Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


21 Apr 2020 06:00

10 Microphone Terbaik untuk Youtuber dan Podcaster

By Cektarif Plus


Bagi seorang Youtuber atau Podcaster profesional, microphonemerupakan salah satu alat penunjang yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Sensitibilitas, durabilitas, dan kapabilitas menjadi tolak ukur utama untuk mendapatkan microphone dengan kualitas terbaik.



Anda mungkin akan menemukan ribuan jenis microphone di pasaran dengan harga yang bervariasi. Namun untuk memilih microphone terbaik dan berkualitas, Anda tentu harus berhati-hati dan cermat sebelum membelinya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa microphone terbaik untuk Youtuber dan Podcasterberikut dengan harga serta ulasanya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai beberapa hal penting terkait microphone.

Perhatikan jenis polar pattern dari microphone

Fungsi ini lebih dikenal dengan directional capability yang dimiliki oleh microphone. Dengan kata lain, microphone memiliki kemampuan untuk memindai dan menangkap suara yang dibutuhkan. Ada tiga tipe directional capability microphone yang biasa dipilih oleh Youtuber dan Podcaster.

Pertama, Cardioids.Microphone tipe cardioids adalah tipe yang paling umum, dan paling banyak diterapkan pada jenis microphone genggam.Cardioids memiliki polar pattern yang melengkung, yang berfungsi menangkap suara dari arah depan dan samping.

Dengan metode ini, microphone hanya akan menangkap suara dari sumber utama dominan. Namun, tipe ini tetap memberikan celah pada pada pergerakan dan suara lain yang juga dibutuhkan. Tetapi dengan tingkatan tertentu, supaya tidak terjadi tumbang tindih suara.



Kedua, Bi-directional.Tipe ini memiliki dua polar pattern dominan pada sisi yang berlawanan.Microphone Bi-directional dapat memaksimalkan sumber suara dari dua sisa tanpa penumpukan suara. Jadi, Anda dapat mendengar suara dari dua sumber dengan jernih dan detil.

Bila melihat dari polar pattern-nya, microphone tipe ini dimaksudkan untuk menangkap suara percakapan.Mungkin ini adalah salah satu tipe yang paling dicari oleh Podcaster atau untuk kebutuhan on-air radio.

Ketiga, Omni-directional.Microphone tipe omni-directional memiliki kemampuan untuk menangkap suara dari segala penjuru arah.Jadi Anda tidak perlu memindahkan sisi microphone saat sedang bergerak.Polar pattern yang dimiliki tipe ini berbentuk melingkar seperti bola.

Omni-directional adalah microphone yang sangat cocok untuk rekaman di studio. Dengan cara ini, tidak akan ada suara yang tidak diinginkan ikut terekam. Microphone ini juga cocok digunakan untuk kebutuhan rapat atau konferensi.

Perhatikan standar respon frekuensi microphone

Anda mungkin akan menemukan berbagai jenis microphone dipasaran. Namun, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah frequency response dari microphone.Bagi Youtuber dan Podcaster yang membuat konten menurut spesialisasinya harus mempertimbangkan hal ini.



Anda harus memahami dalam memilih jenis frequency response microphone, apakah flat atau shape. Manusia normalnya bisa mendengar suara di rentang 100Hz-3kHz, dan frequency range dari microphone Hi-Fi biasanya ada di rentang 20Hz-20kHz. Dan hal ini sangat berhubungan dengan microphone sensitivity yang diukur dengan decibel (dB).

Manusia normal bisa mendengar suara di angka 1 dB, dan ukuran standard frequency response microphone adalah 10dB.Lalu untuk ukuran noise-nya adalah 20dB SPL.

Perhatikan perbedaan microphone condenser dan dynamic

Ada dua jenis microphone dipasaran yang sangat populer, yakni microphone Condenser dan Dynamic.Berikut beberapa perbedaan mendasar pada dua jenis microphone ini.

