Cek Resi All-in-One 50 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


13 Jul 2020 08:13

10 Kamera DSLR Semi Profesional Terbaik untuk Pemula

By Cektarif Plus


Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) masih menjadi incaran para pegiat fotografi. Walaupun kini banyak fotografer yang beralih pada teknologi mirror less, kamera DSLR masih diminati para penggemar setianya.

Dalam perkembangannya, teknologi yang digunakan pada kamera DSLR pun kian berkembang. Beberapa kamera DLSR semi profesional (semipro) bahkan bisa menghasilkan kualitas gambar HD dan video berformat 4K dengan hasil gambar yang dramatis.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa kamera DSLR semi profesional terbaik berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai kamera DSLR semi profesional beserta cara perawatannya.


Perhatikan karakteristik kamera

Sebelum membeli sebuah kamera DSLR, hal dasar yang harus Anda amati adalah karakteristik dari kamera tersebut. Tentukan tujuan Anda sebelum memilih kamera, apakah Anda menggunakannya untuk memotret landscape di luar ruang, atau sekadar membuat dokumentasi standar.

Setiap kamera DSLR yang beredar di pasaran, memiliki spesifikasi dan karakteristik yang berbeda. Sebagian kamera DSLR dirancang khusus untuk traveling dan jurnalistik, dan ada pula kamera yang cukup efektif ketika digunakan untuk menangkap warna-warna yang tajam.

Kenali merek kamera

Di pasaran, banyak pabrikan kamera yang saling bersaing menampilkan teknologi terbarunya pada setiap produknya. Karena itu, Anda harus mengenali setiap merek kamera yang ingin Anda pilih.

Tidak dipungkiri bahwa sebagian fotografer sangat fanatik pada merek-merek, seperti Canon, Nikon, Sony dan Olympus. Namun, ada pula yang sangat puas dengan hasil jepretan dari kamera besutan Fujifilm dan Pentax.

Anda mungkin akan kebingungan saat dihadapkan dengan merek-merek ini, itu lah mengapa melakukan riset terhadap fitur-fitur yang Anda butuhkan sangat penting sebelum membeli sebuah kamera DSLR.

Pilih fitur yang cocok dengan kebutuhan Anda

Untuk level semi profesional, fitur-fitur standar seperti pengaturan format manual dan berbagai mode foto mungkin sudah cukup bagi Anda. Namun, tidak menutup kemungkinan jika suatu saat Anda ingin naik kelas ke level profesional.

Untuk menunjang kegiatan fotografi, Anda bisa mengamati setiap fitur yang disediakan oleh kamera.Sesuaikan fitur tersebut dengan kebutuhan fotografi Anda.

Cari referensi sebanyak-banyaknya

Jika masih belum puas terhadap beragam pilihan kamera DSLR, Anda bisa mendapatkan referensi tentang kamera DSLR semi profesional di berbagai komunitas dan literatur. Perhatikan setiap ulasan terkait kamera yang ingin Anda beli.

Anda juga bisa mencari tahu kualitas gambar foto dan video yang mampu dihasilkan oleh kamera tersebut. Intinya, lebih baik mencari tahu lebih banyak sebelum menyesal karena membeli barang yang tidak sesuai.

Perhatikan spesifikasi kamera

Langkah yang terakhir yang bisa Anda lakukan sebelum memilih kamera DSLR adalah memperhatikan spesifikasinya. Ada berbagai fungsi yang menunjang performa sebuah kamera antara lain megapiksel, sensor dan ISO.

Megapiksel digunakan untuk mengukur resolusi gambar yang dihasilkan dari jepretan kamera, sementara sensor dan ISO berpengaruh pada kualitas jepretan yang dihasilkan.Pastikan setiap spesifikasi penting telah sesuai dengan kebutuahan fotografi Anda.

Cara merawat kamera DSLR

Agar setiap fitur yang ada pada kemera DSLR berfungsi sempurna, Anda harus memperhatikan cara merawat kamera DSLRberikut ini :

  • Simpan di Tempat Kering

Air dan udara lembab merupakan musuh utama bagi kamera. Kamera berteknologi tahan air sekalipun akan mengalami kerusakan jika disimpan pada ruangan dengan udara lembab. Uap air yang terkandung dalam udara yang lembab akan menimbulkan jamur pada perangkat kamera Anda.

