Cek Resi All-in-One 50 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


09 Nov 2020 08:09

10 Olahan Cold Brew Coffee yang Enak dan Nikmat

By Cektarif Plus


Minum kopi sudah menjadi gaya hidup yang semakin populer di dunia. Belakangan ini, tren minum kopi pun semakin berkembang dengan berbagai olahan kopi dengan teknik penyeduhan yang unik.

Kopi dingin alias cold brew coffee menjadi salah satu tren olahan kopi yang sedang diminati. Kopi cold brew adalah proses penyeduhan kopi menggunakan air bersuhu ruangan yang dapat menghasilkan citarasa kopi yang enak dan nikmat.

Karena diseduh menggunakan air dingin bersuhu ruangan, proses ekstraksi cold brew coffee memang cukup lama, yaitu antara 8 sampai 12 jam. Untuk menghasilkan citarasa yang nikmat, diperlukan teknik khusus dalam memilih jenis kopi untuk cold brew yang terbaik. Kopi yang dipilih kemudian diseduh menggunakan rasio kopi cold brew yang tepat.


Umumnya, para penikmat kopi maupun barista profesional menerapkan beragam teknik dan rasio untuk menghadirkan kelebihan cold brew buatan mereka. Citarasa kopi dingin ini terletak pada pemilihan biji kopi, grind size atau level gilingan kopi, rasio penyeduhan dan air yang digunakan, sebagai berikut:

Pemilihan Jenis Kopi yang tepat untuk Cold Brew

Sebagain besar penikmat kopi cold brew memilih jenis kopi Arabica sebagai bahan dasarnya. Arabica memiliki rasa yang cenderung ringan dengan karakter manis yang tinggi dan acidity yang nyaman. Khusus untuk membuat kopi cold brew, biji kopi Arabica yang dipilih biasanya yang telah melalui proses fermentasi Honey atau Wine.

Ke dua proses fermentasi tersebut dinilai menghasilkan intensitas rasa manis yang lebih tinggi. Namun, ada pula yang gemar menyeduh cold brew menggunakan kopi Arabica yang diproses secara natural maupun full washed. Karena diekstraksi cukup lama, biji kopi yang diseduh tentu akan mengalami penurunan rasa manis dan keasamannya.

Maka dari itu, kopi cold brew sebaiknya dibuat dengan biji kopi yang memiliki intensitas rasa manis dan asam yang lebih tinggi. Itu lah mengapa proses Honey atau Wine lebih banyak dipilih. Jenis kopi untuk cold brew juga bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing.

Anda bahkan bisa menggunakan biji kopi Robusta yang cenderung pahit untuk membuat konsentrat kopi dengan proses cold brew.

Menentukan Level Gilingan dan Panggangan Kopi

Untuk hasil yang terbaik, biji kopi yang digunakan untuk membuat olahan cold brew sebaiknya digiling pada level medium to coarse (cukup kasar) atau coarse (sangat kasar).

Biji kopi yang terlalu halus cenderung menghasilkan body atau kekentalan yang lebih tebal, sehingga hasil akhir dari proses ekstraksi akan terasa sedikit pahit.

Selain level gilingan kopi, Anda juga harus memperhatikan level panggangan atau roasting pada biji kopi yang digunakan.

Jika ingin mendapatkan intensitas rasa yang manis, pilihlah roasting level light to medium atau light saja. Biji kopi yang terlalu gelap cenderung menghasilkan body atau kekentalan yang lebih tebal.

Menentukan Rasio dan Air yang Digunakan

Rasio kopi cold brew sebenarnya tergantung dari selera pembuatnya. Namun untuk menghasilkan intensitas rasa yang tidak terlalu encer, Anda bisa menggunakan rasio 1:7 (1 gram kopi untuk 7 ml air) atau 1:10 (1 gram kopi untuk 10 ml air).

Dengan perbandingan air dan kopi yang terlalu jauh cenderung menghasilkan rasa yang encer alias kurang kuat.

Selain rasio penyeduhan, Anda juga harus selektif dalam memilih air yang digunakan. Sebaiknya gunakanlah air yang memiliki kadar Total Dissolve Solids (TDS) netral yang dapat memunculkan citarasa asli dari kopi yang digunakan.

