Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


01 Jun 2020 08:01

10 Rekomendasi Crayon Terbaik yang Aman untuk Anak-Anak

By Cektarif Plus


Anak-anak maupun orang dewasa biasanya menyukai aktivitas menggambar. Selain pensil warna dan cat air, crayon sering dipilih untuk mewarnai gambar karena warnanya yang tegas dan penggunaannya yang cukup mudah. Eksistensi crayon memang tidak tergerus zaman meski banyak alat mewarnai lain yang ramai di pasaran.



Banyak produsen alat tulis yang menawarkan beragam jenis crayon, mulai harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Namun, untuk mendapatkan crayon terbaik dan aman untuk anak Anda, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal seperti kualitas, jumlah warna, bahan, serta mereknya.

Karena itu, kami menyajikan crayon terbaik yang aman untuk anak-anak lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai crayon, cara memilih crayon, serta cara menyimpan hasil gambar dengan crayon.

Mengenal crayon dan karakteristiknya

Crayon merupakan sebuah alat gambar yang terbuat dari lilin padat atau solid wax dan dibentuk menyerupai stik. Keunggulan crayon adalah tidak mudah patah karena stik crayon cukup kokoh dan warnanya tegas serta tidak mudah luntur.

Terdapat juga crayon pastel yang terdiri dari campuran pigment extender dan minyak cair sehingga lebih mudah digunakan dan warna yang dihasilkan pun terlihat lembut dan soft. Jika menggunakan crayon dengan benar dan tepar, tangan Anda juga tidak mudah kotor.



Pilih jenis crayon yang tepat untuk anak Anda

Meskipun jika dilihat secara garis besar crayon itu hampir semuanya sama, namun rupanya crayon memiliki beberapa jenis yang berbeda. Berikut ini jenis-jenis crayon yang patut Anda ketahui sebelum membelinya :

Pertama adalah crayon minyak yang menampilkan warna yang natural dan tegas sehingga lebih menarik. Hasil gambar dengan crayon ini umumnya memiliki tekstur yang sedikit berminyak. Karena mudah digunakan, crayon minyak cukup digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Namun, kandungan minyaknya menyebabkan crayon ini lengket jika terkena lantai atau dinding.

Kedua adalah crayon air (aqueous crayon) yang terlihat seperti crayon biasa, namun hasil coretan dengan crayon ini dapat dihapus dengan air sehingga akan lebih leluasa dalam berekspresi.

Ketiga adalah crayon beeswax. Crayon beeswax ini terbuat dari sarang lebah yang belum digunakan dan dihancurkan hingga halus kemudian dipadatkan menjadi wujud lilin. Karena terbuat dari bahan alami, produk ini sangat aman bagi anak-anak.

Pilih crayon yang mudah digenggam



Alat mewarnai lain seperti cat air, pensil warna, dan spidol memiliki beberapa kesulitan ketika digenggam oleh anak-anak. Tingkat kesulitan yang berbeda-beda pada produk tersebut menjadikan crayon sebagai alat mewarnai paling ideal untuk anak-anak hingga dewasa.

Bagi mereka yang belum terampil, pemilihan crayon sebagai alat mewarnai merupakan langkah yang tepat dilakukan. Kemudahan menggenggam yang ditawarkan oleh setiap crayon menjadi aspek yang perlu diperhatikan. Dengan begitu, anak Anda ataupun Anda sendiri takkan kesulitan saat menggunakannya.

Sifat crayon yang kokoh dan tidak mudah patah, dinamis, dan mudah digerakkan ini memberikannya nilai lebih dibandingkan alat mewarnai lain. Tidak hanya itu, crayon umumnya juga disertai pembungkus sehingga tangan tidak kotor akibat kontak langsung dengan crayon.

Cara menyimpan hasil gambar crayon dengan baik

Hasil gambar anak Anda mungkin merupakan hasil karya yang langka, sehingga membuat Anda ingin mengabadikan dan memajang gambar tersebut. Namun, jika Anda menyimpan gambar yang berasal dari crayon biasa, mungkin Anda akan mendapati pigmen dan minyak di permukaan gambar dapat menempel di area sekitarnya, dan mudah rusak ketika digosok dengan tangan.

