Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


02 Mar 2020 22:54

10 Lampu Gantung yang Membuat Interior Rumah Semakin Wow

By Cektarif Plus


Lampu gantung tidak hanya sekadar membuat ruangan menjadi lebih terang saja. Lebih dari itu, lampu gantung dapat membuat karakter pada ruangan menjadi lebih hidup, semakin lebih indah dan wow.



Saat ingin membeli lampu gantung yang tepat dan cocok untuk ruangan Anda, pertimbangkan faktor-faktor penting berikut ini, seperti ukuran, keluaran cahaya, jenis sumber cahaya, dan opsi peredupan.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa lampu gantung yang membuat interior rumah semakin wow berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai lampu gantung serta cara perawatannya.

Perhatikan ukuran lampu gantung

Menentukan ukuran berarti Anda akan menghitung panjang, lebar, dan tinggi ruangan dengan tepat dan cermat. Kemudian tentukan diameter yang tepat dengan cara menambahkan dimensi panjang, lebar, dan tinggi secara bersama-sama.

Misalnya, ruangan yang ukuran lebarnya 3 meter, panjangnya 3 meter, dan tinggi 3,75 meter, maka ukuran lebar maksimal lampu gantung adalah 50 cm.Ukuran tersebut, merupakan salah satu contoh ukuran ideal yang bisa Anda gunakan sebelum membeli lampu gantung.

Sedangkan, untuk peletakan posisi ketinggian yang tepat, Anda bisa menentukan jarak antara bagian bawah lampu gantung dan lantai minimal 2,2 meter. Jika kurang dari itu, maka tidak akan ada ruang yang cukup tinggi untuk menggantung lampu gantung di ruangan Anda, karena lampu justru akan menjuntai ke bawah dan mengenai kepala setiap orang yang lewat.



Dan, untuk lampu gantung yang dipasang di atas meja makan, Anda harus mengukur tingginya sekitar 75cm dari bagian bawah lampu ke meja. Ukuran tersebut ideal untuk ruang makan dengan langit-langit sekitar 3 meter.

Perhatikan keluaran arah cahaya

Pencahayaan merupakan salah satu elemen yang paling sering diabaikan saat memasang lampu, tapi untuk lampu gantung Anda harus mengetahui keluaran cahaya yang tepat sehingga bisa membuat desain interior menjadi lebih berbeda, unik, dan keren.

Secara umum ada dua konsep pencahayaan yang bisa Anda gunakan untuk lampu gantung, yakni pencahayaan fungsi dan aksen. Dengan kedua konsep tersebut, dan tentunya dalam proporsi yang berbeda, Anda akan mendapatkan hasil yang profesional dan sempurna.

Pencahayaan fungsi. Misalnya, lampu gantung yang diletakkan di atas meja sehingga dapat menerangi area sekitar meja saja. Konsep tersebut hanya cocok digunakan untuk penerangan dalam batas atau area tertentu saja, dengan tujuan seperti lebih tenang, teduh, dan nyaman.

Hal di atas yang disebut dengan pencahayaan fungsi, karena hanya digunakan untuk fungsi tertentu saja yang diinginkan pemiliknya. Sedangkan, pencahayaan aksen berfungsi sebagai aksen yang menonjol di area dinding yang ada di dekatnya.



Konsep tersebut akan menghasilkan aksen yang dapat menciptakan unsur gelap dan terang dalam ruangan, sehingga dapat memperkuat seluruh konsep interior. Dan, dengan aksen tertentu ruangan Anda akan lebih teduh, klasik, dan elegan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Pilih gaya yang cocok dengan ruangan

Lampu gantung seharusnya bisa melengkapi keindahan ruangan Anda, bukan mengurangi atau malah membuat aneh ruangan.

Misalnya, untuk kamar tidur anak-anak, Anda bisa memasang lampu gantung yang memiliki kristal berwarna-warni sehingga membuat kamar lebih ceria dan berwarna.

