Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


28 Dec 2020 06:28

10 Rekomendasi Keramik Terbaik untuk Lantai Kamar Mandi

By Cektarif Plus


Memiliki rumah sendiri adalah harapan setiap keluarga. Berbagai konsep rumah bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan yang Anda impikan. Tidak terkecuali pemilihan material yang tepat seperti keramik.



Terdapat beberapa jenis keramik yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan ruangan. Salah satunya keramik untuk lantai kamar mandi, di mana jenis keramik yang digunakan berbeda dengan keramik untuk ruangan utama.

Keramik lantai kamar mandi memiliki bagian permukaan yang kasar, di mana tujuannya agar penggunanya tidak mudah terpeleset atau terjatuh. Selain itu, keramik untuk lantai kamar mandi juga memiliki ketahanan seperti tahan terhadap air maupun kelembaban.

Terlepas dari hal tersebut, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran, pemilihan warna, dan motifnya. Karena kesesuaian dengan konsep interior rumah bisa menjadi nilai tambah tersendiri untuk hunian terbaik seperti yang Anda impikan.

Untuk itu, kami menyajikan 10 rekomendasi keramik terbaik untuk lantai kamar mandi lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih keramik hingga cara membersihkannya.

Perhatikan konsep kamar mandi yang ingin Anda bangun

Secara umum, konsep kamar mandi dibagi menjadi dua, yaitu kamar mandi kering dan kamar mandi basah.



Kamar mandi kering banyak disukai oleh masyarakat karena lebih praktis dan nyaman saat digunakan. Modelnya bebas dari adanya genangan air sehingga aman dari jentik-jentik nyamuk pembawa penyakit seperti demam berdarah.

Untuk pemilihan keramik lantai kamar mandi kering, Anda bisa menggunakan motif polos agar ruangan kamar mandi terlihat lebih luas luas dan lega. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan motif lainnya agar terlihat lebih cantik, indah dan unik.

Sedangkan, kamar mandi basah adalah kamar mandi yang cenderung kondisinya lembab, karena di dalamnya terdapat bak air mandi. Sehingga penting bagi Anda memilih keramik lantai dengan permukaan bertekstur kasar agar terhindar dari risiko terpeleset atau terjatuh.

Untuk menjaga ruangan kamar mandi basah agar tetap terlihat cantik dan indah, Anda bisa memilih jenis keramik lantai yang memiliki motif-motif timbul, seperti geometrik, bunga, kotak-kotak, dan lain sebagainya.

Perhatikan ukuran keramik

Memasang keramik lantai kamar mandi tentu memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Diperlukan keramik dengan ukuran yang tepat agar tidak banyak potongan yang bisa membuat ketidaknyamanan bagi yang melihatnya.



Secara umum, terdapat beberapa ukuran standar keramik lantai kamar mandi, seperti ukuran 20 x 20 cm, 25 x 25 cm, atau 20 x 30 cm.

Sebelum membelinya, lakukan pengukuran terlebih dahulu dengan cara menghitung luas lantai kamar mandi secara keseluruhan.

Kemudian, selaraskan ukurannya agar keramik bisa digunakan dengan maksimal. Jangan lupa untuk memperhitungkan tingkat kemiringan supaya air mengalir ke arah lubang pembuangan dengan lancar.

Pilih warna yang tepatdan sesuai

Warna keramik lantai kamar mandi sangat beragam. Ketika memilihnya usahakan Anda menyesuaikan dengan konsep interior. Selain itu, perhatikan intensitas cahaya matahari yang masuk ke ruangan kamar mandi.

Misalnya, Anda bisa memilih keramik warna terang jika ruangan kamar mandi Anda kurang mendapatkan sinar matahari. Begitu juga sebaliknya, jika pencahayaan sinar matahari cukup banyak, maka Anda bisa memilih keramik dengan warna yang sedikit gelap.



