Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


09 Apr 2020 13:50

10 Kitchen Set Terbaik untuk Dapur Minimalis

By Cektarif Plus


Dapur merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah rumah. Namun, rumah tipe baru yang tersedia sekarang cenderung tidak memberi cukup ruang. Karena itu kitchen set hadir sebagai perabotan yang simple, praktis, serta fungsional untuk kebutuhan dapur di rumah Anda.



Dengan kitchen set, Anda juga bisa memanfaatkan sudut rumah menjadi dapur yang indah dan keren. Namun sebelum membelinya, pastikan Anda mengetahui jenis material yang digunakan, konsep, desain, dimensi serta harganya.

Untuk itu, kami akan menyajikan artikel mengenai beberapa kitchen set terbaik untuk dapur minimalis lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih kitchen set yang tepat untuk dapur minimalis Anda.

Pertimbangkan pemilihan jenis material kitchen set

Material yang digunakan untuk kitchen set memberikan ciri yang khas pada masing-masing produk. Daya tahan, fungsi, serta estetika merupakan faktor penting yang sangat perlu untuk pertimbangkan. Tidak hanya itu, kitchen set akan berhubungan dengan makanan yang dimasak dan dikonsumsi oleh Anda sekeluarga.

Oleh sebab itu, material yang digunakan haruslah aman untuk kesehatan. Kitchen set yang memiliki bahan dengan indikasi zat kimia berbahaya sangat disarankan untuk dihindari. Pilihlah produk dengan material alami, serta bahan yang tidak memaparkan zat kimia berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa bahan atau material yang cukup populer digunakan untuk kitchen set :



Pertama, Kayu Solid. Sebagai bahan material untuk perabotan, kayu solid merupakan yang terbaik. Bentuk dan pola alaminya yang unik serta menarik membuat nilai jual kayu solid menjadi sangat tinggi.

Tergantung jenis, material kayu solid bisa bernilai jutaan rupiah per kubiknya. Untuk kebutuhan furniture, kayu solid sangatlah sempurna, sebab material ini memiliki kekuatan dan kelenturan.

Di balik keunggulannya, bukan berarti kayu solid tidak memiliki kekurangan. Kelemahan terbesar kayu solid ada lah cuaca, kelembaban, dan faktor organik lainnya. Selain itu, kayu solid memiliki beban yang cukup berat. Namun, untuk kebutuhan in-door kayu tetaplah menjadi favorit.

Kedua, Kayu Olahan. Apa Anda pernah membeli produk cabinet di supermarket atau toko perabotan? Ya, kebanyakan produk perabotan yang dijual disana adalah furniture dengan bahan baku kayu olahan. Setidaknya ada 3 jenis kayu olahan yang biasa diterapkan pada produk kitchen set, yakni Multiplek, particle board, dan MDF.

Multiplek adalah bahan baku furniture yang terbuat dari beberapa lapis kayu tipis (vinir), dan memiliki ketebalan antara 9 mm hingga 24 mm. Sementara particle board merupakan kayu olahan yang terbuat dari serbuk kayu dan lem. Jenis material ini sangat mudah dibentuk. Sedangkan MDF adalah material yang terbuat dari bubur kayu dan beberapa bahan kimia dengan finishingvanir.

Jenis material kayu olahan memiliki kelemahan fatal pada kelembaban dan air. Ini adalah nilai minus yang dimiliki oleh furniture yang terbuat dari kayu olahan.Akan tetapi, tergantung penggunaannya, perabotan dengan jenis material ini cukup tahan lama dan perawatannya juga cukup mudah.

Ketiga, Poly Vinyl Chloride.PVC atau Poly Vinyl Chloride adalah material yang banyak digunakan untuk berbagai jenis perabotan rumah tangga dan industri. Jenis material ini sangat kuat, lentur, dan tahan air. Umumnya, PVC akan digunakan untuk pelapis kitchen set yang terbuat dari particle board atau medium density fibreboard (MDF).



Seperti tipikal perabotan yang terbuat dari PVC, jenis kitchen set yang terbuat dari material ini mengandung bahan kimia yang terindikasi cukup berbahaya pada level tertentu. Zat kimia tersebut disebut flafat, namun belum ada penelitian yang valid mengenai dampak flafat terhadap kesehatan seseorang.

Keempat, Stainless Steel. Jenis material ini dipakai untuk hampir semua alat atau pun perabotan, dari rumah tangga hingga industri.Stainless steel memiliki ketahanan terhadap karat, kelembaban, jamur, dan tahan terhadap benturan.Anda bahkan bisa terus menggunakan perabotan dari stainless steel hingga puluhan tahun tanpa kerusakan yang signifikan.

