Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


01 Mar 2021 07:01

10 Rekomendasi Laptop Multimedia Termurah untuk Pekerja dan Mahasiswa

By Cektarif Plus


Siapa di antara Anda yang ingin melanjutkan studi di jurusan multimedia? Atau saat ini hendak mencari pekerjaan yang terkait dengan multimedia? Bila iya, apakah Anda sudah mempersiapkan berbagai keperluan untuk melakukan ‘perang’nya?



Salah satu keperluan yang harus Anda siapkan sebelumnya adalah laptop. Ya, pekerjaan dan studi di bidang multimedia memang tidak bisa jauh-jauh dari yang perangkat elektronik satu ini. Berbagai aplikasi untuk mendukung kegiatan editing yang multifungsi semua tersedia di laptop multimedia.

Laptop yang digunakan tidak bisa sembarangan. Karena untuk melakukan kegiatan multimedia yang multitasking, diperlukan beragam fitur dan aplikasi tertentu. Seperti software editing foto dan video.

Sayangnya laptop multimedia tersebut biasanya memiliki harga yang tidak murah. Padahal tidak semua orang, terutama mahasiswa, bisa mengumpulkan uang dalam waktu singkat untuk membelinya.

Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir. Karena masih ada beberapa laptop multimedia dengan harga murah yang cocok untuk para pekerja dan mahasiswa.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi laptop multimedia termurah dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai laptop multimedia serta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik laptop multimedia



Secara umum, laptop memiliki tiga jenis. Pertama, Entry-Level untuk pengerjaan basic yang tidak memerlukan banyak fitur dan aplikasi. Kedua, Mid-Range yang dapat digunakan untuk sebagian perangkat lunak dan game. Ketiga, High-End yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi kelas atas dengan kartu grafis yang kuat.

Selain digunakan untuk pekerjaan mengedit foto dan video, laptop multimedia juga dapat digunakan untuk bermain game spek tinggi serta menonton film.

Hal itu tidak lepas dari karakter laptop multimedia yang memiliki kinerja tinggi serta mudah dibawa kemana saja sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Anda bisa memilih laptop multimedia Entry-Level. Karena jenis ini memiliki harga yang cenderung murah. Namun untuk Anda yang memiliki dana lebih, maka Anda bisa memilih laptop multimedia High-End.

Oleh karena itu, saat Anda memilih laptop multimedia perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah laptop multimedia hanya akan digunakan untuk melakukan pekerjaan mengedit, atau juga digunakan untuk bermain game serta menonton film.

Perhatikan prosesor laptop



Bila ditanya bagian terpenting apa yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop multimedia, pasti banyak yang akan menjawab prosesor. Ya, prosesor memang merupakan bagian terpenting dari laptop multimedia. Karena inilah yang akan menentukan maksimal atau tidaknya kinerja dari laptop multimedia tersebut.

Sebaiknya Anda memilih laptop multimedia dengan prosesor generasi terbaru, atau setidaknya tidak terlalu tua. Karena prosesor baru memiliki kecepatan dan performa yang lebih cepat dan maksimal. Sangat cocok digunakan untuk pengerjaan yang multitasking.

Perhatikan kartu grafis pada laptop

Kartu grafis atau dikenal juga dengan VGA merupakan salah satu aspek penting dalam laptop multimedia.VGA memiliki peran sebagai penghubung antara user dengan data visual pada layar laptop.

Selain itu, VGA juga memiliki peran penting dalam memproses program serta aplikasi yang akan Anda gunakan.

Dalam memilih VGA, perhatikanlah jenis dan besar memorinya. Semakin besar memori yang ada pada VGA, semakin tinggi pula performanya. Sebaiknya pilih laptop dengan VGA terpisah. Karena performanya lebih baik dibanding dengan VGA onboard.



Perhatikan kapasitas RAM laptop

RAM juga menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli laptop multimedia. Sebaiknya Anda memilih laptop multimedia yang memiliki RAM dengan kapasitas besar. Karena RAM sangat mempengaruhi kinerja serta performa dari laptop multimedia tersebut.