Perhatikan pemilihan tekstur keramik

Secara umum lapisan permukaan keramik ada 4 macam, yakni satin, glossy, memiliki tekstur, dan matte. Untuk kebutuhan lantai keramik kamar mandi, Anda bisa memilih keramik yang bertekstur.

Apalagi jika dalam keluarga Anda ada orang tua atau anak-anak, tentu keramik dengan permukaan kasar atau bertekstur berguna agar lantai tidak mudah licin, sehingga aman dari risiko terpeleset atau terjatuh di dalam kamar mandi.

Pilih keramik dengan grade KW1

Berdasarkan kelasnya, keramik yang ada di pasaran dibedakan menjadi 3 macam, yaitu grade 1, grade 2, dan grade2. Atau, biasanya produsen keramik akan menuliskan KW 1, KW 2, dan KW 3.



Untuk jenis keramik kelas KW 1 ukurannya lebih presisi dan memiliki warna yang lebih stabil dan seragam. Sementara keramik KW 2 memiliki kualitas di bawahnya, terkadang ukurannya meleset 3 milimeter atau lebih.

Sedangkan untuk KW 3 ukurannya tidak presisi, biasanya ditemukan dalam satu box nya terdapat ukuran yang berbeda. Demikian juga dengan motif keramik KW3 yang beberapa di antaranya meleset atau kurang pas antara satu dengan lainnya.

Untuk kualitas, sebaiknya Anda memilih keramik KW1. Namun jika anggaran Anda terbatas, bisa memilih keramik KW2 atau juga bisa KW3.

Cara membersihkan kerak pada keramik lantai kamar mandi

Munculnya kerak pada keramik lantai kamar mandi ini dapat menyebabkan lantai menjadi kusam dan terlihat semakin kumuh. Kerak sendiri biasanya berasal dari sisa kotoran, sabun, jamur, dan lumut yang menumpuk terlalu lama.

Untuk mengatasi kerak pada keramik lantai kamar mandi, Anda bisa menggunakan produk pembersih lantai yang diformulasikan khusus untuk membersihkan kerak pada keramik. Caranya mudah, yaitu :



  • Siapkan produk pembersih kerak keramik.
  • Tuangkan pembersih tersebut ke area yang terdapat kerak membandel.
  • Gosok dengan sikat, lalu diamkan beberapa menit. Hal ini tergantung pada kualitas produk pembersih yang Anda gunakan.
  • Langkah terakhir adalah, gosok kembali lalu bilas dengan air bersih.

Selain menggunakan produk pembersih yang sudah ada di pasaran, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan lain untuk membersihkan kerak, seperti dengan menggunakan cuka, baking soda, garam, maupun kaporit.

10 Rekomendasi keramik untuk lantai kamar mandi

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang keramik lantai kamar mandi dan cara membersihkannya, maka perkenankan kami memberikan10 rekomendasi keramik untuk lantai kamar mandi berbagai merek berikut ini:



10. Keramik Lantai Kamar Mandi Impresso Rocky Black

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-lantai-kamar-mandi-10

Harga : Rp 46.366

Memberikan kesan modern dan elegan

Keramik lantai kamar mandi dari Impresso ini berukuran 30 x 30 cm dengan tebal 7.3 mm. Memiliki warna hitam yang dapat memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan kamar mandi.

Material utama keramik ini terbuat dari tanah. Tekstur sudah dirancang anti selip dan aman dari risiko terpeleset atau jatuh.

Selain itu, kelas KW1 di mana secara kualitas memiliki ukuran yang presisi sehingga membuat lantai terlihat lebih rapi dan indah. Untuk per dus keramik ini berisi 11 buah dengan harga sekitar 40 ribuan saja. Anda bisa membeli keramik ini di Shopee.



9. Keramik Lantai Kamar Mandi Accura Cervino Series

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-lantai-kamar-mandi-9

Harga : Rp 93.000

Membuat lantai semakin indah dan menarik

Accura Cervino Series ini tersedia dalam beberapa pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda, seperti Cervino Grey, Cervino Beige, dan Cervino Blue. Ukuran standar untuk lantai kamar mandi, yakni 25x25 cm.

