Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


21 Jun 2021 09:00

10 Lensa Tambahan Terbaik yang Paling Bagus untuk Kamera Smartphone

By Cektarif Plus


Dewasa ini dunia fotografi tidak hanya sebatas menggunakan kamera profesional seperti SLR, DSLR atau Mirrorless. Tapi juga bisa dilakukan dengan kamera smartphone, di mana lebih praktis dan simpel dari sisi penggunaan.



Meskipun begitu, secara kualitas tentu hasil kamera smartphone tidak sebagus kamera profesional. Fitur pada kamera smartphone biasanya memiliki pembatas seperti halnya jumlah lensa ataupun kualitas konstruksi yang membuatnya membutuhkan perangkat tambahan.

Perangkat tambahan itu berupa lensa yang berguna untuk menghasilkan jepretan menjadi lebih berkualitas. Untuk mendapatkan lensa tersebut, Anda bisa membelinya di toko online atau offline dengan harga yang bervariasi, ada yang hanya puluhan ribu saja hingga jutaan rupiah.

Namun jika Anda ingin mendapatkan lensa tambahan yang bagus dan terbaik untuk kebutuhan smartphone Anda, maka ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan seperti jenis, portabliitas, fitur dan juga mereknya.

Karena itu, kami menyajikan 10 lensa tambahan terbaik yang paling bagus untuk kamera smartphone lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih lensa kamera hingga cara perawatannya.

Mengenal jenis-jenis lensa tambahan kamera smartphone

Lensa kamera tambahan untuk smartphone umumnya terbagi menjadi lima jenis, yaitu lensa wide angle, telephoto, fish eye, makro dan anamorphic. Setiap jenis lensa tersebut memiliki perbedaan, terutama jika dilihat dari hasil jepretan yang didapatkan.



Pertama, lensa wide angle. Jenis lensa ini memiliki kemampuan membidik gambar secara lanskap dengan cakupan background yang lebih luas. Dengan kemampuan tersebut dapat dipastikan jenis lensa ini lebih cocok digunakan untuk memotret pemandangan.

Kedua, lensa telephoto. Jenis lensa ini memiliki kemampuan zoom yang profesional, sehingga dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang gemar mengabadikan momen berkesan ketika berolahraga ataupun pemandangan liar.

Ketiga, lensa fish eye. Jenis lensa ini telah populer sejak tahun 90 an. Memiliki ciri khas hasil bidikan disertai efek lengkung yang artistik, sehingga ideal digunakan untuk memotret pemandangan kota, arsitektur, ataupun kegiatan bertema artistik lainnya.

Keempat, lensa makro. Jenis lensa ini sangat cocok digunakan untuk memotret benda kecil seperti bunga, serangga, atau benda kecil lainnya, berkat kemampuan rasio pembesaran yang dimiliki.

Beberapa dari lensa makro ini bahkan menawarkan rasio hingga 5:1, yang artinya mampu memproyeksikan gambar 5 kali ukuran objek.

Kelima, lensa anamorphic. Jenis lensa ini cocok digunakan untuk membuat konten video dan kerap digunakan saat pembuatan film layar lebar. Lensa ini memiliki kemampuan merekam gambar lebih luas serta dapat menghasilkan depth of field yang sempit



Pertimbangkan faktor kenyamanan dan portabilitas

Beberapa lensa kamera tambahan memiliki bobot dan sistem pemasangan khusus untuk mempertahankan posisi dengan tepat agar hasil gambar yang didapatkan sangat memuaskan dan menakjubkan.

Namun sayangnya harga yang ditawarkan jenis lensa tambahan tersebut terbilang masih mahal dan perlu teknik yang tepat saat memasangnya.

Karena itu, penting untuk untuk memperhatikan faktor kenyamanan dan portabilitas, terutama bagi Anda yang masih awam di dunia fotografi. Saran kami, Anda bisa memilih lensa portable model clip on yang penggunaannya cukup mudah, hanya dijepitkan ke smartphone.

Dengan lensa model clip on, Anda tidak perlu ribet lagi saat memasangnya, selain praktis juga mudah dibawa kemana-mana.

Paket lensa serbaguna dapat menjadi pilihan yang menguntungkan



Banyaknya variasi produk lensa menuntut para produsen untuk membuat penawaran produk yang menggiurkan. Sebagai solusi, kini banyak perusahaan ternama yang menawarkan satu paket lensa yang terdiri atas beragam lensa.

