Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


05 Apr 2021 09:00

10 Rekomendasi Makanan Kucing yang Bagus dan Murah

By Cektarif Plus


Kucing merupakan hewan peliharaan yang disukai oleh banyak masyarakat di Indonesia. Selain karena lucu dan imut, memelihara kucing juga lebih mudah daripada memelihara hewan peliharaan lainnya.



Meskipun tergolong mudah, namun ada berbagai jenis kucing yang membutuhkan perawatan lebih. Seperti harus ke salon untuk membersihkan dan merawat bulu, ke dokter hewan jika sakit, hingga memilih makanan yang tepat.

Layaknya manusia, makanan kucing pun harus memenuhi gizi dan nutrisi yang seimbang. Hal tersebut yang kemudian akan mempengaruhi tumbuh kembang serta daya tahan dari si kucing. Terlebih kalau kucing tersebut masih kecil (kitten).

Menemukan makanan kucing bukan lagi jadi hal sulit. Berbagai jenis makanan kucing yang bagus dan murah bisa dengan mudah Anda temukan di petshop, minimarket, hingga supermarket. Baik secara online maupun offline.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi makanan kucing yang bagus dan murah lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai makanan kucing hingga cara memilihnya.

Kenali jenis-jenis makanan kucing!

Makanan kucing memiliki jenis-jenis yang berbeda, sesuai dengan bentuk dan teksturnya. Anda tidak boleh sembarangan memberi makanan kucing. Karena kebutuhan makanan kucing biasanya berbeda sesuai dengan usianya.



Agar kucing dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sebaiknya Anda memberikan makanan yang sesuai dengan peruntukkan mereka. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis makanan kucing:

  • Makanan basah (wet food)

Seperti namanya, makanan basah atau wet food ini memiliki tekstur basah dan agak lembek. Tekstur basah ini didapat karena adanya kandungan air tambahan pada makanan. Karena itu, makanan kucing jenis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal dan saluran kemih kucing.

Jenis makanan basah sendiri merupakan yang paling disukai oleh sebagian besar kucing. Selain mudah dimakan, wet food juga memiliki rasa yang lezat.

Perlu diketahui, makanan kucing basah memiliki label tertentu untuk menandai kandungan isinya. Misalnya makanan basah yang mengandung tuna dengan label “Tuna Cat Food”. Artinya pada makanan tersebut setidaknya mengandung 95% tuna di dalamnya.

Sementara untuk “Tuna Dinner” atau “Tuna Platter” menandakan bahwa di dalam makanan kucing tersebut terkandung 25% tuna, dan “Cat Food with Tuna” artinya kandungan tuna pada makanan tersebut hanya sekitar 3% saja.



  • Makanan kering (dry food)

Kalau makanan basah digemari oleh para kucing, makanan kering atau dry food sepertinya disenangi oleh manusia. Hal ini karena makanan kering cenderung memiliki harga yang lebih ekonomis dibanding jenis makanan kucing lainnya.

Dry food sendiri terbuat dari daging yang diekstrasi dengan suhu dan tekanan tinggi. Biasanya makanan kering ini juga disemprotkan tambahan bahan lain seperti lemak makanan yang dapat meningkatkan rasa dan palatabilitasnya.

Selain murah, makanan kering juga cenderung lebih tahan lama. Biasanya satu kantong ukuran 1kg dapat digunakan untuk makan seekor kucing selama beberapa minggu. Umur simpannya pun juga lama.

  • Makanan mentah



Selain makanan matang, ada juga yang memilih memberikan makanan mentah untuk kucingnya. Biasanya yang diberikan berupa daging hewan mentah, hingga tulang hewan seperti ikan dan ayam.

Kucing memang memiliki sistem pencernaan yang lebih pendek dan lebih asam daripada manusia. Hal ini yang membuat kucing dapat dengan mengonsumsi makanan mentah tanpa masalah.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kucing dapat mentolerir masuknya makanan mentah ke dalam tubuh mereka. Terutama yang dipelihara dalam rumah sejak lahir.