Pastikan Anda menjaga gambar dari debu dan menghindarkan dari kelembapan ruangan. Karena itu, Anda bisa menggunakan pigura saat ingin memajangnya, sehingga lebih awet dan terhindar dari kotoran yang bisa merusak gambar.



Cara merawat dan menyimpan crayon agar lebih awet

Agar crayon yang sudah Anda miliki tetap terjaga, tidak patah, dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, pastikan Anda menyimpan dan merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat crayon:

  • Simpan crayon ditempat tersendiri dan jangan ditumpuk dengan barang yang berat. Karena menumpuk crayon dengan barang yang berat akan membuat crayon patah.
  • Simpan crayon ditempat yang kering dan hindari agar tidak terkena air. Crayon yang terkena air akan membuatnya mudah patah dan cepat rusak.
  • Jangan terlalu menekan crayon ketika menggunakannya, jika menekan crayon terlalu keras maka crayon akan mudah patah.
  • Jika menyimpan crayon di dalam tas, usahakan jangan menduduki atau menginjak tas yang berisi crayon.

10 Crayon terbaik yang aman untuk anak-anak



Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang crayon, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi crayon terbaik yang aman untuk anak-anak dari berbagai merek berikut ini:

10. TiTi TI-P-55S

titi_ti_p_55s

Harga : Rp 70.000

Tidak mudah luntur dan harganya ekonomis

Crayon ini merupakan alat mewarnai yang di produksi dari TiTi. TiTi bukanlah brand baru, Anda pasti sudah mengenal brand yang satu ini. Dalam jajaran produk pewarna, TiTi menghadirkan crayon bertipe minyak yang terbuat dari zat lilin dan tidak mengandung zat-zat berbahaya atau beracun.



Crayon dari TiTi ini hadir dengan 55 pilihan warna. Karena kandungannya yang tidak berbahaya, crayon TiTi ini aman digunakan oleh anak-anak. Selain itu, produk ini mengandung bahan yang membuatnya tidak mudah luntur.

Bahkan, crayon ini terkenal akan kemampuannya bertahan meski terkena cipratan atau basuhan air. Anda dapat membeli crayon ini di Shopee.

9. Faber Castell 24 Erasable Crayons

faber_castell_24_erasable_crayons

Harga : Rp 41.500

Salah memakai warna? Tidak perlu bingung, cukup dihapus saja



Selain memproduksi pensil warna, Faber Castell juga rupanya memproduksi crayon. Crayon ini merupakan crayon minyak yang mengedepankan aspek keamanan. Crayon dari Faber Castell ini bersifat non-toxic pada material solid wax yang digunakan sehingga aman digunakan anak-anak.

Yang menarik dari crayon ini yaitu bagian ujungnya yang bisa diraut seperti pensil dan bisa dihapus jika salah menggunakan warna. Anda tidak perlu membeli rautan khusus secara terpisah sebab Faber Castell sudah melengkapinya pada satu set pembelian.

Setiap stik crayon ini memungkinkan Anda menarik garis lurus yang bisa dihapus ketika tampak tidak lurus. Crayon Faber Castell ini hadir dengan 24 pilihan warna. Anda dapat membeli crayon ini di Shopee.

8. TiTi TI-CP-12/P Twist Crayon

titi_ti_cp_12_p_twist_crayon

Harga : Rp 23.900



Crayon putar dengan banyak warna.

Pada umumnya, crayon dibungkus dengan kertas demi menjaga tangan anak tetap bersih. Namun, kadang-kadang kertas pembungkus tersebut dirobek oleh anak. Nah, produk ini dapat mencegah terjadinya hal tersebut karena dibungkus menggunakan mika.

