Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


02 Mar 2020 22:56

10 Humidifier Terbaik untuk Kebutuhan Kenyamanan Udara di Rumah

By Cektarif Plus


Jika udara di rumah Anda terlalu kering, maka Anda dapat memanfaatkan alat pelembab udara humidifier. Selain menjaga kelembapan, humidifier juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam persoalan penyakit, seperti radang tenggorokan, kulit kering, sinus, dan lain sebagainya.



Sebelum membelinya, pastikan Anda mnegetahui jenis humifier apa yang cocok untuk ruangan Anda. Kemudian ketahui ukurannya, durasi, serta model tangkinya. Dan, jangan lupa untuk cek merek serta harganya, agar Anda mendapatkan humidifier yang kualitasnya terjamin dan sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Karena itu, kami menyajikan beberapa humidifier terbaik untuk kebutuhan kenyamanan udara di rumah berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai humidifier beserta cara perawatannya.

Mengenal jenis-jenis humidifier

Dewasa ini, humidifier menjadi alat yang banyak dicari oleh masyarakat. Karena fungsinya yang dapat mendukung kualitas udara di ruangan menjadi lebih baik, lebih menyehatkan, dan nyaman saat digunakan.

Alat ini bisa menambah kelembapan udara dengan berbagai cara, namun masing-masing humidifier memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri-sendiri pada setiap jenisnya. Berikut ini perbedaaan humidifier yang harus Anda ketahui sebelum membelinya:

Pertama, Warm Mist Humidifiers. Pelembap udara ini menggunakan elemen pemanas untuk merebus air sehingga dapat mengeluarkan uap panas yang dapat menghangatkan udara ruangan dalam proses tersebut. Karena Humidifier ini panas, maka sebaiknya Anda menjauhkan alat ini dari jangkauan anak-anak.



Kedua, Cool Mist Humidifiers. Untuk pelembap udara dingin ini, umumnya menggunakan kipas saat menguapkan air ke udara, sehingga dapat memberikan efek dingin di dalam ruangan. Alat ini cocok digunakan siapa saja, termasuk untuk bayi dan anak-anak.

Cool mistini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan menggunakan teknologi evaporatif atau pun ultrasonik. Untuk jenis evaporatif, penguapan menggunakan kipas agar dapat menarik udara melalui filter basah dan kemudian melepaskan uapnya ke udara.

Penguapan tersebut, kemungkinan bisa menyebabkan pertumbuhan jamur atau bakteri di ruangan jika berlebihan keluar kepermukaan lantai. Kemudian, pemeliharaan jenis evaporatif agak sulit, karena Anda harus mengganti sumbu atau filter secara teratur untuk mencegah pertumbuhan bakteri di perangkat.

Sedangkan, pelembab udara ultrasonik ini mampu mengeluarkan kabut halus dengan menggunakan pelat bergetar kecepatan tinggi yang sangat efektif dan efisien. Alat ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk ruangan Anda, karena tidak menimbulkan suara berisik dan mudah dibersihkan sehingga kualitas udara tetap terjaga dengan baik.

Perhatikan ukuran humidifier

Untuk menentukan ukuran yang tepat, Anda harus memutuskan berapa luas ruangan dan jenis humidifier yang akan Anda pilih. Ada tiga ukuran utama humidifier yang bisa Anda pakai:



Pertama, Portable (Tabletop Humidifier). Humidifier ini paling murah di kelasnya. Lebih cocok digunakan untuk satu ruangan atau area luas tertentu yang lebih kecil, seperti meja kerja, di kendaraan, atau pun di kamar tidur Anda..

Pemakaiannya pun tidak rumit, ketika habis Anda bisa mengisi ulang dengan mudah. Saran kami, Anda bisa memilih jenis humidifier ultrasonik kabut dingin, bentuk mini, lebih praktis dan hemat biaya.

Kedua, Room Humidifiers. Untuk jenis ini Anda bisa mnggunakan untuk area yang lebih luas, karena bisa menjangkau ke sudut-sudut tertentu dalam ruangan.