Jika dibiarkan, lama kelamaan perangkat kamera kesayangan Anda akan mengalami kerusakan. Terlebih untuk bagian lensa kamera, jamur yang tumbuh di permukaan lensa mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menyimpan kamera di tempat yang kering. Jika memungkinkan, Anda bisa membeli box khusus untuk menyimpan kamera. Jika tidak, Anda bisa meletakkan kamera Anda pada container yang telah diberi kapur barus.

  • Gunakan Silica Gel

Silica gel cukup ampuh untuk menghindari perangkat kamera dari udara yang lembab. Silica gel mengandung butiran kecil yang efektif menyerap air. Menempatkan beberapa kantong silica gel di kotak penyimpanan kamera dapat menghilangkan jamur yang tumbuh pada bagian kamera. Tidak hanya di bagian lensa, jamur juga bisa tumbuh di layar LCD dan body kamera.

  • Bersihkan Lensa Kamera

Selain sensor pengolah gambar, lensa merupakan bagian terpenting yang ada pada kamera. Lensa menjadi penentu kualitas jepretan yang dihasilkan dari sebuah kamera. Selain itu, lensa juga menjadi bagian yang rentak mengalami kerusakan.

Untuk menghasilkan foto yang jernih, Anda wajib membersihkan lensa kamera setiap hari. Gunakanlah cairan pembersih khusus lensa untuk membersihkannya. Air biasa mengandung mineral dan partikel garam yang bisa menggores permukaan lensa.

Sebaiknya gunakan kain microfiber khusus untuk membersihkan lensa yang diberi cairan khusus. Jangan sekali-kali menyentuh permukaan lensa dengan jari tangan. Jari tangan Anda mengandung minyak dan kotoran yang mungkin akan menempel lama pada permukaan lensa.

Setelah dibersihkan, jangan lupa tutup lensa kamera Anda dengan penutup khusus yang disediakan untuk melindungi lensa.

  • Lepas Baterai Setelah Kamera Tidak Digunakan

Kamera DSLR biasanya menggunakan baterai litium sebagai dayanya. Baterai ini bisa di-charge ulang ketika sudah habis. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kemampuan baterai akan mengalami penurunan setelah di-charge selama 500 kali.

Baterai yang kualitasnya sudah menurun akan berpengaruh pada daya dan sistem kelistrikan kamera. Maka dari itu, melepas baterai setelah kamera tidak digunakan adalah keharusan. Walau dalam kondisi off, baterai yang masih tertancap pada ruang power kamera berpotensi menimbulkan korsleting yang membahayakan kamera Anda.

  • Gunakan Tas Khusus Untuk Kamera

Jika Anda bepergian sambil membawa kemera, simpanlah kamera Anda pada tas khusus kamera. Tas kamera bisa berupa ransel maupun tas gendong, yang jelas, tas khusus kamera dirancang untuk mengamankan kamera Anda dari resiko terbentur dan tergores benda lain.

Selain tas khusus, Anda juga wajib menautkan tali pada body kamera. Tali kamera digunakan untuk mengamankan kamera dari resiko terjatuh saat digunakan memotret di luar ruangan.Jangan lupa lilitkan tali tersebut pada pergelangan atau dengan mengalungkannya di leher Anda.

10 Kamera DSLR semi profesional untuk pemula

Setelah mengetahui cara memilih dan merawat kamera DSLR, berikut ini merupakan beberapa kamera DSLR semi profesional terbaik untuk pemula, yaitu :

10. Canon EOS 5D Mark IV

canon_eos_5d_mark_iv

Harga : Rp 42.865.000

Kamera semipro dengan sensor full frame

Seri 5D dari Canon EOS menjadi kamera favorit para fotografer profesional. Dengan fitur secanggih kamera profesional, Canon EOS 5D Mark IV cukup mudah dioperasikan oleh fotografer pemula sekalipun.

Senjata andalan dari Canon EOS 5D Mark IV terletak pada sensor CMOS Full Frame sebesar 36 x 24 mm dengan reolusi 30 MP yang tajam. Soal hasil jepretan jangan ditanya, kamera ini didukung oleh prosesor DIGIC 6+, teknologi Digital Lens Optimizer (DLO) dan Dual Pixel RAW yang mampu menghasilkan gambar jernih dengan detail yang mengagumkan.

Kamera ini cukup efektif menangkap gambar dramatis dengan efek bokeh menawan. Anda bisa membeli kamera ini di Lazada.

