Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


19 Apr 2020 06:00

10 Lensa Kamera Terbaik untuk Wartawan Olahraga

By Cektarif Plus


Lensa kamera merupakan bagian terpenting untuk mendapatkan gambar yang berkualitas. Terutama bagi para sports journalist atau wartawan olahraga, yang tidak boleh melewatkan momen terbaik yang mungkin tidakakan pernah terulang.



Selain jenis lensa, dalam sports photography juga sangat mengandalkan fitur dari lensa itu sendiri. Seperti kemampuan autofocus, stabilizer, serta ketahanan terhadap lingkungan. Lensa terbaik haruslah mampu digunakan dalam keadaan paling ekstrem sekali pun

Anda akan menemukan banyak jenis lensa dipasaran. Namun supaya bisa memilih dengan tepat, dan sesuai dengan kebutuhan, Sebaiknya Anda mengetahui berbagai macam jenis lensa kamera yang sesuai dengan pekerjaan Anda. Berikut hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli lensa untuk kebutuhan sports photography.

Sesuaikan jenis lensa dan kamera

Khusus untuk kebutuhan sports photography Anda tidak boleh asal dalam memilih. Hal ini akan mempengaruhi pemilihan jenis lensa yang dapat digunakan. Sebab, ada lensa-lensa yang hanya bisa digunakan pada merek tertentu saja, misalnya Nikon dan Canon.

Wartawan olahraga dari seluruh dunia umumnya menggunakan 2 jenis kamera standar dalam sports journalistc. Yakni Kamera DSLR dan Kamera Mirrorless. Anda perlu memahami keunggulan dan kekuarangan kedua jenis kamera ini sebelum memutuskan untuk membeli.



  • Kamera DSLR

Jenis kamera ini sangatlah populer, tidak hanya photographer profesional saja, bahkan para pemula pun cukup mengenal kamera ini. Digital Single Lens Reflex atau DSLR menggunakan cermin yang bisa memantulkan cahaya ke dalam viewfinder. Sehingga Anda dapat melihat gambaran nyata dari jepretan dalam kondisi riil.

Pada kamera DSLR, viewfinder yang diterapkan adalah optical viewfinder (OVF). Sehingga membuat kamera jenis ini bisa mendapatkan gambaran nyata. Dan autofocus pada DSLR adalah menggunakan cermin, hal ini membuat kamera jenis ini bisa membuat fokus lebih cepat dari kamera mirrorless.

  • Kamera Milc/Mirrorless

Kamera milc atau mirrorless adalah kamera berteknologi tinggi yang bisa Anda temukan dipasaran. Pada mirrorless, reseptor cahayanya bukanlah cermin atau optik, melainkan electronic viewfonder (EVF). Keunggulan dari viewfinder jenis EVF adalah Anda bisa melihat preview hasil jepretan.

EVF atau electronic viewfinder pada awalnya memiliki kekurangan pada autofocus jika dibandingkan dengan DSLR. Namun, sekarang ada banyak produk kamera mirrorless yang memiliki kemampuan setara dengan DSLR dalam hal kecepatan autofocus. Jadi pastikan untuk memeriksa update teknologinya sebelum membeli kamera mirrorless.



Ada perbedaan teknologi yang jelas pada kedua jenis kamera diatas, yakni DSLR dan Mirrorless. Oleh karena itu, sebelum membeli lensa kamera untuk kebutuhan sports photography ada baiknya Anda menyesuaikan teknologi kamera dan lensa terlebih dahulu.

Pilih jenis fast lens terbaik

Apa sebenarnya lensa cepat atau fast lens itu? Ya, fast lens biasanya dilambangkan dengan huruf “f” di bagian spek pada kamera yang Anda beli. Jenis lensa cepat ini akan menentukan kecepatan autofocuskamera. Semakin rendah nilai fast lens-nya, maka semaki tinggi pula kemampua kamera untuk menangkap momen.