Pada prinsipnya, humidifier sudah dirancang oleh produsen untuk ukuran ruangan tertentu. Dan, biasanya mereka sudah mencantumkan ukuran luas kotak pada kemasan humidifier dan materi panduan yang ada di dalamnya.

Perhatikan durasi waktu dan teknologinya

Kriteria lain yang perlu Anda dipertimbangkan saat memilih humidifier adalah durasi pemakaiannya. Karena beberapa hanya dapat beroperasi selama beberapa jam sebelum perlu untuk diisi ulang, sementara jenis humidifier yang lain dapat beroperasi selama 24 jam penuh.



Untuk jneis yang memerlukan pengisian ulang lebih sering, sebaiknya Anda memilih yang memiliki fitur auto-off, karena jenis ini lebih praktis dan Anda tidak perlu berjalan bolak-balik ketika airnya sudah habis.

Anda juga bisa memilih yang dilengkapi dengan timer atau humidistat. Karena jenis ini bisa membuat mesin mati sendiri ketika kelembaban udara telah mencapai titik ideal. Jadi lebih hemat dan kelembapan terjamin sesuai dengan yang Anda inginkan.

Perhatikan desain tangki

Pilih desain tangki yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan kenyamanan dan efisiensi yang lebih baik, Anda bisa memilih jenis tangki yang berukuran lebih besar.

Sedangkan, bagi Anda yang ingin lebih praktis, mudah dibawa kemana-mana, mudah pengisiannya, dan mudah juga dibersihkan, maka Anda bisa memilih yang ukuran kecil atau portable.

Pastikan juga untuk memperhatikan desain transparan, karena bisa membantu Anda untuk melihat seberapa penuh tangki, dan menghindarkan dari tumpah saat mengisinya. Selain itu, memudahkan Anda untuk mengetahui kapan saatnya mengisi ulang humidifier ketika habis.



Cara merawat humidifier

Ketika Anda sudah membeli humidifier, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar humidifier yang Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat humidifier dengan baik:

  • Sebelum mencoba untuk membersihkan, pastikan Anda memeriksa humidifier yang sudah Anda beli untuk mengetahui apakah sudah ada pembersihan tertentu secara otomatis.
  • Untuk perawatan setiap hari, pastikan Anda mengosongkan tangki air setiap hari. Kemudian bersihkan dengan lap bersih dan isi dengan air baru.
  • Jika humidifier Anda dilengkapi dengan filter, maka pastikan untuk menggantinya secara teratur dengan filter baru yang telah diobati antimikroba, sehingga dapat mencegah penyebaran jamur dan bakteri.
  • Untuk menghilangkan kerak, Anda bisa membersihkan humidifier secara rutin setiap minggu dengan cuka.
  • Pastikan Anda memantau tingkat kelembapan yang dihasilkan oleh mesin Anda, karena kelembapan terbaik dalam ruangan di bawah 50 persen, sedangkan jika kadarnya lebih tinggi maka bisa memicu pertumbuhan bakteri dn jamur. Untuk mengukurnya, Anda bisa menggunkan higrometer.

10 Humidifier Terbaik untuk Kebutuhan Kenyamanan Udara di Rumah



Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang humidifier serta perawatanya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi humidifier terbaik untuk kebutuhan kenyamanan udara di rumah dari berbagai merek berikut ini:

10. Pet Humidifier

pet_humidifier

Harga : Rp 76.300

Lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana

Kombinasi desain antara humidifier dengan pet ini terlihat sangat imut. Desainnya yang menawan, produk ini mengeluarkan bau harum yang dapat diisi ulang ketika habis sehingga Anda akan nyaman dan ingin berada lebih lama diruangan tersebut.



Bagi Anda pecinta produk dengan desain-desain unik dan lucu. Produk Pet Humidifier dengan warna yang indah ini bisa menjadi pilihan terbaik, dan cocok diletakkan untuk kamar tidur anak Anda. Anda bisa membeli humidifier ini di Shopee.

