Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


28 Apr 2020 03:52

10 Keyboard Terbaik untuk Gaming

By Cektarif Plus


Bagi seorang gamer, keyboard gaming merupakan salah satu aksesoris PC yang sangat mendukung produktivitas.Biasanya mereka menggunakan keyboard jenismechanical keyboard karena dianggap lebih akurat dan dapat mengurangi risiko RSI (Repetitive Strain Injury).



Saat Anda ingin mencari keyboard gaming terbaik,mungkin ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, sepertijenis saklar, desain, ukuran, harga, merek, dan yang patut Anda perhitungkan untuk gaming adalah jenis teknologinya.

Karena itu, kami akan menyajikan beberapa keyboard terbaik untuk gaming lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai keybors gamingdan cara merawatnya.

Perbedaan keyboard mekanis dengan keyboard biasa

Keyboard mekanik atau mechanical keyboard pada umumnya menggunakan switch fisik aktual yang terletak di bawah tombol agar dapat menentukan kapan pengguna telah menekan sebuah tombol. Sedangkan, keyboard biasa masih menggunakan membran karet sebagai kontak antara tombol dan PCB.

Anda akan merasakan sensasi yang sangat berbeda ketika menggunakan keyboard mekanik. daripada menggunakan keyboard biasa. Meskipun demikian, hal itu tergantung pada jenis saklar mekanis yang digunakan. Karena sebagian besar model akan menawarkan berbagai jenis sakelar, seperti ada yang mudah diklik, ada yang senyap, dan ada pula yangtaktil.

Adapun perbedaan yang mencolok antara keyboard mekanik dan biasa adalah harganya. Keyboard mekanik sedikit lebih mahal dan bahkan ada yang sangat mahal yang ditopang oleh teknologi yang lebih canggih. Sedangkan keyboard biasa, harganya lebih murah.



Selain itu, keyboard biasa memiliki daya tahan yang lebih rendah dan rentan akan kerusakan, karena masih menggunakan membran karet. Berbeda hal nya dengan keyboard mekanik yang lebih kuat, dan cocok digunakan oleh para gamers atau pun penulis profesional yang membutuhkan kecepatan, akurasi, serta daya tahan yang tangguh.

Perhatikan jenis koneksi keyboard gaming

Secara umum, ada dua jenis koneksi keyboard yakni, berkabel dan nirkabel. Untuk jenis keyboard berkabel bisa dengan mudah Anda temui dipasaran. Keyboard ini biasanya digunakan untuk kebutuhan mengetik atau juga bisa digunakan untuk bermain game.

Namun bagi para gamers yang cerdik akan merasa kesulitan menggunakan keyboard berkabel. Mereka lebih menyukai keyboard jenis nirkabel yang membuat mereka lebih leluasa saat bermain game.

Koneksi nirkabel memungkinkan untuk lebih bebas bergerak, karena Anda tidak akan memiliki masalah ketika menggunakannya saat berbaring di kursi, sofa, atau di salah satu tempat duduk gaming terbaik yang Anda miliki.

Yang patut para gamers pertimbangkan saat memilih keyboard nirkabel adalah kualitas baterai. Karena bisa jadi mereka akan memantau terus-terusan keadaan baterai, yang tentunya bisa berisiko mengganggu kenyamanan saat pertempuran online.



Perhatikan desain dan bahan tombol keyboard gaming

Aspek penting lainnya yang harus Anda pertinmbangkan saat memilih keyboard gaming adalah desain dan jenis bahan plastik tombol. Beberapa produk bisa saja merusak suasana pertempuran online Anda karena kualitas bahan yang digunakan rendah.

Kemudian, desain yang buruk juga bisa membuat performa Anda menjadi kurang menarik saat bermain game, misalnya label kerkelupas, tombol tidak berfungsi, dan sinar cahaya yang dikeluarkan jelek.

Berikut ini jenis bahan plastik yang bisa Anda pertimbangkan saat ingin membeli keyboard. Pertama,plastik ABS (acrylonitrile butadiene styrene). Keyboard yang terbuat dari bahan ini biasanya memiliki harga yang sangat mahal. Hal ini tidak lepas dari kualitas dan ketahanannya yang sangat baik.