Walaupun terbukti kuat, tahan lama, serta mudah dibentuk. Kitchen set dari bahan stainless steel memiliki nilai artistic yang cukup rendah. Bagi Anda yang menyukai perabotan yang menarik dan berestetika tinggi, stainless steel sepertinya akan sulit memenuhi harapan tersebut.

Perhatikan konsep, desain, dan dimensi dapur

Pemilihan tipe kitchen set untuk dapur impian, setidaknya harus didasarkan pada tiga faktor. Yakni, konsep, desain, dan dimensi dari ruang dapur untuk kitchen set. Membeli produk kitchen set jadi di toko perabotan tanpa memperhitungkan apa pun, dapat memberikan kerugian yang tidak sedikit.

Harga sebuah kitchen set dapat mencapai hingga puluhan juta rupiah di toko perabotan. Namun, selama Anda tetap cermat dalam memilih produk, maka seharusnya tidak akan ada masalah. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih kitchen set, adalah :



  • Pahami konsep terlebih dahulu

Dapur seperti apa yang ingin Anda bangun? Konsep memainkan peran sangat penting disini. Pada dapur minimalis ada lebih banyak opsi yang bisa dikembangkan. Konsep ini akan membantu Anda dalam pemilihan kitchen set yang sesuai.

Jika Anda mengangkat konsep klasik untuk dapur, maka akan menjadi jelas pilihan kitchen set yang akan dipesan. Dan jelas pula bentuk, ukuran, bahan, serta desain dari kitchen set.

  • Sesuaikan desain dengan konsep

Desain dari kitchen set akan disesuaikan dengan konsep yang terlebih dulu ditentukan. Disini Anda harus jeli dalam memilih kitchen set, terutama bila Anda memesan produk pabrikan.



Namun, sebetulnya ada banyak sekali pilihan desain kitchen set yang bisa ditemukan di toko furniture baik offline maupun online. Jadi yang perlu dilakukan adalah, Anda hanya harus cermat dalam menentukan pilihan.

  • Perhatikan dimensi kitchen set

Istilah minimalis digunakan untuk barang yang memiliki fungsi yang dioptimalkan, daripada fungsi aslinya. Sebelum memesan dan membeli kitchen set, ukurlah terlebih dahulu panjang, lebar, dan luas efektif dimensi dari dapur secara nyata dan presisi. Setelah itu Anda akan jauh lebih dalam membuat opsi.

10 Tipe Kitchen Set Terbaik untuk Dapur Minimalis

Di pasar Indonesia, ada lebih banyak kitchen set yang di pesan secara custom daripada yang diproduksi oleh pabrik. Namun, harga kitchen set yang dibeli melalui pemesanan khusus akan memiliki harga jauh lebih mahal. Karena Anda tidak hanya berarti membeli kitchen set, tetapi juga bahan dan desain.



Akan tetapi bukan berarti Anda akan kesulitan untuk menemukan kitchen set pabrikan dengan harga terjangkau di Indonesia. Berikut beberapa jenis, ukuran, serta merek kitchen set terbaik untuk dapur minimalis Anda.

10. Knoxhult Kitchen Set2 Mtr – Putih

knoxhult_kitchen_set_2_mtr_putih

Harga : Rp 5.890.000

Desain manis dan elegan

Produk ini adalah salah satu produk terbaik dari Knoxhult. Kitchen set tipe ini memiliki dimensi 182 cm x 143 cm x 220 cm. Ukuran produk ini tidak besar, juga tidak terlalu kecil. Anda akan dapat bekerja di dapur dengan nyaman serta efektif.



Selain itu, kitchen set jenis ini juag dilengkapi dengan sink. Kelengkapan fitur pada produk ini tentu akan memuaskan kegiatan memasak Anda.

Kitchen set ini juga terbukti memiliki ketahanan yang baik. Sebab material yang digunakan didominasi oleh fibreboard dan dikombinasikan dengan foil particleboard. Tidak hanya itu, produk ini juga dilaminasi dengan melamin bertekanan tinggi yang tahan panas. Serta berbahan dasar baja anti karat. Anda dapat membeli kitchen set ini di Ikea.

9. Denver Kitchen Set - Hitam

denver_kitchen_set_hitam

Harga : Rp 8.496.000

Desain simple and cozy untuk dapur minimalis



Salah satu produk andalan dari Denver, kitchen set ini mengusung tema sederhana dan minimalis. Dengan dimensi 180 cm x 30 cm x 40 cm (kebinet dinding) dan 180 cm x 60 cm x 85 cm (cabinet bawah), produk ini didesain khusus untuk dapur dengan dimensi kecil.