Sebagai contoh, brand Sandmarc menawarkan produk Kit Lensa Fotografi yang menawarkan tiga lensa sekaligus yang terdiri atas lensa wide angel, lensa fish eye 10 mm dengan perbesaran 0,2x dan lensa makro 25 mm dengan perbesaran 10x yang menakjubkan.

Selain lensa, satu paket produk yang ditawarkan oleh beberapa brand ternama umumnya juga dilengkapi penjepit sebagai solusi untuk mempermudah pemakaian lensa. Dan yang menarik lagi adalah lensa serbaguna ini harganya lebih terjangkau.

Pertimbangkan fitur yang ditawarkan

Beberapa fitur canggih terbaru yang bisa Anda temui pada lensa kamera antara lain adalah, fitur zooming, wifi, polarizing lens, xenon flash, physical shutter, night vision, dan masih banyak yang lainnya.

Meskipun begitu, jangan terlalu tergiur dengan lensa yang menawarkan banyak fitur, sebab beberapa fitur terkadang hanya kompatibel dengan tipe smartphone jenis tertentu saja. Sehingga Anda perlu memperhatikan apakah fitur tersebut cocok dengan smartphone Anda.



Cara membersihkan dan merawat lensa kamera tambahan

Berikut ini tips membersihkan dan merawat lensa kamera tambahan agar lebih awet dan tahan lama :

  • Pastikan Anda menyimpan lensa pada casing khusus. Jika tidak memilikinya, maka Anda dapat menyimpannya di dalam tas dengan menyelipkan kain microfiber untuk mencegah timbulnya goresan.
  • Bersihkan lensa secara rutin menggunakan kit perawatan lensa. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan kain microfiber yang lembut.
  • Untuk menjaga tingkat kejernihan lensa, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih lensa atau alkohol 70%. Jangan menggunakan pembersih dari bahan ammonia yang dapat merusak lensa.
  • Pastikan Anda menyimpan lensa pada tempat/ruang yang tidak terkena matahari langsung.

10 lensa tambahan terbaik yang paling bagus untuk kamera smartphone



Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang lensa kamera tambahan untuk smartphone, maka selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi 10 lensa kamera tambahan dari berbagai merek berikut ini.

10. Lensa Kamera Apexel HD5M

foto-lensa-tambahan-terbaik-yang-paling-bagus-untuk-kamera-smartphone-10

Harga : Rp 190.000

Cocok untuk membidik objek berukuran kecil

Lensa jenis makro dari brand Apexel ini dirancang serbaguna dan memiliki tingkat kompatibel hingga 90 % dengan berbagai tipe smartphone yang ada di pasaran.



Secara kualitas, lensa Apexel ini dapat digunakan membidik objek terkecil dengan hasil yang menakjubkan. Perbandingan rasionya 10:1, di mana lensa ini mampu memproyeksikan gambar hingga 10 kali dari ukuran semula.

Adapun material yang digunakan terbuat dari allumunium alloy dan plastik ABS yang ringan dan nyaman di tangan. Selain itu, produk ini juga sudah dilengkapi dengan klip yang memungkinkan kemudahan saat pengambilan gambar. Anda bisa membelinya di Shopee.

9. Lensa Kamera Ulanzi 1.33x Anamorphic

foto-lensa-tambahan-terbaik-yang-paling-bagus-untuk-kamera-smartphone-9

Harga : Rp 475.000

Memudahkan dalam membuat konten video yang menakjubkan



Lensa Ulanzi 1.33x Anamorphic ini cocok digunakan untuk Anda yang hobi membuat film atau video. Karena memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk menghasilkan rekaman gambar dengan field of views (FOV). Menariknya, lensa ini support dengan Filmic Pro Camera App.

Adapun untuk bahan menggunakan CNC alloy dan glass, serta sudah dilengkapi dengan 2 clip bracket agar lebih mudah menyesuaikan dengan smartphone yang Anda miliki. Anda bisa membeli lensa ini di Shopee.