Anda bisa menggunakan air yang diproses dengan sistem Reverse Osmosis (RO) untuk mendapatkan kadar TDS netral.

Memilih Kopi Cold Brew yang Enak

Itu lah beberapa kriteria yang digunakan dalam membuat cold brew yang enak.Selain kaya rasa, kelebihan kopi cold brew adalah lebih rendah caffeine.

Hal itu, karena mengalami proses perendaman yang cukup lama, kadar caffeine pada kopi yang diseduh akan mengalami penurunan yang signifikan. Ini lah yang membuat kopi cold brew aman untuk lambung dan dapat digunakan sebagai menu pendamping diet.

Jika proses pembuatannya terlalu rumit, jangan khawatir, Anda bisa menemukan produk olahan cold brew yang dijual di berbagai marketplace.

Beberapa olahan kopi cold brew bahkan diolah menggunakan teknik rahasia demi menghasilkan citarasa yang maksimal. Berikut cara memilih kopi cold brew yang beredar di pasaran:

  • Perhatikan kemasannya

Kemasan sangat berpengaruh pada rasa yang dihasilkan. Terlebih untuk minuman berbahan kopi, biji kopi dikenal sangat mudah terpengaruh pada lingkungan sekitarnya. Maka dari itu pilihlah kopi cold brew berdasarkan kemasan yang baik. Anda bisa memilih produk kopi cold brew yang dikemas dalam botol kaca maupun botol plastik food grade.

  • Perhatikan bahan bakunya

Selain kemasan, bahan baku juga sangat berpengaruh pada citarasa yang dihasilkan. Produk kopi cold brew yang berkualitas biasanya mencantumkan jenis kopi untuk cold brew yang digunakan sebagai bahan bakunya.

Dengan mengetahui jenis kopi yang digunakan, Anda dapat memperkirakan seperti apa rasa yang dihasilkan dari produk kopi cold brew yang ingin Anda beli.

  • Perhatikan notes atau catatan rasanya

Produk olahan cold brew coffee yang berkualitas biasanya mencantumkan catatan tentang rasa yang dimilikinya.

Proses pencatatan rasa ini menandakan bahwa produk tersebut telah dicicipi oleh barista atau pegiat kopi profesional. Catatan rasa juga menentukan bahwa produk tersebut telah lulus quality control.

  • Perhatikan tanggal pembuatannya

Walaupun bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lama, namun rasa yang dihasilkan dari proses ekstraksi cold brew coffee akan maksimal pada dua minggu setelah dibuat.

Dengan memperhatikan tanggal pembuatannya, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai waktu terbaik untuk mengkonsumsi produk tersebut.

  • Perhatikan coffee shop atau mereknya

Beberapa dari Anda mungkin fanatik terhadap coffee shop atau kepada barista yang meracik kopi kesukaan Anda. Walaupun cold brew tidak harus diproduksi oleh coffee shop ternama, mengetahui informasi tentang pembuatnya dapat memberikan gambaran bahwa produk tersebut telah diproduksi dengan teknik yang benar.

Cara Menikmati Cold Brew Coffee

Setelah mengetahui tentang cara memilih kopi cold brew terbaik, berikut ini merupakan cara untuk menikmati kopi cold brew yang enak, sebagai berikut:

  • Tuangkan kopi cold brew ke server, Anda bisa menggunakan gelas kecil atau sloki untuk menikmati cold brew.
  • Tambahkan es batu secukupnya dapat membuat kopi dingin Anda lebih nikmat.
  • Tambahkan susu cair jika Anda tidak menyukai rasa kopi yang terlalu polos.
  • Tambahkan sirup atau perasa lainnya seperti sirup caramel, Jamaican rum atau sirup maple yang manis juga dapat membuat kopi cold brew lebih nikmat.
  • Simpan kopi cold brew yang Anda beli di dalam lemari es atau tempatkan pada ember berisi es agar lebih tahan lama setelah dibuka.

10 Olahan Cold Brew Coffee yang Enak dan Nikmat

Nah, itu lah cara memilih kopi cold brew dan cara menikmati kopi dingin yang bisa Anda ikuti di rumah. Seiring perkembangannya, cold brew coffee semakin semarak dengan kemunculan produk-produk olahan kopi dingin yang terbaik di Indonesia.