  • Microphonecondenser



Microphone jenis condenser sangat peka dengan suara berfrekuensi tinggi.Oleh karena itu, produk-produk microphone condenser selalu menyertakan tingkat kebisingan dan tingkat suara maksimum. Anda akanmenemukan banyak jenis ini pada microphone USB.

Microphone condenser memiliki kelemahan fatal pada daya tahan terhadap kelembapan udara tinggi. Jadi, akan jauh lebih baik bila Anda menggunakan produk microphone condenser di dalam ruangan dengan kelembapan udara normal.

  • Microphone dynamic

Microphone dynamic adalah jenis yang biasa ditemui pada microphone XLR.Produk-produk dari microphone dynamic memiliki sensitivitas yang rendah pada suara berfrekuensi tinggi.

Microphone jenis dynamic ini cukup tahan terhadap kelembapan udara tinggi. Jadi, penggunaan di luar ruangan tidak akan menjadi masalah. Tetapi, Anda harus menyiapkan perangkat tambahan bila ingin menyambungkannya ke laptop, tablet, atau smartphone.

Baik microphone jenis condenser maupun dynamic memiliki kelebihannya sendiri.Bila Anda menginginkan microphone yang praktis dan ringan, jenis condenser mungkin adalah pilihan terbaik. Akan tetapi, mengenai kualitas suara dari microphone akan sangat tergantung pada spesifikasi secara keseluruhan.



10 Microphone terbaik untuk Youtuber dan Podcaster

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai microphone, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi microphone terbaik untuk Youtuber dan Podcaster dari berbagai merek berikut ini:

10. Samson Go Mic

samson_go_mic

Harga : Rp 639.000



Populer dikalangan Youtuber dan Podcaster

Samson Technologies adalah perusahaan asal Amerika Serikat pemilik brand Samson. Produk perangkatportable merupakan spesialisasi dari Samson.Karena hampir semua produk Samsontech bersifat fleksibel, futuristik, dan berkualitas.

Samson Go Mic USB Consider Microphone disebut sebagai produk terbaik Samson untuk pasar USB microphone dengan harga terjangkau.Produk ini dimaksudkan bagi Anda yang hobi bekerja dimana pun dan kapan pun.

Produk ini hanya memiliki dimensi 70.5 x 43.5 x 23 mm dan berat 500 gr. Anda bahkan bisa membawanya di dalam saku. Samson Go Mic sangat cocok untuk pekerjaan podcasting, web-casting, maupunrecording.Anda bisa membeli microphone ini di Shopee.

9. Audio-Technica ATR2100-USB



technica_atr2100_usb

Harga : Rp 1.388.000

Multifungsi dan sangat ideal untuk Podcasting

Audio Technica membuat terobosan produk microphone dengan menggabungkan output Digital USB dan XLR analog. Microphone ini juga dilengkapi dengan Headphone Jack, dengan ini Anda juga dapat memonitor suara dari monitor.

Cardioid polar pattern yang diterapkan pada ATR2100 dapat menghasilkan suara yang terisolasi. Hal ini secara signifikan dapat meningkatkan kualitas suara yang diproduksi. Produk ini juga dilengkapi frequency response yang sangat ideal untuk podcasting.

ATR2100 memiliki dimensi 183.0 mm x 51.0 mm, serta berat 268 gr, serta frequency response 50Hz-50kHz. Produk ini juga dilengkapi dengan stand clap, tripod desk stand,mini USB cable, serta XLRM-type to XLRF-type cable.Anda bisa membeli microphone ini di hargadunia.com.

8. Blue Yeti USB Microphone



blue_yeti_usb_microphone

Harga : Rp 2.950.000

Kualitas terbaik dan kompatibel

Blue Yeti Blackout adalah Microphone dengan multiple polar pattern. Anda dapat mengatur sendiri jenis pattern sesuai dengan kebutuhan. Ada empat pilihan pattern yang bisa diatur, yakni cardioid, bi-directional, omni-directional, serta stereo.

