Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


28 Sep 2020 08:28

10 Mukena Bagus dan Indah

By Cektarif Plus


Mukena adalah kebutuhan primer bagi setiap muslimah di Indonesia. Banyak mukena yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran, tapi tentu tidak mudah menemukan yang bagus dan indah untuk Anda pakai.



Untuk memudahkan Anda memilih, kami menyajikan beberapa mukena dari berbagai merek dalam artikel ini, berikut dengan harga serta ulasannya. Sehingga membuat Anda lebih yakin saat ingin membelinya.

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus Anda pahami, seperti mengetahui jenis bahan, ukuran yang tepat, model dan warna mukena. Dan yang lebih penting adalah, Anda memahami cara merawatnya agar lebih awet dan tahan lama.

Pilih bahan mukena yang tidak membuat gerah

Ketika beribadah shalat, tentu terdapat berbagai gerakan di dalamnya. Biasanya beberapa mukena akan membuat gerah pemakainya, sehingga terasa panas dan membuat Anda tidak nyaman berlama-lama menggunakannya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih bahan yang anti panas, seperti bahan yang berserat. Misalnya, bahan katun paris, katun rayon, katun jepang atau bahan lain yang bisa membuat Anda merasa adem ketika memakainya.

Katun sendiri termasuk jenis kain terfavorit untuk mukena, karena sangat dikenal sebagai kain yang tidak membuat gerah sebab mampu memberikan kelancaran sirkulasi udara. Kelebihan lain dari bahan katun adalah ringan sehingga mudah dibawa kemana saja.



Pilih ukuran mukena yang mampu menutupi tubuh

Hampir semua jenis mukena nampak sama saja ukurannya jika dilihat secara sekilas, namun pada dasarnya, mukena juga mempunyai ukuran tersendiri. Sebagai penunjang atau alat beribadah, Anda harus bisa memastikan bahwa mukena yang Anda beli mampu menutupi tubuh Anda dengan sempurna.

Karena itu, pilih ukuran mukena yang cocok dan sesuai dengan tubuh Anda. Mukena mempunyai ukuran panjang dan lebar yang berbeda. Terdapat ukuran mulai dari ukuran S, M, L hingga XL.

Usahakan, sebelum membeli mukena, sebaiknya Anda mencobanya dengan memakainya terlebih dahulu,agar Anda tahu bahwa mukena tersebut tidak terlalu panjang atau terlalu pendek untuk ukuran tinggi badan Anda.

Pilih model mukena sesuaiselera



Model mukena ada 3 jenis. Pertama,model konvensional, yang terdiri dari atasan dan bawahan. Model seperti ini biasanya disukai oleh anak-anak hingga anak muda.

Kedua, model mukena terusan, yang didesain untuk bisa menutupi ujung kepala hingga ujung kaki secara langsung tanpa terputus. Jadi tidak berupa atasan dan bawahan. Model mukena ini lebih praktis, sehingga cocok untuk Anda yang suka model simpel.

Ketiga, mukena tanpa tutup kepala. Mukena ini mirip mukena model terusan mirip model kedua, hanya saja tanpa bagian leher dan kepala. Mukena model ini paling cocok untuk muslimah yang tidak mau repot harus menata ulang hijabnya. Model mukena ini juga cocok untuk dibawa travelling sehingga tidak akan repot untuk lepas-pakai kerudung Anda.

Pilih mukena sesuai kebutuhan

Alangkah lebih baiknya Anda membedakan mukena yang akan dipakai di rumah dengan mukena yang akan Anda bawa kemana-mana. Karena ketika bepergian tentunya Anda sudah membawa barang bawaan lainnya. Sehingga jangan sampai mukena yang berat menjadi alasan Anda tidak membawa mukena.

Sebaiknya Anda memilih mukena yang bahannya ringan, seperti mukena berbahan parasut yang mudah dilipat, tidak boros tempat dan tidak memberatkan. Jika Anda berhijab dan tidak ingin membuka hijab disetiap waktu sholat, maka Anda bisa beli mukena terusan tanpa kepala agar tidak ribet lepas-pakai hijab dan tidak membuat hijab Anda berantakan.



Usahakan untuk memiliki mukena lebih dari satu

Mukena yang bersih dan wangi pasti menambah Anda semangat dalam menjalankan ibadah. Kami menyarankan, sebaiknya Anda harus punya lebih dari satu mukena untuk disediakan di rumah.

Hal itu bertujuan agar mukena tersebut bisa dipakai secara bergantian. Sehingga ketika satu mukena di cuci, masih ada persediaan mukena lainnya untuk digunakan beribadah sambil menunggu mukena yang di cuci tadi menjadi kering.

