Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


17 May 2021 09:00

10 Rekomendasi Kulkas Mini Bar yang Dingin dan Tahan Lama

By Cektarif Plus


Berbeda dengan kulkas satu pintu atau kulkas dua pintu, kulkas mini bar biasanya tidak dilengkapi dengan freezer atau bagian pembeku. Walaupun ada, biasanya tidak bisa memuat banyak. Paling mentok hanya dua kaleng soda ukuran standar saja.



Secara fungsi, kulkas mini bar tetap sama seperti kulkas satu pintu atau kulkas dua pintu pada umumnya. Yakni untuk menyimpan berbagai bahan makanan dan minuman agar tetap dingin dan segar dalam waktu yang lama.

Berbagai kebutuhan yang cocok disimpan di dalam kulkas mini bar antara lain buah-buahan kecil, sisa makanan yang sudah disimpan dalam wadah tertutup, coklat, susu, minuman kaleng, sayuran, dan lain sebagainya.

Sementara untuk berbagai bahan makanan segar seperti ikan, daging sapi, atau daging ayam sebaiknya tidak tidak diletakkan dalam kulkas mini bar. Karena suhu ideal dari kulkas mini bar hanya berkisar 3° C hingga 6° C. Tidak cocok untuk menyimpan daging.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi kulkas mini bar yang dingin dan tahan lama dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai kulkas mini bar hingga cara memilihnya.

Mengenal kelebihan dari kulkas mini bar

Kulkas mini bar memiliki berbagai kelebihan yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakannya. Baik sebagai kulkas utama maupun sekadar kulkas tambahan.



Sebelum Anda membeli kulkas mini bar, tidak ada salahnya untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh alat pendingin makanan dan minuman tersebut. Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan dari kulkas mini bar:

  • Mudah dipindahkan

Di suatu waktu, terkadang ada perasaan ingin mengganti suasana dengan mengubah posisi barang di dalam ruangan. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, kulkas mini bar dapat dipindahkan dengan mudah.Bahkan oleh satu orang sekalipun.

Ukurannya yang ringkas juga membuat kulkas mini bar mudah dibawa ke mana saja. Baik itu ke halaman rumah atau untuk bepergian.

  • Hemat ruang



Bagi Anda yang tinggal di indekos, biasanya sulit memiliki kulkas sendiri karena ukurannya yang besar. Oleh karena itu, kebanyakan orang yang sedang kos akan menggunakan kulkas mini bar.

Ukurannya yang kecil dan praktis tidak akan memakan banyak ruangan. Sehingga lebih mudah ditempatkan di manapun tanpa harus khawatir berjubel dengan barang lainnya.

  • Menghemat uang

Kulkas mini bar memiliki fungsi yang sama dengan kulkas pada umumnya, yakni mendinginkan makanan dan minuman agar dapat disimpan untuk waktu yang lama. Bagi Anda yang sedang kos karena urusan belajar atau bekerja, tentu harus lebih berhemat.

Nah, kulkas mini bar ini memungkinkan Anda untuk menyimpan bahan makanan dan minuman (selain bahan-bahan yang membutuhkan tingkat beku tertentu). Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli makanan yang mahal.



  • Sebagai kulkas cadangan

Tidak hanya yang sedang tinggal sementara di kos atau hotel saja, ada juga yang tetap menggunakan kulkas mini bar di rumahnya. Bahkan walau di rumah tersebut sudah memiliki kulkas satu pintu dan kulkas dua pintu.

Biasanya kulkas mini bar ini menjadi cadangan bagi mereka. Peletakkannya pun bukan di dapur, melainkan ruangan seperti kamar atau ruang kerja. Tujuannya untuk menyimpan kebutuhan pribadi agar tidak perlu terlalu sering keluar ruangan.

  • Hemat energi

Seperti ukurannya yang mini, kulkas mini bar tidak menghabiskan terlalu banyak daya. Karena sebagian besar kulkas mini bar kini sudah dilengkapi dengan fitur hemat energi yang tidak boros daya.

Oleh sebab itu, beberapa hunian sementara biasanya mengizinkan penggunaan kulkas mini bar.