  • Makanan protein rendah

Jenis makanan satu ini diperuntukkan bagi para kucing yang secara medis diharuskan mengonsumsi makanan dengan protein yang rendah. Biasanya adalah kucing yang memiliki penyakit ginjal kronis.

Pengurangan kandungan protein pada makanan dapat memperlambat perkembangan penyakit tersebut. Karena beban kerja untuk mengeluarkan limbah protein pada makanan kucing menjadi berkurang.



Pilih yang sesuai dengan usia kucing

Setiap jenis makanan kucing memiliki peruntukkan yang berbeda. Umumnya menyesuaikan dengan usia dari si kucing. Hal ini dikarenakan kebutuhan nutrisi dan gizi mereka berbeda, sesuai dengan gaya hidup dan usia.

Anak kucing biasanya lebih membutuhkan makanan yang tinggi protein dibandingkan kucing dewasa. Sementara kucing dewasa membutuhkan makanan yang lebih rendah protein. Anda bisa mengetahui peruntukkan makanan kucing dengan melihat label peruntukkan usia pada makanan kucing tersebut.

Perhatikan kebutuhannya

Seperti halnya manusia, kucing pun juga mengalami fase kehamilan serta menyapih. Perlu diketahui, konsumsi makanan kucing pada fase tersebut pun juga berbeda. Biasanya mereka akan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalori lebih rendah.



Pun begitu dengan kucing yang telah dikebiri (steril). Biasanya kucing akan memiliki berat badan berlebih (obesitas) setelah dikebiri. Karenanya, mereka membutuhkan makanan khusus yang memiliki kandungan kalori lebih rendah.

Perhatikan kadar proteinnya

Protein merupakan kandungan penting yang harus terdapat pada tiap makanan kucing. Terlebih anak kucing sangat membutuhkan kandungan protein tinggi untuk membantu tumbuh kembangnya.

Tiap makanan kucing memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Anda dapat melihat kandungan protein tersebut di bagian bungkus produk makanan kucing.

Sesuaikan dengan budget



Memberikan makanan dengan kualitas gizi dan nutrisi terbaik adalah hal yang harus diperhatikan. Namun, sebaiknya Anda juga menyesuaikan dengan kemampuan keuangan yang dimiliki.

Beberapa makanan kucing kualitas terbaik biasanya memiliki harga cenderung lebih mahal. Meski begitu, ada juga makanan kucing dengan biaya murah namun tetap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi para kucing.

10 Rekomedasi makanan kucing yang bagus dan murah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang makanan kucing lengkap dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi makanan kucing yang bagus dan murah dari berbagai merek berikut ini:

10. Bolt Cat



foto-rekomedasi-makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah-10

Harga : Rp 17.600

Dapat mengurangi risiko penyakit saluran kemih pada kucing

Makanan kucing dari merek Bolt ini memiliki tekstur kering. Cocok untuk kucing yang sudah berusia 1 tahun ke atas.

Makanan kucing ini dikemas dalam ukuran 1 kg. Selain itu, diperkaya dengan berbagai kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh para kucing, yaitu antioksidan, mineral, vitamin, serta taurine.

Tidak hanya lezat, makanan kucing berbentuk ikan ini juga memiliki manfaat pada kesehatan kucing. Sebut saja mengurangi risiko penyakit saluran kemih (FLUTD), menyehatkan kulit, serta membuat bulu kucing menjadi lebih berkilau. Anda bisa membeli makanan kucing ini di Shopee.



9. Ori Cat Premium

foto-rekomedasi-makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah-9

Harga : Rp 17.500

Memiliki kandungan protein tinggi

Makanan kucing premium ini merupakan produk dari brand Ori, yang berasal dari Tiongkok. Ori Cat Premium Cat Food terbuat dari perpaduan berbagai bahan berprotein tinggi, seperti ikan, daging kambing, daging sapi, kuning telur, taurine, vitamin, dan sebagainya.

Bentuknya bulat, padat, serta memiliki tekstur agak empuk yang disukai oleh kucing. Selain lezat, makanan kucing ini dapat membantu pertumbuhan otot, memperkuat kekebalan tubuh, serta memperbaiki usus. Anda bisa membeli makanan kucing ini di Shopee.