Berikut ini merupakan 10 daftar kopi cold brew yang enak dan nikmat yang bisa Anda jadikan referensi untuk membeli produk olahan cold brew coffee, antara lain:

10. Tanamera Coffee & Roastery

foto-olahan-cold-brew-coffe-yang-enak-dan-nikmat-10

Harga : Rp 35.500

Diolah dari kopi premium

Siapa yang tak kenal dengan coffee shop yang satu ini. Tanamera merupakan salah satu kedai dan roastery kopi legendaris di Indonesia. Selain produk kopi specialty yang menjadi andalannya, Tanamera juga menyediakan kopi cold brew.

Urusan rasa jangan ditanya, Tanamera hanya memilih kopi Arabica premium. Jenis kopi untuk cold brew yang digunakan Tanamera tentu sudah melalui proses seleksi yang panjang. Anda bisa menikmati cold brew coffee beraneka rasa seperti Cold White dan Caramel. Dapatkan produk kopi cold brew dari Tanamera di Tokopedia.

9. Baileys I Luv U

foto-olahan-cold-brew-coffe-yang-enak-dan-nikmat-9

Harga : Rp 24.000

Creamy dan manis

Salah satu produk andalan dari Brewitucoffee, Baileys I Luv U dikemas dalam botol kaca berukuran 250 mili liter.Olahan kopi cold brew ini juga mudah ditemukan di berbagai mini market dan super market ternama.

Soal rasa, Baileys memang diracik khusus untuk menghadirkan rasa creamy dengan intensitas rasa manis dan kental yang nikmat. Anda bisa membeli produk Bailyes I Luv U di Tokopedia.

8. Line Coffee

foto-olahan-cold-brew-coffe-yang-enak-dan-nikmat-8_

Harga : Rp 33.000

Dibuat dari Arabica lokal

Satu lagi olahan kopi cold brew yang wajib Anda coba. Cold Brew Black dari Line Coffee ini dibuat dari biji kopi Arabica lokal yang diolah melalui proses fermentasi honey.

Melalui proses ekstraksi selama 12 jam, kopi cold brew ini menghasilkan rasa manis dan lembut yang intensif. Anda bisa membeli produk dari Line Coffee ini di Shopee.

7. Meet and Kofi

foto-olahan-cold-brew-coffe-yang-enak-dan-nikmat-7_

Harga : Rp 50.000

Sensasi wine dengan aroma yang memikat

Olahan cold brew coffee yang satu ini diracik khusus untuk menghasilkan rasa yang lebih kental. Dengan biji kopi Arabica Gayo Wine yang di-roasting medium, olahan cold brew coffee dari Meet and Kofi ini hadir dengan rasa yang unik dan kompleks.

Sensasi wine dan aromanya yang memikat sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari rasa baru dari Arabica Gayo Wine. Anda bisa membeli produk dari Meet and Kofi ini di Shopee.

6. Black Mountain

foto-olahan-cold-brew-coffe-yang-enak-dan-nikmat-6

Harga : Rp 70.000

Lebih puas dengan kemasan 1 liter

Kopi cold brew yang satu ini merupakan hasil racikan Yellow Truck Coffee Bandung. Cold Brew Coffee Black Mountain diolah dari seratus persen biji kopi Arabica Bone Sulawesi tanpa tambahan gula dan pengawet.

Dengan kemasan 1 liter, kopi dingin ini cukup disajikan untuk lima sampai enam gelas. Anda bisa membeli produk ini di Tokopedia.

5. Bukanagara Cold Brew Coffee Jelly

foto-olahan-cold-brew-coffe-yang-enak-dan-nikmat-5

Harga : Rp 120.000

Segarnya kopi dan jelly

Olahan kopi cold brew dari Bukanagara ini cocok untuk Anda yang gemar kopi susu yang manis. Dibuat dari ekstraksi cold brew, susu segar dan gula aren, kopi dingin ini semakin nikmat dengan toping jelly.

Dikemas dalam botol kaca ukuran 500 mili liter, cold brew coffee jelly ini lebih nikmat diminum dengan tambahan es batu. Anda bisa membeli produk ini di Tokopedia.