Microphone ini sangat cocok untuk membuat berbagai macam jenis konten, seperti vokal, gaming, musik, podcasting, hingga recording. Blue Yeti juga kompatibel dengan hampir semua OS perangkat computer, seperti Windows (7, 8.1,dan 10) serta Machintosh (Mac OS 10.10 up).

Produk ini memiliki dimensi 120 mm x 125mm x 295 mm, serta berat 550 gr. Blue Yeti Blackout dilengkapi dengan frequency response hingga 20Hz – 20kHz, dan SPL maximum 120dB. Khusus untuk headphone amplifier, Yeti Blackout memiliki frequency response hingga 15Hz – 22kHz dan Signal to Noise 100dB.Anda bisa membeli microphone ini di Lazada.



7. Samson Meteor USB Microphone

samson_meteor_usb_microphone

Harga : Rp 900.000

Bebas dari suara-suara yang tidak dibutuhkan

Samson Meteor memiliki frequency response yang sangat lembut, sehingga dapat menangkap suara vokal dan instrumen musik dengan sangat baik. Dengan polar pattern berjenis cardioid, hasil recordingakan terbebas dari suara-suara yang tidak dibutuhkan.

Produk ini juga bisa digunakan pada semua platform, serta tidak membutuhkan driver dalam pemasangannya.Samson Meteor juga sangan cocok digunakan untuk video conference. Dengan 44.1/48kHz resolusi, Anda akan bisa merasakan pengalaman membuat audio yang mengesankan.

Dengan ukuran dan model yang praktis, Anda bisa membawa dan menggunakan Samson Meteor dimana pun dan kapan pun. Anda bisa membeli microphone ini di Shopee.



6. Audio-Technica AT2020 USB

audio_technica_at2020_usb

Harga : Rp 2.184.000

Persembahan terbaik untuk para Youtuber dan Podcaster

Audio-Technica AT2020 layak dijadikan sebagai microphone standar untuk pembuat konten podcast di internet. Dengan frequency response yang sangat stabil serta polar pattern cardioid, AT2020 sangat sesuai untuk streamer, gamer, hingga podcaster untuk membuat konten.

AT2020 memiliki dimensi 162.0 mm x 52.0 mm, serta impedance 100 Ohm. Produk ini juga dilengkapi dengan stand mouth, adapter, serta protective pouch yang lembut. Dengan fitur yang lengkap serta komponen yang berkualitas, AT2020 adalah salah satu microphone terbaik untuk Anda.Anda bisa membeli microphone ini di Shopee.



5. Rode NT1-A

rode_nt1_a

Harga : Rp 3.080.000

Cocok untuk Anda yang hobi covering lagu atau berakustik ria di internet

Produk ini telah banyak diuji coba dan mendapat review bagus dari para musisi profesional. NT1-A adalah microphone bertipe condenser, yang artinya produk ini memiliki sensitivitas yang tinggi untuk memberikan suara yang halus dan alami.

Dengan polar pattern cardioid, dan ditunjang dengan pressure gradient acoustic principle.NT1-A sangat sesuai untuk digunakan sebagai microphone para Podcaster. Produk ini memiliki dimensi 190.0 mm x 50.0 mm x 50.0 mm, dan berat 326 g. Anda bisa membeli microphone ini di Lazada.



4. Focusrite Scarlett Solo Studio Pack 2nd Gen

focusrite_scarlett_solo_studio_pack_2nd_gen

Harga : Rp 3.220.000

Mendukungkarir profesional Anda

Scarlett Solo Studio merupakan microphone yang dikhususkan untuk music recording. Dengan output suara berkualitas studio, produk ini sangat diminati para Youtuber dan Podcaster professional dan amatir. Baik instrumen maupun microphone memiliki frequency response hingga 20Hz-20kHz dan 0.1dB.

Anda juga tidak perlu repot untuk installdriver dari Scarlett Solo Studio, karena semua bisa diunduh dengan email dan nomor register yang terdaftar. Artinya, Anda bisa memasang driver-nya hampir di semua perangkat.Anda bisa membeli microphone ini di Shopee.



