Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


31 May 2021 09:00

10 Rekomendasi Pasir Kucing Wangi dan Murah

By Cektarif Plus


Pasir kucing merupakan salah satu item penting yang harus dipersiapkan bila Anda sedang atau ingin mengadopsi kucing. Karena pasir kucing ini memiliki fungsi sebagai media para kucing untuk buang air besar dan kecil.



Seperti manusia pada umumnya, kucing pun juga perlu melakukan buang air besar dan kecil. Biasanya mereka menggunakan media seperti pasir untuk mengubur kotoran tersebut.

Tanpa adanya tempat pasir, kucing akan buang air sembarangan. Agar bau dari kotoran kucing dapat tertutupi dengan maksimal, sebaiknya pilih pasir kucing yang memiliki aroma wangi.

Memilih pasir kucing yang wangi dan murah sebenarnya bukanlah hal sulit. Saat ini sudah ada berbagai pet shop yang menyediakan pasir kucing dari berbagai merek. Bagi Anda yang rumahnya jauh dari pet shop, bisa membeli pasir kucing melalui online.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi pasir kucing wangi dan murah lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai pasir kucing dan cara memilihnya dengan tepat.

Kenali jenis-jenis pasir kucing!

Tidak banyak yang tahu kalau pasir kucing memiliki berbagai jenis berbeda. Sesuai dengan bahan baku dan teksturnya. Tiap bahan baku tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.



Sebelum memilih pasir kucing wangi dan murah untuk anabul di rumah, sebaiknya Anda mengetahui berbagai jenis pasir kucing terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis pasir kucing.

  • Pasir bentonite

Jenis pasir kucing ini dikenal juga dengan sebutan pasir wangi atau pasir gumpal. Ini karena pasir bentonite memiliki daya serap yang baik sehingga dapat menggumpal bersama kotoran dan air seni kucing.

Biasanya pasir kucing bentonite memiliki beraneka ragam aroma. Mulai dari wangi buah seperti lemon dan apel, hingga baby powder.

Jenis pasir ini tidak dapat dicuci ulang, sehingga lebih cocok bagi Anda yang memelihara kucing dalam jumlah sedikit. Harganya pun beragam. Tergantung pada kualitas dan jumlah berat dari pasir tersebut.



  • Pasir organik

Sesuai namanya, jenis pasir ini terbuat dari berbagai bahan organik seperti kayu, kertas, hingga jagung sehingga ramah lingkungan.

Pasir kucing organik memiliki kesan yang lebih bersih dan sehat dibanding jenis pasir kucing lainnya karena bebas dari penggunaan bahan kimia berbahaya.

Kelebihan dari penggunaan jenis pasir kucing organik adalah dapat menyerap bau tidak sedap dari air seni dan kotoran kucing. Pasir organik juga bebas dari debu sehingga aman untuk pernapasan si kucing.

Soal harga, pasir organik bisa dibilang menjadi yang paling murah dibanding jenis pasir kucing lainnya. Untuk pasir organik ukuran 20 kg hanya dibanderol sekitar Rp 50 ribu saja.

  • Pasir zeolite



Seperti namanya, jenis pasir ini menggunakan batuan zeolite yang telah dipecah menjadi kecil layaknya pasir pada umumnya. Pasir zeolite terdiri dalam beberapa ukuran. Mulai yang dari berukuran cukup besar hingga halus.

Menariknya, pasir kucing zeolite ini dapat digunakan kembali dengan cara dicuci. Selain itu juga mudah ditemukan di berbagai pet shop, baik online maupun offline. Sehingga tidak sedikit cat lovers yang menggemarinya.

Sayangnya, jenis pasir ini tidak dapat menyerap kotoran dan air seni kucing. Karena itu, seringkali menimbulkan bau yang tidak sedap pada kotak pasir.

Apabila menggunakan pasir ini, sebaiknya Anda memiliki waktu lebih untuk mengontrol pasir ini agar baunya tidak terlalu menyebar.

  • Pasir kristal

Pasir kristal ini diklaim sebagai jenis pasir kucing terbaik karena bersih dan tidak berbau. Pilihan yang sangat cocok untuk Anda yang sulit mengalokasikan waktu untuk membersihkan pasirnya.