8. Lensa Kamera Sony Cyber Shot DSC-QX10

foto-lensa-tambahan-terbaik-yang-paling-bagus-untuk-kamera-smartphone-8

Harga : Rp 2.130.000

Lebih simpel namun menyimpan segudang fitur yang canggih



Produk dari Sony ini bukan hanya unggul dari segi penampilan namun juga kemampuan. Dari segi desain terlihat simpel, elegan, dan ergonomis yang membuatnya mudah dibawa saat travelling.

Sedangkan dari segi kemampuan, mampu menciptakan hasil bidikan dengan ketajaman nyata berkat lensa 18.2 mega pixel yang ditawarkan. Selain itu, produk ini juga dilengkapi fitur zoom 10x yang membuatnya terhindar dari resiko gambar terlihat blur.

Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi fitur lain seperti fitur wifi dan NFC untuk kemudahan transfer data dengan perangkat lain. Anda bisa membeli lensa ini di Shopee.

7. Lensa Kamera HX 1280

foto-lensa-tambahan-terbaik-yang-paling-bagus-untuk-kamera-smartphone-7

Harga : Rp 244.000



Lebih hemat dan serbaguna

HX 1280 menawarkan satu paket lensa serbaguna dengan harga terjangkau. Dengan memilih produk lensa ini, Anda akan mendapatkan empat jenis lensa dengan rincian lensa telephoto 12.8x, lensa fish eye, lensa macro, dan lensa wide angels.

Setiap jenis lensa tersebut akan berguna dalam setiap kebutuhan yang berbeda. Seperti lensa telephoto 12.8x yang memungkinkan Anda lebih mudah saat mengambil gambar dari jarak jauh dengan hasil jernih dan tanpa blur.

Layaknya sebuah teropong, lensa ini juga dilengkapi keunggulan mampu digunakan sebagai lensa monokuler yang mampu digunakan untuk melihat objek jarak jauh dengan menggunakan mata.

Kelebihan lain, pemasangan lensa menjadi lebih mudah berkat desain clip on yang disematkan. Anda bisa membeli lensa ini di Shopee.

6. Lensa Kamera Aukey PL –WD06



foto-lensa-tambahan-terbaik-yang-paling-bagus-untuk-kamera-smartphone-6

Harga : Rp 985.000

Dibuat dalam desain 2 in1 yang praktis

Produk Aukey PL WD-06 ini terbuat dari perpaduan bahan alumunium alloy dan plastik multi elemen yang membuatnya mampu menciptakan hasil gambar memuaskan akibat terhindar dari resiko silau akibat pantulan cahaya yang kerap diciptakan kebanyakan lensa.

Lensa ini menggabungkan dua jenis lensa sekaligus 2 in 1, yang meliputi lensa wide angel1200 dan lensa macro 15x. Selain itu juga dilengkapi klip dari bahan karet yang membuat smartphone Anda aman dari goresan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli lensa ini di Shopee.

5. Lensa Kamera Apexel JS36X



foto-lensa-tambahan-terbaik-yang-paling-bagus-untuk-kamera-smartphone-5

Harga : Rp 549.000

Dilengkapi fitur zooming yang menakjubkan

Lensa telephoto dari brand Apexel ini unggul dari segi kemampuan zooming, yakni 36x. Dengan kemampuan tersebut, produk ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang hobi mengambil gambar pemandangan atau objek dari jarak jauh.

Dengan menggunakan lensa ini, hasil gambar akan terlihat lebih memuaskan tanpa sudut gelap yang biasa diciptakan oleh lensa telephoto murahan.

Selain itu, dari segi tampilan juga menarik dan terlihat lebih elegan. Belum lagi bahan metal yang anti gores sehingga lebih aman, awet dan tahan lama. Anda bisa membeli lensa ini di Shopee.



4. Lensa Kamera Pickogen HE 098

foto-lensa-tambahan-terbaik-yang-paling-bagus-untuk-kamera-smartphone-4

Harga : Rp 149.000

Solusi tepat bagi pemilik iPhone X dan iPhone XS

Berbeda dengan produk lainnya, produk yang satu ini sengaja dirancang kompatibel dengan smartphone jenis iphone tipe X dan XS saja. Dari segi harga terbilang cukup ekonomis dengan penawaran empat jenis lensa yang berkualitas.

Empat lensa tersebut meliputi lensa fish eye 180o, lensa wide angel 0.62x, lensa macro 15x, dan lensa CPL (Circular Polarizer) yang mampu meningkatkan kontras cahaya saat mengambil gambar pemandangan.

