Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


26 Apr 2021 09:00

10 Rekomendasi Pisau Roti Bagus dan Murah

By Cektarif Plus


Memotong roti dengan menggunakan pisau biasa memang bisa dilakukan, tapi hasilnya tentu tidak akan seperti yang diharapkan. Bisa saja roti hancur, terdapat banyak remahan kasar, dan sulit untuk mendapatkan potongan yang rapi.



Pisau roti memang memiliki bentuk bilah yang berbeda dengan jenis pisau lainnya. Umumnya pisau roti memiliki gerigi pada bilahnya, namun ada juga yang tidak bergerigi. Hal ini tergantung pada penggunaan dan tekstur roti yang ingin diiris atau dipotong.

Selain itu, harga pisau roti juga bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Semakin mahal, semakin bagus kualitas pisaunya. Hal ini akan terlihat dari material yang digunakan, desain dan juga mereknya.

Meskipun demikian, kini mudah ditemukan pisau roti dengan harga murah yang secara kualitas juga bagus dan cocok dipakai untuk kebutuhan dapur Anda di rumah.

Karena itu, kami menyajikan 10 rekomendasi pisau roti bagus dan murah berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai pisau roti, cara memilih hingga merawatnya.

Mengenal pisau roti dan jenis bilahnya

Sesuai namanya, pisau roti digunakan untuk memotong roti atau kue. Tapi pisau roti juga bisa dipakai untuk memotong sayuran yang memiliki kulit luar licin,atau juga bisa digunakan untuk memotong sosis.



Fungsi atau kegunaan tersebut tergantung pada jenis pisau pisau roti yang Anda pilih. Seperti pisau roti dengan mata pisau bergerigi yang cocok dipakai untuk memotong roti dengan tekstur yang kasar.

Pisau roti bergerigi ini efektif melindungi roti bagian dalam yang lembut sehingga tidak terlalu banyak gesekan yang bisa membuat roti remah-remah, tumpah atau robek.

Selain itu, pisau roti bergerigi juga bisa dipakai untuk memotong sayuran seperti tomat. Hal ini bertujuan agar tidak banyak cairan tomat yang keluar atau tumpah saat ditekan atau dipotong.

Kemudian ada juga pisau roti yang tidak memiliki gerigi, di mana bentuknya pipih sehingga cocok dipakai untuk memotong kue yang memiliki tekstur lebih lembut atau empuk. Kelebihan pisau jenis ini lebih mudah diasah kembali dan mudah pula dibersihkan.

Sedangkan untuk kebutuhan industri, sebaiknya memilih jenis pisau roti elektrik. Selain lebih cepat dan praktis, pisau ini juga dapat menghasilkan potongan yang sama dan presisi bila dibandingkan dengan yang manual.

Jenis pisau roti yang terakhir adalah pisau kombinasi, di mana mata pisau roti bagian atas bergerigi dan bagian bawah pipih, atau sebaliknya. Namun sayangnya jenis pisau kombinasi yang memiliki kualitas premium dan bermerek masih sangat mahal.



Perhatikan ukuran bilah pisau

Secara umum panjang bilah pisau berukuran antara 18 cm hingga 25 cm. Dalam beberapa kasus, memotong roti kering akan sangat baik dengan pisau yang bilahnya memiliki ukuran lebih panjang.

Caranya, Anda bisa memotong kue kering tersebut dengan menggunakan seluruh panjang mata pisau sebelum melakukan gerakan seperti menggergaji ke arah yang berlawanan.

Pisau yang lebih panjang memungkinkan Anda lebih hemat energi saat memotong kue yang lebih besar dengan hasil yang sempurna. Namun, jika untuk kebutuhan memotong roti yang berukuran kecil, sebaiknya memilih pisau dengan ukuran panjang dibawah 25 cm.

Perhatikan tingkat ketebalannya

Pisau roti yang tipis dengan kemiringan yang sempit akan bekerja lebih baik untuk hasil potongan yang presisi. Sementara pisau yang lebih tebal dengan kemiringan yang lebih lebar akan terasa lebih tumpul ketika digunakan untuk mengiris roti.



