Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


17 Apr 2020 07:00

10 Handphone Android Terbaik yang Cocok untuk Para Gamer

By Cektarif Plus


Handphone android terus bermunculan dengan berbagai spesifikasinya yang terbaru dan canggih, terlebih lagi pada awal-awal tahun seperti ini. Kini, handphone tidak hanya untuk kebutuhan komunikasi, browsing, bekerja, namun juga memiliki pasar tersendiri untuk para pemain mobile game.



Banyak yang beranggapan bahwa mobile game merupakan terobosan baru didunia game, sehingga banyak sekali pengembang game yang berpindah dari desktop game menjadi berfokus ke mobile game.

Hal itu yang kemudian membuat handphone android berkembang pesat dengan spesifikasi-spesifikasi yang tinggi. Tentu saja dengan tujuan agar dapat memenuhi kebutuhan para pemain mobile game. Sehingga bermain game yang kompleks dapat dilakukan lebih mudah hanya via handphone saja.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa handphone android terbaik yang cocok untuk para gamer berikut dengan harga serta ulasanya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai handphone untuk gamers dan cara perawatannya.

Mengenal handphone khusus untuk bermain game

Secara umum, handphone biasa dan handphone yang digunakan untuk bermain game berbeda. Walaupun dari segi fisik, nampaknya tidak ada perbedaan yang mencolok antara handphone gaming dengan handphone biasa. Perbedaannya bisa terlihat dari kemampuan dapur pacunya.

Meskipun demikian, handphone gaming tidak semata-mata hanya mengedepankan dapur pacu saja, lebih dari itu juga untuk memenuhi segala kebutuhan para pemain mobile game. Kebutuhan tersebut, meliputi ukuran layar handphone yang akan mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda dalam bermain game.



Selanjutnya kualitas grafik dan resolusi gambar. Para gamer akan sangat mempertimbangkan hal ini, karena grafik merupakan salah satu hal dalam game yang akan memanjakan mata pemainnya.

Kapasitas RAM pun menjadi hal khusus yang berbeda dengan RAM pada handphone biasa, karena pada handphone gaming membutuhkan RAM yang cukup besar agar tidak terjadi lag.

Dan, yang paling penting adalah daya tahan baterai yang harus mendukung kegiatan bermain game. Jangan sampai ketika Anda sedang asik bermain geme online, kemudian terdapat peringatan baterai akan segera habis, tentu hal ini bisa mengganggu konsentrasi Anda bermain game.

Cara memilih handphone gaming

Tentu saja ketika memilih handphone gaming, Anda harus memperhatikan spesifikasi handphone dan game yang ingin Anda mainkan. Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan ketika memilih handphone gaming:



  • Perhatikan dapur pacu handphone

Prosessor dan GPU menjadi pertimbangan yang paling utama saat Anda memilih handphone untuk gaming. Dapat dikatakan bahwa prosessor merupakan otak dari handphone.

Untuk handphone gaming, sebaiknya Anda memilih prosessor minimal Snapdragon 635 atau diatasnya. Sehingga daya pacunya bisa mendukung permainan Anda lebih optimal saat bermain game online.

  • Perhatikan kapasitas RAM-nya

Semakin besar kapasitas RAM, semakin besar juga informasi yang dapat disimpan didalamnya. Hal ini penting karena bisa berpengaruh pada performa handphone agar lebih cepat saat memproses data.

Untuk handphone gaming, Anda bisa memilih RAM minimal 4GB, di mana kemampuan tersebut cukup untuk membantu kebutuhan gaming Anda secara umum. Namun, untuk performa yang andal dan terbaik Anda bisa memilih ukuran di atasnya.



  • Perhatikan ukuran layar dan resolusinya

Ukuran Layar merupakan hal yang perlu diperhatikan selanjutnya karena aspek tersebut akan mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda ketika bermain game. Dengan ukuran layar handphone yang lebar dan luasakan membuat Anda lebih leluasa untuk mengakses tombol-tombol virtual.

Selain itu, perhatikan resolusi layar. Usahakan handphone tersebut dibekali dengan resolusi layar full HD agar detail dan visual dari game yang Anda mainkan dapat tersaji dan dapat dinikmati dengan maksimal.

  • Perhatikan kapasitas baterai

Kapasitas baterai merupakan nyawa dari mobile gaming. Handphone yang biasa digunakan untuk bermain game biasanya baterainya akan cepat habis, terutama jika memiliki grafis atau daya visual tinggi. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, akan memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam bermain game.