Namun, angka saja tidak bisa dijadikan indikator bagus atau tidaknya fast lens dari produk lainnya. Sebab kesesuaian perangkat dan updateteknologilah yang akan menentukan perbedaannya. Misalnya saja, dipasaran lensa telephoto saat ini jenis f/2.8 adalah produk yang cukup populer, namun setiap produk memiliki teknologi dan keunggulannya sendiri.

Jika Anda ingin menangkap momen terbaik untuk kebutuhan sport photography, pastikan memilih fast lens dengan performa terbaik. Sebab bila fast lens tidak dapat mengikuti kecepatan objek, hasil jepretan Anda akan menjadi blur dan tidak dapat digunakan.

Umumnya memang semakin kecil ukuran fast lensakan jauh lebih baik. Pada kamera profesional biasanya menggunakan fast lens f/0.95 hingga f/2.8. Namun tidak menutup kemungkinan fast lens f/5.6 akan menggunakan teknologi yang lebih baik. Oleh karena itu, pemilihan yang tepat adalah menilai secara keseluruhan terlebih dahulu.



Pilih focal length lensa sesuai kebutuhan

Pemilihan focal length untuk lensa kamera sangatlah penting. Pada sports photography, kecocokan lensa terhadap lingkungan akan menentukan kualitas hasil jepretan.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu olahraga macam apa yang akan Anda abadikan momennya. Sebab, jarak maksimal zoom dan kebutuhan cahaya pada lensa olahraga outdoor akan sangat berbeda pada olahraga indoor.

  • Event In-Door

Olahraga indoor seperti volley ball, futsal, dan badminton yang dilakukan di gedung olahraga akan minim cahaya. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih jenis lensa yang bisa menangkap cukup cahaya yang dibutuhkan.



Selain itu, jarak zoom yang dibutuhkan juga tidaklah terlalu jauh. Jadi pastikan memilih lensa dengan focal length 80-200mm, karena harganya akan sedikit lebih murah dari produk dengan focal length besar.

  • Event Out-Door

Jika yang Anda butuhkan adalah lensa untuk kebutuhan outdoor sports, seperti sepakbola atau baseball. Pilihlah lensa dengan focal length besar 300-600mm atau 800-1000mm bila perlu.

Anda akan membutuhkan lensa telephoto yang sangat mumpuni untuk pekerjaan outdoor sports photography. Sebab, jarak yang objek mungkin akan sangat jauh, 100 meter atau lebih. Selain itu, jika event dilakukan pada malam hari, Anda akan mendapatkan cahaya yang cukup.

10 Lensa kamera terbaik untuk wartawan olahraga



Setelah Anda betul-betul mempertimbangkan hal-hal yang disebutkan diatas. Pertimbangkan sekali lagi, sejauh mana kebutuhan lensa Anda dalam sports photography. Sebab, tidak semua lensa bagus untuk segala kebutuhan. Namun, berikut ada beberapa lensa yang dapat dijadikan pertimbangan dan dimasukkan ke dalam list belanja Anda.

10. Nikon AF-S NIKKOR 70-200mm F/2.8E FL ED VR Lens

nikon_af_s_nikkor_70_200mm_f_2_8e_fl_ed_vr_lens

Harga : Rp 36.699.000

Lensa Kamera all rounder terbaik Canon

Produk Nikon AF-S Nikkor 70-200mm merupakan yang terbaik dikelas lensa f/2.8. Tidak hanya cocok untuk kebutuhan sports journalistic, tapi juga dapat digunakan untuk wild life photography. Lensa ini memiliki kemampuan auto focus yang sangat baik, sehingga bisa bisa menangkap motion dengan sangat sempurna.



Dengan focal length 70-200mm, lensa ini sangat sesuai untuk kebutuhan wartawan indoor sports seperti voli, futsal, bulu tangkis, renang, hingga ice hockey. Selain itu, kemampuan middle range-nya juga bisa digunakan untuk menangkap gambar untuk outdoor sports seperti sepakbola.