  • Harga yang lebih murah

Secara harga, kulkas mini bar juga lebih murah dibanding dengan kulkas satu pintu atau dua pintu. Ini karena perbedaan jumlah kapasitas barang yang dapat diletakkan di dalam jenis kulkas tersebut.

Meski begitu, bukan berarti kulkas mini bar memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding kulkas standar. Ada juga kulkas mini bar yang sangat fungsional sehingga harganya bahkan melampaui kulkas standar.

Perhatikan kapasitasnya

Kulkas mini bar memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Ada yang kapasitasnya kecil, sekitar 40 liter– 50liter, ada juga yang memiliki kapasitas besar 60liter – 100liter. Sebaiknya Anda memilih kulkas mini bar sesuai dengan kebutuhan.



Bila Anda sudah memiliki kulkas standar, sebaiknya pilih yang kapasitasnya tidak lebih dari 50 liter. Sementara bila Anda ingin menjadikannya sebagai kulkas utama, pilihlah yang berkapasitas di atas 50 liter, atau bisa juga lebih dari 100 liter.

Pastikan kesesuaian ukuran dengan space

Kulkas mini bar memang memiliki ukuran yang kecil, tetapi Anda juga harus memperhatikan peletakkannya. Jangan sembarang meletakkan kulkas mini bar.Anda harus mempertimbangkan jarak untuk mengeluarkan panasnya.

Sebaiknya berikan jarak setidaknya 5 cm pada masing-masing sisinya.Jangan menempelkannya di dinding begitu saja. Dengan begitu, hawa panasnya dapat terbuang dengan baik dan kulkas akan tetap dingin.

Sesuaikan dengan budget Anda



Sekarang ini, Anda bisa menemukan kulkas mini bar dari berbagai merek. Baik merek ternama maupun merek yang masih asing di telinga Anda. Semuanya menawarkan fitur dan kualitas yang berbeda.

Semakin baik fitur dan kualitas yang diberikan oleh produsen kulkas mini bar tersebut, harganya tentu akan semakin mahal. Oleh karenanya, pilihlah kulkas mini bar yang memiliki harga sesuai dengan budget dan tidak terlalu menguras isi dompet Anda.

10 rekomendasi kulkas mini bar yang dingin dan tahan lama

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kulkas mini bar lengkap dengan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi kulkas mini bar yang dingin dan tahan lama dari berbagai merek berikut ini:

10. Changhong CBC 50



foto-rekomedasi-kulkas-mini-bar-yang-dingin-dan-tahan-lama-10

Harga : Rp 1.060.000

Dapat digunakan untuk membuat es batu

Kulkas mini Changhong CBC 50 ini terbuat dari material stainless steel yang ringan dan kokoh. Desainnya yang minimalis dalam balutan warna menarik membuatnya mudah diletakkan di mana saja.

Selain dapat digunakan untuk menyimpan aneka bahan makanan dan minuman tertentu, Changhong CBC 50 juga memiliki ruang pembekuan mikro yang memungkinkannya untuk membuat es batu. Anda bisa membeli kulkas mini bar ini di Shopee.

9. Hyundai Kulkas Mobil Mini



foto-rekomedasi-kulkas-mini-bar-yang-dingin-dan-tahan-lama-9

Harga : Rp 401.899

Memiliki fitur pendingin dan penghangat

Sering travelling atau rutin jalan-jalan bersama keluarga tiap akhir pekan? Kalau begitu tak ada salahnya menggunakan Hyundai Kulkas Mobil Mini untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman selama perjalanan Anda.

Kulkas mini ini dapat menampung isian dengan kapasitas mencapai 6 liter. Cukup untuk meletakkan beberapa botol minuman serta makanan ringan. Untuk menyalakan kulkas ini, Anda hanya membutuhkn daya sebesar 35 watt saja.

Menariknya, kulkas mini ini tidak hanya berfungsi sebagai pendingin saja, tetapi juga bisa digunakan untuk menghangatkan makanan dan minuman yang ada di dalamnya. Anda bisa membeli kulkas mini bar ini di Shopee.



8. Panasonic Portable NR-Ak5ED-HPP

foto-rekomedasi-kulkas-mini-bar-yang-dingin-dan-tahan-lama-8

Harga : Rp 1.690.000

Dapat dikunci sehingga lebih aman

Kulkas mini bar ini memiliki desain minimalis dan elegan. Meski memiliki ukuran yang lebih kecil, Panasonic NR-AK5ED-HPP tetap memiliki fungsi yang sama dengan kulkas standar.