Gesekan akan sangat terasa saat Anda memilih yang tebal, sementara bilah pisau roti yang tipis bisa membuat pekerjaan Anda lebih cepat dan praktis.

Perhatikan kualitas material pisau roti

Material yang digunakan pisau roti umumnya terbuat dari bahan logam seperti stainless steel. Ada dua jenis yang bisa Anda pilih, yaitu stainless steel dan high-carbon stainless steel. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Misalnya, jika Anda menginginkan pisau roti yang lebih tajam, lebih keras, dan tahan terhadap korosi, Anda bisa memilih pisau roti yang terbuat dari material high-carbon stainless steel. Tentu dengan kualitas yang tinggi tersebut, harganya pun juga tinggi.

Sedangkan untuk Anda yang menginginkan pisau dengan harga murah, namun dengan kualitas yang kuat, anti karat dan tahan lama, Anda bisa memilih yang terbuat dari bahan stainless steel saja. Selain lebih hemat, pisau ini mudah merawatnya.



Perhatikan gagang pisaunya

Gagang ergonomis akan memberikan kendali yang baik pada mata pisau, sehingga lebih mudah dalam memotong atau mengiris roti dengan presisi dan tepat. Hal ini penting untuk Anda perhatikan, terutama dalam pengerjaan memotong roti yang berukuran lebih besar.

Selain ergonomis, Anda juga harus memperhatikan kualitas bahan gagang atau pegangan pisau. Serta bisa memilih gagang yang telah menyatu dengan bilah (tidak ada sambungan las), sehingga lebih awet dan mudah dibersihkan.

Cara merawat pisau roti

Agar pisau roti tetap tajam, lebih awet dan tahan lama, maka Anda bisa merawatnya dengan cara seperti :



  • Usahakan membersihkan pisau roti setelah digunakan. Anda bisa membersihkan dengan air hangat, kemudian keringkan dengan cara mengelap menggunakan kain lembut yang bisa menyerap air dengan sangat baik.
  • Jangan pernah menaruh pisau roti di cucian piring atau merendamnya.
  • Anda bisa memberikan minyak saat pisau roti tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, terutama pada jenis pisau roti yang terbuat dari bahan baja karbon.
  • Asah pisau roti secara berkala untuk menghilangkan potongan-potongan baja mikroskopis yang menempel.
  • Gunakan rak pisau khusus agar tepi pisau dan ujung pisau bisa terlindungi.

10 rekomendasi pisau roti bagus dan murah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang pisau roti dan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi pisau roti bagus dan murah dari berbagai merek berikut ini:

10. Pisau Roti IDEAL ID106



foto-rekomendasi-pisau-roti-bagus-dan-murah-10

Harga : Rp 16.973

Murah dan tahan lama

Pisau roti dari brand IDEAL ini terbuat dari bahan stainless steel anti karat, tajam dan tahan lama. Desain pisau dirancang dengan bilah bergerigi sehingga bisa digunakan untuk memotong roti atau kue dengan tekstur yang kasar.

Adapun ukuran panjang bilah pisau 20 cm, sementara ukuran gagangnya 12.3 cm dengan desain ergonomis yang pas dan nyaman saat digenggam.

Harga yang ditawarkan pisau roti ini terbilang murah. Karena saat ditulis terdapat diskon hingga Anda hanya cukup membelinya dengan harga 18ribu an saja. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli pisau roti ini di Shopee.

9. Pisau Roti OEM



foto-rekomendasi-pisau-roti-bagus-dan-murah-9

Harga : Rp 7.000

Desain ergonomis dan memiliki dua sisi mata pisau

Pisau roti desain ergonomis dari OEM ini memiliki dua sisi mata pisau yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk mengiris atau memotong roti yang bertekstur kasar maupun lembut.

Selain itu, memiliki ujung yang lancip pada sisi yang tidak bergerigi, di mana memungkinkan Anda lebih mudah saat memotong roti atau kue.