Pilih motif dan warna yang menarik

Mukena dengan memiliki warna cerah dan motif bagus akan lebih terlihat indah. Berikut ini beberapa motif mukena yang banyak disukai dan menarik perhatian, seperti motif bunga-bunga, motif kombinasi warna, motif polkadot, dan motif kombinasi border. Selain itu, ada juga motif karakter kartun yang cocok dipakai oleh anak-anak.



Cara merawat mukena

Setelah Anda membeli mukena, pastikan juga Anda mengetahui cara merawatnya agar mukena lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini tips merawat mukena yang bisa Anda lakukan di rumah :

  • Usahakan untuk menggantung mukena dengan hanger setelah menggunakannya.
  • Letakkan mukena pada tempat yang tidak lembab.
  • Usahakan jangan mencampur mukena dengan pakaian lainnya saat mencuci.
  • Ketika mencuci, usahakan tidak memakai pemutih secara berlebihan.
  • Hindari paparan panas matahari secara berlebihan ketika menjemurnya, agar warnanya tidak pudar dan kusam.

10 Mukena bagus dan indah



Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang mukena dan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi mukena bagus dan indah dari berbagai merek berikut ini:

10. Mukena Rubiah

mukena_rubiah

Harga : Rp 150.000

Nyaman dan enak ketika dipakai

Mukena Rubiah ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Karena terbuat dari kain katun yang membuat Anda merasa lebih nyaman saat memakainya. Anda juga tidak akan gerah meskipun menggunakan mukena ini berlama-lama.



Selain itu, mukena ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran S sampai XL yang memudahkan Anda menyesuaikan dengan ukuran yang Anda inginkan.

Rubiah memiliki paket 3in1, di mana satu paket terdiri dari mukena atasan, mukena bawahan dan bonus tas yang dilapisi bahan furing. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

9. Mukena Nadira

mukena_nadira

Harga : Rp 138.000

Mukena couple yang cantik



Mukena Nadira berbahan rayon ini menyediakan banyak pilihan model untuk couple mukena antara ibu dan anak. Motifnya sangat banyak dan bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda dan anak Anda.

Untuk mukena untuk orang dewasa memiliki ukuran dengan panjang atasan sekitar 110 cm, panjang bawahan sekitar 110 cm. Sedangkan mukena untuk anak-anak yang berusia 5 sampai 6 tahun tersedia ukuran panjang atasan sekitar 80 cm, panjang bawahan sekitar 80 cm. Anda bisa membeli mukena ini di Shopee.

8. Mukena Korneli Savina

mukena_korneli_savina

Harga : Rp 130.000

Bisa dibawa kesekolah dan travelling



Mukena Korneli Savina menawarkan kepada Anda produk mukena dari bahan velvet premium yang ringan. Tidak heran jika mukena ini bisa dibawa kemana-mana karena berat kainnya hanya 700 gram, enteng dibawa traveling dan dibawa anak Anda kesekolah.

Korneli Savina ini terlihat menarik dengan desain polos, justru desain polos inilah yang membuatnya lebih terlihat lebih simple dan tidak membosankan.

Mukena ini terdiri dari atasan dan bawahan, karena ini adalah mukena para traveller maka tidak pantas jika mukena ini tidak dilengkapi dengan set tas mukena. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

7. Mukena Danisha

mukena_danisha

Harga : Rp 135.000



Mukena indah dengan motif bunga

Produk mukena ini adalah produk dari Brand Danisha. Karena diciptakan oleh brand ternama, tentu kualitas dari mukena ini sangat istimewa. Terbukti dari bahan pembuatan dan desainnya yang berkualitas. Motif mukena dari Danisha ini penuh dengan bunga-bunga sehingga mukena semakin nampak sangat indah.

Karakteristik bahan dari produk Danisha ini adalah kain katun rayon kualitas utama dengan tekstur yang halus dan adem. Sehingga Anda tidak akan gerah ketika memakainya.

Cutting mukena Danisha ini adalah setelan atasan-bawahan, terdapat karet di bagian pinggang dan kerut di dahi, tali karet juga ada pada bagian ikat kepala. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. Mukena Sandra



mukena_sandra

Harga : Rp 110.000

Desain budaya lokal yang klasik asik

Berbeda dengan produk mukena lainnya, produk mukena dari Sandra ini menggunakan kain khas songket modern yang adem dan berkualitas tinggi.

Mukena dari Sandra ini didesain dengan motif atau gambar berbagai budaya lokal di Indonesia, sehingga nampak klasik namun tetap asik. Dengan corak yang khas nan cantik akan membuat anak-anak Anda senang memakai mukena ini.

Karena memang mukena Sandra diproduksi khusus untuk anak-anak se-usia 5 sampai 6 tahun. Maka ukuran mukena dari Sandra ini memiliki panjang atasan sekitar 80 cm, panjang bawahannya yaitu 80 cm. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Mukena Butterfly



mukena_butterfly

Harga : Rp 105.000

Mukena elegant kualitas tinggi

Mukena merek Butterfly ini terbuat dari bahan dengan kualitas tinggi. Tidak hanya itu, mukena ini juga sangat nyaman dan tidak terawang karena menggunakan bahan yang tebal namun tetap terasa adem ketika dipakai.