9. Nikon D3300

nikon_d3300

Harga : Rp 4.650.000

Cocok untuk Vlogger dan Youtuber pemula

Siapa yang tidak kenal Nikon. Produsen kamera asal Jepang ini selalu berhasil menarik perhatian pecinta fotografi lewat produk-produk kameranya. Nikon D3300 menjadi salah satu kamera yang paling diburu para fotografer.

Nikon membenamkan beragam fitur ciamik pada kamera DSLR ini, seperti sensor CMOS Expeed 4 dengan resolusi setajam 24 MP, range ISO mencapai 25.600 dan kemampuan menangkap gambar beruntun dengan kecepatan 5 Frame Per Second (FPS).

Fitur-fitur canggih tersebut dibungkus dalam sistem operasi yang mengutamakan kemudahan user experience. Sehingga kamera ini juga cocok digunakan bagi fotografer pemula.

Tidak hanya kemampuan menangkap gambar yang ciamik, Nikon D3300 juga mampu merekam video berkualitas Full HD dengan kecepatan 60 FPS. Kamampuan menangkap video ini sangat cocok bagi Anda, para vlogger dan YouTuber yang ingin mendapatkan kamera canggih dengan harga terjangkau.Anda bisa membeli kamera ini di Lazada.

8. Nikon D3400

nikon_d3400

Harga : Rp 4.500.000

Bisa terhubung ke smartphone

Salah satu kamera semi profesional terbaik di kelasnya, Nikon D3400 hadir dengan desain yang ramping dan ringan. Kamera ini telah mengusung sensor pengolahan gambar CMOS XPeed 4 dengan resolusi 24 MP.

Sensitifitas ISO nya pun cukup baik dengan rentang 100 sampai 25.600. Keandalan prosesornya membuat kamera ini mampu menangkap gambar beruntun dengan kecepatan 5 FPS. Nikon D3400 juga hadir dengan kemampuan recording video berkualitas full HD 60 FPS.

Berbagi foto dan video lebih mudah lewat fitur blouetooth low energy yang bisa digunakan untuk menghubungkan file kamera ke smartphone Anda. Anda bisa membeli kamera ini di Shopee.

7. Canon EOS 750D

canon_eos_750d

Harga : Rp 7.373.000

Transfer foto lebih cepat dengan koneksi Wi-Fi

Dibekali sensor tajam yaitu APS-C 24 MP, Canon EOS 750D menjadi salah satu kamera DSLR favorit bagi fotografer pemula.Kamera ini memiliki sensitifitas ISO yang cukup besar dengan rentang 100 sampai 12800. Rentang ini bisa ditingkatkan menjadi 25.600.

Menariknya, kamera ini telah dilengkapi fitur koneksi Wi-Fi dan NFC yang memudahkan Anda ketika ingin mentransfer foto ke berbagai perangkat elektronik. Anda bisa membeli kamera ini di Shopee.

6. Nikon D5500

nikon_d5500

Harga : Rp 7.350.000

Dilengkapi LCD touchscreen dan built-in Wi-Fi

Menjadi saingan terberat Canon EOS 750D, Nikon D5500 hadir dengan beragam fitur yang tidak kalah menarik. Kamera ini mengusung sensor DX-Format CMOS APS-C beresolusi 24.2 MP.

ISO range yang mencapai 100 sampai 25600 membuat kamera ini cukup andal digunakan untuk menangkap beragam momen. Kemampuan mengambil gambar beruntunnya pun cukup baik. Nikon D5500 memiliki fitur foto burst dengan kecepatan 5 FPS.

Fitur-fitur canggih ini makin lengkap dengan LCD sebesar 3.2 inci yang sudah mengusung teknologi touchscreen. Melakukan transfer foto pun lebih mudah dengan fitur built-in Wi-Fi yang dibenamkan pada kamera ini. Anda bisa membeli kamera ini di Shopee.

5. Pentax K-S2

pentax_k_s2

Harga : Rp 9.085.000

Cocok untuk pemula yang hobi hunting foto

Kamera besutan Pentax ini cocok untuk Anda yang sedang ingin belajar fotografi. Dengan berbagai fitur standar kamera semi profesional, Pentax K-S2 diracang khusus untuk hunting foto di mana saja dan kapan saja.

Mengusung sistem operasi yang mudah digunakan, Pentax K-S2 mampu menangkap gambar dengan kecepatan rana 1/6000 fps. Autofokus yang presisi mempermudah Anda ketika mengambil objek bergerak. Anda bisa membeli kamera ini di Blibli.

