Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


01 May 2020 05:56

10 Rekomendasi Mesin Es Krim Terbaikuntuk Membuat Es Krim di Rumah

By Cektarif Plus


Jika Anda sangat menyukai es krim, mengapa Anda tidak berinvestasi menyediakan mesin es krim di rumah? Dengan memiliki mesin es krim sendiri, tentu Anda bisa lebih mudah membuat es krim, kapan saja, danpastinya lebih higienis serta hemat biaya.



Meskipun demikian, Anda perlu memperhatikan beberapa hal ketika akan membeli mesin es krim yang bagus, seperti keunggulan, fitur, harga, dan yang tidak kalah penting adalah, Anda juga harus memperhatikan mereknya.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa mesin es krim terbaik untuk Anda pakai di rumah berikut dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagai pengetahuan mengenai mesin es krim serta cara memilih yang tepat.

Mengenal mesin eskrim dan manfaatnya

Sekadar informasi, pada tahun 1832 silam seseorang bernama Agnes Marshall mendapatkan hak paten untuk sebuah mesin es krim yang bisa membekukan setengah liter es krim dalam waktu 5 menit. Sejak saat itu ia dijuluki sebagai ratu es krim.

Keberadaan mesin es krim akan sangat berguna bagi Anda yang memang hobi melahap es krim. Ketika mempunyai mesin es krim sendiri di rumah, Anda bisa lebih leluasa membuat es krim kapan saja. Dan yang terpenting adalah Anda bisa menghemat biaya membeli es krim dan mengalihkannya ke kebutuhan yang lain yang lebih penting dan bermanfaat.



Perhatikan tenaga listrik yang dibutuhkan

Saat Anda akan membeli mesin es krim, perhatikannya berapa kapasitas listrik yang dibutuhkan oleh mesin es krim yang tertarik ingin Anda miliki. Pilihlah yang kapasitas listriknya standar, tidak memakan energi yang cukup besar.

Sesuaikan dengan budget yang dimiliki

Fitur yang dimilikiakan berpengaruh terhadap harga dari mesin es krim yang akan Anda beli. Cari info terlebih dulu mengenai harga dari mesin es krim yang Anda inginkan. Lebih baik sih sesuaikan budget yang Anda miliki supaya lebih mudah dalam memilihnya.

Perhatikan berapa lama es krim dibuat



Ada banyak mesin es krim di pasaran, seluruhnya memiliki waktu yang berbeda-beda dalam membuat es krim. Alangkah baiknya pilih mesin es krim yang tidak membutuhkan waktu lama dalam membuat es krim. Biasanya waktu normal untuk membuat es krim adalah sekitar 25-40 menit.

Perhatikan ukuran es krim yang akan dibuat

Jika Anda memiliki keluarga besar atau secara teratur membuat es krim untuk pesta, kapasitas makan besar akan masuk akal. Jika Anda ingin mencoba resep baru sesering mungkin, sebuah mesin yang membuat batch yang lebih kecil adalah apa yang Anda butuhkan

Perhatikan besaran mangkuk es krim

Mesin es krim memiliki bentuk yang berbeda-beda. Setelah Anda membuat adonan es krim, sudah tentu Anda harus memasukkan adonan tersebut ke dalam freezer agar menjadi beku. Oleh karena itu, pastikan mangkuk dari mesin es krim yang Anda beli bisa masuk ke dalam freezer di kulkas Anda. Jangan sampai Anda membei mesin es krim yang mangkuknya terlalu besar.



