Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


10 Apr 2020 06:00

10 Merek Susu Terbaik untuk Ibu Hamil

By Cektarif Plus


Ibu hamil akan membutuhkan banyak nutrisi untuk kesehatan diri sendiri maupun kesehatan janin mereka. Mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin, serat, kalsium, zat besi dan zat penting lainnya tentu pilihan wajib yang harus dilakukan. Tidak jarang pulamereka memerlukan suplemen makanan dan minuman yang bisa membantu mencukupi nutrisi yang diperlukan.



Susu sebagai minuman yang dikenal kaya akan kalsium, protein, dan berbagai vitamin merupakan pilihan tepat sebagai tambahan asupan di masa kehamilan. Menyadari hal itu, banyak produsen susu menyajikan beragam pilihan susu yang diolah khusus bagi ibu hamil. Beberapa diantaranya juga banyak menghadirkan inovasi rasa dan menambah beragam kandungan gizi, demi menghadirkan produk yang berkualitas.

Begitu banyak merek susu khusus untuk ibu hamil yang ada di pasaran, kadang membuat Anda kesulitan menentukan mana yang terbaik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Untuk membantu Anda memilih merek susu yang tepat, kami akan menyajikan beberapa merek susu terbaik untuk ibu hamil. Namun sebelumnya, kami berbagi pengetahuan mengenai tipsmemilih susu ibu hamil yang baik dan benar, serta manfaat dari meminum susu khusus untuk ibu hamil.

Tips memilih susu untuk ibu hamil yang baik dan benar

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika memilih susu ibu hamil yang baik dan benar :

  • Pilih susu yang sudah dipasteurisasi



Meminum susu mentah tidaklah aman, pastikan Anda membeli susu ibu hamil yang sudah melalui proses pasteurisasi, yaitu proses pengolahan untuk membunuh bakteri yang ada pada susu mentah.

Susu sapi atau kambing yang mentah berpotensi terdapat banyak bakteri yang salah satunya bisa memicu keguguran. Susu mentah juga berpotensi menularkan banyak penyakit. Ibu hamil juga rentan tertular berbagai penyakit, maka sebaiknya hindari juga olahan yang terbuat dari susu mentah.

  • Perhatikan kandungan nutrisi dalam susu

Setiap membeli susu untuk ibu hamil, alangkah baiknya Anda membaca terlebih dahulu kandungan nutrisi yang tertera pada kemasan susu. Anda juga perlu berkonsultasi kepada ahli gizi atau dokter kandungan, nutrisi apa saja yang sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan selama kehamilan.

  • Pilih susu yang tidak banyak mengandung gula / lemak



Kandungan gula yang banyak bisa memicu diabetes yang nantinya tidak baik bagi ibu hamil dan janinnya. Selain itu masalah berat badan kerap mengganggu wanita di saat hamil. Memiliki berat badan yang sehat akan membuat persalinan lebih berjalan aman. Maka pilihan terbaiknya Anda mengonsumsi susu yang rendah lemak juga sedikit kandungan gulanya.

  • Pilih susu dengan rasa yang Anda sukai

Beberapa ibu hamil kadang merasa mual dengan aroma susu sapi atau susu kambing yang khas. Sebagai alternatif lainnya Anda bisa memilih berbagai rasa yang cocok, seperti rasa vanilla, cokelat, atau stroberi. Variasi rasa susu akan memberi aroma segar dan tidak eneg, sehingga Anda tidak perlu kerepotan dalam mengonsumsi susu.

  • Pilih susu yang mudah larut

Banyak susu yang beredar di pasaran terkadang menggumpal jika diaduk. Tidak jarang gumpalan itu tertinggal di gelas membuat susu yang diminum tidak maksimal. Hal yang sepele namun kadang juga merepotkan. Maka mencari susu dengan kualitas yang terbaik, mudah larut dan tidak menggumpal juga penting untuk Anda.



  • Pilihlah ukuran kemasan yang tepat

Susu ibu hamil yang beredar di pasaran terdapat banyak ukuran kemasan. Ukuran kecil, sedang, hingga besar. Jika Anda hanya ingin mencoba bagaimana rasa atau kualitasnya, sebaiknya pilihlah kemasan yang kecil. Hal itu untuk menghindari ketika Anda tidak cocok dengan rasa atau kualitasnya. Namun jika sudah merasa cocok dengan satu merek, Anda bisa membeli ukuran yang besar.