Adapun bahan yang digunakan terbuat dari stainless steel yang kuat dan tahan lama. Sementara ukuran panjang 20 cm untuk bilahnya, dan 12 cm untuk pegangannya. Anda bisa membeli pisau roti ini di Shopee.



8. Pisau Roti Berlinger Haus Metallic Line Burgundy

foto-rekomendasi-pisau-roti-bagus-dan-murah-8

Harga : Rp 134.900

Desain elegan dan tajam

Pisau roti dari brand Berlinger Haus ini terbuat dari bahan stainless steel yang berkualitas, tajam dan tahan lama. Desain elegan dengan gagang yang kokoh dan kuat sehingga dapat memberikan pengalaman memotong roti atau kue dengan nyaman dan presisi.

Selain itu warnanya cantik, berkelas dan dapat memberikan kesan menarik. Saat artikel ini ditulis, harga yang ditawarkan lebih murah daripada harga aslinya, yakni Rp 84.900 atau diskon sebesar 32%. Anda bisa membeli pisau roti ini di Shopee.



7. Pisau Roti Wusthof Silverpoint 20cm4141-7

foto-rekomendasi-pisau-roti-bagus-dan-murah-7

Harga : Rp 765.000

Menghasilkan potongan dengan presisi terbaik

Pisau roti dari brand Wusthof yang banyak digunakan oleh chef profesional ini memang terkenal andal, presisi, dan memiliki kualitas yang sangat baik. Selain itu, harnganya juga mahal.

Seperti Wusthof Gourmet Bread Knife 23cm 4145dengan harga sekitar 1.2juta rupiah, atau Wusthof Classic Bread Knife 23 cm yang harganya 2.5juta rupiah. Namun jika Anda menginginkan yang lebih murah, bisa memilih Wusthof Silverpoint Bread Knife 20cm 4141-7 yang harganya sekitar 700ribu an.

Selain memiliki pegangan yang nyaman, pisau Wusthof Silverpoint ini telah dilengkapi dengan mata pisau yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli pisau roti ini di Shopee.



6. Bread Knife Casaroyale CR-788-3

foto-rekomendasi-pisau-roti-bagus-dan-murah-6

Harga : Rp 45.000

Kuat dan tahan lama

Pisau dari brand Casaroyale memang terkenal dengan kualitas kekuatannya yang sangat tinggi, termasuk pisau roti tipe CR-788-3.

Bilah pisau roti ini menggunakan bahan stainless carbon steel dengan high tech injection mold yang dipadukan material gagang yang terbuat dari polyoxymethylene (POM). POM sendiri termasuk jenis bahan plastik yang keras, kuat dan tahan lama.



Adapun ukuran panjang bilah pisau sekitar 20 cm, dan panjang keseluruhan sekitar 32 cm. Sedangkan harganya terbilang terjangkau untuk jenis pisau dengan kualitas premium. Anda bisa membeli pisau roti ini di Shopee.

5. Pisau Cake Spatula

foto-rekomendasi-pisau-roti-bagus-dan-murah-5

Harga : Rp 37.500

Pisau roti isi 3 pcs

Pisau roti dari Cake Spatula ini sangat cocok digunakan untuk memotong aneka jenis kue dengan tekstur yang lembut dan halus. Karena bilah pisau tidak memiliki gerigi sehingga hasil potongan roti tersebut akan lebih sempurna.



Selain itu, terdapat tambahan pisau spatula yang bisa Anda pakai untuk berbagai kebutuhan, seperti untuk mengoleskan mentega, mencacah, atau pun untuk menghias kue.

Adapun ukuran pisau Cake Spatula ini 22 cm. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli pisau roti ini di Shopee.

4. Pisau Roti Tramontina

foto-rekomendasi-pisau-roti-bagus-dan-murah-4

Harga : Rp 142.500

Aman dan nyaman saat digunakan



Pisau roti bergerigi dari Tramontina sangat cocok dipakai untuk kebutuhan dapur Anda di rumah. Bilah pisaunya sangat tajam yang memungkinkan roti atau kue dengan tekstur kasar akan terpotong lebih presisi dan sempurna.

