Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


24 May 2021 09:00

10 Nampan Terbaik yang Bagus dan Banyak Digemari Masyarakat

By Cektarif Plus


Nampan merupakan tempat atau alas yang banyak digemari masyarakat karena multifungsi. Selain untuk menyajikan makanan atau minuman, nampan juga dapat digunakan sebagai seserahan atau hantaran, penghias meja makan, dan lain sebagainya.



Untuk mendapatkan nampan terbaik dan bagus, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti mengetahui kualitas bahan yang digunakan, model serta bentuknya.

Selain itu, nampan juga dapat memudahkan Anda saat membawa makanan atau minuman dalam jumlah banyak. Nampan juga dapat menghindarkan dari tumpahan minuman atau serpihan sisa makanan yang bisa membuat tempat atau ruangan menjadi kotor.

Kini banyak ditemukan di pasaran nampan yang bagus dan berkualitas. Model dan bentuknya pun unik-unik, serta banyak pilihan warnanya. Dilengkapi juga dengan fitur anti selip dan antigores.

Karena itu, kami menyajikan 10 nampan terbaik yang bagus dan banyak digemari masyarakat lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai nampan dan fungsinya, cara memilih nampan yang tepat, serta cara merawat nampan agar lebih awet dan tahan lama.

Mengenal nampan dan fungsinya

Menurut KBBI, nampan adalah tempat untuk menyajikan makanan atau minuman, terbuat dari kayu, logam, dan sebagainya, ada yang berkaki dan ada yang bertelinga; baki; talam; dulang.



Nampan ini tidak hanya digunakan untuk menyajikan makanan atau minuman saja, namun juga digunakan sebagai tempat hantaran untuk seserahan di acara-acara besar seperti pernikahan atau hajatan.

Selain itu, nampan juga berfungsi sebagai alat pelatihan, seperti penggunaan nampan oleh waiter atau pelayan hotel dan restoran, di mana mereka akan dilatih khusus dalam membawa nampan, baik dalam kondisi kosong atau terisi makanan dan minuman.

Cara menyajikan makanan dan minuman ke tamu bagi seorang waiter tidak boleh sembarangan. Ada teknik khusus agar minuman atau makanan di atas nampan tidak tergelincir atau terjatuh.

Karena jika nampan terjatuh, tentu akan membawa komplain dan keluhan bagi tamu, sehingga bisa merugikan perusahaan, hotel maupun restoran tempat di mana para pelayan bekerja.

Sedangkan untuk keseharian, nampan bisa menjaga dari tumpahan minuman atau sisa serpihan makanan ketika Anda sedang menonton televisi, bermain laptop atau komputer, dan bersantai di tempat tidur.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki nampan di rumah. Dan, pastinya ketika akan memilihnya Anda harus memahami model, bentuk, fungsinya agar sesuai dengan peruntukkannya.



Cara memilih nampan yang tepat

Setelah Anda mengenal nampan dan fungsinya, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli nampan, yaitu :

  • Perhatikan kualitas bahan yang digunakan

Nampan terbuat dari jenis bahan seperti plastik, kayu, bambu, dan logam. Bahan plastik banyak digemari masyarakat karena ringan, mudah dibersihkan, dan harganya lebih murah.

Namun untuk nampan berbahan plastik ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti ketebalan dan pastinya pilih yang aman bagi makanan (Food Grade).

Sedangkan bahan kayu yang banyak digunakan untuk nampan adalah jenis kayu pinus, mahoni hingga kayu jati. Di antara kayu-kayu tersebut, kayu jati memiliki kualitas yang sangat baik, kuat, tahan lama, dan dapat memberikan kesan elegan.



Nampan juga ada yang terbuat dari bahan dasar bambu yang diolah dan dibentuk baik persegi maupun lingkaran. Nampan dari bambu ini memiliki karakter lebih unik, alami, dan tentunya aman digunakan untuk tempat berbagai makanan atau minuman.

Dan, yang terakhir adalah nampan yang berbahan logam. Nampan ini banyak digunakan di perusahaan, rumah makan, atau hotel karena bahannya kuat dan tahan lama. Selain itu, nampan ini juga mudah dibersihkan sehingga bisa tetap mengkilap dan enak dipandang.