Agar lebih maksimal lagi, pilihlah laptop multimedia yang slot RAM-nya lebih dari satu. Dengan begitu, Anda bisa melakukan upgrade RAM bila kapasitasnya dirasa masih belum cukup untuk melakukan kegiatan multitasking.

Perhatikan jenis storage pada laptop

Melakukan kegiatan multimedia memerlukan kemampuan multitasking. Artinya, laptop tersebut harus memiliki kecepatan performa yang sangat baik. Karena itu, sebaiknya Anda memilih laptop multimedia yang memiliki storage tipe SSD.



Anda juga bisa menggunakan penyimpanan Hybrid untuk mendapat kapasitas lebih. Hybrid sendiri merupakan perpaduan antara penyimpanan HDD dan SSD dalam satu laptop. Dengan begitu, Anda tetap dapat menyimpan berbagai data pribadi di HDD sementara penyimpanan sistem bisa dilakukan di SSD.

Cara merawat laptop multimedia agar lebih awet

Agar multimedia Anda tetap bersih, nyaman dipakai, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat laptop multimedia:

  • Jangan gunakan laptop untuk bermain game berat terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan laptop mengalami overheat, yang apabila dibiarkan terus menerus akan membuat hardware laptop menjadi ‘gosong’ dan rusak.
  • Jauhkan laptop dari benda cair apapun. Barang elektronik jenis apapun, termasuk laptop, sebaiknya tidak berdekatan dengan air. Karena air tersebut dapat membahayakan laptop. Bahkan bila kadar airnya cukup banyak, laptop Anda bisa sulit untuk diperbaiki.
  • Jangan menggunakan laptop langsung di atas kasur. Kebiasaan ini paling sering dilakukan banyak orang. Terutama bila sedang menonton film. Hal ini bisa menyebabkan sirkulasi udara di dalam laptop menjadi terhambat. Akibatnya, bagian dalam hardware akan mengalami overheat dan laptop akan mudah rusak.
  • Hindari meletakkan benda berat di atas laptop. Walau hanya sekadar buku dan kertas, sebaiknya jangan diletakkan di atas laptop Anda. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada tampilan layar dari laptop. Ingat, memperbaiki layar laptop harganya bisa sangat mahal. Bahkan bisa mencapai setengah harga dari laptop tersebut.
  • Selalu bersihkan laptop secara rutin. Pada bagian luar laptop, bersihkan sela-sela keyboard dari debu yang menempel. Bisa menggunakan tisu basah atau penyedot debu khusus laptop. Untuk bagian dalam hardware laptop, bersihkan dengan kuas atau tisu biasa.
  • Jangan pernah sembarangan mengunduh dan browsing. Salah-salah bisa menyebabkan masuknya virus dan malware ke dalam laptop Anda. Akibatnya, data-data Anda yang tersimpan di laptop tersebut menjadi terancam dan bisa hilang.
  • Selalu pasang baterai pada laptop. Hal ini bertujuan untuk menetralisir masuknya tegangan ke dalam laptop. Dengan begitu, tegangan listrik yang masuk ke laptop akan sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya.
  • Gunakan laptop untuk pemakaian yang sewajarnya. Secanggih-canggihnya laptop multimedia yang Anda beli, tetap saja membutuhkan istirahat. Jangan memaksakan laptop untuk melakukan pekerjaan secara terus menerus. Ini akan membuat laptop menjadi cepat rusak.
  • Hindari penggunaan baterai hingga 0%. Segera matikan laptop bila daya baterainya sudah di angka 20%, agar baterai menjadi lebih awet dan tahan lama.



10 Rekomendasi laptop multimedia termurah untuk pekerja dan mahasiswa

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang laptop multimedia lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi laptop multimedia termurah untuk pekerja dan mahasiswa dari berbagai merek berikut ini:

10. Lenovo V110-15AST

foto-rekomendasi-laptop-multimedia-termurah-untuk-pekerja-dan-mahasiswa-10

Harga : Rp 3.650.000

Bisa digunakan untuk main game!