Kedua, plastik PBT (polibutilena tereftalat). Untuk keyboard yang terbuat dari plastik PBT cirinya lebih ringan dan harganya juga lebih murah. Biasanya huruf atau karakter pada keyboard ini mudah terhapus dan menjadi mengkilap.

Untuk membedakan di antara keduanya, Anda bisa melihat dari harga serta mereknya. Biasanya produsen keyboard terkenal akan menggunakan bahan yang terbuiat dari plastik ABS yang sudah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kenyamanan konsumennya.



Pilih yang ergonomis

Tidak hanya faktor bahannya yang berkualitas, Anda juga harus memperhatikan unsur ergonomis. Seperti perangkat lainnya, keyboard memiliki fitur tertentu yang modelnya dapat menentukan tingkat kenyamanan seseorang.

Keyboard dengan model ergonomis dapat meningkatkan produktivitas Anda saat bermain game, seperti dudukan pergelangan tangan yang bisa menjamin Anda untuk bermain game tanpa merasakan rasa lelah atau pembekuan darah meskipun bermain selama berjam-jam.Hal ini menjadi penting, sebab bermain gameterkadang menuntut Anda bermain secara intens dalam fokus tertentu, terutama saat menghadapi lawan di pertempuran online.

Cara merawat keyboard gaming

Ketika Anda sudah membeli keyboard gaming, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar keyboard yang Anda miliki lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat keyboard gaming dengan baik:



  • Sebelum membersihkan keyboard, pastikan Anda mencabut kabel USB dari perangkat komputer Anda.
  • Kemudian, Anda bisa melepaskan keycap yang adapada keyboard dengan menggunakan cap puller. Hari-hati saat melepaskannya.
  • Setelah itu, bersihkan bagian dalam keyboard dengan kain halus, sehingga kotoran seperti debu, minyak, dan lain-lain terangkat dari sela-sela keyboard.
  • Sedangkan keycap yang sudah Anda angkat tadi, bersihkan dengan cara direndam dalam cairan soda selama kurang lebih 30 menit, lalu lap hingga bersih dan kemudian keringkan.
  • Setelah semua benar-benar kering, pasang kembali keycap pada keyboard. Hindari memasangnya ketika masih basah, karena bisa menyebabkan konsleting.
  • Jika Anda ingin membersihkan dengan cara yang mudah dan instan, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner yang memang sudah dirancang untuk membersihkan keyboard.
  • Selain itu, agar lebih aman dari debu dan kotoran lainnya, Anda bisa meletakkan pelindung keyboard yang terbuat dari silikon.

10 Keyboard terbaik untuk gaming

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang keyboard lengkap dengan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi keyboard terbaik untuk gaming dari berbagai merek berikut ini :

10. Aula S2016/F2068



aula_s2016_f2068

Harga : Rp 498.000

Memberikan pengalaman bermain yang berkesan dan anti ghosting

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi luar biasa saat bermain game, keyboard ini bisa menjadi pilihan Anda. Dengan desain mechanical shaft yang mampu bertahan 60 juta kali atau 90 ribu jam tekanan jari pada keyboard ini.

Keyboard Aula S2016/F2068 ini sangat mudah untuk dioperasikan tidak perlu driver atau intruksi lain. Selain itu, keyboard ini terdapat berbagai model lampu LED dengan varian warna yang berbeda dan kecerahan dapat disesuaikan. Anda bisa membeli keyboard ini di Lazada.

9. Motospeed CK103



motospeed_ck103

Harga : Rp 670.000

Keyboard lengkap, respon cepat

Keyboard Motospeed CK103 memiliki respon cepat ketimbang keyboard lainnya. Kecepatan lapor USB hingga 1000 kali perdetik sehingga memudahkan Anda bergerak secara bebas memainkan karakter dalam games.

Desain bebas tanpa sandaran tangan, tepi yang tebal dan tombol tidak mudah mengeras pada berbagai suhu menjadikan keyboard ini memliki platform game yang andal dan berkualitas tinggi.

