Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


07 Sep 2020 08:07

10 Rekomendasi Rak Gantung Lucu dan Elegan untuk Kamar Minimalis

By Cektarif Plus


Semakin hari, mungkin Anda sudah menyadari bahwa jumlah manusia terus meningkat. Sayangnya peningkatan tersebut tidak berimbang dengan jumlah lahan tempat tinggal yang tersedia. Karena itu, banyak yang akhirnya memilih rumah minimalis sebagai solusi tempat tinggal mereka.



Meski begitu, ruangan minimalis seringkali menyulitkan untuk meletakkan barang-barang besar seperti lemari atau rak. Sebagai gantinya, mereka mengganti dengan penggunaan rak gantung yang lebih simple dan efisien.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi rak gantung lucu dan elegan untuk kamar minimalis dengan harga dan ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai rak gantung serta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik rak gantung

Secara umum, rak gantung memiliki dua jenis yang mewakili dan merepresentasikan karakter tertentu. Pertama, double box shelf yang memungkinkan Anda untuk mengatur interior sesuai keinginan. Kedua, single boz cube shelf yang dapat digunakan kembali.

Selain untuk meletakkan barang-barang tertentu, rak gantung juga dapat digunakan sebagai dekorasi tambahan yang akan membuat suasana kamar minimalis Anda terlihat menarik dan elegan. Hal ini tidak terlepas dari karakter rak gantung yang memberikan kesan stylish dan simple sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Anda bisa memilih salah satu dari dua jenis rak gantung tersebut sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memilih double box shelf yang dapat menampung barang dalam jumlah banyak. Namun, untuk Anda yang ingin menggunakan rak dalam waktu lama, maka Anda bisa memilih jenis single boz cube shelf.



Oleh karena itu, saat Anda memilih rak gantung, perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah rak gantung tersebut akan digunakan untuk meletakkan barang saja atau menambah keindahan ruangan.

Pastikan material dan penyangganya sudah tepat

Yang namanya rak gantung tentu saja diletakkan secara tergantung. Untuk menggantungnya, tentu memerlukan suatu material tertentu. Misalnya dengan menggunakan sekrup berkualitas terbaik, seperti yang dibuat oleh GRK dan Spax.

Pemasangan sekrupnya pun tidak boleh sembarangan. Sekrup harus ditancapkan cukup dalam untuk melewati bagian belakang atau rel penggantung. Sebaiknya Anda jangan pernah berpikir untuk menggunakan sekrup konstruksi lag atau deck. Ini berlebihan dan meningkatkan kemungkinan rusak dan rapuh.

Ketahui barang apa yang akan diletakkan



Biasanya rak gantung merupakan material kayu atau besi yang diikat. Potongan material itu disebut rel gantung, di mana bagian horizontal ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menahan beban pada rak.

Tanpa adanya rel gantungan tersebut, rak tidak bisa tergantung dengan benar-benar kokoh. Meski begitu, Anda bisa menambahkan sendiri beberapa pengencang lainnya jika masih merasa khawatir akan kekokohan rak gantung.

Pastikan kapasitas barang yang dapat diletakkan

Bila ditanya apa apa tujuan utama membeli rak gantung, mayoritas orang akan menjawab untuk meletakkan berbagai barang yang diperlukan. Baik sekadar hiasan atau kebutuhan. Sebelum Anda membeli rak gantung, sebaiknya pastikan dulu barang apa saja yang akan diletakkan pada rak.

Setelahnya, baru Anda pastikan apakah kapasitas barang yang dapat diangkut rak tersebut sesuai dengan jumlah barang yang Anda inginkan. Bila asal membeli, bukan tidak mungkin rak tersebut tidak akan bisa digunakan untuk meletakkan seluruh barang yang Anda perlukan.



Gunakan rak bertingkat

Sebaiknya Anda memilih rak gantung yang memiliki model bertingkat. Rak gantung bertingkat saat ini telah menjadi favorit banyak orang. Karena rak ini dirasa sangat cocok digunakan untuk meletakkan barang dalam jumlah banyak.

