Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


27 Jul 2020 08:27

10 Rekomendasi Alat Tes Kehamilan Paling Akurat

By Cektarif Plus


Sedang melaksanakan program hamil? Kalau begitu, Anda wajib mengenali tanda-tandanya. Selain mengamati perubahan fisik selama masa ovulasi, hal lain yang biasa dilakukan wanita untuk mengecek tanda kehamilan adalah dengan menggunakan test pack atau alat deteksi kehamilan.



Test pack bekerja dengan cara mendeteksi keberadaan human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon penentu kehamilan tersebut dapat ditemukan pada sampel urine maupun darah.

Cara paling mudah untuk mengecek kehamilan secara mandiri adalah dengan menempelkan test pack pada sampel urine di pagi hari. Jika hasilnya positif, indikator pada test pack akan menunjukkan dua garis, sebaliknya jika negatif, hanya ada satu garis yang muncul.

Karena itu, kami menyajikan beberapa alat tes kehamilan paling akurat berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai test pack dan cara menggunakannya.

Tips memilih test pack

Meski terkesan sama antara satu merek dan lainnya, Anda tetap harus selektif dalam memilih alat tes kehamilan. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, seperti:

Pertama, tingkat akurasi. Hampir sebagian besar merek test pack yang dijual menawarkan hasil akurasi 99.99 persen. Namun, hasilnya tentu bisa berbeda-beda bagi tiap orang.



Ada sejumlah aspek yang menentukan efektivitas deteksi hCG, salah satunya adalah cara pemakaian alat. Untuk itu, sebelum menggunakan test pack, pastikan Anda sudah memahami teknik penggunaannya.

Kedua, jenis test pack. Bagi yang baru pertama kali menggunakan test pack, mungkin Anda akan kebingungan saat memilih aneka jenisnya. Biar makin kenal, simak perbedaan beberapa jenis test pack berikut:

  • Berdasarkan bentuk

Strip: Bentuknya sederhana dan digunakan dengan cara dicelupkan ke dalam wadah urine. Hasil dapat terlihat dalam waktu 1-3 menit. Karena bentuknya yang cenderung tipis, kadang hasilnya tampak buram dan sulit terbaca. Namun, harganya cukup terjangkau, yakni berkisar antara Rp10.000-Rp17.000.

Digital: Test pack digital unggul dalam segi visibilitas dan penggunaan yang praktis. Berbeda dari test pack strip yang membutuhkan wadah khusus untuk menampung air seni, jenis test pack satu ini dapat langsung diarahkan ke area keluarnya urine. Begitu hasilnya terlihat, indikator digital akan menunjukkan garis ataupun kata YES/NO.



  • Berdasarkan siklus haid

Normal: Test pack normal biasanya dianjurkan untuk digunakan satu minggu setelah siklus haid. Jika mengalami keterlambatan haid, Anda dapat menggunakan jenis test pack ini untuk mengetahui kemungkinan hamil.

Deteksi dini: Tersedia pula test pack yang dapat digunakan 7 hari sebelum siklus haid. Namun, test pack deteksi dini sering kali memberikan false positive atau hasil positif palsu. Untuk itu, Anda perlu mengamati tanda kehamilan lain di samping siklus haid untuk hasil yang lebih akurat.

Perhatikan tingkat keterbacaan indikator

Tidak jarang, indikator pada test pack menampakkan hasil yang buram atau sulit dibaca. Hal ini tentu akan menyulitkan pengguna. Dalam hal ini, alat tes kehamilan berjenis digital memiliki keunggulan dibanding strip. Jendela indikator mampu menampilkan hasil yang presisi dan mudah dimengerti.



Perhatikan jumlah isi produk

Umumnya, satu kemasan test pack hanya memiliki satu buah stick atau strip. Jika Anda termasuk orang yang sedang mengantisipasi kehamilan, ada baiknya untuk mempertimbangkan membeli test pack dengan isi 2 agar tidak perlu bolak-balik ke apotek.

Cara menggunakan alat tes kehamilan yang benar

Anda mungkin sudah familier dengan prosedur dasar penggunaan alat tes kehamilan. Namun, tentu tidak ada salahnya memastikan bahwa Anda sudah mengikuti prosedur penggunaan yang dianjurkan.