Penggunaan pasir kristal ini juga terbilang lebih efektif dan efisien. Dalam sebulan, Anda hanya perlu membeli pasir kucing jenis kristal sebanyak satu kali saja. Hal ini karena daya serap pasir kristal yang dapat mencapai 40x berat dari si kucing.

Meski begitu, sebaiknya Anda pertimbangkan baik-baik dahulu sebelum menggunakan pasir kristal. Pasalnya jenis pasir ini mengandung bahan kimia yang berisiko menyebabkan kanker apabila tertelan oleh kucing. Selain itu, tekstur pasir yang tajam juga bisa menyakiti si kucing.

Perhatikan daya serapnya

Kucing termasuk hewan peliharaan yang memiliki bau kotoran cukup menyengat dibanding jenis hewan peliharaan lainnya. Hal ini karena ginjal kucing mengeluarkan kandungan cauxin dalam jumlah banyak yang memberikan bau menyengat.

Untuk itu, sebelum membeli pasir kucing pastikan bahwa pasir tersebut memiliki daya serap yang baik. Dengan begitu, bau tak sedap dapat dihilangkan dan Anda tidak perlu repot mengganti pasir kucing terus menerus.



Pilih yang mudah dibersihkan

Salah satu keunggulan dari penggunaan pasir kucing adalah sifat mereka yang dapat menggumpal apabila terkena air seni dan kotoran kucing. Hal inilah yang mempermudah para owner untuk membersihkan pasir kucing yang terdapat di dalam litter box.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih jenis pasir kucing yang dapat menggumpal sehingga lebih praktis dan mudah dibersihkan.

Sesuaikan budget Anda

Memelihara kucing merupakan aktivitas yang membutuhkan biaya cukup banyak. Termasuk dalam membeli pasir kucing. Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan pasir kucing dari berbagai merek dengan keunggulan dan harga yang bervariasi.

Semakin bagus kualitas dari pasir kucing, tentu harganya akan semakin mahal. Hal ini dapat membahayakan kondisi dompet Anda.



Jika Anda memiliki budget yang tidak terlalu banyak, maka tidak ada salahnya menggunakan pasir kucing dengan harga lebih ekonomis namun tetap memiliki kualitas yang cukup baik.

10 rekomendasi pasir kucing wangi dan murah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai pasir kucing, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi pasir kucing yang bagus dan murah dari berbagai merek berikut ini:

10. Pasir Kucing Markotops (10L)



foto-10-rekomendasi-pasir-kucing-wangi-dan-murah-10

Harga : Rp 44.800

Dapat menetralisir bau dan aman dari debu

Pasir kucing dari Markotops ini memiliki aroma baby powder lemon yang kuat sehingga dapat menetralisir bau yang timbul dari kotoran kucing. Daya serapnya juga tinggi, di mana kotoran dan air seni dari si kucing dapat menggumpal dengan baik.

Selain itu, pasir kucing ini juga bersih dan 99% bebas dari paparan debu sehingga aman bagi kucing kesayangan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli pasir kucing ini di Shopee.

9. Pasir Kucing Bentonite Toto Cat Litter (10L)



foto-10-rekomendasi-pasir-kucing-wangi-dan-murah-9

Harga : Rp 41.999

Tersedia dalam tiga varian aroma

Bentonite Toto Cat Litter ini menggunakan berbagai bahan alami yang aman serta terbebas dari kandungan zat kimia berbahaya. Tersedia dalam tiga varian aroma, yaitu kopi, bubble gum, serta vanilla.

Produk lokal yang bersahabat ini juga memiliki daya serap yang bagus dan tidak mudah pecah. Dengan begitu, Anda bisa membersihkannya dengan mudah. Anda bisa membeli pasir kucing ini di Shopee.

8. Pasir Kucing Glow Cat Litter (10L)



foto-10-rekomendasi-pasir-kucing-wangi-dan-murah-8

Harga : Rp 42.000

Aman dari debu dan dapat meminimalisir bau tidak sedap

Pasir kucing yang beraroma wangi ini minim akan debu sehingga aman bagi si kucing. Selain itu, memiliki daya serap tinggi dan dapat menggumpal dengan sangat baik sehingga tidak membuat kotor atau berantakan.