Lensa ini juga memiliki fitur all weather-sealling, yang mana dapat menoleransi segala jenis cuaca dan iklim. Dan yang pasti, Extra-Low Dispersion Glass (ED) dari produk ini memiliki kemampuan mengoreksi penyimpangan kromatik pada lensa. Anda bisa membeli lensa kamera ini di Shopee.

9. Canon EF 70-200mm F/2.8L IS II USM

canon_ef_70_200mm_f_2_8l_is_ii_usm

Harga : Rp 27.999.000

Lensa kamera yang didesain untuk para outdoor sports journalist



Canon EF 70-200mm F/2.8L IS II USM merupakan produk andalan untuk para jurnalis olahraga di lapangan. Lensa ini memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air dan debu. Dan memiliki four-stop image stabilizer (IS) yang dapat membantu Anda untuk bisa menangkap momen dengan lebih baik.

Lensa ini adalah produk favorit di kelas fast lens f/2.8 untuk para wartawan olahraga atau pecinta sports photography. Sedangkan fitur ring-type ultrasonic motor (USM) akan membantu Anda untuk mendapatkan autofocus yang super cepat tanpa khawatir terjadi overshooting. Anda bisa membeli lensa kamera ini di Lazada.

8. Tamron SP 70-300mm F/4-5.6 DI VC USD

tamron_sp_70_300mm_f_4_5_6_di_vc_usd

Harga : Rp 5.500.000

Lensa kamera sports photography terbaik untuk pemula



Tamron SP 70-300mm F/4-5.6 DI VC USD adalah produk yang sempurna untuk new comer di dunia sports photography. Anda akan dapat merasakan pengalaman menangkap gambaer kualitas profesional dengan low-cost lensa. Dengan focal lenght hingga 300mm, produk ini cukup baik digunakan pada outdoor sports seperti sepakbola.

Fitur vibration compensation (VC) pada produk ini, dapat membantu Anda ketika mengambil gambar dalam gerakan kecil dan kondisi cahaya yang tidak maksimal. Selain itu, produk ini juga menggunakan ultrasonic silent drive (USD), yakni autofocus motors generasi terbaru dengan teknologi tinggi. Anda bisa membeli lensa kamera ini di Lazada.

7. Sigma 120-300mm F/2.8 DG OS HSM “Sports” Lens

sigma_120_300mm_f2_8_dg_os_hsm_sports_lens

Harga : Rp 55.532.000

Lensa kamera outdoor sports photography terbaik dengan dua varian produk kamera



Lensa Sigma 120-300mm F/2.8 DG OS HSM “Sports” Lens memiliki kemampuan yang sangat mengesankan di kelas lensa sport photography. Produk ini juga didesain untuk tahan terhadap debu dan cipratan air pada saat penggunaan. Dengan focal length 120-300mm, tidak salah lagi lensa ini memang diperuntukkan untuk long-middle range photography.

Selain itu, penerapan hyper sonic motor (HSM) dan optical stabilizer (OS) pada lensa ini ditujukan untuk menangkap gerakan cepat. Yang artinya, momen sekecil apa pun dapat diabadikan dengan autofocus yang sangat mumpuni. Produk ini juga didesain untuk dua merek kamera populer, yakni Canon dan Nikon.Anda bisa membeli lensa kamera ini di Shopee.

6. Nikon AF-S NIKKOR 80-400mm F/4.5-5.6G ED VR Lens

nikon_af_s_nikkor_80_400mm_f4.5_5.6g_ed_vr_lens

Harga : Rp 36.999.000

Lensa kamera sports photography terbaik di kelas mid-longdistance



Jika Anda menginginkan lensa kameramid-long distance dengan fitur compact, maka Nikon AF-S Nikkor 80-400mm F/4.5-5.6 G ED VR adalah pilihan terbaik. Sama seperti produk Nikkor lainnya, penerapan vibration reduction (VR) merupakan keunggulan utama dari Nikkor 80-400 F/4.5-5.6. Lensa ini juga sangat sesuai untuk kebutuhan jarak dekat-menengah, maupun jauh.