Siapa sangka hanya dengan kurang dari 4 juta, kita bisa mendapat laptop multimedia. Ya, seolah mengetahui masalah utama para pekerja dan mahasiswa multimedia, Lenovo meluncurkan produk yang memiliki banderol tidak lebih dari 3,6 juta rupiah!

Perkenalkan Lenovo V110-15AST. Laptop yang memiliki prosesor AMD A6-9225 ini memiliki RAM yang cukup besar, 8 GB (DDR 4). Selain itu, laptop ini juga memiliki layar berukuran 15,6 inch serta dibekali dengan resolusi HD.

Terdapat pula HDD 1 TB yang memungkinkan Anda meletakkan beberapa aplikasi tertentu untuk bekerja. Bahkan bisa juga digunakan untuk bermain game yang ukurannya tidak terlalu berat. Anda bisa membeli laptop multimedia ini di Shopee.

9. Dell Inspiron 11 318

foto-rekomendasi-laptop-multimedia-termurah-untuk-pekerja-dan-mahasiswa-9

Harga : Rp 3.499.000



Mudah dibawa kemana saja

Laptop satu ini merupakan keluaran dari brand Dell. Tipe Dell Inspiron 11 3180 ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, seperti notebook.Sehingga cocok untuk Anda yang sering berpergian jauh.

Meski ukurannya kecil, spesifikasi dari Dell Inspiron 11 3180 ini cukup mumpuni loh. Dibekali dengan prosesor AMD 7 gen A9, laptop ini memiliki kecepatan dengan range 2.2 Ghz hingga 2.5 Ghz.

Selain itu, dengan kapasitas RAM 4GB serta hard disk 500GB, laptop ini dapat digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu. Sangat cocok bagi Anda yang bergelut di bidang multimedia. Anda bisa membeli laptop multimedia ini di Shopee.

8. HP 14-CM0013AX Notebook



foto-rekomendasi-laptop-multimedia-termurah-untuk-pekerja-dan-mahasiswa-8

Harga : Rp 5.049.000

Menghasilkan warna terbaik dengan ketajaman cukup

Berbicara tentang laptop multimedia termurah, nama Hewlett Packard Indonesia (HP) sepertinya tidak mau ketinggalan. Brand asal Amerika ini juga meluncurkan laptop multimedia dengan harga terjangkau bagi para penggunanya.

Perkenalkan, HP 14-CM0013AX. Notebook grafis murah keluaran brand HP ini memiliki layar jenis TFT LCD berukuran 14 inchi yang dilengkapi HD Bright View WLED backlight dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Sehingga dapat menghasilkan warna dengan ketajaman cukup.

Dilengkapi dengan prosesor AMD APU A9-9425 gen 7 dual-core yang memiliki kecepatan 3,1 GHz dan turbo maksimal 3,7 GHz serta RAM 4GB DDR4-1866 MHz, performa laptop ini sangat memadai untuk menjalankan berbagai kegiatan seperti Office, browsing, hingga multimedia. Anda bisa membeli Laptop ini di Shopee.

7. ASUS X441BA



foto-rekomendasi-laptop-multimedia-termurah-untuk-pekerja-dan-mahasiswa-7

Harga : Rp 3.650.000

Laptop multimedia untuk sehari-hari

ASUS X441BA-GA612T merupakan salah satu jenis laptop yang sangat direkomendasikan untuk para pemula dan pelajar. Karena ASUS X441BA-GA612T memiliki spesifikasi standar yang dapat digunakan untuk komputasi ringan.

Meski memiliki harga murah, laptop ini memiliki banyak kelebihan. Antara lain dengan penggunaan prosesor AMD A6 yang memiliki kualitas grafis baik untuk bermain game. Terdapat pula RAM berukuran 4GB yang membuatnya dapat digunakan untuk kegiatan multitasking.

Selain itu, laptop multimedia ini juga dilengkapi dengan HDD tipe SATA yang memiliki kemampuan hot-swap untuk menyalakan dan mematikan laptop tanpa harus shut down. Anda bisa membeli laptop multimedia ini di Shopee.