3. Heil PR40

heil_pr_40

Harga : Rp 10.624.900

Terbaik untuk music recording grup musik Anda

Heil Sound PR-40 merupakan microphone dinamik dengan daya tahan yang tinggi. Sehingga sangat cocok digunakan untuk live music serta membuat konten baik indoor maupun outdoor.Perangkat bertipe dinamik sangat tahan terhadap kelembapan udara pada suhu ruangan.

Dengan 3 pin XLR, produk ini cocok untuk digunakan bersama-sama dengan grup. Selain itu, polar pattern dari PR-40 adalah cardioid. Jadi Anda dapat tetap merekam suara terbaik bahkan saat menggunakannya di luar ruangan.



Heil PR40 memiliki impedance hingga 600 Ohm dan output level hingga -53.9dB. Anda bisa membeli microphone ini di Lazada.

2. Rode Procaster

rode_procaster

Harga : Rp 2.480.000

Cocok untuk semua jenis instrumen klasik dan musik rock

Rode Procaster Broadcast adalah produk yang sangat handal untuk semua jenis penggunaan, khususnya musik.Kombinasi cardioids polar pattern dengan dynamic acoustic principle Procaster membuat produk ini sedikit pesaing di pasar yang sama.



Produk ini memiliki impedance hingga 320 Ohm, serta frequency response 75Hz-18kHz. Procaster Broadcast berdimensi 214.0 mm x 53.0 mm x 53.0 mm, dan berat 745 g. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan garansi produk selama 10 tahun dari Rode.Anda bisa membeli microphone ini di Lazada.

1. HyperX Quadcast Mic

hyperx_quadcast_mic

Harga : Rp 2.400.000

Multifungsi dan cocok untuk para gamer

HyperX QuadCast Condenser merupakan microphone paling populer diantara para pemain dan content creator game online.Produk ini memiliki kelebihan yang hampir tidak dimiliki merek lain, yakni 4 jenis polar pattern dalam satu perangkat.



Fitur paling menarik pada produk ini adalah anti-vibration shock mount. Dimana Ada tidak perlu khawatir terhadap suara Anda yang mungkin akan menimbulkan getaran. Selain itu, produk ini juga bisa digunakan untuk semua jenis perangkat, seperti laptop, tablet, hingga smartphone.Anda bisa membeli microphone ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli microphone untuk kebutuhan podcasting, ada baik Anda mengetahui keseuaian perangkat dengan jenis konten yang dibuat. Karena setiap microphone memiliki polar pattern dan spesifikasi yang berbeda. Kesalahan memilih microphone akan mempengaruhi kualitas konten Anda.
  • Selain itu, perhatikan jenis microphone yang akan Anda beli, apakah jenis condenser atau dynamic.Jika Anda menginginkan microphone yang praktis dan ringan, Anda bisa memilih jenis microphone condenser.
  • Jika Anda berniat membuat konten bertema live music, maka Anda bisa memilih Heil PR40. Karena produk ini memiliki ketahanan tegangan atau impedance yang sangat tinggi, yakni hingga 600 Ohm.
  • Sedangkan, untuk Anda yang hobi covering lagu atau berakustik ria di internet, maka Anda bisa memilih microphone Rode NT1-A.
  • Namun, untuk Anda para streamer game di Youtube, sebaiknya Anda bisa memilih microphone HyperX QuadCast Mic. Karena produk ini memiliki 4 jenis polar pattern dalam satu perangkat.

Referensi



  1. Just Creative (2020), Top 10 Microphone for Podcasting, https://justcreative.com/2020/01/14/best-microphones-podcasts-youtube/
  2. Micreviews (2020), The Top 10 Best Microphones for Youtube Videos, https://www.micreviews.com/guides/top-10-best-microphones-for-youtube
  3. Podcast Insights (2020), Best USB Microphones for Podcasting & Voice Recording, https://www.podcastinsights.com/best-usb-microphones/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.