Penggunaan particle board sebagai material utama dengan finishing melamine membuat kitchen set ini selain kuat juga ringan.Anda tidak hanya bisa menyimpan bahan dan peralatan dapur, sebab produk ini juga aman digunakan untuk memproses masakan.

Bila Anda sedang mencari kitchen set berkualitas dengan harga terjangkau, mungkin produk ini bisa masuk ke dalam daftar belanja berikutnya. Anda bisa membeli kitchen set ini di Bukalapak.

8. Dakota Kitchen Set 2 Unit 1.8 Mtr – Hitam

dakota_kitchen_set_2_unit_18_mtr_hitam

Harga : Rp 5.999.000



Kitchen set terbaik untuk dapur superkecil

Ini adalah produk terbaik yang didesain untuk dapur berukuran tidak lebih dari 2 meter. Kitchen set produk Dakota ini memiliki dimensi 180 cm x 60 cm x 83 cm (cabinet bawah) dan 60 cm x 30 cm x 70 cm. Dengan fungsi 5 pintu dan 3 laci, membuat produk ini bisa menampung barang lebih banyak dari yang terlihat.

Material utama yang dipakai pada produk ini adalah particle board dengan finishing melamine yang tahan tekanan, panas, serta aman untuk kesehatan. Selain itu penggunaan warna hitam pada bagian meja cabinet, membuat kitchen set Dakota ini sangat mudah dibersihkan dan anti noda.Dan tidak seperti yang terlihat, produk Dakota ini hanya mempunyai berat 5 Kg.

Bila Anda sedang mencari produk kitchen set yang murah, ringan, kuat, dan mudah dipasang, produk ini akan sangat sesuai dengan kriteria tersebut. Anda bisa membeli kitchen set ini di Informa Online ruparupa.com.

7. Dalton Kitchen Cabinet W/Sink WLN (U/4)



dalton_kitchen_cabinet_w_sink_wln

Harga : Rp 9.599.000

Produk kitchen set minimalis compact terbaikAll in One

Salah satu produk kitchen set untuk dapur minimalis terbaik dari Dalton. Produk ini didesain dengan susunan material medium density fibreboard (MDF) dan particle board serta melamine sebagai finishing.

Dilengkapi dengan sink atau wastafel yang menyatu dengan cabinet kitchen set. Selain itu, Dalton Kitchen Cabinet Sink memiliki dimensi yang sangat kecil, yakni 180 cm x 60 cm x 180 cm. Anda bisa membeli kitchen set ini di Informa Online ruparupa.com.

6. Drew Kitchen Set - Putih



drew_kitchen_set_putih

Harga : Rp 10.599.000

Desain elegan dan berkelas

Produk kitchen set dari Drew akan membuat dapur minimalis Anda tampak classy dan elegan. Walaupun produk ini hanya memiliki dimensi 180 cm x 60 cm x 180 cm, namun desain dan fungsi yang ditawarkan tidaklah se-minimalis ukurannya.

Kitchen ini terbuat dari kombinasi terbaik material medium density fibreboard (MDF) dan particle board, serta melamine sebagai finishing. Selain itu juga dilengkapi dengan sink atau wastafel yang cantik dan fungsional. Drew mencoba menerapkan konsep klasik pada produk ini dengan memperkuat struktur kitchen set.Anda bisa membeli kitchen set ini di Informa Online ruparupa.com.

5. Dakota Kitchen Set Unit 1.2 Mtr – Hitam



dakota_kitchen_set_unit_12_mtr_hitam

Harga : Rp 4.797.000

Bisa ditempatkan di sudut ruangan kamar atau kantor

Dakota selalu membuat terobosan pada produk kitchen set-nya. Produk ini hanya memiliki dimensi 120 cm x 60 cm x 83 cm (cabinet bawah) dan 60 cm x 30 cm x 70 cm (cabinet dinding). Produk ini juga terbukti cukup nyaman digunakan untuk mengolah masakan, dan menyimpan peralatan dapur.

Material yang digunakan pada produk kitchen set ini adalah particle boardI danmelamine sebagai finishing. Anda bisa membeli kitchen set ini di Tokopedia.