9. Humidifier aromaterapi Oil Diffuser Egg

humidifier_aroma_terapi_oil_diffuser_egg

Harga : Rp 108.900

Bisa digunakan sebagai lampu tidur

Desain humidifer yang mirip seperti telur ini sangat unik dan modern. Disamping keunikannya juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat mengeluarkan bau harum serta air yang mengandung moisturizer untuk menjaga kelembapan ruangan tubuh akan menjadi nyaman dan fresh.



Humidifier ini juga dilengkapi dengan lampu tidur yang dapat membuat dekorasi ruangan menjadi lebih cantik dan indah. Selain itu, bentuknya yang kecil membuat Humidifier ini tidak banyak memakan tempat.

Dengan alat ini, Anda bisa menikmati harumnya ruangan serta cahaya yang cukup sehingga membuat tidur Anda lebih nyaman dan nyenyak. Anda bisa membeli humidifier ini di Shopee.

8. Humidifier aroma terapi desain kayu lampu tidur

humidifier_aroma_terapi_desain_kayu_lampu_tidur

Harga : Rp 58.000

Membuat ruangan lebih indah dan wangi



Humidifier ini berlapis kayu natural yang cocok digunakan sebagai dekorasi ruangan agar nampak natural dan klasik. Dilengkapi dengan lampu LED yang unik dan dapat menghasilkan cahaya dan dapat berubah-ubah warna.

Humidifier desain kayu ini tidak mengeluarkan suara sehingga membuat suasana lebih tenang dan rileks. Sehingga alat ini cocok digunakan untuk kamar tidur. Selain itu, Anda juga bisa meletakkannya di meja kerja atau ruangan tertentu lainnya.

Selain efektif untuk melembabkan kulit, humidifier ini juga berfungsi sebagai aromaterapi dengan cara mencampurkan sedikit pewangi kedalam air. Sehingga ruangan Anda tetap harum, terutama pada ruangan ber-AC yang biasanya menimbulkan tidak sedap. Anda bisa membeli humidifier ini di Lazada.

7. Taffware mini ultrasonic K-H121

taffware_mini_ultrasonic_k_h121

Harga : Rp 60.700



Desainlebih modern danunik

Humidifier ini berbentuk mirip tetesan air, bagian atasnya seperti kerucut yang dapat mengeluarkan uap air. Air ini mengandung mouisture yang berfungsi untuk menjaga kelembaban udara didalam ruangan.

Taffware K-H121 ini dilengkapi dengan ultasonic high frequency, yakni teknologi canggih yang membentuk air menjadi embun yang berfungsi mengatur suhu ruangan.

Selain itu, jangkauan kabut yang dihasilkan untuk ruangan lebih mkasimal, hingga sudut 360 derajat. Dan, Anda tidak perlu repot mengisi ulang secara terus-menerus, karena humidifier ini dapat menampung air hingga 250ml. Anda bisa membeli humidifier ini di Shopee.

6. Night Light Elf Aromatherapy Air Humidifier



night_light_elf_aromatherapy_air_humidifier

Harga : Rp 74.100

Memberikan nuansa ketenangan di ruangan

Humidifier ini merupakan pelembab sekaligus pewangi ruangan yang didesain untuk memenuhi estetika dan kebutuhan rohani Anda. Humidifer ini memiliki desain bulat minimalis, cocok dijadikan sebagai hiasan dekorasi ruangan Anda.

Seperti namanya night light elf, alat ini dapat memberikan cahaya yang indah dalam kegelapan. Karena lampu LED-nya menggunakan LED RGB yang warnanya dapat berubah-ubah.

Humidifier ini cocok diletakkan di kamar tidur, karena tidak berisik saat digunakan dan memberikan nuansa ketenangan seperti di alam yang sunyi. Anda bisa membeli humidifier ini di Shopee.

5. Herbaay Air Humidifier



herbaay_air_humidifier

Harga : Rp 69.900

Desain 2-in 1 dan mudah dipindahkan

Herbaay Air Humidifier ini memiliki bentuk portable, sangat praktis, dan mudah dibawa kemana-mana. Perpaduan warna yang alami dan terdapat pohon ditengahnya semakin membuat ruangan Anda lebih damai dan tenang.