Bentuk crayon ini menyerupai lipstik dan hadir dengan 12 pilihan warna menarik. Untuk menggunakannya, Anda harus memutarnya sampai isi crayon dalam mika keluar sedikit. Jadi, tangan anak tidak langsung bersentuhan dengan crayon, tetapi dengan mikanya.

Agar tidak mudah patah, sebaiknya ujung crayon yang dikeluarkan tidak lebih dari 1 cm. Anda dapat membeli crayon ini di Lazada.

7. Crayola Ultra Clean Washable Crayon



crayola_ultra_clean_washable_crayon

Harga : Rp 43.800

Tidak perlu khawatir dengan coretan crayon di dinding

Anak-anak memang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, ia dapat menggambar dimana saja bahkan di tembok. Anda tidak perlu khawatir, Alat mewarnai satu ini takkan lagi membuat Anda pusing menghapus noda warna yang mungkin sulit hilang pada tembok, meja, atau perabotan rumah lainnya.

Crayon ini hadir dengan 16 pilihan warna. Crayon dari crayola merupakan crayon air berbahan non-toxic yang aman bagi anak-anak. Crayon ini mampu dihilangkan atau dibilas menggunakan air sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila anak Anda mencoret-coret dinding rumah. Anda dapat membeli crayon ini di Bukalapak.

6. TiTi TI-BW-12PP



titi_ti_bw_12pp

Harga : Rp 24.500

Crayon beeswax dengan ukuran yang lebih besar

Jika Anda memiliki anak yang baru memasuki tahap belajar, Anda perlu menyiapkan crayon dengan warna yang tidak terlalu banyak dan cukup kenalkan anak Anda dengan warna-warna dasar agar tidak bingung.

Crayon dari TiTi ini hadir dengan 12 pilihan warna akan cocok dipakai oleh anak-anak yang baru mulai belajar mengenai warna. Produk ini terbuat dari sarang lebah atau beeswax yang sudah dipadatkan dan diberi zat pewarna.

Zat pewarna yang digunakan pun telah teruji aman untuk anak-anak sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika anak Anda menggunakannya. TiTi mendesain setiap stik crayon dengan ukuran 1,3cm sehingga lebih awet dan kuat sehingga tidak mudah patah. Anda dapat membeli crayon ini di Tokopedia.

5. Paintmate Washable Silky Crayon 4112SPP



washable_silky_crayon

Harga : Rp 90.000

Crayon yang memberikan hasil gambar seperti menggunakan cat air

Silky crayon ini merupakan aqueous crayon atau crayon air yang menawarkan hasil yang tampak asli pada media gambar. Setiap crayon diberi lapisan pelindung berupa plastik yang kokoh dan awet sehingga tidak mudah patah.

Selain itu, setiap gagang stik crayon ini juga mudah digenggam sehingga anak-anak pun akan merasa nyaman selama menggunakannya ketika mewarnai. Dalam satu paket crayon ini terdapat 12 buah warna yang ditumpuk menjadi 2 susun. Produk ini bisa digunakan sebagai crayon biasa, oil pastel, ataupun cat warna.

Crayon ini memiliki fungsionalitas yang tinggi sehingga anak Anda bisa memvariasikan penggunaannya sesuai kreatifitasnya. Jika Anda melapisi gambar dengan kuas basah, gambar pun dalam sekejap akan nampak seperti hasil gambar dengan cat air.Anda dapat membeli crayon ini di Shopee.



4. Joan Miro Beeswax Crayon

joan_miro_beeswax_crayon

Harga : Rp 150.000

Motif unik dan disukai anak-anak

Joan Miro merupakan crayon beeswax yang menyediakan produk dan sudah terbukti aman dipakai oleh setiap anak mulai rentang umur prasekolah ke atas. Pada seri ini terdapat dua pilihan crayon dengan bentuk yang lucu yaitu motif buah-buahan dan motif dinosaurus.

Bukan hanya terlihat lucu, Joan Miro Beeswax Crayon tetap menawarkan kualitas dalam urusan pewarnaan gambar.Tidak perlu menekan berlebihan, warna dari crayon ini sudah bisa kelihatan pada kertas gambar anak. Crayon ini hadir dengan 12 pilihan warna menarik.