4. Grandpas Cold Brew

foto-olahan-cold-brew-coffe-yang-enak-dan-nikmat-4

Harga : Rp 39.000

Cocok untuk diet

Dibuat dari biji kopi Arabica Lintong berkualitas, Granpas Cold Brew ini diracik khusus untuk mereka yang menginginkan minuman pendamping diet. Tanpa tambahan pengawet dan pemanis buatan, kopi dingin ini dikemas dalam botol berukuran 250 mili liter.

Jika Anda menginginkan rasa yang lebih manis, Grandpas Cold Brew akan ditambahkan gula stevia yang cocok untuk diet. Anda bisa membeli produk ini di Blibli.

3. Javanegara

foto-olahan-cold-brew-coffe-yang-enak-dan-nikmat-3

Harga : Rp 80.000

Banyak pilihan rasa

Produk buatan Javanegara ini memiliki banyak varian rasa. Menariknya, Anda bisa memilih 3 varian sekaligus jika membeli paket kopi cold brew senilai Rp. 80.000.

Tersedia dalam empat varian yaitu coffee latte, avocado latte, black coffee dan thai tea, semua varian tersebut bisa Anda mix sesuai selera. Anda bisa mendapatkan produk dari Javanegara ini di Shopee.

2. Stay Home Coffee Nitro Cold Brew

foto-olahan-cold-brew-coffe-yang-enak-dan-nikmat-2

Harga : Rp 88.000

Diseduh dengan nitrogen

Bagi Anda yang penasaran dengan sensasi nitro coffee, produk dari Stay Home Coffee ini adalah pilihan yang tepat. Dibuat dari kopi premium yang diseduh menggunakan nitrogen, kopi dingin ini semakin nikmat dengan campuran soda dan vanilla.

Dengan ukuran 1 liter yang lumayan banyak, Nitro Cold Brew ini bisa disajikan hingga 5 gelas.Anda bisa membeli Stay Home Coffee Nitro Cold Brew ini di Tokopedia.

1. BTS Hy Cold Brew Americano

foto-olahan-cold-brew-coffe-yang-enak-dan-nikmat-1_

Harga : Rp 129.900

Cocok untuk K-Popers

Para pencinta K-Pop wajib mencoba produk yang satu ini.Dikemas dalam botol eksklusif 270 mili liter, BTS Hy Cold Brew Americano menjadi pilihan menarik untuk Anda yang menginginkan citarasa kopi dingin yang unik.

Tidak seperti cold brew coffee pada umumnya, produk buatan Babinski ini diracik dari seduhan Americano yang kuat dan kental. Produk ini menggunakan seratus persen biji kopi Arabica yang berasal dari Honduras dan Ethiopia.

Soal rasa, jangan ditanya, walaupun diracik dari seduhan Espresso, BTS Hy Cold Brew memiliki citarasa yang cukup kompleks. Perpaduan antara manis yang intensif dengan rasa asam yang segar menjadi notasi rasa yang dihasilkan.

Menariknya, Anda juga bisa memilih kemasan bergambar para personel BTS seperti Taehyung, Suga, Jimin, Jungkook dan Jin.Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli cold brew coffee sebaiknya perhatikan kemasan, bahan baku yang digunakan, juga cara menikmati cold brew coffee agar lebih nikmat.
  • Jika Anda menginginkan kopi cold brew yang dibuat dari kopi lokal, Anda bisa memilih kopi cold brew dari Line Coffee, Black Mountain, dan Meet and Kofi.
  • Jika Anda gemar menikmati kopi cold brew dengan campuran susu, Anda bisa memilih kopi cold brew dari Tanamera, Baileys I Luv U, Bukanagara Coffee Jelly dan Javanegara.
  • Bagi Anda yang ingin menikmati cold brew yang diseduh menggunakan nitrogen, Anda bisa memilih produk dari Stay Home Coffee.
  • Khusus bagi Anda penggemar K-Pop yang ingin menikmati cold brew Arabica impor, Anda bisa memilih BTS Hy Cold Brew Americano.

Referensi

  1. Kopitradingco (2016), The Origins Of Cold Brew,http://www.kopitradingco.com/coffee-knowledge/2016/1/4/the-origins-of-cold-brew.
  2. Seven Miles Coffee Roaster (2019), How To Make Cold Brew Coffee (That Doesn’t Suck),https://www.youtube.com/watch?v=AOG1Hmslf9I.



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.