Produk test pack umumnya memiliki teknis penggunaan yang sama. Sediakan wadah khusus untuk menampung urine. Usahakan sediakan cangkir berbahan kertas tebal yang higienis dan kering. Celupkan ujung test pack pada wadah urine selama beberapa detik.

Masing-masing produk memiliki jangka waktu aplikasi yang beragam, ada yang 10 detik, 15, bahkan hingga 30 detik. Tunggu 1-3 menit untuk melihat hasilnya. Selain mencelupkan test pack, Anda juga dapat langsung mengaliri test pack langsung ke arah keluarnya air seni.



Umumnya, test pack berjenis compact menerapkan teknik penggunaan demikian. Mayoritas dokter dan produsen alat tes kehamilan menyarankan Anda untuk menggunakan test pack di pagi hari. Sebab, pada pagi hari, Anda belum mengonsumsi banyak makanan atau minuman. Jadi, test pack dapat mendeteksi kadar hCG dengan lebih baik tanpa adanya intervensi dari zat lain dalam tubuh.

Kesalahan umum dalam penggunaan test pack

Wanita yang mengalami kehamilan pertama kerap melakukan kesalahan dalam mengaplikasikan test pack. Karena kesalahan tersebut, tak jarang test pack menunjukkan hasil invalid bahkan hingga false positive.

Untuk mengantisipasi potensi kesalahan deteksi, ada baiknya Anda menghindari beberapa kesalahan umum dalam menggunakan tes pack berikut ini:

  • Terlalu terburu-buru untuk melakukan tes



Tidak semua wanita hamil memiliki kadar hCG yang dapat terbaca test pack dengan cepat. Untuk itu, dianjurkan untuk menunggu 1-2 minggu setelah pembuahan agar hasilnya dapat lebih akurat. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak alat tes kehamilan yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi dan dapat mendeteksi kadar hCG beberapa hari sebelum masa haid tiba.

  • Membaca hasil tes terlalu cepat

Terkadang, banyak yang tidak sabar untuk cepat-cepat mengetahui hasil tes kehamilan. Namun, hati-hati, test pack memiliki sensitivitas tinggi sehingga membuka hasil terlalu cepat sedikit saja dapat mempengaruhi efektivitas alat.

Biasanya, waktu tunggu hasil test pack berkisar antara 1-3 menit. Jika tidak ingin terlalu cepat, Anda boleh memasang alarm sesuai jangka waktu yang tercantum dalam kemasan test pack.

  • Terlalu lama membuka hasil tes



Jangan salah, terlalu lama membiarkan hasil test pack juga bisa mempengaruhi efektivitasnya, lho. Hasil test pack biasanya memiliki batas paling lama 5 menit. Lewat dari jangka waktu tersebut, hasilnya bisa terlihat buram dan sulit dibaca.

  • Tidak melakukan pemeriksaan lanjut

Banyak yang tidak melakukan pemeriksaan lanjut setelah mengetahui bahwa hasil test packnya negatif, sedangkan haid tidak datang tepat pada waktunya. Sebaiknya, meskipun test pack menunjukkan hasil negatif, Anda tetap harus melakukan pemeriksaan ulang, terutama jika ada perubahan pada siklus haid.

Biasanya, kadar hCG belum mencapai tingkat tertentu sehingga tidak dapat terbaca oleh test pack. Jadi, tak perlu berkecil hati. Ulangi tes hingga 2-3 kali setelah masa pembuahan untuk memastikan hasilnya.

  • Tidak menggunakan test pack di pagi hari



Meskipun sudah banyak test pack yang dapat digunakan kapanpun, Anda tetap dianjurkan melakukan tes kehamilan di pagi hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga kadar hCG tetap murni agar dapat dengan mudah terbaca oleh test pack.

Pada pagi hari, konsentrasi urine berada dalam kondisi paling pekat dan belumterkontaminasi makanan ataupun minuman. Jika tes dilakukan saat urine dalam kondisi encer, test pack bisa saja memberikan hasil negatif, padahal bisa jadi kadar hCG sudah berada pada level yang dapat dideteksi.