Selain itu, rak bertingkat juga sangat cocok digunakan pada ruangan minimalis, karena bisa menghemat ruang pemasangannya. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa khawatir bila harus membeli rak gantung lebih dari satu.

Cara merawat rak gantung agar lebih awet

Agar rak gantung Anda tetap bersih, nyaman, dan dapat digunakan untuk jangka waktu lama, pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat rak gantung agar lebih awet dan nyaman digunakan:



  • Letakkan rak di tempat kering dan bersuhu normal. Jauhkan rak gantung dari tempat lembab karena dapat memancing kehadiran jamur yang bisa merusak rak gantung.
  • Hindarkan rak gantung dari noda apapun. Bila sudah terlanjur terkena noda, segera bersihkan dengan kain lembut.
  • Bersihkan rak gantung secara berkala. Setidaknya sebulan sekali. Hal ini perlu dilakukan agar debu tidak menumpuk.
  • Gunakan sabun pembersih terpercaya saat membersihkan. Karena itu dapat mempengaruhi warna dari rak gantung.
  • Pastikan barang-barang yang diletakkan di atas rak gantung tidak berlebihan. Agar rak bisa bertahan lebih lama.
  • Gunakan obat anti rayap dan anti jamur. Karena digantung di dinding, tentu cukup rentan akan rayap dan jamur. Maka penggunaan obat anti rayap dan anti jamur sangat dianjurkan, terutama pada rak gantung yang terbuat dari kayu.

10 Rekomendasi rak gantung lucu dan elegan untuk kamar minimalis

Setelah Anda mengetahui berbagai hal seputar rak gantung lucu dan elegan lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi rak gantung lucu dan elegan terbaik dari berbagai merek berikut ini:

10. Livien French Series Rak Gantung



livien_french_series_rak_gantung

Harga : Rp 409.000

Desain modern dan kuat

Livien Furniture telah banyak dikenal sebagai salah satu penghasil furniture terbaik di Indonesia.Terutama furniture berbahan kayu. Salah satunya adalah rak gantung seperti Livien Series Rak Gantung ini.

Rak gantung ini terbuat dari material kayu mahoni dan premium fiber board yang memiliki desain modern. Dengan memiliki ukuran 80 x 13 x 26 cm, rak gantung ini sangat cocok untuk diletakkan di ruangan minimalis.

Menariknya, bagian bawah dari Livien Series Rak Gantung ini juga dilengkapi dengan gantungan. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan barang-barang seperti toples di bagian atas dan menggantungkan tas kecil di bagian bawahnya. Anda bisa membeli rak gantung ini di Shopee.

9. OEM Rak Dinding Minimalis



oem_rak_dinding_minimalis

Harga : Rp 43.000

Dapat menampung aneka barang dan multifungsi

Kosmetik telah menjadi benda yang tidak bisa terlepas dari kehidupan seseorang, terutama perempuan. Agar berbagai peralatan kosmetik tersebut tidak berserakan di mana-mana, maka sebaiknya Anda meletakkannya di satu tempat tertentu.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan produk dari OEM ini yang dapat Anda gunakan sebagai rak kosmetik.Tidak hanya bisa digunakan untuk meletakkan berbagai kosmetik, Anda juga dapat menggunakannya untuk meletakkan benda-benda lainnya, seperti smartphone, remote, charger, dan lain sebagainya

Dengan desain yang vintage dan varian warna menarik, rak ini bisa menjadi dekorasi lucu untuk kamar Anda. Anda bisa membeli rak gantung ini di Shopee.



8. Super Cantik WPCW-06

super_cantik_wpcw_06

Harga : Rp 25.000

Solusi untuk kebutuhan internet Anda

Di masa globalisasi yang serba modern ini, kebutuhan akan internet sepertinya tidak bisa terlepas begitu saja. Untuk memenuhi kebutuhan akan internet tersebut, saat ini mayoritas masyarakat mulai menggunakan wifi.

Melihat antusias masyarakat yang besar akan WiFi, brand super cantik sebagai salah satu produsen furniture kayu terkemuka di Indonesia membuat produk terbaik untuk meletakkan router wifi, namanya Super Cantik WPCW-06.