Pasir ini juga dapat meminimalisir dan mampu mengubah bau tidak sedap dari urine atau feses kucing. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli pasir kucing ini di Shopee.

7. Pasir Kucing Baby Cat Litter (5L)



foto-10-rekomendasi-pasir-kucing-wangi-dan-murah-7

Harga : Rp 35.000

Cocok dipakai untuk kucing yang masih bayi maupun dewasa

Seperti halnya manusia, bayi kucing juga memiliki sifat yang rentan dan sensitif. Oleh sebab itu, segala kebutuhannya harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Termasuk untuk pasir yang digunakan.

Pasir kucing Baby Cat bisa menjadi solusi alternatif bagi Anda yang masih memelihara kitten. Pasir ini bersifat dust free sehingga aman untuk sistem pernapasan mereka. Selain itu, pasir wangi ini juga mempunyai daya serap yang kuat dan mudah menggumpal.

Pasir kucing ini terdiri dari lima varian aroma, yakni baby lemon, baby powder, baby lavender, baby flower, serta baby rose. Selain untuk kitten, pasir ini juga dapat digunakan oleh kucing dewasa. Anda bisa membeli pasir kucing ini di Shopee.

6. Pasir Kucing Best in Show Cat Sand



foto-10-rekomendasi-pasir-kucing-wangi-dan-murah-6

Harga : Rp 67.800

Pasir kucing beraroma moka dan apel yang wangi

Pasir kucing ini memiliki ukuran 12 liter atau sekitar 15 kilogram (1 liter = 1.328 kg). Terdapat pilihan varian aroma yaitu moka dan apel yang cukup kuat untuk menutupi bau menyengat.

Selain itu, pasir kucing ini juga mempunyai daya serap yang tinggi. Hasilnya, pasir dapat menggumpal dengan mudah dan praktis untuk dibersihkan. Anda bisa membeli pasir kucing ini di Shopee.

5. Pasir Kucing SGP Zeolit (1Kg)



foto-10-rekomendasi-pasir-kucing-wangi-dan-murah-5

Harga : Rp 2.000

Dapat dicuci untuk penggunaan ulang

Seperti halnya makanan, pasir kucing juga termasuk kebutuhan kucing yang mengharuskan Anda membeli beberapa kali apabila sudah habis digunakan. Oleh karena itu, SGP Pasir Kucing Zeolit bisa menjadi solusi untuk Anda.

Pasir kucing dari merek Wisnutapa ini merupakan jenis zeolit. Artinya pasir tersebut dapat dicuci untuk digunakan kembali. Hal ini tentu dapat menghemat pengeluaran Anda dalam membeli pasir kucing tiap bulannya.

Meski merupakan jenis pasir zeolit, SGP Pasir Kucing Zeolit ini tetap dapat menyerap kotoran berbentuk cairan dengan cukup baik. Sayangnya pasir kucing ini tidak memiliki aroma wangi yang dapat menutupi bau tidak sedap dari kotoran tersebut. Anda bisa membeli pasir kucing ini di Shopee.



4. Pasir Kucing TOP Cat Litter

foto-10-rekomendasi-pasir-kucing-wangi-dan-murah-4

Harga : Rp 24.000

Bisa menggumpal dengan cepat dan praktis

Bau menyengat yang dihasilkan dari kotoran kucing di dalam ruangan seringkali membuat para owner merasa tidak nyaman. Nah, pasir kucing gumpal seperti TOP Cat Litter dapat menjadi solusi terbaik untuk permasalahan tersebut.

Pasir kucing ini sangat efektif dalam hal mengontrol bebauan tidak sedap di ruangan akibat dari kotoran kucing. Karena pasir akan langsung membentuk gumpalan setelah terkena kotoran sehingga tidak akan lengket atau berantakan.

Dengan sifatnya yang dapat menggumpal cepat, pasir ini terbilang cukup praktis dan memudahkan Anda saat membersihkan litter box dari kotoran di dalamnya. Anda bisa membeli pasir kucing ini di Shopee.