Sesuai dengan nama mereknya. Butterflay ini yang memiliki arti kupu-kupu sehingga mukena Butterfly ini dipenuhi dengan gambar kupu-kupu sehingga membuat mukena ini nampak sangat elegant dan indah.

Mukena Butterfly ini cocok dipakai di rumah atau saat bepergian. Mukena ini akan membuat Anda lebih percaya diri ketika memakainya. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



4. Mukena Bali Melinda

mukena_bali_melinda

Harga : Rp 80.000

Mukena couple dengan bahan adem

Mukena couple terbaik untuk ibu dan anak ini terbuat dari bahan katun rayon. Dibuat dari bahan yang sangat adem sehingga membuat Anda dan anak Anda tidak kegerahan jika memakai mukena ini.

Ukuran mukena untuk dewasa adalah atasan depan 117 cm, atasan belakang 120 cm, panjang rok 120 cm dan lingkar rok 140 cm. Sedangkan ukuran mukena anak-anak didesain untuk umur 5 sampai 9 tahun dengan detail atasan depan panjangnya 108 cm, atasan belakang 110 cm, panjang rok90 cm dan lingkar rok 120 cm. Anda bisa membeli mukena ini di Shopee.



3. Mukena Helena

mukena_helena

Harga : Rp 65.000

Mukena desain mewah harga murah

Mukena dari Helena ini adalah mukena khusus untuk anak-anak dengan desain motif banyak coraknya, jadi membuat mukena ini tampak mewah namun tetap dibandrol dengan harga murah. Sehingga tidak akan menguras isi dompet Anda lebih dalam.

Bahan yang digunakan untuk membuat mukena Helena ini adalah bahan rayon. Ukuran mukena Helena ini adalah panjang depan sekitar yaitu 91 cm, panjang belakang yakni 104 cm, panjang rok sekitar 82 cm, sedangkan untuk ukuran lingkar rok yaitu sekitar 112 cm.

Setiap pembelian mukena ini artinya anak Anda sudah termasuk membeli mukena atas, mukena bawah dan sekaligus akan mendapatkan bonus tasnya juga. Anda bisa memesan dan membelinya di Shopee.



2. Mukena Jersey

mukena_jersey

Harga : Rp 70.000

Desain klasik yang asik

Mukena ini terbuat dari bahan jersey berkualitas sehingga terasa enak dan lembut saat dipakai. Sangat indah dan istimewa dengan desain klasik yang membuat Anda terlihat asik dan lebih cantik. Tidak hanya itu, mukena ini terlihat indah nan simple yang tidak ribet.

Mukena ini dilengkapi dengan tali karet yang elastis pada bagian kepala dan pinggang, sehingga memudahkan Anda untuk memakai mukena. Anda bisa membelinya di Shopee.



1. Mukena Parasut

mukena_parasut

Harga : Rp 45.000

Mukena ringan mudah dilipat

Mukena parasit menjadi solusi tepat untuk Anda yang gemar membawa mukena kemana-mana. Sebab dibuat dari bahan yang ringan dan sangat mudah dilipat.

Bahkan, mukena ini bisa Anda lipat sampai ukuran yang sangat kecil, jadi tidak akan menghabiskan banyak ruang di tas traveling Anda. Mukena parasite ini memang mukena yang sangat simple dan tidak akan memberatkan Anda dalam membawanya. Tersedia banyak pilihan warna yang bisa anda pilih sesuai selera. Anda bisa memesan dan membelinya di Shopee.



Kesimpulan

  • Saat membeli mukena, sebaiknya pilih dengan bahan yang tidak membuat gerah, sesuaikan model, motif dan ukuran dengan selera dan kebutuhan. Sediakan lebih dari satu mukena di rumah agar bisa dipakai bergantian saat mukena lainnya di cuci.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar mukena yang Anda miliki lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih mukena Rubiah dan mukena Danisha, karena mukena ini terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi dengan desain yang bagus dan indah.
  • Namun, apabila Anda membutuhkan mukena yang bisa dibawa kemana-mana,maka Anda dapat membeli mukena berbahan ringan dan mudah dilipat seperti mukena Korneli Savina, mukena Parasut atau mukena Jersey.
  • Sedangkan, jika Anda ingin membeli mukena couple untuk Anda dan anak Anda, maka Anda bisa memesan mukena Nadira atau mukena Bali Melinda couple ibu dan anak.

Referensi



  1. Takva (2019),How to Buy Prayer Parka-Modern Outerwear, https://takva.co/pages/prayerparka?ls=en
  2. Ebay (2019), Islamic Attire For Women-Practical one Piece Prayer Dress, https://www.pinterest.com/pin/457608012121098547/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.