Sedangkan untuk mendapatkan kesan alami dan unik, Anda bisa memasang lampu gantung yang dibuat dengan ranting-ranting pepohonan yang kuat, atau benda lain yang berasal dari alam.

Untuk mendapatkan kesan lebih modern, Anda bisa memasang lampu gantung dengan sekelompok bohlam kaca yang menjuntai dalam jumlah yang banyak, atau juga bisa dengan cara memainkan sistem teknologi yang kekinian.



Pilih yang menggunakan LED

Teknologi LED telah meningkat sedemikian rupa, sehingga seringkali seseorang tidak dapat membedakan antara perlengkapan lampu LED dan lampu pijar tradisional. Untuk lampu gantung, Anda bisa memilih jenis lampu LED yang sudah dilengkapi dengan teknologi dimmer.

Banyak lampu LED sepenuhnya dimmable ketika dipasangkan dengan dimmer tegangan rendah yang kompatibel, tetapi tidak setiap lampu LED dimmable.

Jadi sangat penting untuk menanyakan terlebih dahulu sebelum membelinya. Kemudian periksa spesifikasi setiap fixture individu, dan kemudian lihat rekomendasi pabrikan untuk dimmer yang kompatibel. Karena tidak semua dimmer berfungsi dengan semua perlengkapan.

Pilih yang dilengkapi dengan Wi-Fi



Mungkin Anda pernah berkunjung ke cafe atau tempat hiburan yang tatanan cahayanya begitu indah dan mempesona. Biasanya mereka sudah melengkapi desainnya dengan teknologi canggih, seperti sistem wireless pada aplikasi lampu yang membuat pengaturan pencahayaan menjadi lebih mudah.

Semua bisa dikontrol dari tempat duduk, tanpa perlu lagi mengambil langkah untuk menekan saklar. Fitur yang digunakan untuk mengontrol ini bisa dengan remote ataupun dari smartphone.

Mode terang dan redup lampu gantung yang sudah terkoneksi dengan sistem Wi-fi akan memudahkan Anda saat ingin menentukan cahaya yang cocok dengan suasana batin Anda, sekaligus mudah untuk mematikan atau menghidupkannya kembali.

Cara merawat lampu gantung

Ketika Anda sudah membeli lampu gantung, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar lampu gantung yang Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat lampu gantung.



  • Bersihkan lampu gantung secara berkala dengan menggunakan sulak atau kemoceng setiap hari.
  • Ganti lampu atau bohlam jika pencahayaannya sudah berkurang atau redup.
  • Ketika ingin membersihkan secara total, Anda harus memastikan bahwa sumber aliran listrik di rumah sudah dalam kondisi putus/mati. Kemudian, turunkan lampu gantung yang menempel pada langit-langit rumah.
  • Setelah itu bersihkan badan lampu gantung dengan lap yang lembab untuk menghilangkan noda atau kotoran yang menempel.
  • Cek kabel yang mengaliri arus listrik ke lampu gantung, dan pastikan saklar dalam kondisi bersih dan tidak berkarat.

10 Lampu gantung yang membuat interior rumah semakin wow

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang lampu gantung serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi lampu gantung yang membuat interior rumah semakin wow berikut ini:

10. MENDEKOR



mendekor_tilu_lampu_gantung

Harga : Rp 269.000

Gaya industrial yang unik dan menarik

Lampu gantung dari brand Mendekor ini berukuran 15 cm x 15 cm x 15 cm. Mengusung gaya industrial minimalis yang unik dan dapat membuat interior rumah Anda menjadi lebih keren dan elegan.

Lampu ini cocok diletakkan di balkon, ruang tamu, atau kamar rumah Anda. Cara memasangnya pun mudah, Anda tinggal menyambungkannya ke arus listrik yang ada di bagian langit-langit ruangan. Anda bisa membeli lampu gantung ini di Blibli.