Dengan kapasitas mencapai 50 liter, Anda bisa meletakkan berbagai makanan dan minuman sesuai yang diinginkan. Misalnya soft drink, kue, sayur, buah, dan sebagainya.

Kulkas mini bar ini memiliki pengaturan temperature dengan metode manual. Selain itu tersedia pula fitur door lock yang memungkinkan Anda mengunci pintu kulkas sehingga aman dari jangkauan anak-anak. Anda bisa membeli kulkas mini ini di Shopee.



7. GEA EXPO 90 Showcase Mini

foto-rekomedasi-kulkas-mini-bar-yang-dingin-dan-tahan-lama-7

Harga : Rp 2.125.000

Dengan pintu transparan yang dapat menampung banyak isian

GEA EXPO 90 Showcase Mini ini memiliki kapasitas volume hingga 92 liter. Dilengkapi dengan pintu transparan, sehingga cocok digunakan untuk berjualan.

Meski begitu, Anda bisa menggunakan GEA EXPO 90 Showcase ini untuk keperluan pribadi. Seperti peletakkan di dalam kamar atau ruang kerja. Anda bisa membeli kulkas mini bar ini di Shopee.



6. Sharp SJ-50MB-XW

foto-rekomedasi-kulkas-mini-bar-yang-dingin-dan-tahan-lama-6

Harga : Rp 1.335.000

Lebih hemat daya dan biaya listrik

Sharp SJ-50MB-XW satu pintu ini terbuat dari material tempered glass yang kokoh dan tahan lama. Meski ukurannya kecil, kulkas mini bar ini memiliki kapasitas maksimal 45 liter yang memungkinkan Anda menyimpan aneka makanan dan minuman agar tetap segar dalam waktu lama.

Daya yang dibutuhkan untuk menggunakan Sharp SJ-50MB-XW ini adalah 75 watt. Tegangan listrik yang digunakannya pun hanya berkisar 130 - 240 volt saja. Sehingga dapat menghemat pengeluaran biaya listrik Anda tiap bulannya. Anda bisa membeli kulkas mini bar ini di Shopee.



5. Sanken SN-118KE

foto-rekomedasi-kulkas-mini-bar-yang-dingin-dan-tahan-lama-5

Harga : Rp 1.218.000

Dilengkapi dengan 4D Air Flow yang membuat udara dingin tersebar merata

Sanken SN-118KE didesain minimalis dan elegan sehingga dapat menyesuaikan dengan berbagai desain interior dalam ruangan. Kulkas mini bar ini dapat menyimpan aneka bahan makanan dan minuman agar tetap terjaga kesegarannya.

Kapasitas yang dapat ditampung dalam kulkas mini ini adalah 48 liter. Cukup untuk menyimpan berbagai minuman dan bahan makanan tertentu. Sanken SN-118KE juga menggunakan 4D Air Flow yang memungkinkan udara dingin di dalamnya tersebar merata.



Dilengkapi pula dengan Crisper Drawer, laci bening yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai buah dan sayuran agar tetap segar.

Kulkas mini ini juga menggunakan standar ROHS yang membuatnya anti racun dan bau sehingga lebih aman dan higienis. Anda bisa membelinya di Shopee.

4. GEA RS06DR

foto-rekomedasi-kulkas-mini-bar-yang-dingin-dan-tahan-lama-4

Harga : Rp 975.000

Dapat dibuka dari sisi kanan atau kiri



GEA RS-06DR memiliki desain yang elegan dan minimalis. Kulkas mini bar ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas yang membuatnya lebih kokoh dan tahan lama. Kapasitas maksimal yang dapat ditampung kulkas mini ini adalah 46L.

Pintu dari GEA RS-06DR dapat dibuka dari sisi kanan atau kiri, sesuai dengan keinginan. Anda dapat mendinginkan berbagai bahan makanan serta minuman di kulkas mini bar yang memiliki temperature 0° C - 8° C.