8. ME-O Cat Food Tuna Adult 450g

foto-rekomedasi-makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah-8

Harga : Rp 25.000

Untuk menghindari risiko penyakit ginjal, jantung, dan tekanan darah

ME-O Cat Food Tuna Adult memiliki nutrisi lengkap dan seimbang untuk kucing yang berusia satu tahun ke atas. Tersedia dalam rasa tuna yang menjadi favorit para kucing.

Makanan kucing ini dilengkapi dengan kandungan taurine yang dapat menambah daya penglihatan kucing, vitamin C untuk menjaga daya imun kucing, serta vitamin D, Kalsium, fosfor yang dapat menguatkan gigi kucing.

Selain itu, terdapat pula formula yang bermanfaat bagi usus kucing, memberikan nutrisi pada bulu dan kulit, serta menghindari berbagai penyakit, seperti ginjal, tekanan darah, dan jantung. Anda bisa membeli makanan kucing ini di Blibli.



7. Whiskas Mackerel

foto-rekomedasi-makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah-7

Harga : Rp 5.440

Sudah memiliki sertifikasi ISO 9001:2008

Sesuai namanya, makanan kucing dari brand Whiskas ini memiliki tekstur basah dan diperuntukkan bagi kucing dewasa. Soal kualitas, produk makanan kucing Whiskas ini tidak perlu diragukan lagi.

Whiskas Mackerel ini telah diuji kelayakannya oleh salah satu Institusi dan Laboratorium Pengembangan dan Penelitian Makanan Hewan kenamaan di dunia, yaitu Waltham UK.



Makanan kucing ini juga sudah mengantongi sertifikasi ISO 9001:2008 terkait standar mutu produknya. Sehingga dapat menjamin kebutuhan si kucing sekaligus menjaganya tetap aktif dan sehat. Anda bisa membeli makanan kucing ini di Shopee.

6. Nice Cat Food

foto-rekomedasi-makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah-6

Harga : Rp 17.000

Memiliki kandungan Omega 3 dan Omega 6 yang penuh manfaat

Makanan kucing dari Nice ini merupakan makanan kucing untuk usia dewasa yang mengandung Omega 3 dan Omega 6. Selain itu juga terdapat tambahan vitamin dan mineral sebagai pelengkap nutrisi seimbang.



Kandungan Omega 3 dan Omega 6 pada makanan kucing ini dapat membantu perkembangan otak dan indera penglihatan, menjaga sistem kekebalan tubuh dan jantung, anti radang, menghindari penggumpalan darah, dan lain sebagainya.

Sementara kandungan vitamin dan mineral pada makanan kucing ini dapat member nutrisi lengkap dan seimbang untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat bulu kucing menjadi berkilau. Anda bisa membeli makanan kucing ini di Shopee.

5. Cat Choize

foto-rekomedasi-makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah-5

Harga : Rp 13.799

Makanan kucing yang bebas kandungan babi



Cat Choize merupakan produk makanan kucing yang dijual secara eceran dalam kemasan 800 gram. Makanan bertekstur kering ini diperuntukkan bagi kucing yang sudah berusia dewasa.

Terdapat berbagai kandungan terbaik pada makanan kucing ini, seperti vitamin dan mineral, yang memberikan nutrisi lengkap dan seimbang bagi kucing dewasa agar dapat sehat dan beraktivitas dengan baik.

Makanan kucing ini tersedia dalam rasa tuna yang disukai para kucing. Selain itu, makanan kucing ini juga tidak memiliki kandungan babi di dalamnya. Anda bisa membeli makanan kucing ini di Shopee.

4. Life Cat Rasa Tuna Adult

foto-rekomedasi-makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah-4

Harga : Rp 12.100



Dikemas dalam kemasan kaleng yang kuat dan aman

Mengonsumsi makanan basah tidak hanya diperuntukkan bagi kucing kecil. Kucing usia dewasa pun juga bisa menyantap makanan kucing yang memiliki tekstur basah. Seperti Lifecat Life Cat Rasa Tuna Adult.