9. EELIC LHG-66



eelic-lhg-66

Harga : Rp 120.000

Membuat ruangan lebih cantik dan mewah

Lampu gantung Kristal ini menggunakan fitting E27 yang terbuat dari bahan berkualitas terbaik. Desain lampunya akan membuat ruangan Anda lebih cantik dan terlihat begitu mewah menyatu dengan interior ruangan di rumah Anda.

Selain itu, produk ini memiliki warna netral sehingga mudah di padupadankan dengan segala jenis warna yang ada pada interior rumah Anda. Lampu ini cocok digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga atau pun di kamar Anda.

Yang menarik lagi adalah, lampu ini kuat dan tahan lama, serta mudah perawatannya. Anda bisa membeli lampu gantung ini di Lazada.

8. EELIC LHG-64



eelic_lhg_64

Harga : Rp 120.000

Desain kap bunga yang cantik dan indah

Untuk EELIC tipe LHG-64 memiliki warna silver cantik dan keren. Desain kap bermotif bunga yang ditambah dengan gantungan kristal semakin menambah kesan wow pada setiap interior yang ingin Anda bangun.

Pada bagian tiang dibuat dari bahan besi berkualitas yang kuat menopang kap lampu sehingga tidak mudah goyang atau terjatuh. Lampu gantung ini cocok digunakan di kamar atau ruang tamu Anda.

Selain itu, lampu gantung ini memakai 1 buah bohlam lampu dengan fitting E27 yang lebih praktis dan mudah memasangnya. Anda bisa membeli lampu gantung ini di Lazada.



7. Lampu gantung Moonlight

lampu_gantung_moonlight

Harga : Rp 299.900

Lebih hemat, simpel, dan modern

Lampu gantung hemat energi ini berisi 3 buah bohlam lampu. Desain menjuntai ke bawah dengan panjang kabel masing-masing bohlam berbeda, yakni 65cm, 50 cm, dan 35cm. Dan, bagian kap-nya terbuat dari bahan stainless steel yang kuat, anti karat, dan tahan lama.

Selain itu, cara memasangnya cukup mudah, Anda tinggal menempelkan bagian kap ke langit-langit rumah. Kemudian sambungkan kabel yang terletak pada bagian kap ke arus listrik di plafon rumah Anda.

Interior rumah Anda akan terlihat lebih simple dan modern saat menggunakan lampu ini. Namun, kesan klasik juga bisa Anda dapatkan, jika Anda mengganti lampu dengan cahaya berwarna kuning. Anda bisa membeli lampu gantung ini di Shopee.



6. L471 lampu gantung gold bola

lampu_gantung_gold_bola

Harga : Rp 665.000

Desain simple, modern, dan wow

Lampu gantung ini memiliki bentuk bola kaca berwarna putih susu. Memberikan nuansa bulan purnama yang indah dan cantik untuk interior ruangan Anda. Lampu ini cocok diletakkan untuk indoor atau pun outdoor.

Tangkai lampu yang berwarna emas dan simple akan memberikan kesan elegan sehingga membuat tamu Anda betah untuk melihatnya. Selain itu, kesan modern dan magic juga bisa Anda dapatkan saat memiliki lampu ini di rumah.



Adapun keseluruhan ukuran lampu gantung ini meliputi; Diameter bola kaca 20cm; Tinggi tangkai 30cm; Lebar tangkai 20,5cm; Tinggi keseluruhan 55cm; Panjang kabel 120cm. Anda bisa membeli lampu gantung ini di Shopee.

5. H161 solar LED waterproof

h161_solar_led_waterproof

Harga : Rp 195.000

Nyala otomatis ketika gelap

Lampu gantung ini menggunakan panel surya yang akan menyimpan daya sebanyak 1000 mah. Lampu menyala secara otomatis di saat lampu gantung ini berada di tempat gelap.



Memiliki ukuran diameter 16,8cm dan tinggi 14,8 cm sehingga memudahkan Anda saat memasangnya di langit-langit rumah.