Cara membuat eskrim yang benar

Ketika sudah membeli mesin es krim, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara membuat es krim yang benar. Agar yang Anda lakukan tepat dan tidak salah, maka Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es krim dan aduklah sampai mengental jika Anda ingin mencapai konsistensi yang lembut, yang sedikit lebih tebal dari milkshake.
  • Tambahkanlah topping lain di luar bahan bila Anda menginginkannya. Sebut saja chocolatechips, kacang-kacangan, buah-buahan, saus karamel, dan lain-lain.
  • Setelah adonan selesai dibuat, tuangkanlah ke dalam mangkuk sampai adonan bersih, sehingga Anda tidak membuang adonan sedikit pun.
  • Transfer es krim ke wadah dan simpanlah ke dalam freezer. Singkirkan churner dari mangkuk dulu, lalu keluarkan. Gunakan sudip karet untuk menjejal es krim ke dalam wadah yang aman untuk membekukan.
  • Bekukan es krim sampai menjadi padat. Tutuplah wadah itu. Biarkanlah sampai adonan es krim berubah padat. Ini akan memakan waktu setidaknya 4 jam.

10 Rekomendasi mesin es krim terbaik untuk membuat es krim di rumah



Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang mesin es krim beserta cara membuatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi mesin es krim terbaik dari berbagai merek berikut ini:

10. Cuisinart Ice-30R

cuisinart_ice_30r

Harga : Rp 3.510.000

Hasilkan es krim kurang dari 25 menit

Cuisinart Ice-30R merupakan mesin es krim berkapasitas 2 liter yang dapat membuat es krim, sorbet, dan yoghurt dalam waktu kurang dari 25 menit saja. Mangkuk freezer nya memiliki isolasi ganda dan dimasukkan dengan gel khusus, sehingga tidak perlu disimpan di dalam freezer semalaman.



Untuk hasil terbaik, jagalah mangkuk freezer supaya tetap dalam bagian paling dingin dari freezer Anda agar dapat mempersiapkannya dan menyiapkannya kapan pun Anda merasa membutuhkannya. Anda bisa membeli mesin es krim ini di Lazada.

9. Kenwood Im280

kenwood_im280

Harga : Rp 900.000

Mempermudah pencampuran bahan

Kenwood Im280 bisa memberikan Anda kemudahan dalam membuat es krim di rumah tanpa ribet. Es krim yang Anda buat akan cepat beku dalam waktu 15-30. Parasutnya yang lebar dapat mempermudah pencampuran bahan ketika Anda sedang menyatukan bahan yang satu dengan bahan yang lainnya.



Mangkuk non-stick yang terdapat di mesin es krim ini juga memiliki pegangan di kedua sisi yang bermanfaat untuk mengangkatnya dengan mudah. Lalu parasut yang lebar membuatnya mudah untuk menambah bahan-bahan, walau es krim sedang dicampur. Anda bisa membeli mesin es krim ini Shopee.

8. Hamilton Beach

hamilton_beach

Harga : Rp 700.000

Mampu menampung 4 liter es krim

Jika Anda menginginkan sebuah mesin es krim di rumah yang dapat mengisi hingga 4 liter es krim, Ice Cream Maker Hamilton Beach bisa jadi salah satu yang Anda cari. Membuat gelato, sorbet atau yoghurt dengan mesin ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 40 menit saja. Garansi 1 tahun bisa Anda dapatkan pula ketika membeli mesin es krim yang satu ini.



Selain itu, jika Anda membelinya akan langsung mendapatkan booklet berisi 20 resep es krim.

Mesinnya pun mudah untuk dibersihkan, tidak menghabiskan terlalu banyak tempat. Walaupun bisa menampung es krim hingga 4 liter, akan tetapi harganya tetap terjangkau. Anda bisa membeli mesin es krim ini di Lazada.

7. Cuisinart 2LT

cuisinart_2lt

Harga : Rp 2.700.000

Tidak memerlukan tambahan es



Dengan Cuisinart 2LT, Anda bisa membuat es krim, sorbet atau yoghurt tanpa tambahan es lagi. Untuk membuatnya pun hanya membutuhkan waktu kurang dari 20 menit. Mesin es krim ini mempunyai fitur yakni pencampuran adonan yang lebih baik, yang mana membuat es krim bisa beku lebih cepat. Berkat double insulated freezer, Anda tidak perlu tambahan es ke mangkuk dengan cairan pendingin.