  • Pilihlah Harga yang Terjangkau

Susu ibu hamil biasanya cenderung lebih mahal dibanding susu biasa yang ada di pasaran. Menimbang harganya juga perlu dilakukan, sebandingkah harga susu dengan kualitasnya. Sesuaikah dengan kantong Anda.

Pada umumnya konsumen menginginkan susu dengan harga yang murah dan berkualitas, namun tak ada salahnya jika Anda membeli susu khusus ibu hamil yang sedikit mahal tapi kualitasnya jelas terjamin.



Manfaat meminum susu khusus ibu hamil

Sebagian ibu hamil mungkin berpikir untuk tidak mengonsumsi susu. Beberapa diantara ahli kesehatan bahkan tidak mengharuskan mereka untuk meminum susu khusus ibu hamil. Tapi Anda tidak bisa mengambil resiko untuk tidak memberikan cukup kalsium dan nutrisi penting bagi Anda dan buah hati. Apalagi jika suplemen vitamin, kalsium dan suplemen nutrisi lainnya sama sekali tidak dikonsumsi.

Berikut manfaat meminum susu khusus ibu hamil, diantaranya adalah :

  • Anda akan memiliki tulang yang sehat dan kuat

Jika Anda memiliki tulang yang kuat, Anda bisa berjalan dengan postur yang lebih baik. Selain itu kekurangan kalsium bisa menyebabkan tulang keropos atau mudah patah, kram, nyeri otot atau kesemutan, mudah lelah, rambut dan kuku mudah patah, bahkan gangguan psikologis seperti depresi, sering lupa atau sering kebingungan.



Kalsium dari susu yang Anda minum tidak secara otomatis masuk ke bayi Anda. Bayi mendapatkan kebutuhan kalsium langsung dari tulang Anda sendiri. Oleh sebab itu Anda perlu memastikan tubuh memiliki semua kalsium yang dibutuhkan untuk Anda dan buah hati.

Kandungan kalsium yang tinggi baik untuk ibu hamil dan janinnya. Wanita hamil usia 19 tahun ke atas disarankan untuk mengonsumsi 1.000 mg kalsium sehari. Satu gelas (250 ml) susu tanpa lemak menawarkan 309 mg kalsium. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi tiga hingga empat gelas susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama masa kehamilan.

  • Anda akan mendapatkan banyak protein dari susu

Jika ibu hamil sering merasa lemas dan lesu, mungkin tubuh mereka kekurangan asupan protein. Memenuhi kebutuhan protein bisa menjadikan tubuh lebih berenergi dan sehat. Protein juga berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.

Dalam secangkir susu terdapat 8 gram protein. Akan sangat tercukupi jika Anda meminum susu lebih dari satu cangkir setiap hari.



  • Anda bisa mendapatkan banyak vitamin D

Vitamin D bisa membantu bayi Anda terhindar dari penyakit rakitis (yaitu kondisi nyeri tulang kaki, nyeri otot, dan lemah otot), dan masalah berat badan sebelum lahir. Kekurangan vitamin D juga mengakibatkan rentan terkena infeksi sistem pernafasan, keterlambatan tumbuh gigi bayi , sering berubahnya mood atau emosi Anda, hingga melemahnya otot jantung.

  • Mencegah kekurangan zat besi dan asam folat

Kekurangan zat besi pada masa kehamilan bisa menyebabkan tubuh mudah terserang infeksi dan mudah merasa lelah. Bayi Anda juga dapat beresiko mempunyai berat badan yang tidak normal. Anda bisa saja terkena anemia dengan tanda-tanda cepat lelah, sering pusing, denyut jantung tidak teratur serta warna kulit yang pucat.

Kekurangan asam folat bisa menyebabkan tubuh merasa lemas,diare dan lidah perih. Selain itu asam folat bermanfaat untuk mencegah keguguran dan menghindarkan bayi dari resiko cacat tabung saraf.



  • Mengurangi rasa mulas

Ibu hamil sering mengonsumsi banyak makanan dan minuman yang kadang akan menimbulkan rasa kembung atau mulas. Jika Anda termasuk orang yang rentan terkena masalah asam lambung, susu rendah lemak bisa mengurangi masalah gas berlebih.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dari meminum susu khusus ibu hamil. Tak ada ruginya jika Anda rajin mengonsumsinya setiap hari, demi terjaganya kesehatan Anda dan buah hati.

