah salah satu reel favorit dari banyak pemancing. Dengan menggunakan baitcasting, Anda akan mendapatkan kekuatan yang lebih bertenaga dan jarak casting yang lebih baik.

Baitcasting reels ini terbagi dalam dua jenis, yaitu ringan dan berat. Anda bisa memilih yang sesuai dengan diri Anda.

Kelebihan lainya, adalah reel pancing ini dapat memberikan Anda kontrol dan akurasi yang lebih baik, namun dalam penggunaanya membutuhkan skil yang lebih jika dibandingkan dengan spinners.

Ketiga, Spinning Reels. Jenis reel yang satu ini masih cukup sering diperdebatkan dengan jenisbaitcasting reels untuk menentukan mana yang lebih baik. Tapi kenyataannya,spinning reels banyak digunakan oleh para pemancing, entah itu ketika sedang memancing bass di danau atau tarpon di sepanjang pantai.

Kempat, Surf Fishing Reels. Reel pancing ini lebih ringan, fleksibel, dan memiliki desain yang tahan terhadap ombak kuat. Untuk bahan dasar dari reel pancing ini berasal dari alumunium anodized, grafit, atau campuran keduanya, dan segel yang terbuat dari stainless steel yang tahan terhadap korosi.

Kelima, Offshore Reels. Reel ini termasuk jenis reel pancing yang harganya mahal. Meskipun begitu, harga sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Reel pancing ini tahan dengan kondisi lepas pantai yang keras,mampu melawan ikan-ikan besar, dan tahan terhadap cipratan air laut.

Keenam, Conventional atau Trooling Reels. Jenis reel pancing ini banyak dipilih untuk digunakan memancing di laut dalam atau memancing ikan besar di lepas pantai. Salah satu kelebihan dari reel ini adalah mampu menangani pertarungan dengan ikan besar dan kuat dalam waktu yang cukup panjang.



Ketujuh, Fly Fishing Reels. Reel pancing ini lebih simpel, handal, dan tahan lama. Tidak jarang reel ini dapat digunakan walaupun setelah dipakai selama 40 sampai 50 tahun yang lalu. Dan, jika Anda membutuhkan reel yang bisa tahan lama, jenis reel ini bisa menjadi pilhan terbaik Anda.

Kedepalan, Centerpin Reels. Reel pancing ini memiliki fitur free-spooling dan drag-free reels. Fitur ini membuat akurasi lemparan menjadi lebih baik dan nampak alami bagi ikan yang menjadi sasaran. Reel jenis ini sangat cocok digunakan untuk bertarung dengan ikan besar karena dapat memberikan kendali yang baik pada Anda.

Perhatikan lokasi dan jenis ikan yang akan Anda pancing

Setiap reel pancing memiliki karakteristik yang unik dan cocok untuk digunakan pada situasi yang berbeda. Maka buatlah pertimbangan sebelum Anda membelinya, terutama terkait tempat di mana Anda akan memancing dan jenis ikan apa yang akan Anda pancing nantinya.

Perhatikan karakteristik joran yang Anda miliki



Kecocokan joran dan reel juga dapat menentukan pengalaman memancing Anda. Jika Anda sudah memiliki joran, maka cobalah perhatikan karakteristik dari joran tersebut sebelum menentukan jenis reel apa yang akan Anda beli.

Perhatikan berat dari reel pancing

Beberapa jenis reel memiliki berat yang tidak ringan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kenyamanan Anda ketika memancing nantinya. Karena itu sebelum membelinya, pastikan Anda mengetahui berat dari reel pancing dan sesuaikan dengan joran Anda, tujuanya adalah agar joran tetap seimbang ketika digunakan.

Cara merawat reel pancing

Ketika Anda sudah membeli reel pancing, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar reel lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat reel pancing :



  • Milikilah alat-alat untuk melepas kerangka reel, seperti obeng kecil atau pinset yang dapat Anda gunakan untuk melepas kerangka reel, agar dapat dengan mudah dibersihkan.
  • Gunakan cairan pembersih yang tepat agar tidak merusak reel.
  • Berikanlah pelumas pada roda gigi dari reel.
  • Lepaskan kail terlebih dahulu sebelum membersihkan reel.

10 Rekomendasi reel pancing terbaik untuk memancing

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang rell pancing serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi reel pancing terbaik untuk memancing dari berbagai merek berikut ini:

10. Chihiro Ax 1000



chihiro_ax_1000

Harga : Rp 195.000

Dapat menampung benang sepanjang 125 meter

Reel pancing ini terbuat dari material alumunium dan memiliki berat sekitar 350 gram. Desainya yang compactmembuat reel ini sangat nyaman digunakan.