Keramik ini juga memiliki permukaan Embossed atau finishing dengan cetak timbul sehingga lantai kamar mandi tidak licin dan aman saat digunakan. Selain itu, desain indah, kualitas KW1 dan tidak mengkilap (matt).



Adapun isi per dus keramik ini adalah 16 pcs. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli keramik lantai kamar mandi ini di Shopee.

8. Keramik Lantai Kamar Uno Venus Grey

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-lantai-kamar-mandi-8

Harga : Rp 60.000

Memberikan nuansa alami pada kamar mandi

Keramik lantai kamar mandi KW1 dari Uno ini berukuran 25 x 25 cm. Memiliki motif batu alam 3D dengan tipe venus semakin membuat interior terlihat lebih cantik dengan nuansa alami yang tenang dan meneduhkan.



Meskipun permukaan keramik memiliki tekstur tidak timbul, namun jangan khawatir karena sudah anti slip, sehingga membuat penggunanya terhindar risiko terpeleset atau terjatuh.

Adapun warna yang ditawarkan ada dua yaitu abu-abu dan coklat. Anda bisa membeli keramik lantai kamar mandi ini di Shopee.

7. Keramik Lantai Kamar Mandi Roman dCirculum

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-lantai-kamar-mandi-7

Harga : Rp 105.000

Motif menarik dan berkualitas



Keramik lantai Roman dCirculum Series memiliki motif grafik yang menarik dengan beberapa pilihan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan konsep ruangan kamar mandi agar terlihat padu dan cantik.

Warna-warna yang bisa Anda pilih antara lain adalah warna Beige, Grey, Blue, Brown, dan Colorful. Selain itu, tekstur matte yang semakin membuat ruangan terlihat lebih elegan.

Adapun untuk ukuran keramik ini 20 x 20 cm, kelas KW1, dan dalam satu dus nya berisi 25 pcs untuk 1 m2. Anda bisa membeli keramik lantai kamar mandi ini di Shopee.

6. Keramik Lantai Kamar Mandi Asia Tile Galaxy Black

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-lantai-kamar-mandi-6

Harga : Rp 58.000



Memberikan kesan alami dan berkelas pada lantai kamar mandi

Keramik lantai Galaxy Black dari Asia Tile ini dapat memberikan kesan mewah pada ruangan kamar mandi. Selain itu, interior akan terlihat lebih indah dengan kesan alami yang berasal dari warna keramik lantai ini.

Belum lagi permukaannya yang anti selip dan aman saat digunakan. Untuk ukuran keramik ini 20 x 20 cm yang pas diaplikasikan untuk berbagai ukuran kamar mandi. Anda bisa membeli keramik lantai ini di Shopee.

5. Keramik Lantai kamar Mandi KIA Streep Blue

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-lantai-kamar-mandi-5

Harga : Rp 119.000



Membuat tampilan kamar mandi terlihat lebih eye catching

Keramik lantai dari KIA ini memiliki motif Streep Blue yang cocok diaplikasikan untuk lantai kamar mandi dengan konsep yang lebih ceria dan modern. Interior akan terlihat lebih fresh dengan warna biru yang indah.

Selain itu, kualitas keramik kelas KW1, di mana memiliki presisi tinggi yang memungkinkan pemasangan lebih rapi. Kemudian juga sudah dirancang anti selip sehingga aman dari risiko terpeleset atau terjatuh.

Adapun ukuran keramik lantai ini 25 x 25 cm dengan tebal 7.2 mm. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli keramik lantai kamar mandi ini di Shopee.

4. Keramik Lantai Kamar Mandi Centrino Remini Beige



foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-lantai-kamar-mandi-4

Harga : Rp 61.692

Memberikan kesan alami dan mewah

Keramik lantai dari Centrino ini memiliki motif kayu yang cantik dengan warna Beige yang cocok diaplikasikan untuk mendukung konsep interior dengan nuansa alami dan mewah.