Produk ini menggunakan teknologi generasi kedua VR dari Nikon, sehingga mampu menangkap gambar dengan sangat tajam. Tidak hanya itu, lensa ini juga dapat menghasilkan video dengan kualitas HD. Penerapan silent wave motor (SWM) pada fast lens dan extra-low dispersion (ED) membuat Nikkor 80-400 F/4.5-5.6 mampu menangkap momen dengan sangat sempurna. Anda bisa membeli lensa kamera ini di Bibli.

5. Nikon AF-S NIKKOR 200-400mm F/4G ED VR II Lens

nikon_af_s_nikkor_200_400mm_f4g_ed_vr_ii_lens

Harga : Rp 115.000.000

Lensa kamera super mid-range distance untuk sports journalistic



Mungkin produk Nikon yang satu ini akan jadi pilihan terbaik untuk para profesional. Dengan fast lens f/4G dan focus length 200-400mm, gambar yang dihasilkan akan berkualitas premium. Selain itu, lensa kamera AF-S Nikkor 200-400mm dapat memaksimalkan kemampuan kamera DSLR Anda.

Lensa jenis ini juga memiliki vibration reduction dengan teknologi termutakhir VR II. Sehingga potensi blur pada gambar yang diambil akan semakin kecil. Tidak hanya itu AF-S Nikkor 200-400mm juga menggunakan silent wave motor (SWM) yang akan membuat autofocus dengan akurasi yang sangat tinggi.

Bila Anda lebih suka menggukan manual focus, maka lensa ini adalah pilihan tepat. Sebab, AF-S Nikkor 200-400mm dapat diatur dalam keadaan autofocus dan manual. Anda bisa membeli lensa kamera ini di Blibli.

4. Canon EF 400mm F/5.6L USM

canon_ef_400mm_f5_6l_usm

Harga : Rp 19.075.000



Dapatkan fokus terbaik sesuka hati dengan EF 400mm F/5.6L

Tidak semua lensa kamera dengan focus length besar berharga mahal. Anda bisa mendapatkan gambar terbaik dengan EF 400mm F/5.6L. Produk didesain khusus untuk photographer yang ingin mendapatkan fokus terbaik sesuka hati. Bahkan ketika autofocus-nya aktif, Anda tetap bisa mengubahnya sesuai keadaan.

Dengan fast lens f/5.6L, lensa ini dapat mendapatkan fokus dengan sangat cepat dan sangat akurat. Jadi, Anda tidak perlu takut kehilangan momen terbaik dan membuat jepretan menjadi blur. Selain itu, lensa ini juga menggunakan super UD-glass yang akan meminimalkan aberasi cahaya. Anda bisa membeli lensa kamera ini di Shopee.

3. Sigma 50-500mm F/4.5-6.3 APO DG OS HSM

igma_50_500mm_f_45_63_apo_dg_os_hsm

Harga : Rp 20.790.000



Abadikan momen terbaik dengan high-tech F/4.5-6.3 super zoom 10x

Produk Sigma 50-500mm F/4.5-6.3 APO DG OS HSM merupakan lensa telephoto profesional standar untuk sports photography. Kemampuan 10x zoom tentu akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan objek pada jarak terbaik. Produk ini juga memiliki optical stabilizer hingga 4 stops.

Dengan focal length 50-500mm, lensa ini sempurna untuk Anda yang ingin mendapatkan objek dekat dan jauh. Ditambah dengan fitur hypersonic motor (HSM) dan full time manual (FTM), Anda akan bisa mendapatkan fokus terbaik dengan sangat cepat.Anda bisa membeli lensa kamera ini di Shopee.

2. Sigma 150-600mm F5-6.3 DG OS HSM Sports Lens

sigma_150_600mm_f5_63_dg_os_hsm_sports_lens

Harga : Rp 27.500.000



Super lens untuk sports journalist olahraga luar ruangan

Produk super lens untuk para profesional dalam dunia sports photography. Lensa ini didesain untuk para pecinta produk dari Canon. Anda akan dimanjakan dengan focal length yang sangat mumpuni untuk menangkap objek jarak jauh. Sigma 150-600mm F/5-6.3 dikontruksi untuk tahan terhadap ekstrim seperti hujan.