Rak gantung ini menggunakan material WPC yang anti rayap, anti air, dan mudah dibersihkan.Tidak hanya untuk meletakkan wifi saja, Anda bisa meletakkan berbagai barang berukuran kecil lainnya di rak gantung ini untuk menambah keindahan dekorasinya. Anda bisa membeli rak gantung ini di Blibli.



7. OEM NA Rak Gantung

oem_na_rak_gantung

Harga : Rp 52.000

Lebih mudah menaruh tas dan serbaguna

Siapa yang sering merasa kesulitan saat mencari tas? Mungkin Anda termasuk di antaranya. Apalagi jika Anda memiliki koleksi tas dalam jumlah yang tidak sedikit. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda meletakkan seluruh tas Anda dalam satu tempat.

Salah satu yang bisa Anda tempat terbaik untuk meletakkan koleksi tas Anda adalah NA Rak Gantung Tas / Bag Rack / Rak Gantung Serbaguna. Rak gantung dari brand OEM ini bisa Anda gunakan untuk menggantung tas-tas Anda agar tidak berserakan.



Dalam tiap kotak di rak ini, terdapat dua pasang tali. Di mana masing-masing tali tersebut memiliki 8 gantungan. Tiap tali memiliki panjang hingga dua meter dan dapat menahan beban hingga 2 kg. Sebuah pilihan tepat untuk koleksi tas dalam jumlah banyak. Anda bisa membeli rak gantung ini di Shopee.

6. Home-Klik Rak Gantung Serbaguna

home_klik_rak_gantung_serbaguna

Harga : Rp 40.000

Dilengkapi dengan tombol pemutar

Home-Klik sebagai brand furniture kenamaan tanah air selalu memberikan inovasi terhadap produk yang dibuatnya. Salah satunya dengan membuat rak gantung serbaguna yang mudah dipasang, yaitu Home-Klik Rak Gantung Serbaguna.



Rak gantung ini menggunakan material ABS Plastik sebagai bahan pembentuknya. Dengan desain berbentuk persegi serta tombol pemutar yang dipasang pada tiap permukaannya, misalnya kaca atau keramik.

Anda tidak perlu merasa khawatir jika akan merasa kesulitan saat memasang rak ini. Karena rak ini dapat langsung Anda gantung, tanpa harus menggunakan paku dan bor keramik. Nantinya, Anda bisa menyimpan berbagai perlengkapan tertentu seperti ponsel atau sebagainya. Anda bisa membeli rak gantung ini di Blibli.

5. Mendekor Kepol Rak Gantung Dinding

mendekor_kepol_rak_gantung_dinding

Harga : Rp 119.000

Sangat cocok diletakkan di mana saja



Menyimpan berbagai peralatan dalam rak anti karat berdesain unik tentu menjadi idaman setiap orang. Hal itulah yang menjadi inspirasi dari brand Mendekor dalam menghasilkan produk rak gantungnya.

Sebut saja Mendekor Kepol Rak Gantung Dinding. Ambalan besi ini memiliki bentuk yang unik dan menawan untuk meletakkan berbagai barang dan peralatan Anda. Dengan bahan berkualitas yang terbuat dari besi, rak ini sangat kuat, kokoh, dan anti rayap.

Dengan desain simple dan cantik yang dimilikinya, produk rak gantung ini sangat cocok diletakkan di mana saja. Tidak hanya di kamar Anda, tetapi juga di kantor ataupun tempat usaha lainnya.Anda bisa membeli rak gantung ini di Blibli.

4. Funika 11020 WH

funika_11020_wh

Harga : Rp 258.000



Desain cantik dan berkarakter yang kokoh

Funika merupakan salah satu brand kenamaan yang selalu menghasilkan berbagai produk furniture terbaik, khususnya yang berbahan kayu. Seperti halnya produk rak gantung andalan brand ini, Funika 11020 WH.

Rak gantung ini memiliki desain simple dan stylish. Sebuah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin membuat ruangan terlihat sederhana namun tetap cantik dan berkarakter. Selain itu, rak gantung ini kuat dan kokoh sehingga menjadi tahan lama.