Selain itu, mesin es krim yang satu ini juga memiliki fitur yang memungkinkan penambahan bahan tanpa akan menumpahkannya. Caranya adalah tekan dan tambahkan bahan-bahan dalam mangkuk freezer yang dapat mencampur dan membuat es krim, sorbet dan yoghurt. Anda bisa membeli mesin es krim ini di Lazada.

6. Ice Cream Maker Kids Home Soft Serve Frozen Dessert Machine

ice_cream_maker_kids_home_soft_serve_frozen_dessert_machine

Harga : Rp 1.493.172

Hasilkan tekstur es krim yang halus



Ice Cream Maker Kids Home Soft Serve Frozen Dessert Machine merupakan mesin es krim berkapasitas 1 liter yang bisa mengkombinasikan es krim secara sempurna dengan campuran buah-buahan, kacang-kacangan, milkshake dan lain-lain. Hasilnya adalah mesin es krim ini dapat menciptakan lebih banyak jenis es krim dengan rasa buah alami.

Karena menggunakan aluminium food-grade, mesin es krim ini dapat membekukan lebih banyak karena kecepatanya. Adanya fitur anti-stick rust yang terdapat di mesin es krim akan memudahkan Anda untuk membersihkan mesinnya ketika selesai menggunakannya nanti. Anda bisa membeli mesin es krim ini di Shopee.

5. Cuisinart Ice-100

cuisinart_ice_100

Harga : Rp 5.800.000

Mesin es krim terbaik di kelasnya



Jika Anda suka mengonsumsi gelato, Cuisinart ICE-100 compressor ice cream and gelato maker adalah yang harus Anda miliki. Dengan kapasitas 1 liter, mesin es krim ini mempunyai kompresor dengan dua fitur pencampuran, satu untuk gelato dan satu lagi untuk membuat es krim.

Cuisinart ICE-100 mempunyai timer 60 menit yang mudah digunakan. Selain itu, mesin ini juga mempunyai fitur penutup makanan beku agar tetap dingin setelah menggunakannya. Seri dari Cuisinart ini memang lebih mahal dari mesin es krim Cuisinart lainnya. Sebab memang terbukti lebih unggul dengan segala fitur yang ada di dalamnya. Anda bisa membeli mesin es krim ini di Shopee.

4. Kitchen Aid Ice Cream Maker

kitchenaid_ice_cream_maker

Harga : Rp 1.650.000

Bisa membekukan mangkuk dengan cepat



Kitchen Aid Ice Cream Maker bisa jadi adalah mesin es krim yang Anda butuhkan untuk membuat es krim di rumah. Anda bisa membuat es krim dengan gayatilt-head mixer serta bowl-lift. Walau begitu, Anda mungkin perlu menggunakan cincin adaptor untuk memastikan bahwa dasher berfungsi dengan baik. Seperti mesin mangkuk freezer lainnya, Anda perlu membekukan mangkuk sebelum digunakan, meskipun yang satu ini membutuhkan waktu setidaknya 24 jam.

Dengan mesin es krim ini Anda dapat membuat hingga 2 liter es krim. Karena mesin ini tidak memiliki fitur shutoff otomatis, Anda diperlukan untuk mengawasi es krim yang tengah dibuat untuk memastikannya agar tidak terbalik. Anda bisa membeli mesin es krim ini di Shopee.

3. Yonanas Frozen Healthy Dessert Maker

yonanas_frozen_healthy_dessert_maker

Harga : Rp 455.000

Mesin es krim dengan harga murah



Jika Anda memiliki budget terbatas, Anda tetap bisa memiliki mesin es krim murah tapi tetap berkualitas. Adalah Yonanas Frozen Healthy Dessert Maker, satu dari sekian mesin es krim yang bisa Anda beli. Dengan mesin es krim ini Anda bisa memanfaatkan buah-buahan untuk menjadikannya es krim dengan mudah.