Tidak hanya itu, warna hitam yang berpadu dengan warna lampu akan menciptakan kesan dan suasana rileks ruangan. Lampu ini cocok diletakkan di ruang keluarga, teras atau pun kamar. Anda bisa membeli lampu gantung ini di Shopee.

4. Lampu gantung Ring LED kristal

lampu_gantung_ring_led_kristal

Harga : Rp 6.750.000

Membuat ruangan lebih elegan dan wow



Lampu ini cocok untuk Anda yang mencintai kesempurnaan dan keindahan. Dekorasi interior ruangan akan terlihat semakin lebih mewah saat Anda meletakkan lampu gantung ini di ruang tamu atau ruang makan Anda.

Lampu gantung bentuk lingkaran ini memiliki tinggi 1,2 meter dan lebar 80cm. Didesain minimalis, modern, dan terbuat dari bahan berkualitas dengan kristal dan lampu LED yang bisa menyala dua-duanya. Anda bisa membeli lampu gantung ini di Shopee.

3. Ring LED kristal 7512 -45

ring_led_kristal_7512_45

Harga : Rp 1.875.000

Mode pencahayaan unik dan modern



Pencahayaan lampu gantung ini terdiri atas tiga mode yang berbeda, dari cahaya putih, cahaya kuning dan gabungan antara putih dan kuning. Dilengkapi dengan ornament Kristal bakarat dan LED yang membuat interior ruangan lebih elegan dan berkelas.

Lampu gantung ini berukuran lebar cincin 45 cm dan tinggi satu meter. Dan, cocok diletakkan di ruang keluarga atau ruang tamu. Anda bisa membeli lampu gantung ini di Bukalapak.

2. Lampu gantung kayu

lampu_gantung_kayu

Harga : Rp 90.000

Desain alami, unik, dan modern



Lampu gantung akan memberikan kesan ruangan Anda menjadi Nampak lebih asri dan alami. Motif kayu nampak indah dan hidup karena dilapisi plitur yang dikerjakan oleh tenaga profesional.

Lampu ini cocok digunakan untuk dekorasi ruang makan, karena desainnya mampu memberikan keteduhan, kenyamanan, serta keindahan yang natural. Selain itu, lampu ini juga cocok untuk ruang tamu, teras, atau kamar. Anda bisa membeli lampu gantung ini di Bukalapak.

1. Lampu gantung L 558

lampu_gantung_l_558

Harga : Rp 272.500

Membuat ruangan lebih nyaman dan indah



Wajar jika lampu gantung ini banyak diminati oleh masyarakat, karena desainnya bisa memberikan keindahan sekaligus kenyamanan saat bersantai bersama keluarga atau kolega. Lampu gantung ini cocok diletakkan di ruang makan, tepatnya menggantung di atas meja makan.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan lampu ini sebagai hiasan dekoratif utama untuk interior rumah modern minimalis, sehingga membuat rumah terlihat lebih elegan. Anda bisa membeli lampu gantung ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli lampu gantung, pastikan Anda memperhatikan ukuran, bentuk dan modelnya. Selain itu, perhatikan juga arah dan mode pengaturan cahayanya agar interior ruangan menjadi lebih wow dan keren.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar lampu gantung tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih lampu gantung H161 solar LED waterproof, karena lampu ini bisa menyala secara otomatis saat ruangan gelap, dan dapat menciptakan nuansa rileks untuk rumah Anda.
  • Namun, jika Anda ingin membeli lampu gantung yang dapat membuat interior ruangan terlihat lebih mewah, maka Anda bisa memilih lampu gantung Ring LED kristal.
  • Sedangkan, jika Anda ingin lampu gantung yang bisa memberikan kesan modern, elegan, dan banyak diminati oleh masyarakat, Anda bisa memilih lampu gantung L 558.



Referensi

  1. Overstock(2019), How to Choose a Chandelier, https://www.overstock.com/guides/how-to-choose-a-chandelier
  2. Lightology (2019), How to Choose a Chandelier, https://www.lightology.com/index.php?module=how_to&sub=chandeliers



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.