Produk ini juga ideal dipakai untuk anak yang baru pertama kali belajar menggambar menggunakan crayon karena setiap stik crayon dirancang agar mudah digenggam ketika mewarnai gambar.Anda dapat membeli crayon ini di Shopee.



3. Joan Miro Baby Roo - Silky Crayon

joan_miro_baby_roo_silky_crayon

Harga : Rp 174.000

Cocok digunakan untuk balita

Crayon tidak hanya untuk anak-anak dan orang dewasa saja, tetapi ada juga crayon untuk balita. Joan Miro menciptakan crayon bertipe aqueous (crayon air) ini sehingga tingkat keamanannya terjamin dan tidak akan membahayakan.

Silky Crayon ini hadir dalam 24 jenis warna yang beragam sehingga tidak akan membuat anak-anak mudah bosan. Anda tidak perlu repot meraut crayon ini karena ini merupakan jenis crayon putar, hanya perlu diputar untuk mengeluarkan isi crayonnya.



Anda juga tidak perlu khawatir terhadap coretan-coretan crayon ini di dinding rumah, lantai, atau perabotan karena Anda dapat menghilangkannya hanya dengan beberapa usapan air saja. Anda dapat membeli produk ini di Shopee.

2. Greebel Artist Oil Pastels

greebel_artist_oil_pastels

Harga : Rp 94.000

Menggabungkan warna tanpa takut merusak warna dasarnya

Greebel Artist Oil Pastels merupakan crayon yang di produksi dari Greebel. Crayon ini merupakan crayon jenis minyak dengan bahan-bahan yang aman digunakan oleh anak-anak. Crayon ini hadir dengan 24 pilihan warna yang menarik.



Meski berjenis crayon minyak, namun crayon Greebel ini tidak menyisakan noda kotor atau kesan lengket dan sangat mudah dibersihkan. Kelebihan lainnya adalah dalam penggunaannya, jika menggabungkan dua warna berbeda di media gambar maka warna dasarnya tidak akan rusak. Anda dapat membeli crayon ini di Shopee.

1. Faber Castell Hexagonal Oil Pastel

faber_castell_hexagonal_oil_pastel

Harga : Rp 108.000

Banyak variasi warna yang menarik

Crayon dari Faber Castell ini hadir dengan 60 jenis warna sehingga akan membuat hasil gambar menjadi lebih kaya warna. Crayon ini merupakan jenis crayon minyak dengan bahan-bahan non toxic yang tidak berbahaya.



Faber Castell membungkus produk berikut dalam kemasan yang kokoh sehingga tidak mudah rusak atau isinya patah saat dimasukkan ke dalam tas dan dibawa bepergian. Crayon yang kaya warna ini juga mempunyai sifat yang easy to clean, jadi Anda tidak perlu lagi khawatir semisal crayon mengenai pakaian anak. Anda dapat membeli crayon ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli crayon, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis crayon, kualitas bahan, merek, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan bagaimana cara menyimpan dan merawat crayon agar crayon lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memlilih crayon Faber Castell Hexagonal Oil Pastel, karena memiliki pilihan warna yang sangat banyak dan terbuat dari bahan non toxic yang tidak berbahaya bagi anak-anak.
  • Sedangkan, untuk Anda yang memiliki balita dan ingin mengasah kreativitasnya, Anda bisa memilih crayon Joan Miro Baby Roo.
  • Namun, jika Anda yang ingin memberikan anak Anda bentuk crayon yang unik dan menarik, maka Anda dapat memilih crayon Joan Miro Beeswax.

Referensi



  1. Children For Children (2019), Top 10 Best Crayons for Toddlers Reviews in 2019,https://www.childrenforchildren.org/best-crayons-for-toddlers/
  2. Emily Platt (2020), The Best Crayons for Toddlers You Can Shop on Amazon,https://www.thebump.com/a/crayons-for-toddlers



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.