  • Perhatikan ukurannya

Ukuran dari nampan ini bervariasi, ada yang kecil, sedang dan juga ada yang besar. Untuk kebutuhan rumah, Anda bisa memilih yang kecil atau sedang karena ukuran tersebut relatif sering digunakan.

Sedangkan ukuran besar, biasanya digunakan untuk acara-acara tertentu saja, di mana makanan dan minuman yang dibawa porsinya lebih banyak dan besar.



  • Perhatikan model dan bentuknya

Model dan bentuk nampan bervariasi, ada yang persegi, oval, bulat, dan juga kotak. Untuk kenyamanan saat membawanya, Anda bisa memilih bentuk persegi, sebab nampan persegi biasanya dilengkapi dengan lubang sebagai gagang untuk pegangan.

Sedangkan, untuk Anda yang ingin nampan dengan model yang simpel dan praktis, Anda bisa memilih bentuk oval atau bulat, karena bentuk ini tidak memiliki sisi yang lancip sehingga lebih aman ketika digunakan.

Namun, jika Anda ingin nampan yang bisa digunakan untuk hantaran atau seserahan, Anda bisa memilih nampan bentuk kotak, karena lebih mudah menatanya, lebih praktis, dan nyaman saat membawanya.

  • Pilih yang dilengkapi dengan fitur antiselip

Nampan antiselip ini sangat efektif untuk mencegah barang pecah belah agar tidak tergelincir dan jatuh ke lantai. Biasanya antiselip yang digunakan berupa lapisan karet yang diletakkan pada bagian atas nampan atau gagang.



Dengan fitur antiselip, maka tingkat gesekan dan traksi lebih tinggi sehingga memungkinkan peralatan makan yang basah dan licin hanya bergerak disekitar nampan. Hal ini tentunya bisa mengurangi risiko kerusakan yang bisa merugikan ketika sedang melakukan pelayanan (service).

Cara merawat nampan agar lebih awet dan tahan lama

Setelah Anda membeli nampan, maka pastikan juga Anda memperhatikan cara mencuci dan merawatnya, agar nampan Anda lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa tips cara merawat nampan, yaitu:

  • Untuk nampan berbahan dasar kayu atau bambu, Anda bisa menggunakan air lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Sedangkan untuk membuat lebih mengkilap atau glossy, Anda bisa menggunakan minyak zaitun light.
  • Kemudian, untuk mencegah nampan kayu Anda agar tidak berjamur, maka hindarilah merendamnya terlalu lama saat mencucinya.
  • Usahakan juga agar benar-benar kering sebelum mengelapnya. Pastikan gunakan lap yang kering dan tidak lembab agar nampan kayu terhindar dari berbagai jenis bakteri atau jamur.
  • Sedangkan untuk nampan berbahan plastik dan logam, Anda bisa menggunakan sabun cuci biasa saat mencucinya.
  • Kemudian usahakan untuk merendamnya terlebih dahulu sekitar 5-10 menit sebelum mencucinya. Gunakan spon halus, dan hindari spon logam ketika menggosoknya agar lapisan nampan tidak baret atau rusak.
  • Lakukan kegiatan mencuci atau merawat nampan tersebut secara berkala, misalnya satu minggu sekali. Namun, jika sewaktu dipakai terkena noda atau tumpahan makanan dan minuman, maka sebaiknya Anda segera membersihkannya.
  • Simpan nampan-nampan tersebut didalam rak penyimpanan yang kering dan tidak lembab.



10 Nampan terbaik yang bagus dan banyak digemari masyarakat

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang nampan dan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi nampan terbaik yang bagus dan banyak digemari masyarakat berikut ini:

10. Nampan Plastik - Green Leaf

foto-nampan-terbaik-yang-bagus-dan-banyak-digemari-masyarakat-10

Harga : Rp 18.900

Model unik dan banyak digemari masyarakat



Nampan dari Green Leaf ini sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk menyajikan aneka buah-buahan, karena modelnya yang unik dan dapat memberikan kesan cantik serta rapi pada meja makan Anda.