Desain 2-in1, yang berarti bisa digunakan untuk melembabkan udara sekaligus juga untuk penerang ruangan. Sehingga, Anda bisa memanfaatkannya untuk memudahkan Anda saaat belajar atau bekerja di malam hari. Anda bisa membeli humidifier ini di Shopee.

4. Humidifier elektrik OMHX13WH



humidifier_elektrik_omhx13wh

Harga : Rp 119.000

Dapat diatur dari jarak jauh

Humidifier elektrikini memiliki 7 LED yang akan membuat ruangan Anda lebih bercahaya dan terlihat menarik saat dinyalakan. Selain itu, alat ini dilengkapi dengan remote control, sehingga memudahkan Anda saat ingin mengatur dari jarak jauh.

Kelembapan udaranya pun bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Dan, alat ini tidak menimbulkan suara berisik dan nyaman saat digunakan. Anda bisa membeli humidifier ini di Shopee.

3. TKIS humidifier CUC-502



tkis_humidifier_cuc_502

Harga : Rp 99.000

Solusi cerdas untuk pelembab dan penjernih udara

Humidifier TKIS ini bisa digunakan untuk pelembab sekaligus penjernih udara yang baik untuk ruangan Anda dengan ukuran yang lebih luas. Anda bisa meletakkannya di ruang tamu, ruang keluarga, ruang kantor, kelas, dan lain sebagainya.

Cara menggunakannya pun mudah dan praktis, karena mesin pelembab udara ini di desain bisa bekerja dengan menggunakan kabel USB, bisa menggunakan komputer, laptop, USB soket dan power bank. Anda bisa membeli humidifier ini di Shopee.

2. Humidifier Crystal Projection



humidifier_crystal_projection

Harga : Rp 137.000

Membuat malam Anda lebih wow

Humidifier ini memiliki desain yang lebih inovatif dengan kemampuannya yang dapat memancarkan gemerlap cahaya, seakan-akan Anda sedang melihat bintang didalam kamar tidur atau ruangan.

Anda bisa melengkapinya dengan memberikan aromaterapi saat menggunakannya, sehingga ruangan lebih wangi dan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks.

Selain itu, kapasitasnya dapat menampung air cukup banyak 500ml yang akan memudahkan Anda saat mengisinya satu kali dalam jangka waktu yang lebih lama. Anda bisa membeli humidifier ini di Lazada.



1. Deerma F628

deerma_f628

Harga : Rp 189.000

Dapat mencegah penyakit berbahaya

DEERMA F628 ini memiliki kapasitas yang lebih besar, yakni 5 liter. Sangat efektif untuk melembabkan dan menjaga udara di ruangan agar tetap sehat. Selain itu, dapat mengurangi efek dari penyakit sinus atau alergi.

Alat ini cocok digunakan untuk kamar tidur, ruang kantor, kamar bayi dan tempat lainnya. Radiasi yang dihasilkan cukup kecil sehingga lebih aman bagi ibu hamil dan menyusui. Anda bisa membeli humidifier ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli humidifier, Anda harus memperhatikan jenis humifider apa yang cocok untuk ruangan Anda, ukuran, durasi, dan model tangkinya
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar humifier kualitas udara tetap terjaga dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih humidifier aromaterapi Oil Diffuser Egg, karena bentuknya yang lucu dan unik, efektif menjaga kelembapan udara, dan dapat mengeluarkan bau harum.
  • Namun, jika Anda ingin nuansa malam di kamar lebih indah, lebih tenang, dan wanginya yang dapat menyebar merata di seluruh ruangan, maka Anda bisa memilih humidifier Crystal Projection.
  • Sedangkan, jika Anda ingin humidifier dengan kapasitas lebih besar yang efektif untuk melembabkan dan menjaga udara di ruangan agar tetap sehat, serta aman bagi anak-anak dan keluarga, maka Anda bisa memilih humidifier Deerma F628.

Referensi

  1. AllergyBuyersClub (2019), How to Choose a Humidifier?, https://www.allergybuyersclub.com/learning/humidifiers-cool-mist-warm-review.html
  2. Steph Simpson (2019), How to Choose the Best Humidifier for Your Space, https://www.thehealthy.com/cold-flu/best-humidifier/





Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.