3. Pasir Kucing Cat Comfort

foto-10-rekomendasi-pasir-kucing-wangi-dan-murah-3

Harga : Rp 62.500

Pasir kucing yang bebas bakteri dan ramah lingkungan

Kebersihan adalah hal penting yang harus dijaga. Termasuk saat memelihara kucing. Kotoran yang diakibatkan oleh kucing seringkali membuat ruangan menjadi terasa kotor dan kurang nyaman untuk ditempati. Bahkan oleh para kucing sekalipun.

Karena itu, Cat Comfort Lemon hadir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pasir kucing dengan aroma lemon ini dapat menyerap dan menggumpalkan kotoran kucing dengan cepat, sehingga mudah dibersihkan.



Pasir kucing ini juga telah dirancang sedemikian rupa sehingga bebas dari bakteri dan racun serta ramah lingkungan. Aroma wangi yang dihasilkan pun lebih tahan lama. Anda dapat membeli pasir kucing ini di Shopee.

2. Pasir Kucing Junior (25L)

foto-10-rekomendasi-pasir-kucing-wangi-dan-murah-2

Harga : Rp 85.000

Menggunakan aroma apel yang segar dan menenangkan

Wangi buah merupakan aroma yang paling banyak digunakan pada produk pasir kucing. Hal ini karena buah dapat memberikan kesan segar dan menenangkan pada ruangan. Seperti yang terdapat pada Junior Wangi Apple.



Sesuai namanya, pasir kucing gumpal ini memiliki aroma apel yang bisa membuat ruangan menjadi terasa lebih segar. Aroma ini juga dapat menekan bau tidak sedap yang dihasilkan dari kotoran kucing.

Pasir ini juga memiliki daya serap yang baik, sehingga kotoran kucing dapat terserap dan menggumpal dengan mudah. Selain itu, pasir ini aman bagi para kucing karena tidak memiliki banyak debu. Anda bisa membeli pasir kucing ini di Shopee.

1. Pasir Kucing Maxi

foto-10-rekomendasi-pasir-kucing-wangi-dan-murah-1

Harga : Rp 118.000

Terbuat dari batuan bentonite alami asli dari Australia!



Produk pasir kucing jenis bentonite dari brand Maxy ini dapat menjaga ruangan Anda dari bau kotoran kucing yang tidak sedap. Terbuat dari batuan bentonite alami asli dari Australia yang memiliki kualitas yang sangat bagus.

Kemampuan pasir ini juga dapat menggumpal dengan baik setelah terkena kotoran, sehingga dapat dibersihkan dengan mudah.

Untuk aromanya, pasir kucing ini memiliki varian aroma seperti lavender, mawar, kopi, hingga apel, di mana kemampuan aromanya dapat menekan bau tidak sedap dengan sangat baik. Anda bisa membeli pasir kucing ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli pasir kucing, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting seperti daya serap, kemudahan membersihkan, serta budget yang Anda miliki sehingga tidak membebani pengeluaran bulanan Anda nantinya.
  • Selain itu, usahakan Anda mengetahui jenis-jenis pasir kucing terlebih dahulu sebelum membelinya, agar apa yang Anda beli sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan si kucing.
  • Anda bisa memilih SGP Pasir Kucing Zeolit, karena terbuat dari batuan zeolit yang membuatnya dapat dicuci dan digunakan ulang.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin pasir kucing yang dapat menggumpal dengan mudah, Anda bisa memilih TOP Cat Litter.
  • Namun, jika Anda menginginkan pasir kucing yang terbuat dari material berkualitas, maka Anda bisa memilih pasir kucing dari brand Maxy.



Referensi

  1. KucingLucu (2020), Tahukah Kamu Jenis-Jenis Pasir Kucing yang Biasa Digunakan?, https://www.kucinglucu.net/jenis-jenis-pasir-kucing/
  2. Jirifarm (2018), Tips memilih pasir untuk kucing, https://jirifarm.com/2018/08/25/tips-memilih-pasir-untuk-kucing/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.