Selain itu, nampan ini juga tebal, kuat, serta mudah dibersihkan sehingga lebih awet dan nyaman ketika digunakan. Tersedia 3 pilihan warna yang menarik, yaitu hijau, pink dan orange.

Adapun ukuran dimensi nampan Green Leaf ini adalah 36 x 22 x 6 cm. Dan, yang menarik adalah harganya terjangkau dan hemat di kantong. Anda bisa membeli nampan ini di Shopee.

9. Nampan Kayu

foto-nampan-terbaik-yang-bagus-dan-banyak-digemari-masyarakat-9

Harga : Rp 95.000



Model alami, kuat dan tahan lama

Nampan kayu ini bisa menjadi pilihan menarik untuk kebutuhan perlengkapan dapur Anda. Modelnya persegi dan dilengkapi dengan lubang dibagian sisi untuk pegangan yang dapat memudahkan Anda saat membawanya.

Produk ini terbuat dari kayu mahoni yang kuat dan tahan lama. Selain itu, finishing walnut rapi, artistik, dan dapat memberikan kesan elegan pada ruangan Anda.

Sedangkan ukuran nampan ini cukup luas, yakni 25x30x5.5 cm dan memiliki ketebalan 9 mm. Anda bisa membeli nampan ini di Shopee.

8. Nampan Stainless Steel - 555



foto-nampan-terbaik-yang-bagus-dan-banyak-digemari-masyarakat-8

Harga : Rp 9.500

Kuat, tahan lama, dan murah

Nampan berbahan stainless steel dari brand 555 ini banyak digemari masyarakat, karena harganya murah, kuat dan tahan lama. Selain itu, nampan ini mudah dibersihkan.

Produk ini memiliki ukuran panjang 26 cm, lebar 19 cm, dan tinggi 3 cm. Bisa digunakan untuk membawa makanan atau minuman dalam jumlah banyak, lebih praktis dan aman digunakan. Anda bisa membeli nampan ini di Shopee.

7. Nampan Plastik - Komet



foto-nampan-terbaik-yang-bagus-dan-banyak-digemari-masyarakat-7

Harga : Rp 5.000

Harga murah dan banyak fungsinya

Nampan berbahan plastik segi empat dari brand Komet ini memiliki banyak ukuran serta pilihan warna yang menarik. Selain itu, harganya terjangkau dan hemat di kantong.

Fungsinya juga banyak, bisa untuk membawa makanan atau minuman, tempat buah-buahan, wadah untuk seserahan, dan lain sebagainya. Kualitasnya pun sangat bagus, lebih awet, dan mudah dibersihkan. Anda bisa membeli nampan ini di Shopee.

6. Nampan Melamin - Glori Melamine



foto-nampan-terbaik-yang-bagus-dan-banyak-digemari-masyarakat-6

Harga : Rp 35.000

Pilihan warna banyak dan aman bagi kesehatan

Nampan dari Glori Melamine ini memiliki ukuran 36x25 cm. Terdapat banyak pilihan warna, seperti orange, putih, merah, hijau, dan juga hitam. Tampilannya mengkilap sehingga menambah kesan cantik dan elegan pada meja makan Anda.

Produk berbahan Food Grade Melamine ini sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk membawa makanan atau minuman, serta biasanya dipakai sebagai wadah di toko-toko roti atau restoran.

Selain itu, nampan ini tahan panas, tahan gores, serta bergaransi kualitas ISO 9001:2015 dan juga SNI 7322:2008. Anda bisa membeli nampan ini di Shopee.

5. Nampan Plastik - Viento



foto-nampan-terbaik-yang-bagus-dan-banyak-digemari-masyarakat-5

Harga : Rp 24.500

Tebal dan tahan lama

Nampan plastik dari Viento ini terbuat dari bahan plastik bagus dan berkualitas, lebih tebal, awet, dan tahan lama. Selain itu, nampan ini juga mudah dibersihkan. Tersedia dalam berbagai pilihan warna, seperti merah, kuning, biru, coklat, dan hijau.