Konsumsi daya yang digunakan pada kulkas mini bar ini pun tergolong kecil. Hanya 82 watt saja. Sehingga aman untuk pengeluaran biaya listrik bulanan Anda. Anda bisa membeli kulkas mini bar ini di Shopee.

3. Midea HS-65L

foto-rekomedasi-kulkas-mini-bar-yang-dingin-dan-tahan-lama-3

Harga : Rp 1.100.000



Telah tersertifikasi Eco Friendly 4 Ticks (NEA)

Midea HS-65L hadir sebagai salah satu inovasi terbaru produk kulkas dari brand asal China, Midea. Kulkas mini bar ini memiliki dimensi 472 x 450 x 492 mm yang membuatnya lebih praktis dan fleksibel.

Kapasitas maksimal yang dapat ditampung oleh Midea HS-65L adalah 50 liter. Sementara pemakaian daya per tahunnya hanya sekitar 210 KWh saja. Ini karena Midea HS-65L telah memiliki sertifikat Eco Friendly 4 Ticks (NEA) yang membuatnya lebih hemat energi.

Terdapat fitur Reversible Door Swing pada bagian pintu dari kulkas mini bar ini yang membuatnya bisa dibuka dari sisi kanan ataupun kiri. Ada pula panel kontrol yang memungkinkan Anda untuk mengatur temperaturnya. Anda bisa membeli kulkas mini bar ini di Shopee.

2. Domo DS-1050



foto-rekomedasi-kulkas-mini-bar-yang-dingin-dan-tahan-lama-2

Harga : Rp 1.575.000

Tersedia thermostat untuk mengatur suhu bagian dalam

Kulkas mini bar jenis showcase saat ini juga tengah diminati. Ini karena pintu kaca bening dan transparannya yang membuat Anda bisa melihat isinya tanpa harus membuka pintunya. Seperti pada Domo DS-1050.

Dengan kapasitas 150 liter nya, Domo DS-1050 dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis makanan dan minuman agar tetap dingin dan segar. Pemakaian dayanya pun hanya sebesar 95 watt saja.

Showcase mini ini telah dilengkapi dengan lampu LED yang dapat menerangi bagian dalamnya dengan maksimal. Selain itu, tersedia juga thermostat yang memungkinkan Anda untuk mengatur suhu dalam kulkas. Anda bisa membeli kulkas mini bar ini di Shopee.

1. Toshiba GR-N9P



foto-rekomedasi-kulkas-mini-bar-yang-dingin-dan-tahan-lama-1

Harga : Rp 2.170.000

Dilengkapi fitur Ioan anti bakteri yang membuat makanan tetap sehat

Berbicara perangkat elektronik, rasanya sulit untuk meninggalkan nama Toshiba. Brand satu ini terkenal akan beragam produk elektroniknya, termasuk kulkas mini bar yang diberi nama Toshiba GR-N9P ini.

Kulkas mini ini memiliki desain yang mewah dan elegan. Dengan dimensi ukuran berkisar 70 x 63 x 62 cm, kulkas mini bar ini terbilang cukup praktis dan minimalis sehingga mudah diletakkan di mana saja.

Dilengkapi dengan fitur Ion anti bakteri yang tidak hanya dapat mendinginkan bahan makanan, tapi juga menjaganya agar tetap higienis dan sehat dikonsumsi. Anda bisa membeli kulkas mini bar ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli kulkas mini bar, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting seperti kapasitas, kesesuaian ukuran kulkas dengan space tersedia serta budget yang Anda miliki.
  • Anda bisa memilih Sharp SJ-50MB-XW, karena terbuat dari material tempered glass yang kokoh, awet dan tahan lama.
  • Sedangkan, untuk Anda yang gemar travelling tiap akhir pekan, Anda bisa memilih Hyundai Kulkas Mobil Mini.
  • Namun, untuk Anda yang menginginkan kulkas mini bar yang hemat energi, maka Anda bisa memilih Midea HS-65L.

Referensi

  1. Foter (2020), How to Choose a Mini Fridges, https://foter.com/how-to-choose-a-mini-fridges
  2. Centrelink (2013), Useful Features And Benefits Of Mini Fridge, http://www.centrelink.org/useful-features-and-benefits-of-mini-fridge/#:~:text=One%20of%20the%20key%20benefits,to%20defrost%20your%20regular%20refrigerator





Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.