Material keramik terbuat dari tanah. Memiliki permukaan anti selip sehingga aman saat digunakan dan tidak membuat licin meskipun bersentuhan dengan air.

Untuk ukuran keramik ini cukup besar 40 x 40 cm sehingga memungkinkan kecepatan saat pemasangan. Anda bisa membeli keramik lantai kamar mandi ini di Shopee.

3. Keramik Lantai Kamar Mandi Mulia Signature Stanley



foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-lantai-kamar-mandi-3

Harga : Rp 82.000

Memberikan kesan elegan dan mewah lantai kamar mandi

Keramik lantai kamar mandi KW2 dari brand Mulia tersedia dalam dua tipe pilihan menarik, yakni Stanley Grigio dan Stanley Beige. Warnanya elegan dan bisa membuat lantai Anda terlihat lebih mewah dan berkelas.

Selain itu, model tidak mengkilap dan anti selip sehingga pas digunakan untuk kamar mandi maupun lantai di luar ruangan rumah Anda.

Untuk ukuran 40 x 40 cm, dan dalam satu dus nya berisi 6 pcs. Anda bisa membeli keramik lantai kamar mandi ini di Shopee.



2. Keramik Lantai Kamar Mandi IKAD SL 24647

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-lantai-kamar-mandi-2

Harga : Rp 80.000

Membuat lantai kamar mandi terlihat modern dan cantik

Keramik dari brand IKAD dengan motif SL 24647 ini memiliki permukaan yang kasar dan cocok digunakan untuk kamar mandi, garasi, maupun lantai bagian luar rumah Anda. Hal ini tidak lepas karena desainnya yang detail dan nyaman dilihat.

Selain itu, warna Grey dan finisihing matt pada keramik lantai ini juga dapat membuat tampilan terlihat lebih mewah dan elegan. Belum lagi aman saat digunakan karena sudah dilengkapi dengan fitur anti selip.

Untuk ukuran keramik 25 x 25 cm, dan berisi 16 pcs dalam setiap satu dus nya. Anda bisa membeli keramik lantai kamar mandi ini di Shopee.



1. Keramik Lantai Kamar Mandi 2052 White Pegasus

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-lantai-kamar-mandi-1

Harga : Rp 51.000

Desain elegan dan tahan terhadap berbagai noda

Keramik Pegasus berukuran 20 x 20 cm ini memiliki motif yang unik dengan warna putih yang dapat memberikan kesan ruangan nampak lebih luas dan mewah. Tersedia grade KW1 dengan harga 50 ribuan saja per dus yang bersisi 25 pcs.

Dan, yang terpenting adalah bagian permukaan anti licin dan mudah pemasangannya untuk hasil yang rapi dan presisi. Anda bisa membeli keramik lantai kamar mandi ini di Tokopedia.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli keramik untuk lantai kamar mandi, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti konsep kamar mandi,ukuran, keserasian warna, dan juga teksturnya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara membersihkan kerak yang menempel agar lantai kamar mandi tidak kusam dan terlihat kumuh.
  • Anda bisa memilih keramik dari Pegasus, karena keramik ini memiliki motif yang unik dengan warna putih yang dapat memberikan kesan elegan pada kamar mandi Anda.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin lantai kamar mandi dengan motif kayu yang cantik, anti selip dan berkualitas, Anda bisa memilih keramik Centrino Remini Beige.
  • Namun, untuk Anda yang ingin keramik berkualitas dengan motif dan warna-warnanya yang menarik, Anda bisa memilih keramik Roman dCirculum.

Referensi



  1. Anna Cottrell (2018), How to choose floor tiles, https://www.realhomes.com/buying-guides/how-to-choose-floor-tiles
  2. Kimberly Duran (2017), Top Tips for Choosing Bathroom Tiles, https://www.tilemountain.co.uk/blog/9-tips-choosing-bathroom-tiles/
  3. The Fantastic Team(2019),How to Clean Bathroom Tiles,https://fantasticservicesgroup.com.au/blog/how-to-clean-bathroom-tiles/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.