10 Merek Susu Terbaik untuk Ibu Hamil

Setelah Anda mengetahui cara memilih susu untuk ibu hamil yang baik dan benar, dan berbagai manfaat dari meminum susu khusus ibu hamil, ijinkan kami memilihkan sepuluh merek susu ibu hamil yang terbaik.

10. SGM Bunda Presinutri



sgm_bunda_presinutri

Harga : Rp 21.200

Susu rasa jeruk dengan harga ekonomis

Merek susu SGM begitu dikenal di masyarakat. Selain harganya yang sangat ekonomis, kualitasnya juga tak kalah dengan merek lainnya. Anda bisa dengan mudah menemukan susu ini di pasaran. Kandungan yang terdapat pada SGM Bunda antara lain, asam folat, zat besi, kalsium dan vitamin D yang tinggi serta sumber protein.

Produk asli dalam negeri ini hadir dengan varian rasa yang berbeda dari susu hamil lainnya yaitu rasa jeruk. Selain rasa jeruk, tersedia juga rasa cokelat dan strawberry. Anda bisa membeli susu ini di Blibli.

9. Nestle Mom & Me



nestle_mom__me

Harga : Rp 48.700

Diperkaya Probiotik Bifidus BL

Nestle banyak menghadirkan produk berkualitas, salah satunya susu untuk ibu hamil Nestle Mom & Me. Mengandung banyak vitamin A, B1, C, D, E, zat besi, asam folat, kolin, kalsium dan protein yang tidak hanya baik untuk ibu hamil, namun juga baik bagi perkembangan janinnya. Susu ini diperkaya probiotik bifidus BL, yaitu gabungan dua jenis probiotik yang baik untuk pencernaan.

Dengan harga yang terjangkau, produk ini hadir dalam varian rasa vanila berukuran 150 gr. Anda bisa membeli susu ini di Shopee.

8. Enfamama A+



enfamama_a

Harga : Rp 77.000

Susu tinggi asam folat, kalsium, zat besi dan vitamin C

Enfamama A+ cocok untuk Anda konsumsi bahkan hingga masa-masa menyusui nantinya. Selain tinggi asam folat, kalsium, zat besi dan vitamin C, produk ini juga diperkaya dengan 9 mineral, 12 Vitamin, serat pangan (inulin) serta sumber protein.

Meminum Enfamama dua gelas setiap hari cukup untuk membantu memenuhi nutrisis selama kehamilan. Susu ini juga pas disajikan saat hangat ataupun dingin. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

7. Lactamil Pregnansis



lactamil_pregnasis

Harga : Rp 33.000

Susu rendah gula dan lemak

Lactamil Pregnansis memiliki nutrisi yang lebih rendah gula dan lebih rendah lemak. Sangat pas untuk Anda yang ingin menyeimbangkan berat badan di masa-masa kehamilan. Susu ini juga dilengkapi kandungan asam folat yang tinggi, vitamin D, zat besi, kalsium, dan sumber protein.

Tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu vanila (200 gr & 400 gr), cokelat (200 gr & 400 gr), dan strawberry (200 gr). Anda bisa membeli susu ini di Shopee.

6. Prenagen Mommy Emesis



prenagen_mommy_emesis

Harga : Rp 81.000

Mengurangi mual dan muntah

Prenagen Mommy Emesis memiliki protein dan vitamin B6 yang teruji secara klinis dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah hingga 90 %. Selain itu terdapat kandungan zat besi yang bermanfaat menunjang proses pembentukan sel darah merah pada bayi. Tak ketinggalan kandungan asam folatnya juga turut mencegah resiko cacat pada tabung saraf otak kecil.

Tersedia pilihan rasa cokelat dan vanilla delight yang pas dilidah. Anda bisa mendapatkan susu ini di Shopee.

5. Dumex Mama



dumex_mama

Harga : Rp 800.000

Cocok untuk Anda yang tak suka rasa manis

Dumex mama merupakan susu khusus ibu hamil yang tanpa rasa. Meskipun disebut tanpa rasa, susu ini termasuk susu dengan rasa yang enak sehingga banyak disukai oleh ibu hamil. Kandungan lemaknya yang rendah semakin menarik konsumen yang menginginkan berat badan seimbang di saat hamil.

Branddari Thailand ini juga memiliki kandungan prebio proteQ, asam folat dan DHA. Produk ini hadir dengan kemasan 600 gram. Anda bisa membeli susu ini di Amazon.