Selain itu, dengan kemampauan menggulung benang sampai 125 meter membuat pemancing dapat menjangkau jarak terjauh ketika melakukan casting. Dan, untuk putaran dari reel ini tentu tidak usah diragukan lagi kemampuanya. Anda bisa membeli reel pancing ini di Shopee.

9. Yumoshi AL3000



yumoshi

Harga : Rp 185.900

Memiliki berbagai jenis ukuran

Reel pancing ini memiliki berat sekitar 1 kgterganjung tipe ukuran yang Anda akan pilih. Dan reel ini juga menggunakan alumunium sebagai bahan pembuatanya, sehingga membuat tampilan reel ini terlihat lebih mengkilap dan tampak mahal.

Tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari mulai size AL3000 sampai AL7000 yang tentunya membuat Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk menentukan ukuran reel berapa yang cocok untuk Anda gunakan nantinya. Anda bisa membeli reel pancing ini di Shopee.

8. Reel Power Handle Catfish Ryota



reel_power_handle_catfish_ryota

Harga : Rp 168.000

Memiliki berbagai jenis ukuran

Desain compact dari reel pancing ini akan membuat penggunanya lebih nyaman. Memiliki putaranyang halus dan dapat menggulung benang sampai dengan panjang 170 meter. Dengan ini para pemancing tidak perlu khawatir akan jarak saat casting.

Reel Power Handle Catfish Ryota tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari size 1000 sampai 6000. Ukuran ini tentu saja juga berbanding lurus dengan berat yang dimiliki oleh reel ini. Anda bisa membeli reel ini di Shopee.

7. Orca Audi 2000, 3000



orca_audi_2000_3000

Harga : Rp 240.000

Ringan dan kuat

Hadir dengan model terbaru, reel ini mengusung material metal spool sebagai bahan dasar pembuatanya. Dengan material tersebut, reel ini memiliki berat yang cukup ringan jika dibandingkan reel lainya. Dengan bearing 5+1 membuat reel ini akan semakin nyaman saat Anda gunakan nantinya.

Untuk kemampuan menggulung benang, tidak perlu diragukan lagi kemampuanya. Reel ini dapat menggulung benang berukuran 0.18 mm sepanjang 245 m. Dengan daya gulungnya ini para pemancing tidak perlu khawatir tentang jarak yang bisa dicapai. Reel ini memiliki dua pilihan ukuran, yaitu size 2000 dan 3000. Anda bisa membeli reel ini di Shopee.

6. Reel Fugu Aojiro 1000 - 6000



reel_fugu_aojiro_1000_6000

Harga : Rp 145.000

Dengan fitur 10 ball bearing membuatnya semakin nyaman

Produk yang berasal dari Jepang ini memiliki fitur computer balanced rotor yang membuat perputaran dari reel pancing semakin nyaman. Tersedia dalam enam ukuran mulai dari size 1000 sampai size 6000, jadi Anda bisa memilih yang sesuai dengan diri Anda.

Kemampuan menggulung benang dari reel ada tiga kategori, seperti untuk benang dengan ukuran 0,15 mm dapat menggulung benang sepanjang 180 m, sedangkan untuk benang dengan ukuran 0.18 mm dapat menggulung benang sepanjang 140 m, dan untuk ukuran benang 0.20 mm dapat menggulung benang sepanjang 120 m. Anda bisa membeli reel pancing ini di Lazada.

5. Fishing Reel Pioneer Rogue 6 Bearing



fishing_reel_pioneer_rogue_6_bearing

Harga : Rp 220.000

Desain keren dan compact

Memiliki enam precision ball bearing membuat reel ini semakin nyaman untuk digunakan. Hadir dengan mengusung material alumunium spool membuat reel ini memiliki berat yang lebih ringan.

Perpaduan warna merah dan hitam dari reel ini semakin membuat tampilanya terlihat lebih keren dan tidak kalah dari reel pancing lainya.

Jenis reel ini juga hadir dengan berbagai ukuran yang dapat Anda pilih, mulai dari size1000 sampai 6000. Pada size 6000 dapat menggulung benang berukuran 0.40 mm sepanjang 240 m.

Sedangkan, untuk ukuran paling kecil, yaitu size 1000, reel ini dapat menggulung benang ukuran 0.20 mm sepanjang 220 m. Anda bisa membeli reel pancing ini di Lazada.