10 Rekomendasi alat tes kehamilan paling akurat

Setelah mengetahui tips dalam memilih test pack, kini saatnya mencari tahu pilihan test pack terbaik untuk Anda yang sedang mengharapkan kehadiran si buah hati. Untuk mendapatkan hasil akurat, bandingkan keunggulan masing-masing merek, jenis test pack, serta harganya. Berikut beberapa merek test pack terpopuler yang sudah mendapatkan ulasan positif dari pengguna:

10. Akurat Test Pack



akurat_test_pack

Harga : Rp 8.500

Hasil langsung terlihat dalam 1 menit

Test pack dengan harga terjangkau ini menawarkan tingkat akurasi 99 persen. Cukup celupkan strip ke wadah urine selama 15 detik, hasilnya sudah langsung terlihat dalam 1-3 menit. Jendela indikator juga dapat terbaca jelas dengan tingkat kesalahan minor.

Sebelumnya, pastikan membaca cara penggunaan dengan baik untuk menghindari kerusakan strip yang mengakibatkan hasil tidak terbaca.Anda bisa membeli test packini di Shopee.

9. One Med hCG Urine Pregnancy Test



onemed_hcg_urine_pregnancy_test

Harga : Rp 1.000

Akurat, murah-meriah, dan praktis

Jika ingin membeli test pack dengan jumlah banyak, pertimbangkan untuk memilih OneMed hCG Urine Pregnancy Test. Meskipun harganya tergolong murah, kualitas yang ditawarkan tidak kalah andal.

Test pack ini dapat mendeteksi kadar hCG dalam urine dengan tingkat sensitivitas 20 mlU. Agar hCG lebih mudah terbaca, lakukan tes di pagi hari sebelum mengonsumsi air atau makanan apapun. Anda bisa membeli test packini di Shopee.

8. Gea Medical HCG Pregnancy Test



gea_medical_hcg_pregnancy_test

Harga : Rp 84.500

Mendeteksi kehamilan lebih mudah dan cepat

Agar lebih praktis, tidak ada salahnya membeli test pack dengan jumlah besar dalam kemasan box. Gea Medical HCG Pregnancy Test memiliki tingkat akurasi 99,99 persen dan sensitivitas 25 mlU sehingga mampu menjanjikan hasil akurat tanpa false positive atau negative. Anda bisa membeli test pack ini di Tokopedia.

7. Woman Choice Strip + Wadah Urine



woman_choice_strip_wadah_urine

Harga : Rp 23.000

Hasil dapat lebih akurat dan sensitif

Tingkat akurasi test pack terkadang dipengaruhi faktor eksternal, seperti kemungkinan tetesan air pada wadah urine. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya membeli test pack yang sudah dilengkapi wadah urine khusus yang dijamin higienitasnya.

Women Choice Strip menyajikan hasil yang sama dengan uji laboratorium dan memiliki tingkat akurasi 99,99 persen serta sensitivitas 25 mlU. Hasil dapat langsung terbaca dalam 40 detik. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan hasil cepat dan akurat. Anda bisa membeli test pack ini di Lazada.

6. Humasis After Pregnancy Test Compact



humasis_after_pregnancy_test_compact

Harga : Rp 40.000

Langsung pakai tanpa celup ke dalam wadah urine

Alat tes kehamilan buatan Korea Selatan ini dapat langsung dipakai sembari Anda kencing di pagi, siang, maupun sore hari. Test pack didesain dengan tingkat akurasi dan sensitivitas mencapai 99 persen.

Humasis After Pregnancy Test sangat cocok digunakan Anda yan g ingin mendeteksi kehamilan pada tahap 3-4 hari setelam pembuahan. Hasil tes dapat langsung terbaca dalam 5 menit. Anda bisa membeli test packini di Shopee.

5. Directtest Alat Deteksi Kehamilan Pribadi



direct_test_alat_deteksi_kehamilan_pribadi

Harga : Rp 20.500

Tingkat sensitivitas lebih tinggi dan lebih akurat

Berbeda dari alat tes kehamilan pada umumnya, Directtest memiliki tingkat sensitivitas 10 mlU yang dapat mendeteksi kadar hCG dalam urine secara lebih akurat. Anda dapat menggunakan test pack satu minggu setelah berhubungan.

Berkat tingkat sensitivitas yang tinggi, hasil yang ditampilkan pun dapat lebih akurat.Anda bisa membeli test packini di Shopee.

4. Jitu Strip Uji Kehamilan



jitu_strip_uji_kehamilan

Harga : Rp 17.000

Praktis, cepat, dan mudah

Jitu Strip Uji Kehamilan hadir dalam kemasan praktis dan mudah digunakan. Cukup masukkan ujung strip pada wadah urine selama 30 detik, hasilnya dapat terbaca dengan jelas di jendela indikator.