Untuk ukuran dimensi bagian luar memiliki panjang 43 cm, lebar 30.5 cm, dan tinggi 2.5 cm; Sedangkan ukuran dimensi bagian dalam adalah panjang 37 cm, lebar 27 cm, tinggi 2 cm. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

4. Nampan Kopi Kayu – Dekor Nata



foto-nampan-terbaik-yang-bagus-dan-banyak-digemari-masyarakat-4

Harga : Rp 40.000

Model unik dan alami

Nampan dari Dekor Nata ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi kebutuhan dapur Anda. Bentuknya unik, cocok digunakan untuk menambah kesempurnaan Anda minum kopi atau teh di pagi atau sore hari.

Produk ini berukuran 22.5x12x1 cm dengan diameter lubang 6.5cm. Bahan terbuat dari kayu Solid Mahogany dan aman digunakan untuk meletakkan berbagai aneka makanan karena 100% Food Grade. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Nampan Arab – Al Barkah



foto-nampan-terbaik-yang-bagus-dan-banyak-digemari-masyarakat-3

Harga : Rp 25.000

Cocok digunakan untuk meletakkan makanan atau minuman oleh-oleh haji

Nampan Arab ini banyak digemari umat muslim, terutama saat mereka pulang dari ibadah haji atau umroh. Di mana nampan akan digunakan untuk menyajikan makanan atau tempat gelas minuman ketika menjamu tamu-tamu mereka.

Nampan berwarna emas ini memiliki ukuran 31x21 cm, cukup luas untuk menampung berbagai macam makanan atau minuman dalam jumlah banyak.

Selain itu, modelnya elegan, motif khas Arab, kuat dan tahan lama, serta mudah dibersihkan. Anda bisa membeli nampan ini di Shopee.



2. Nampan Teh Bambu

foto-nampan-terbaik-yang-bagus-dan-banyak-digemari-masyarakat-2

Harga : Rp 63.000

Nampan spesial untuk Chinese Tea Set

Nampan ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang gemar minum teh di rumah. Desainnya unik dengan lubang-lubang yang bisa menampung tumpahan air teh sehingga meja tetap bersih dan rapi.

Bagian atas nampan ini terbuat dari bahan bambu, sehingga tahan terhadap panas serta memberikan kesan natural dan menarik. Sedangkan bagian bawahnya terbuat dari bahan melamin yang kuat, tahan banting, dan tahan lama.

Produk ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih. Dan, memiliki ukuran 20x20x2.5cm. Anda bisa membeli nampan ini di Shopee.



1. Nampan Kayu Kotak

foto-nampan-terbaik-yang-bagus-dan-banyak-digemari-masyarakat-1

Harga : Rp 18.000

Cocok digunakan untuk seserahan atau hantaran

Nampan kotak ukuran 20x20x2cm ini terbuat dari kayu dengan model simpel dan rapi. Warnanya alami dan cocok dipadukan dengan berbagai aneka makanan atau buah-buahan untuk seserahan.

Selain itu, harga yang ditawarkannya pun cukup murah, yakni 18 ribu rupiah. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli nampan ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli nampan, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti kualitas bahan, ukuran, model, serta harganya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar nampan lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih nampan stainless steel dari brand 555, karena selain harganya murah, nampan ini juga awet, kuat, dan mudah membersihkannya.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan nampan bagus dengan model yang unik dan artistik, Anda bisa memilih nampan Teh Bambu.
  • Namun, jika Anda ingin nampan terbaik dari bahan plastik tebal, tahan banting, dan berkualitas, maka Anda bisa memilih nampan plastik dari brand Viento.

Referensi



  1. Nisbets(2020),Choosing Service Trays,https://www.nisbets.co.uk/choosing-service-trays
  2. Ajar Hospitality (2020), How to Load Drinks Tray in a Proper Way, https://www.ajar.id/en/post/how-to-load-drinks-tray-in-a-proper-way
  3. Tylermorris Woodworking (2020), Classic Wood Serving Trays, https://www.tylermorriswoodworking.com/store/trays-boards/classic-serving-trays/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.