Caranya adalah tekan ke bawah untuk menghasilkan es krim dengan alat ini.Mesin ini dapat mudah dilepas untuk dibersihkan dan bagian yang lainnya pun aman dicuci. Anda bisa membeli mesin es krim ini di Shopee.

2. Xiaomi YOULG 0.8L-12W

xiaomi_youlg_0_8l_12w

Harga : Rp 659.000

Memiliki bentuk yang ramping



Brand yang satu ini memiliki mesin es krim dengan desain yang sederhana. Xiaomi YOULG 0.8L-12W hadir dengan body yang ramping dan sederhana namun tetap terlihat modern. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengatur satu tombol dengan mudah dan cepat. Fitur pencampuran otomatisnya akan memastikan bahwa setiap es krim memiliki tekstur yang padat.

Pengaduk yang dimiliki oleh produk satu ini juga mempunyai kekuatan yang merata dan kuat.Ia juga memiliki sistem pendingin tiga kali lebih lipat lebih dingin dari produk mesin es krim lainnya. Hanya membutuhkan daya listrik sebesar 12W, hasilnya akan hemat energi dan ramah lingkungan. Selain itu, mesinnya juga menggunakan bahan yang mampu mengurangi kebisingan. Sehingga tidak akan menimbulkan efek berisik saat digunakan. Anda bisa membeli mesin es krim ini di Shopee.

1. Aicok Ice Cream Maker

aicok_ice_cream_maker

Harga : Rp 730.000

Memiliki fitur timer yang memudahkan pengguna



Aicok Ice Cream Maker merupakan mesin es krim yang dapat menghasilkan es krim dan sorbet beku yang lezat. Apabila Anda membuat es krim dengan mesin ini, Anda hanya akan memerlukan waktu sekitar 15 menit saja. Nah, untuk mangkuk sendiri, mesin es krim yang satu ini memiliki kapasitas sebesar yang besar sehingga berguna untuk keperluan katering atau pesta.

Jika Anda membelinya akan turut dilengkapi pula dengan buku resep untuk Anda mendapatkan beberapa inspirasi membuat es krim yang enak dan lezat. Selain itu, Aicok Ice Cream Maker juga dilengkapi dengan timer yang dapat memungkinkan Anda untuk mengatur waktu sesuai dengan yang Anda inginkan.Timer tersebut akan bekerja secara otomatis sehingga memudahkan Anda nantinya dalam menunggu es krim yang dibuat bisa dikonsumsi.

Produk ini juga memberikan Anda garansi selama 2 tahun. Anda bisa membeli mesin es krim ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli mesin es krim, Anda harus memperhatikan fitur, merek, harga, manfaat, agar nantinya dapat memudahkan Anda.
  • Anda juga harus memperhatikan cara membuat es krim yang tepat, agar bisa menghasilkan es krim yang lezat.
  • Anda bisa memilih mesin es krim Hamilton Beach, karena memiliki kapasitas hingga 4 liter es krim dan bisa menghasilkan es krim kurang dari 40 menit saja.
  • Namun, jika Anda ingin membeli mesin es krim yang bagus tapi dengan harga yang lebih terjangkau, maka Anda bisa memilih Xiaomi YOULG 0.8L-12W. Produk ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 12W, hasilnya akan menghemat energi saat menggunakannya nanti.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan mesin es krim terbaik dengan berbagai macam keunggulan, Anda bisa memilih Cuisinart Ice-30R.



Referensi

  1. Merch Dope (2019), The Best 10 Ice Cream Machines of 2019, https://merchdope.com/ice-cream-machine/
  2. A Web to Know (2020), Best Ice Cream Makers And Machines – Make, Eat, Repeat, https://www.awebtoknow.com/reviews/best-ice-cream-makers-and-machines/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.