Produk ini juga menggunakan optical stabilizer dan hypersonic motor (HSM) supaya bisa mendapatkan autofocus yang super cepat. Tidak hanya itu, teknologi F-Low dispertion (FLD) danspecial low dispertion (SLD) yang diterapkan pada Sigma 150-600mm F/5-6.3 akan membantu Anda untuk mendapatkan gambar yang jelas dan tajam. Anda bisa membeli lensa kamera ini di Shopee.

1. Sigma APO 300-800mm F/5.6 EX DG HSM

sigma_apo_300_800mm_f_5_6_ex_dg_hsm

Harga : Rp 98.900.000



Lensa ultra telephoto terbaik untuk sports photographer olahraga alam

Anda mungkin akan sangat terkesan dengan hasil jepretan dari produk APO 300-800mm. Lensa ini didesain untuk Anda yang menggeluti dunia jurnalistik olahraga alam seperti selancar, balap mobil “rally”, hingga cross-country. Dengan focal length hingga 800mm, tentu tidak ada objek yang dapat luput dari pengamatan Anda.

APO 300-800mm menggunakan teknologi extraordinary low dispertion (ELD), yang memiliki koreksi aberasi kromatik yang luar biasa. Ditambah dengan hypersonic motor (HSM), tentu Anda tidak akan melewatkan satu pun momen dengan autofocus yang super cepat. Anda bisa membeli lensa kamera ini di tokocamzone.com.

Kesimpulan

  • Hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli lensa kamera untuk kebutuhan sports photography adalah jenis kamera. Apakah itu DSLR atau Mirrorless, karena lensa yang Anda beli mungkin tidak kompatibel untuk beberapa jenis kamera.
  • Selain itu, perhatikan merek dari kamera, sebab memang ada beberapa lensa yang dikhususkan untuk merek tertentu. Atau Pilihlah lensa produk Sigma, karena banyak produk dari perusahaan ini yang teknologinya sesuai untuk banyak jenis merek kamera.
  • Jika Anda seorang jurnalis untuk olahraga indoor, Anda bisa memilih lensa kamera dengan focus length kecil, seperti Nikon AF-S Nikkor 70-200 F/2.8 atau Canon EF 70-200 F/2.8L.
  • Namun, jika Anda seorang jurnalis olahraga all-rounder yang mengejar banyak jenis olahraga. Ada baiknya untuk memilih lensa yang sesuai, seperti Tamron SP 70-300mm atau Nikon AF-S Nikkor 80-400mm.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan gambar terbaik untuk olahraga outdoor, seperti rally dakkar atau tour de franch, maka Anda bisa memilih Sigma APO 300-800mm.



Referensi

  1. SLR Photography Guide, Tips for Choosing a Sports Photography Lens – What is the best lens for sports photography, https://www.slrphotographyguide.com/sports-photography/
  2. Beach Kamera Blog (2018), DSLR vs Mirrorless Kameras: How to Choose What’s Best for You, https://www.beachkamera.com/blog/dslr-vs-mirrorless-kameras-choose-whats-best/
  3. Kamera Kool (2020), Bets Lens for Sports Photography, https://www.kamerakool.com/best-sports-photography-lens/
  4. Digital Photo (2017), Capture The Action: Lenses for Sports Photography, https://www.dpmag.com/gear/lenses/capture-the-action-lenses-for-sports-photography/
  5. Adorama (2013), Top Lenses for Sport Photography, https://www.adorama.com/alc/0008443/article/100-in-100-Part-II-Sports-lens-buying-guide
  6. Filtergrade (2019), 6 of The Best Lenses for Sports Photography, https://filtergrade.com/6-of-the-best-lenses-for-sports-photography/
  7. Eksplora (2020), The Fastest Glass Money Can Buy, https://www.bhphotovideo.com/explora/photography/buying-guide/the-fastest-glass-money-can-buy



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.