4. Daisy Kitchen Set1.5M White W/O Tall (S/2) – Putih



daisy_kitchen_set_15m_white

Harga : Rp 5.999.000

Desain simple dan berkelas

Produk yang didesain untuk dapur kecil Anda. Berbeda dari produk kitchen set lain, konsep minimalis pada Daisy adalah fungsional. Dengan dimensi 150 cm x 60 cm x 85 cm (cabinet bawah) dan 150 cm x 30 cm x 72 cm (cabinet dinding), Daisy Set menjadi salah satu yang terkecil di pasaran.

Material yang diterapkan pada produk Daisy Set ini adalah, particle board sebagai bahan utama plus finishing melamine yang kuat dan aman.Serta penerapan cat putih nan elegan pada produk membuatnya memiliki kesan kuat, ramah, dan berkelas.Anda bisa membeli kitchen set ini di Informa Online Ruparupa.com.

3. Dakota Kitchen Set 3 Unit 1.8 Mtr



dakota_kitchen_set_3_unit_18_mtr

Harga : Rp 7.796.000

Ringan, kuat, dan terbaik di kelasnya

Kitchen set yang terbagi menjadi tiga bagian cabinet, membuat produk ini memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan barang. Dakota Kitchen Set 3 Unit memiliki dimensi 180 cm x 60 cm 200 cm, sehingga akan membuat Anda nyaman ketika sedang mengolah masakan.

Penggunaan material particle board dengan finishing melamine membuat produk ini ringan, kuat, dan mudah dipasang. Selain itu, pewarnaan yang mengombinasikan warna hitam dengan warna pastel membuat kitchen set terlihat ramah, muda, namun classy. Anda bisa membeli kitchen set ini di Bukalapak.

2. Daisy Set 1M White W/O Tall



daisy_set_1m_white_w_o_tall

Harga : Rp 3.999.000

Desain simpel,compact, dan mewah
Ini adalah produk yang didesain khusus untuk Anda yang benar-benar tidak memiliki ruang dapur yang cukup. Dengan dimensi 100 cm x 60 cm x 85 cm (cabinet bawah) dan 100 cm x 40 cm x 75 cm (cabinet dinding), Anda bisa meletakkan kitchen set ini di sudut ruangan yang sempit sekali pun. Produk kitchen set ini juga sangat ringan dan mudah dibongkar pasang.

Material yang digunakan pada produk Daisy Set 1M ini adalah kombinasi paticle board dengan finishing melamine. Serta cat berwarna putih pastelnan elegan membuat produk ini cocok untuk dipasang di tempat umum seperti coworking space atau kantor.Anda bisa membeli kitchen set ini di Informa Online ruparupa.com.

1. Knoxhult Wood Effect Grey

knoxhult_wood_effect_grey

Harga : Rp 9.190.000



Super compact All in One

Kitchen set terbaik untuk dapur dengan ukuran tidak lebih dari 2 meter. Produk ini memiliki dimensi 182 cm x 183 cm x 220 cm, ukuran yang cukup untuk melakukan aktiftas besar di dapur.Material utama untuk cabinet adalah kombinasi fibreboard, foil particle board, foil, serta finishing melamine dan cat akrilik.

Material yang digunakan untuk sink/wastafel adalah baja tahan karat dan dikombinasikan busa plastic poliuretana.Sedangkan untuk keran tuas dari keran terbuat dari material kuningan yang dipoles dengan chrome.

Paket produk ini sudah termasuk cabinet, keran mixer, water trap, dan bak cuci inset. Anda bisa membeli kitchen set ini di Ikea.

Kesimpulan



  • Sebelum membeli kitchen set di toko furniture atau di online marketplace, pastikan Anda memperhatikan kualitas bahan, kesesuaian konsep, desain serta dimensinya.
  • Selain itu, sesuaikan harga dengan kondisi finansial Anda.
  • Anda bisa memilih kitchen set dari Dalton, karenaterbuat dari bahan berkualitas dan memiliki dimensi yang cukup besar untuk memasak hingga mencuci peralatan dapur.
  • Namun, jika Anda ingin paket produk lengkap yang di dalamnya memiliki cabinet, keran mixer, water trap, dan bak cuci inset, maka Anda bisa memilih Knoxhult Wood Efect Grey.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan kitchen set dengan bobot yang lebih ringan dan mudah dibongkar pasang, Anda bisa memilih Daisy Set 1M White W/O Tall.

Referensi

  1. Interior Design (2019), 5 Tips Paling Tepat Sebelum Memilih Kitchen Set, Interior Design, https://interiordesign.id/tips-memilih-kitchen-set/
  2. Kurio (2019), Konsep Dapur Minimalis Terbuka untuk Wujudkan Dapur Kecil yang Terasa Lapang, https://kurio.id/app/articles/9700018



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.