6. Asus M409DA-30501T Notebook

foto-rekomendasi-laptop-multimedia-termurah-untuk-pekerja-dan-mahasiswa-6

Harga : Rp 4.899.000

Laptop entry-level dengan performa mengesankan

Laptop untuk bekerja sekaligus bermain game dengan harga murah? ASUS Vivo Book M409 solusinya. Laptop jenis entry-level ini memiliki prosesor AMD Ryzen 5 3500U yang juga merupakan rilisan dari ASUS itu sendiri.

Selain itu, ASUS Vivo Book M409 juga dilengkapi dengan kartu grafis AMD Radeon R5 serta RAM 8GB yang memungkinkannya menjalankan berbagai aplikasi sekaligus. Terdapat pula penyimpanan ganda dengan kapasitas mencapai 512 GB untuk SSD serta 1 TB untuk HDD.

Kapasitas penyimpanan tersebut merupakan kombinasi sempurna yang memungkinkan Anda untuk menyimpan banyak data dan file dengan kecepatan baca/tulis yang cepat.



Desainnya yang ringkas juga membuat laptop ini mudah dibawa kemana pun. Cocok untuk mahasiswa multimedia. Anda bisa membeli laptop multimedia ini di Shopee.

5. Acer Aspire A314-33-C3A1 Notebook

foto-rekomendasi-laptop-multimedia-termurah-untuk-pekerja-dan-mahasiswa-5

Harga : Rp 3.825.000

Laptop murah yang tahan lama dan efisien

Acer Aspire 3 A314-33-C3A1 merupakan pilihan laptop yang cocok untuk pekerjaan harian. Sebut saja browsing, email, Office, hingga multimedia. Laptop ini memiliki konsumsi baterai yang tidak boros, sehingga tahan lama dan efisien



Meski memiliki harga yang cenderung murah, laptop ini memiliki berbagai kelebihan menarik. Di antaranya adalah layar besar dengan luas 14 inchi serta port konektivitas lengkap.

Acer Aspire 3 A314-33-C3A1 juga sudah memiliki operating system windows 10 asli. Sehingga bisa langsung digunakan setelah dibeli.

Dengan prosesor Intel Celeron N4000 yang memiliki kecepatan hingga 2.6 GHz serta RAM 4GB dan storage HDD 1 TB, laptop ini juga dapat digunakan untuk aktivitas multitasking ringan. Anda bisa membeli laptop multimedia ini di Shopee.

4. Lenovo Ideapad S145-14AST

foto-rekomendasi-laptop-multimedia-termurah-untuk-pekerja-dan-mahasiswa-4

Harga : Rp 3.739.000



Solusi untuk pengerjaan jangka panjang

Lenovo Ideapad S145-14AST memiliki prosesor AMD A9-9425 yang membuatnya memiliki kinerja kuat dan tahan lama. Selain itu, dilengkapi juga dengan AMD Radeon 530 yang membuat tampilan grafisnya menjadi cukup tajam.

Selain digunakan untuk pekerjaan multimedia, laptop ini juga dapat digunakan untuk menonton video, mendengarkan musik, hingga melakukan video call. Karena laptop ini memiliki fitur Dolby Audio yang membuatnya dapat mengeluarkan suara sejernih Kristal.

Dengan desainnya yang tipis dan ringan, namun penuh dengan gaya, Lenovo Ideapad S145-14AST sangat cocok digunakan untuk pekerjaan sehari-hari yang membutuhkan mobilitas tinggi. Anda bisa membeli laptop multimedia ini di Shopee.

3. ASUS VivoBook Flip 14 TP401MA - BZ201T



foto-rekomendasi-laptop-multimedia-termurah-untuk-pekerja-dan-mahasiswa-3

Harga : Rp 5.500.000

Dengan engsel 360° untuk kebebasan berekspresi

ASUS Vivobook Flip 14 TP401MA merupakan laptop yang diklaim sebagai yang paling ringan dan ramping di antara seri ASUS VivoBook Flip lainnya. Tak heran kalau laptop dengan layar 14 inci ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Ya, ukuran dari laptop ini berkisar 327.4 x 226.5 x 15.4 mm serta berat sekitar 1.5 kg. Tidak terlalu berat dan besar untuk ukuran laptop. Dengan bezel layar yang tipis, Anda akan merasa seperti menggunakan laptop layar 13 inci dari sebuah laptop 14 inci.