Makanan kucing ini dapat diperuntukkan bagi para kucing berusia dewasa.Selain memiliki rasa tuna yang lezat, makanan kucing ini juga menyehatkan.Terutama untuk pencernaan dan pertumbuhan otot kucing.

Produk ini dikemas dalam kemasan kaleng yang aman dan tahan lama. Sangat cocok disimpan sebagai persediaan makanan untuk si kucing. Anda bisa membeli makanan kucing ini di Shopee.

3. Life Cat Kitten Salmon



foto-rekomedasi-makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah-3

Harga : Rp 35.000

Terbuat dari daging segar pilihan

Kucing memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibanding manusia. Oleh karenanya, makanan kucing harus kaya akan nutrisi dan gizi. Hal ini agar kucing dapat tumbuh dengan baik dan maksimal.

Life Cat yang memiliki rasa salmon ini bisa menjadi solusi untuk tumbuh kembang si kucing. Memiliki kandungan tinggi vitamin, mineral, dan fat.

Kemudian, teksturnya lembut mudah dan dikonsumsi kucing. Cocok untuk anakan kucing usia 2-12 bulan. Anda bisa membeli makanan kucing ini di Blibli.

2. Powercat Fresh Ocean Fish Cat Food



foto-rekomedasi-makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah-2

Harga : Rp 16.000

Dapat dikonsumsi kucing dewasa dan kitten

Makanan basah selalu menjadi favorit bagi para kucing. Baik kucing dewasa maupun kitten, semua menyukai makanan basah. Hal ini karena pada makanan basah biasanya masih terdapat potongan daging segar yang disertai aroma menggoda.

Powercat Fresh Ocean Fish Cat Food merupakan produk makanan basah yang terbuat dari bahan organic pilihan yang fresh dan kaya nutrisi. Kandungan protein pada makanan kucing ini bahkan mencapai 32%.

Tekstur lembut, rasa lezat, serta kandungan nutrisi yang kaya membuat makanan kucing ini menjadi pilihan terbaik untuk kucing Anda. Makanan ini dapat dikonsumsi oleh kitten maupun kucing dewasa. Anda bisa membeli makanan kucing ini di Blibli.



1. Equilibrio Kitten Cat Food

foto-rekomedasi-makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah-1

Harga : Rp 124.900

Membuat kulit lebih sehat dan bulu berkilau

Equilibrio Kitten Cat Food merupakan produk makanan kucing telah dipercaya oleh para pecinta kucing untuk membantu tumbuh dan kembang kucing mereka.

Makanan kucing ini diperkaya dengan berbagai nutrisi dan gizi yang tinggi. Bahan-bahan yang digunakan pada makanan kucing ini mengandung taurine, antioksidan, vitamin dan mineral.

Selain itu, makanan ini bermanfaat untuk membuat kulit kucing kesayangan Anda lebih sehat dan membuat bulunya berkilau, serta dapat mengurangi resiko FLUTD (penyakit saluran kemih pada kucing). Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli makanan kucing, sebaiknya Anda mempertimbangkan usia kucing,kadar protein, serta budget.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara membelinya agar bisa mendapatkan makanan kucing yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Anda bisa memilih produk dari Nice untuk kucing kesayangan Anda, karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti Omega 3 dan Omega 6.
  • Sedangkan, untuk makanan kucing yang kualitasnya sudah teruji dan tersertifikasi, Anda bisa membeli produk dari Whiskas Mackerel.
  • Namun, untuk kebutuhan kucing segala usia, baik dewasa maupun kitten, Anda bisa memilih makanan kucing Powercat Fresh Ocean Fish Cat Food.

Referensi



  1. Merdeka (2020), 4 Jenis Makanan Kucing dan Cara untuk Memilih yang Tepat, https://www.merdeka.com/jatim/4-jenis-makanan-kucing-dan-cara-untuk-memilih-yang-tepat-kln.html
  2. Liputan6 (2019), Jenis Makanan Kucing dan Cara Tepat Memilihnya, https://hot.liputan6.com/read/4109173/jenis-makanan-kucing-dan-cara-tepat-memilihnya



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.