Anda dapat menyimpan berbagai barang di rak gantung ini. Mulai dari barang kebutuhan hingga barang koleksi kesayangan Anda. Tidak hanya untukdi kamar, Anda pun juga bias meletakkannya di ruangan lain seperti ruang tamu dan dapur. Anda bisa membeli rak gantung ini di Shopee.

3. Rak Gantung Serbaguna Ikea Skubb



rak_gantung_serbaguna_ikea_skubb

Harga : Rp 186.000

Storage organizer dengan 6 kompartemen

Siapa yang tidak mengenal Ikea? Produsen berbagai furniture kenamaan dunia ini terkenal akan berbagai produk terbaiknya yang selalu berinovasi. Hasilnya, Ikea selalu dipercaya oleh masyarakat sebagai solusi perabot rumah tangga.

Dari sekian banyak inovasi terbaik tersebut, Rak Gantung Serbaguna Ikea Skubb menjadi salah satu yang banyak diminati. Rak gantung yang terbuat dari material fabric polyester ini memiliki desain yang simple dan menawan.

Rak Gantung Serbaguna Ikea Skubb memilki tempat penyimpanan sepatu, pakaian, hingga tas yang terdiri dari 6 kompartmen. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan seluruh keperluan dan kebutuhan Anda dengan rapi dan nyaman. Anda bisa membeli rak gantung ini di Shopee.

2. Gantungan Kantong 16 Lubang



gantungan_kantong_16_lubang

Harga : Rp 35.000

Dengan 16 kantong serbaguna

Seperti namanya, rak gantung dari brand Kalno ini memiliki 16 lubang kantong yang dapat Anda gunakan untuk meletakkan berbagai benda dan kebutuhan sehari-hari, seperti baju, kaos kaki, hingga sepatu.

Terdapat tiga buah lubang dengan ring yang dapat memungkinkan Anda untuk menggantung rak ini dengan sangat kuat. Menariknya, Anda bisa melipat rak ini jika belum ingin menggunakannya. Karena rak ini terbuat dari material kain.

Agar tidak mudah rusak, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, jangan mencucinya dengan mesin cuci.Kedua, jangan menggunakan pemutih untuk membersihkannya. Ketiga, jangan diseterika. Dan terakhir, apabila kotor, sebaiknya dilap saja dengan lembut. Anda bisa membeli rak gantung ini di Shopee.



1. Atria Hanging Organizer

atria_hanging_organizer

Harga : Rp 85.000

Dapat menyimpan barang yang berukuran besar

Salah satu hal yang banyak menjadi pertimbangan dalam menggunakan kamar minimalis adalah kesulitan untuk meletakkan berbagai barang berukuran besar, seperti tas dan sepatu. Menyadari hal tersebut, brand Atria membuat produk yang dapat menjadi solusi terbaik Anda.

Nama produk tersebut adalah Atria Hanging Organizer. Sesuai namanya, rak gantung ini dapat Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai barang berukuran besar seperti tas, agar tidak tercecer dan lebih rapi.

Rak gantung ini terbuat dari material berkualitas, sehingga dipastikan sangat kokoh, tebal, awet serta tahan lama. Pemasangannya pun sangat mudah.Anda hanya perlu menggantungnya dengan menggunakan paku beton saja. Anda bisa membeli rak gantung ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli rak gantung, sebaiknya Anda mempertimbangkan material, penyangga, kapasitas barang, serta barang yang akan diletakkan di atasnya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar rak gantung Anda lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Livien French Series Rak Gantung, karena memiliki fitur gantungan di bagian bawahnya.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin furniture dengan desain simple dan berkarakter, Anda bisa memilih Funika 11020 WH.
  • Namun, jika Anda yang ingin menjadikan rak serbaguna dan bisa digunakan untuk meletakkan tas, maka Anda dapat memilih produk dari brand OEM.

Referensi



  1. Home Edit (2019), 10 Types of Shelves For A Better Organized Home, https://www.homedit.com/types-of-shelves/
  2. Popular Mechanic (2015), 5 Tips For Hanging a Perfect Bookshelf, https://www.popularmechanics.com/home/how-to-plans/a16196/tips-for-hanging-a-bookshelf/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.