Keyboard dengan sakelar mekanis dan bebas dari memori EEPROM ini mendukung Anda dalam bermain game tanpa batas. Anda bisa membeli keyboard ini di Lazada.



8. Logitech G910

logitech_g910

Harga : Rp 2.020.000

Berkualitas, awet, dan nyaman

Produk keluaran dari perusahaan logitech sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, tentunya karena memiliki integritas tinggi dan fitur yang canggih. Keyboard Logitech G910 tersedia dalam 2 versi yaitu spectrum dan spark. Jadi, Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dilengkapi dengan lapisan pelindung UV yang berguna untuk melawan minyak dan abrasi yang ditimbulkan oleh jari. Selain itu, pencahayaan RGB bereaksi terhadap lingkungan Anda sehingga secara otomatis warna spectrum akan berubah.

Keyboard ini dirancang khusus bagi Anda yang ingin memainkan game layaknya pemain profesional. Pastikan kemasan disimpan dengan benar. Anda dapat membeli keyboard ini di Shopee.



7. Pcer Redragon s101-1

pcer_redragon_s101_1

Harga : Rp 714.300

Desain elegan dan ergonomis

Keyboard Redragon s101-1 telah dirancang secara ergonomis untuk menjadi alat pengetikan dan permainan yang luar biasa. Memiliki tombol multi fungsi yang dapat mempermudah Anda dalam mengakses media hiburan lainnya.

Selain itu, keyboard yang dapat menahan tumpahan air ini dilengkapi dengan keypad numerik penuh dan konektor USB anti karatan berlapis emas untuk koneksi yang andal dan performa gaming terbaik.



Setiap pembelian keyboard Redragon s101-1 ini free mouse gaming. Anda dapat membeli keyboard ini Bukalapak.

6. Asus ROG Claymore MA01

asus_rog_claymore_ma01

Harga : Rp 2.850.000

Mewah dan berkelas

Asus ROG Claymore MA01 merupakan keyboard gaming berteknologi rollover N-Key pada perekaman makro fly dan tombol khusus untuk penyegaran, pebaikan dan kontrol overclocking motherboard ASUS secara ekslusif.



Keyboard ini memiliki body utama dengan tekstur futuristik yang memukau sehingga terlihat sangat keren. Selain itu, keyboard ini memiliki switch cherry MX RGB fitur tombol yang diprogram untuk pengetikan yang tepat dan responsif serta personalia yang tidak tertandingi.

Keunikan lainnya adalah memory flash yang terdapat pada keyboard ROG berfungsi sebagai alat penyimpanan profil pengguna dan data statistik penekanan tombol saat kompetisi berlangsung.Anda dapat membeli keyboardini Blibli.

5. Apex M750

apex_m750

Harga : Rp 2.040.000

Kuat, unik dan berkualitas



Anda ingin keyboard dengan material yang terbuat dari bahan berkualitas dan tahan banting, tentu produk dari Apex bisa menjawab keinginan Anda. pada bagian body utama keyboard terbuat dari aluminium mettal-alloy sehingga awet sampai puluhan tahun.

Keistimewaan yang dimiliki perangkat lunak ini adalah mampu memberikan notifikasi seperti amunisi rendah, kesehatan dan timer pendinginan pada keyboard. Cahaya akan berkedip sesuai jenis game yang dimainkan

Selain itu, keyboard ini dilengkapi dengan sistem pencahayaan RGB pertombol yang dapatdiubah sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Anda dapat membeli keyboard ini Shopee.

4. Razer Keyboard Ornata Chroma

razer_keyboard_ornata_chroma

Harga : Rp 1.481.000



Ergonomis dan nyaman digunakan

Razer Keyboard Ornata Chroma adalah keyboard pertama didunia yang menggunakan teknologi Mecha-Membran memungkinkan Anda menikmati perpaduan keyboard jenis karet dan mekanikal untuk memaksimalkan kenyamanan mengetik dan respon yang cepat.