4. Certified Organic Whole Milk Powder, Hoosier Hill Farm



certified_organic_whole_milk_powder_hoosier_hill_farm

Harga : Rp 260.000

Susu bubuk organik bersertifikat

Susu bubuk organik bersertifikat di bawah program organik nasional Amerika Serikat ini, hadir dalam bentuk toples yang bisa ditutup kembali dengan rapat. Produk yang berasal dari pertanian bukit hoosier Amerika ini juga bebas gluten dan bebas hormon.

Produk yang terbuat dari susu segar ini juga bisa dicampurkan ke dalam makanan, teh, kopi ataupun sebagai creamer. Anda bisa membeli susu ini di Amazon.

3. Anmum Materna Cokelat



anmum_materna_cokelat

Harga : Rp 37.500

Susu dengan rasa cokelat paling enak

Anmum materna cokelat sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan asam folat yang tinggi di masa-masa kehamilan. Susu rendah lemak ini juga mengandung kalsium, probiotik, GA dan DHA yang mendukung perkembangan otak.

Rasa cokelat yang enak akan membuat Anda menikmati saat-saat meminum susu di saat hamil, bahkan Anda bisa menikmatinya di luar masa kehamilan. Anda bisa membeli susu ini di Shopee.

2. Peak Dry Whole Milk Powder



peak_dry_whole_milk_powder

Harga : Rp 200.000

Terbuat dari susu segar berkualitas tinggi

Susu bubuk untuk ibu hamil ini merupakan pilihan yang bagus bagi Anda yang gemar susu murni penuh krim dan penuh rasa. Diperkaya dengan vitamin A dan D, membuat susu ini memiliki nilai tambah tersendiri dibanding merek susu murni lainnya.

Merek ini tepat bagi ibu hamil yang ingin menambah berat badannya. Selain diminum susu ini bisa dijadikan campuran bahan membuat kue, memasak, atau untuk creamer. Anda bisa mendapatkan susu ini di Amazon.

1. Wyeth S-26 Mom Gold



wyeth_s_26_mom_gold

Harga : Rp 700.000

Pilihan terbaik untuk wanita hamil dan menyusui

Wyeth S-26 Mom Gold ini salah satu produk dari wyeth yang memiliki banyak nutrisi unuk masa kehamilan yang sehat. Susu tinggi kalsium ini juga diperkaya fosfor, asam folat, DHA, dan alfa laktalbumin (jenis utama protein whey yang ditemukan dalam ASI)

Susu rendah lemak ini memiliki kemasan 600 gram. Meskipun harganya mahal, namun sebanding dengan nutrisi yang Anda dapatkan dari setiap gelasnya. Anda bisa membeli susu ini di Amazon.

Kesimpulan



  • Sebelum membeli susu khusus ibu hamil sebaiknya Anda memperhatikan kandungan nutrisi yang ada pada susu, ukuran kemasan yang pas dan harga yang terjangkau. Anda juga sebaiknya memilih susu yang sudah dipasteurisasi.
  • Manfaat meminum susu ibu hamil diantaranya, menguatkan tulang, mencegah kekurangan zat besi, mencegah resiko bayi lahir cacat atau keguguran, dan sumber protein tinggi untuk perkembangan janin.
  • Anda bisa membeli SGM Bunda Presinutri, jika menginginkan susu ibu hamil yang bagus dengan harga ekonomis. Namun jika Anda ingin susu yang lebih mahal dengan kualitas yang terjamin, Wyeth S-26 Mom Gold merupakan pilihan yang tepat.
  • Lactamil Pregnansis sesuai untuk Anda yang ingin menjaga keseimbangan berat badan di saat hamil. Namun jika Anda ingin menambah berat badan, Anda bisa memilih susu murni dari Peak Dry Whole Milk Powder.
  • Prenagen Mommy Emesis cocok bagi Anda yang mengalami mual dan muntah pada masa kehamilan. Jika Anda penyuka rasa cokelat sejati, Anmum Materna Cokelat merek yang bagus untuk dipilih. Tapi jika Anda tidak suka rasa manis, Anda bisa memilih Dumex Mama.

Referensi

  1. Pregnancy Skin Expert (2019), 10 Best Milk for Pregnancy : 2019 Guide & Reviews,https://pregnancyskinexpert.com/best-milk-for-pregnancy/
  2. Sophia (2018), Best Drinking Milk During Pregnancy,
    https://www.healthybabyhappyearth.com/best-drinking-milk-during-pregnancy/





Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.