Laptop ini menggunakan prosesor Intel Celeron N4000 dual-core dengan kecepatan 2.6 GHz yang dapat digunakan untuk pengerjaan multitasking.

Selain itu, keberadaan engsel yang dapat diputar 360° akan membuat Anda merasa bebas saat menggunakan laptop ini. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.



2. DELL Inspiron 3585 Notebook

foto-rekomendasi-laptop-multimedia-termurah-untuk-pekerja-dan-mahasiswa-2

Harga : Rp 5.487.000

Laptop performa tinggi yang ramah kantong

Dell Inspiron 3585 Notebook merupakan laptop yang memiliki dua varian prosesor, yaitu AMD Ryzen 3 2200U dan AMD Ryzen 5 2500U. Pilihan terbaik bagi Anda yang membutuhkan laptop dengan performa andal dengan harga yang terjangkau.

Laptop ini dapat digunakan untuk pengerjaan konten multimedia serta bermain game. Ya, tentu saja karena performa tinggi yang dimiliki laptop ini.

Dengan kartu grafis Radeon Vega Graphics-nya, laptop ini memiliki tampilan yang tajam. Sangat mendukung untuk kegiatan multimedia seperti desain grafis dan edit video.



Dell Inspiron 3585 memiliki ukuran sekitar 22,7 x 380,0 x 258 mm yang cenderung ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Anda bisa membeli laptop multimedia ini di Shopee.

1. ACER Aspire A514-52K

foto-rekomendasi-laptop-multimedia-termurah-untuk-pekerja-dan-mahasiswa-1

Harga : Rp 5.499.000

Tampilan layar yang nyaman di mata

Meski dibuat untuk pasar entry-level, ACER Aspire A514-52K ternyata memiliki performa yang baik untuk memenuhi kebutuhan komputasi harian penggunanya. Laptop ini memiliki tiga varian warna, yaitu Blue, Silver, dan Blue.



ACER Aspire A514-52K didukung oleh prosesor Intel Core i3-7020 gen Kaby Lake serta RAM 4GB DDR 4. Menjadikan laptop tersebut memiliki performa dan performa yang memadai untuk kegiatan multimedia dan desain grafis.

Ditambah lagi, laptop dengan layar 14 inci jenis IPS LCD Acer serta LED backlight resolusi HD 1366 X 768 pixel ini juga memiliki fitur Comfy View yang membuat mata para penggunanya nyaman dan tidak mudah lelah. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli laptop multimedia, sebaiknya Anda mempertimbangkan prosesor, RAM, kartu grafis, serta Storage-nya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar laptop multimedia Anda lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih ACER Aspire A514-52K, karena tampilan layarnya nyaman dan tidak membuat mata cepat lelah.
  • Sedangkan untuk Anda yang butuh mobilitas tinggi, Anda bisa memilih ASUS Vivobook Flip 14 TP401MA.
  • Namun, jika Anda yang menginginkan laptop multimedia dengan penyimpanan ganda, maka Anda bisa memilih ASUS VivoBook M409.



Referensi

  1. Choice (2020), How to Buy TheBest Laptop Computer, https://www.choice.com.au/electronics-and-technology/computers/desktop-and-laptop-computers/buying-guides/laptops.
  2. LaptopMag (2020), Laptop Buying Guide: 8 Essential Tips to Know Before You Buy, https://www.laptopmag.com/articles/laptop-buying-guide.
  3. Amrita (2020), How Do I Take Good Care of My Personal Laptop Computer?,https://www.amrita.edu/amritapuri/icts/get-service-personal-mobile-laptop%E2%80%8B/how-do-i-take-care-pc.



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.