Selain itu, pisau ini sangat nyaman digunakan dan memiliki pegangan yang terbuat dari bahan polypropylene sehingga menjadikan pisau lebih higienis dan terlindung dari bakteri.

Adapun untuk ukuran panjang bilah pisau 25 cm, sementara ukuran panjang gagang 13 cm.Harganya pun murah, sebab saat ditulis terdapat diskon 44%. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli pisau roti ini di Shopee.

3. Scanpan Spectrum Bread Knife

foto-rekomendasi-pisau-roti-bagus-dan-murah-3

Harga : Rp 149.700



Mudah dibersihkan dan memiliki banyak pilihan warna

Pisau roti produksi Denmark ini dirancang dengan bentuk yang unik dan cantik. Terdapat pilihan warna menarik yang bisa Anda pilih seperti grey, black, yellow, blue dan purple.

Material pisau terbuat dari stainless steel yang kuat, anti karat dan tajam. Selain itu, food grade non-stick coating yang aman digunakan dan mudah dibersihkan.

Belum lagi desain pegangan melengkung yang memberikan pengalaman berbeda saat memotong kue atau roti. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli pisau roti ini di Shopee.

2. Pisau Roti Sanelli S780.022



foto-rekomendasi-pisau-roti-bagus-dan-murah-2

Harga : Rp 366.000

Kuat, tahan lama, dan mudah dibersihkan

Pisau roti Sanelli ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat, tahan lama dan anti karat. Desain logo dibuat dengan menggunakan cetak laser yang presisi dan tidak terhapuskan, serta terdapat batch number serta kode produk yang semakin menambah kesempurnaan pisau ini.

Sedangkan gagang pisau ini terbuat dari bahan plastik yang kuat dan ergonomis sehingga nyaman saat digunakan. Adapun secara kualitas, pisau roti ini telah diuji dan mendapat sertifikat dari NSF International. Anda bisa membeli pisau roti ini di Shopee.

1. Pisau RotiNirosta



foto-rekomendasi-pisau-roti-bagus-dan-murah-1

Harga : Rp 65.000

Memudahkan Anda memotong roti dengan ukuran yang lebih besar

Pisau roti dari brand Nirosta ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan dapur maupun usaha roti Anda. Karena pisau ini memiliki ukuran yang lebih panjang dan terbuat dari bahan berkualitas yang kuat, tajam dan tahan lama.

Selain itu, bilah pisaunya bergerigi yang memudahkan Anda untuk mendapatkan potongan yang sempurna, terutama saat memotong roti atau kue dengan tekstur yang kasar dan berukuran besar. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli pisau roti ini di Shopee.

Kesimpulan



  • Sebelum membeli pisau roti, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal penting seperti jenis bilah pisau roti, ukuran, material, ketebalan, dan gagangnya.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar pisau roti lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih pisau roti dari OEM, karena selain harganya murah, pisau ini memiliki dua sisi mata pisau yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.
  • Namun, jika Anda ingin pisau roti dari merek ternama yang banyak digunakan oleh chef profesional dengan harga yang murah, Anda bisa memilih pisau roti Wusthof Silverpoint 20cm4141-7.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin pisau roti dengan model yang unik dan cantik serta tersedia dalam beberapa pilihan warna yang menarik, Anda bisa memilih Scanpan Spectrum Bread Knife.

Referensi

  1. Knivesandtools(2020), What do you need to know about serrated knives?, https://www.knivesandtools.com/en/ct/what-you-should-know-about-serrated-knives.htm#:~:text=In%20short%3A%20do%20you%20want,good%20care%20of%20the%20knives
  2. True Sourdough, Choosing a Knife for Sourdough Bread: Full Guide,https://truesourdough.com/choosing-a-knife-for-sourdough-bread-full-guide/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.