Anda dapat menggunakan test pack 1 minggu setelah masa subur atau berhubungan untuk mengetahui kemungkinan hamil. Anda bisa membeli test packini di Lazada.

3. Sensitif Compact



sensitif_compact

Harga : Rp 39.500

Hasil akurat dari merek terbaik

Sensitif Compact memiliki tingkat kepekaan 25 mlU yang dapat mendeteksi kadar hCG dengan lebih baik. Untuk hasil terbaik, gunakan test pack 7 hari setelah berhubungan. Lakukan tes pada pagi hari agar test pack mampu memberikan hasil yang lebih akurat.

Kemasan Compact memiliki keunggulan dalam hal tingkat kepekaan dan akurasi. Anda pun tak perlu repot menampung urine untuk melakukan pengecekan. Cukup arahkan ujung strip pada tempat keluarnya air seni selama 10 detik, dan tunggu hingga 1 menit untuk mendapatkan hasilnya. Anda bisa membeli test packini di Shopee.

2. Clear Blue Digital Pregnancy Test



clear_blue_digital_pregnancy_test

Harga : Rp 149.000

Usia kehamilan dapat langsung terdeteksi

Dibanding test pack biasa, ClearBlue Digital Pregnancy Test dapat dibilang memberikan hasil yang lengkap. Tidak hanya mampu mendeteksi kadar hCG dalam urine, jika hasilnya positif, Anda pun dapat mengetahui usia kehamilan hanya lewat test pack.

Tingkat akurasi kehamilan mencapai 99 persen, dengan prediksi usia kandungan sekitar 93 persen. Bagi yang ingin hasil akurat dan belum sempat berkonsultasi dengan dokter, ClearBlue Digital Pregnancy Test dapat memberikan hasil terbaik untuk persiapan kehamilan Anda. Anda bisa membeli test packini di Shopee.

1. Sensitif Digital Uji Kehamilan



sensitif_digital_uji_kehamilan

Harga : Rp 120.000

Hasil mudah dibaca

Jika test pack biasanya menampilkan garis pada jendela indikatornya, Sensitif Digital memberikan hasil dengan menampilkan kata YES dan NO. Dengan hasil yang mudah dibaca tersebut, Anda tak perlu lagi menebak-nebak jumlah garis yang kadang tampak buram karena kontak dengan cairan.

Cara penggunaannya pun tak jauh berbeda dengan test pack biasa. Cukup celupkan ujung test pack pada wadah urine selama 15 detik, hasilnya dapat langsung terlihat dalam 1-3 menit. Tak perlu menunggu pagi, Anda dapat langsung menggunakan test pack setelah membelinya. Anda bisa membeli test packini di Lazada.

Kesimpulan



  • Pilih jenis test pack sesuai kebutuhan. Jika ingin hasilnya lebih mudah dibaca, pilih test pack dalam bentuk digital. Namun, jika menginginkan cara penggunaan yang praktis, Anda dapat memilih test pack strip sekali pakai yang dapat dibeli dalam jumlah besar.
  • Pastikan untuk membaca prosedur penggunaan di balik kemasan test pack. Anda dapat mengetahui berapa lama waktu tunggu untuk melihat hasil atau lamanya proses alat mendeteksi kadar hCG dalam urine. Hal ini juga mempengaruhi efektivitas alat tes kehamilan dalam memberikan hasil yang akurat.
  • Anda bisa memilih ClearBlue Digital Pregnancy Test, karena test pack initidak hanya mampu mendeteksi kadar hCG dalam urine, tapi juga bisa digunakan untuk memprediksi usia kandungan.
  • Sedangkan, jika Anda ingin test pack dengan harga lebih terjangkau dan memiliki tingkat akurasi 99 persen, maka Anda bisa memilih Akurat Test Pack.
  • Namun, jika Anda menginginkan test pack terbaik dengan hasil yang lebih cepat dan mudah dibaca, maka Anda bisa memilih Sensitif Digital Uji Kehamilan.

Referensi

  1. Time to Conceive (2020), Pregnancy Test Instructions,https://www.med.unc.edu/timetoconceive/study-participant-resources/pregnancy-test-instructions/
  2. NHS UK (2020), Doing a Pregnancy Test: Your Pregnancy and Baby Guide, https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/pregnancy-test/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.