4. Pentax K-70

pentax_k_70

Harga : Rp 9.666.000

Kamera untuk pemula beresolusi tajam

Satu lagi kamera dari Pentax yang bisa jadi pilihan Anda, fotografer pemula. Pentax K-70 telah dibekali oleh beragam fitur ciamik standar kamera DSLR tingkat lanjut.Untuk kamera pemula, Pentax K-70 telah mengusung ISO dengan rentang 100 sampai 102.400.

Untuk kualitas gambar, jangan ditanya, kamera ini memiliki resolusi 24 MP yang cukup tajam untuk kamera DSLR kelas pemula.Fitur built-in Wi-Fi nya memudahkan dalam hal mentransfer gambar secara cepat ke berbagai device. Anda bisa membeli kamera ini di blibli.

3. Sony SLT-A77

sony_slt_a77

Harga : Rp 16.680.000

Image stabilization yang tahan goncangan

Tidak hanya terkenal lewat kamera high-end mirror less nya, Sony juga mengeluarkan kamera DSLR. Sony SLT-A77 merupakan seri DLSR semipro yang mampu bersaing dengan pabrikan DSLR ternama lainnya.

Dengan resolusi 24 megapiksel, kamera ini memiliki sensitivitas ISO yang mencapai rentang 50 sampai 16000. Fitur image stabilization pada kamera ini mampu digunakan untuk menangkap gambar di segala medan.

Desainnya yang ringkas ditambah layar LCD yang bisa diputar membuat Anda bisa mengambil gambar dari berbagai angle. Selain memotret, kamera yang dirilis pada 2011 silam ini juga mampu menangkap video dengan resolusi full HD 1080p @ 60 FPS. Anda bisa membeli kamera ini di Elevenia.

2. Nikon D3200

nikon_d3200

Harga : Rp 5.100.000

Cocok untuk street photography

Satu lagi kamera DSLR level semipro besutan Nikon yang wajib menjadi referensi. Nikon D3200 merupakan salah satu kamera DSLR yang banyak diminati fotografer media. Desainnya yang tangguh dan ringan dibawa ke mana saja, menjadikan kamera ini siap digunakan untuk menangkap berbagai momen penting.

Kualitas jepretan kamera ini pun mampu disejajarkan dengan berbagai kamera DSLR lainnya. Dengan prosesor CMOS DX beresolusi 24,2 MP mampu menghasilkan foto yang jernih dan tajam dengan warna natural khas Nikon.

Shutter speed nya pun cukup mumpuni dengan kecepatan 1/400 FPS. Resolusi yang cukup tinggi membuat kamera ini juga efektif digunakan untuk merekam video singkat dengan kualitas 1080p Full HD. Ini lah kenapa Nikon D3200 diminati oleh fotografer jurnalistik atau penghobi street photography. Anda bisa membeli kamera inidi Blibli.

1. Canon EOS 80D

canon_eos_80d

Harga : Rp 11.009.999

Dilengkapi sensor canggih beresolusi 24.2 MP

Canon EOS 80D merupakan kamera DLSR yang dikeluarkan untuk menyempurnakan performa kamera pendahuluya, Canon EOS 70D. Fitur andalan dari kamera ini adalah prosesor pengolah gambar nya yang telah dibenamkan sensor CMOS beresolusi 24.2 MP.

Kamera ini mengusung 45 titik fokus pada sistem AF nya. ISO nya pun cukup lebar dengan rentang mencapai 25600. Dilengkapi dengan EOS Scene Analysis, kamera ini akan memberi nilai lebih bagi Anda pecinta fotografi luar ruang. Anda bisa membeli kamera ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kamera DSLR semi profesional, sebaiknya Anda mengetahui karakteristik, merek dan spesifikasinya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatan kamera DSLR dengan tepat dan benar.
  • Untuk Anda yang ingin naik kelas menjadi fotografer profesional, Anda bisa memilih Canon EOS 5D Mark IV.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin kamera DLSR terbaik dengan harga terjangkau, Anda bisa memilih Nikon D3300.
  • Namun, jika Anda ingin memiliki kamera DLSR dengan fitur canggih dan bisa terhubung ke berbagai device, maka Anda bisa memilih Nikon D5500.

Referensi

  1. Daven Mathies (2019), Digital Camera Buying Guide, https://www.digitaltrends.com/photography/digital-camera-buying-guide/
  2. Deia Z., How To Choose The Best DSLR Camera For a Beginner, https://www.crutchfield.com/ISEO-rgbtcspd/learn/how-to-choose-the-best-DSLR-camera-for-a-beginner.html



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.