Dengan sekali putar, lensa akan terpasang dengan baik pada lensa iPhone X Anda. Selain itu, tersedia dalam dua warna pilihan, yakni warna hitam dan putih. Anda bisa membeli lensa ini di Shopee.



3. Lensa Kamera Carl Zeiss CZ-2203-205

foto-lensa-tambahan-terbaik-yang-paling-bagus-untuk-kamera-smartphone-3

Harga : Rp 2.199.000

Canggih dan dilengkapi fitur anti debu dan air

Produk yang kami rekomendasikan ini memiliki banyak penggemar khususnya dari kalangan fotografer internasional. Kualitas lensa wide angle yang ditawarkan membuatnya mampu menghasilkan gambar panorama yang keren.

Selain itu, desain produknya yang modern, elegan dan intuitif, serta dilengkapi fitur anti debu dan anti air yang membuatnya aman digunakan saat di luar ruangan.



Lensa dari Zeiss ini terbuat dari perpaduan bahan multi coating optic, plastik ABS dan alumunium alloy yang ringan dan nyaman dalam penggunaan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli lensa ini di Shopee.

2. Lensa Kamera Rhinoshield

foto-lensa-tambahan-terbaik-yang-paling-bagus-untuk-kamera-smartphone-2

Harga : Rp 800.000

Dilengkapi casing dan pelindung lensa yang aman

Lensa profesional dari brand Rhinoshield ini sangat kompatibel untuk smartphone jenis iPhone. Dilengkapi dua jenis lensa yakni lensa wide angel dan lensa macro 5x yang membuatnya mampu memproyeksikan gambar 5x ukuran semula.



Dari segi bahan terbuat dari alumunium dengan lensa dari bahan kaca berlapis bahan multilayer yang meminimalkan terjadinya ghosting dan pantulan cahaya saat pengambilan gambar.

Dengan membeli lensa Rhinoshield ini, Anda akan mendapatkan casing dan pelindung lensa sekaligus. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli lensa ini di Shopee.

1. Lensa Kamera Apexel Tele 28X JS28X

foto-lensa-tambahan-terbaik-yang-paling-bagus-untuk-kamera-smartphone-1

Harga : Rp 375.000

Dilengkapi kemampuan setara dengan kamera DSLR



Lensa dari Apexel ini kerap disebut sebagai lensa teleskop. Selain dilengkapi kemampuan sebagai lensa telephoto 28x, lensa ini juga mampu digunakan sebagai simpel monokuler untuk melihat objek jarak jauh langsung tanpa bantuan smartphone.

Layaknya sebuah kamera DSLR, lensa ini juga dilengkapi struktur tubuh menyerupai kamera yang beberapa diantaranya meliputi focus ring, fixing ring, fixing screw, dan FOV ring. Lensa dari Apexel ini menjadi solusi tepat bagi Anda yang mencari lensa sebagai teman travelling ataupun hunting.

Selain itu, kamera ini sudah dilengkapi fitur night vision yang mampu menghasilkan gambar lebih cerah dan tajam. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli lensa kamera ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli lensa kamera tambahan, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti jenis, fitur, portabilitas, harga dan juga mereknya.
  • Selain itu, perhatikan juga cara membersihkan dan merawatnya agar lensa lebih awet dan bisa digunakan berkali-kali secara maksimal.
  • Anda bisa memilih lensa Carl Zeiss CZ-2203-205, karena memiliki fitur yang canggih, desain modern, serta anti debu dan anti air.
  • Namun jika Anda ingin lensa kamera tambahan yang simpel, elegan dan ergonomis serta dapat menghasilkan gambar yang berkualitas, maka Anda bisa memilih Sony Cyber Shot DSC-QX10.
  • Sedangkan untuk Anda yang hobi membuat video atau film, Anda bisa memilih lensa kamera Ulanzi 1.33x Anamorphic.



Referensi

  1. Anthony Thurston (2017), How to Choose Your First Lenses for Your Smartphone Camera, https://www.thephoblographer.com/2017/07/18/how-to-choose-your-first-lenses-for-your-phone/
  2. Michael Gabriel, How to Take Care of Your Camera Lenses, https://contrastly.com/taking-care-camera-lenses/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.