4. Fishing Reel Yumoshi

fishing_reel_yumoshi

Harga : Rp 247.000

Elegan dan compact

Rell pancing dari Yumoshi ini terbuat dari bahan aluminium sehingga memiliki berat yang ringan. Dilengkapi dengan gear berkualitas yang dapat menahan tarikan dari para predator yang ada di dalam air, sehingga dapat membuat pengalaman memancing menjadi lebih berkesan.

Kelebihan lainya adalah sudah memiliki 12 bearing sehingga membuat reel ini nyaman digunakan. Dan memilikiberbagai ukuran yang dapat Anda pilih mulai darisize 1000 sampai 9000.



Untuk ukuran 1000, reel ini memiliki kemampuan menggulung benang ukuran 0.18 mm sepanjang 245 m. Sedangkan untuk benang ukuran 0.20 mm sepanjang 200 m, dan benang berukuran 0.25 mm sepanjang 180 m. Anda bisa membeli reel pancing ini di Blibli.

3. Sea FishingReel Maguro Avenger 6000

sea_fishingreel_maguro_avenger_6000

Harga : Rp 250.000

Reel khusus untuk memancing di laut

Hadir dengan ukuran yang cukup besar, reel ini memiliki berat sampai 1.2 kg. Dengan desain dari perpaduan warna hitam dan emas membuat tampilan tampak lebih elegan dan classy.



Material yang digunakan terbuat dari alumunium dan stainless steel. Dan, memiliki 5 bearing yang membuatnya tetap nyaman saat digunakan untuk memancing walau cukup berat. Anda bisa membeli reel pancing ini di Shopee.

2. Kyoto Jasper

kyoto_jasper

Harga : Rp 206.000

Desain elegan dan berkelas

Reel pancing merek Kyoto Jasperini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Selain harganya yang terjangkau, desain yang ditawarkan juga sangat menarik dan berkelas, dengan perpaduan warna hitam dan emas yang indah.



Reel ini terbuat dari alumunium spool dan graphite yang membuatnya memilikiberat sekitar 1 kg. Selain itu, reel ini juga telah dilengkapi dengan 9+1 ball bearing yang tentunya memberikan kenyamanan dan sensasi unik saat Anda menarik ikan. Anda bisa membeli reel pancing ini di Lazada.

1. Lie Yu Wang HD7000

lie_yu_wang_hd7000

Harga : Rp 155.000

Cocok digunakan untuk memancing di laut

Reel pancing dari merek Lie Yu Wang ini terbuat dari metal dan gear zinc alloy yang berkualitas. Rell ini sangat kuat dan bisa menahan tarikan dari predator-predator yang ada di laut dalam, sehingga ikan-ikan besar tidak menjadi masalah lagi untuk Anda.



Produk ini memiliki gear ratio 5.2:1 dan memiliki 12 ball bearing sehingga membuat putaran reel pancing lebih cepat dan lancar. Dan dapat membuat pengalaman memancing Anda menjadi lebih berkesan. Anda bisa membeli reel pancing ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Salah satu pertimbangan ketika membeli reel adalah tempat Anda memancing, beberapa jenis reel tidak didesain untuk segala tempat. Ada reel yang khusus digunakan untuk meancing pada air tawar seperti sungai, danau, atau rawa. Dan juga ada reel yang didesain khusus untuk memancing pada air asin seperti di laut.
  • Untuk perawatan Anda bisa membersihkanya secara rutin setiap selesai memancing atau sekedar memberi pelumas pada roda gear untuk reel. Pastikan Anda melakukannya, agar reel pancing lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka wakttu yang lama.
  • Jika Anda adalah seseorang yang suka memancing di laut,Anda bisa memilihSea Fishing Reel YLW 7000.
  • Namun, jika Anda ingin memiliki reel pancing dengan kemampuan putaran lebih cepat dengan harganya yang terjangkau, maka Anda bisa memilih Lie Yu Wang HD7000.
  • Sedangkan, bagi Anda yang suka pertarungan dengan ikan-ikan besar, Anda bisa membeli Fishing Reel Yumoshi.

Referensi



  1. Spencer Seeker (2017), 8 Type Fishing Reels Most Commonly Used, https://www.reeladventurefishing.com/8-types-fishing-reels-most-commonly-used/
  2. The Gosee Team (2016), How to Choose the Right Fishing Reel, lhttps://blog.campermate.com.au/advice/fishing/how-to-choose-fishing-reel-buyers-guide/
  3. Ed Harp (2013), 10 Tips For Proper Reel Care,https://www.bassmaster.com/tips/10-tips-proper-reel-care



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.