Selain menggunakan mecha-membran keyboard ini juga didukung teknologi razer chroma yang dapat mengatur sinkronisasi cahaya hingga jutaan warna. Konfigurasi warna dapat dilakukan menggunakan platform software razer synapse. Anda dapat membeli keyboard ini di Lazada.

3. K70 RGB MK.2

k70_rgb_mk2

Harga : Rp 1.699.000



Aktivitas gaming makin lancar

Untuk Anda yang ingin tampil apik saat bermain game tentu keyboard ini bisa menjadi pilihan utama Anda. Keyboard ini dibuat dengan kerangka berbahan alumunium ringan agar dapat bertahan lama dan keakuratan akurasi tetap terjaga.

Desain dari keyboard ini simple dan sederhana tidak memakan banyak tempat, selain itu keyboard ini dilengkapi dengan port usb tambahan seperti headset dan mouse sehingga Anda dapat menikmati voice chat sambil bermain game tanpa gangguan.

Keyboard K70 RGB MK.2 memaksimalkan ketrampilan Anda dalam bermain game sekaligus memberikan kenyamanan dan pengalaman yang tidak terlupakan. Anda dapat membeli produk ini di Shopee.

2. Wired Professional Mechanical



wired_professional_mechanical

Harga : Rp 10.000.000

Desain keren, canggih, dan berkelas

Keyboard keluaran Wired Professional Mechanical ini merupakan keyboard dengan desain dan paduan warna merah menyala sehingga memberikan efek semangat bagi para pengguna nya, selain itu keyboard ini tidak cukup berat dan efek sensasi ketikan dalam setiap digitnya halus.

Keyboard ini dilengkapi toogle heart yaitu dengan menekan FN + F maka terdapat backlit 3 warna, keyboard ini sangatlah nyaman digunakan terutama saat bermain game, namun juga cocok digunakan saat bekerja dikantor maupun perkuliahan.

Perangkat gaming Anda akan terlihat keren jika Anda memiliki keyboard ini. Anda dapat membeli produk ini di Lazada.

1. Mad Catz Strike 7 K/B



mad_catz_strike_7_k_b

Harga : Rp 5.295.000

Keyboard terbaik yang digemari para gamers dunia

Mad Catz Strike 7 K/B adalah keyboard terbaik didunia yang telah diakui oleh para gamer sebagai keyboard paling muktahir yang pernah dibuat dan menjadi perangkat pilihan untuk gamer RPG, FPS, MMO, RTS dan MOBA.

Produk ini didesain modular dengan sistem palm rest yang dapat diatur tinggi dan numpad yang dapat dilepas sehingga memudahkan dalam preparasi dan maintenance. Selain itu, keyboard ini juga dilengkapi 6 fitur internal seperti stopwatch, Brightness dan lain-lain.

Keyboard ini wajib Anda miliki karena untuk menjadi seorang proplayer harus memiliki perangkat pendukung yang keren dan canggih. Anda dapat membeli keyboard ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli keyboard gaming, sebaiknya Anda memperhitungkan beberapa hal penting, seperti jenis koneksikeyboard, kualitas bahan yang digunakan, ergonomis, dan lain sebagainya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara membersihkan dan merawatnya agar keyboard lebih awet dan performanya tetap terjaga dan nyaman saat digunakan bermain game.
  • Anda bisa memilih Mad Catz Strike 7 K/B, karenakeyboard ini termasuk salah satu jenis keyboard yang banyak diminati oleh para gamers dunia. Memiliki kualitas yang tinggi, serta teknologi yang mutakhir.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan keyboard dengan daya tahan yang kuat, unik, dan keren, Anda bisa memilih Apex M750.
  • Namun, jika Anda ingin keyboard gaming dari salah satu produsen terbaik dengan kualitasnya yang terjamin, maka Anda bisa memilih Logitech G910.

Referensi

  1. Sarah James (2020), Best gaming keyboards, https://www.pcgamer.com/best-gaming-keyboard/
  2. Sinestro(2020), Quit Hesitating and Pick a Gaming Keyboard, https://gadgets-reviews.com/review/127-best-gaming-keyboards-reviews.html





Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.