10 Handphone android terbaik yang cocok untuk para gamer

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai handphone android yang cocok untuk bermain game, maka perkenankan kami untuk memberikan rekomendasi handphone android yang cocok untuk para gamer berikut ini:

10. Xiaomi Black Shark

xiaomi_black_shark

Harga : Rp 4.250.000



Handphone dengan kemampuan ala PC gaming

Pada bagian depan handphone ini sudah menggunakan desain yang modern dengan rasio layar 18:9 berukuran 5,99 inci. Rupanya, Xiaomi menyisipkan kemampuan ala PC gaming pada seri Black Shark ini dengan menambahkan fitur sistem pendingin yang kabarnya dapat menurunkan suhu hingga 8 derajat celcius.

Dengan dukungan prosessor Snapdragon 845 dan kapasitas memori RAM sebesar 6GB dan 8GB membuat Black Shark dapat melibas game-game berat sekalipun. Hal istimewa lainnya dari Black Shark adalah kamera depan handphone ini mampu merekan video 4K dalam frameratw 30fps. Anda dapat membeli handphone ini di Shopee.

9. Oppo Reno Ace

oppo_reno_ace

Harga : Rp 8.600.000



Handphone gaming yang dibekali dengan fitur fast charging

Oppo Reno Ace merupakan handphone yang dinilai mampu untuk menunjang kegiatan gaming dengan baik. Didukung dengan baterai yang handal dan speaker stereo berkualitas tinggi membuat kegiatan bermain game menjadi menyenangkan.

Hal yang menarik perhatian adalah Oppo Reno Ace dibekali dengan fast charging, waktu yang dibutuhkan untuk pengisian penuh dari kondisi 0% kira-kira hanya sekitar 30 menit. Oppo Reno Ace juga menawarkan berbagai macam kapasitas RAM yaitu 8GB dan 12GB dengan ROM 128GB dan 256GB.

Handphone ini hadir dengan tampilan yang luar biasa dengan bentang layar selebar 6,5 inci membuat kegiatan game menjadi lebih memuaskan. Anda dapat membeli handphone ini di Shopee.

8. Asus ROG Phone



asus_rog_phone

Harga : Rp 9.998.000

Handphone gaming dengan dapur pacu high-end

Handphone Asus ROG merupakan handphone gaming yang mengadopsi desain dari laptopAsus ROG yang memiliki tulisan Republic of Gamers pada sisi bagian belakang handphone. Dilengkapi dengan pelindung corning gorilla glass pada sisi depan dan belakang membuatnya mendapat perlindungan ekstra dari setiap goresan.

Pada bagian depan body handphone terdapat dua buah speaker untuk mendukung kegiatan gaming Anda. Dengan bentuk yang compact dan layar selebar 6 inci berjenis AMOLED tentu saja akan memanjakan mata ketika bermain game.

Pada segi dapur pacu, ASUS ROG dipersentajati dengan prosessor high-end dari Qualcomm Snapdragon 845.Tidak kalah juga pada bagian baterai berkapasitas 4.000 mAh dan dilengkapi fitur fast charging. Anda juga dapat membeli aksesoris gaming yang dapat dibeli secara terpisah seperti game controller, pendingin eksternal, dan masih banyak lagi. Anda dapat membeli handphone ini di Lazada.

7. One Plus 7T Pro



oneplus_7t_pro

Harga : Rp 7.400.000

Handphone yang siap melibas game-game berat

Rupanya OnePlus 7T Pro bukan handphone yang didedikasikan untuk bermain game. Meskipun begitu, handphone ini dibangun dengan spesifikasi yang siap mendukung aktivitas bermain game dengan sangat layak.

Handphone ini datang dengan layar berjenis AMOLED dengan lebar 6,67 inci yang dilengkapi berbagai fitur sehingga tampilannya benar-benar memanjakan mata penggunanya. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 4085 mAh membuat aktivitas Anda bermain game akan bertahan lama dan tidak perlu panik kehabisan baterai ditengah permainan game.

Handphone ini tersedia berbagai kapasitas RAM yaitumulai dari 8GB dan 12GB dengan ROM 256GB. Anda dapat membeli handphone ini di Shopee.



6. Realme X2 Pro

oneplus_7t_pro-1

Harga : Rp 7.239.000

Handphone gaming dengan memori eksternal hingga 1TB

Realme X2 Pro hadir dengan layar jenis Super AMOLED selebar 6,5 inci dengan laju penyegaran mencapai 90Hz sehingga sensasi bermain game menggunakan handphone ini akan semakin halus dan nyaman.

Handphone ini ditenagai oleh prosessor terbaru yaitu Snapdragon 855+ dengan performa yang luar biasa.Selain itu, handphone ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh dengan fitur fast charging.Realme sendiri mengklaim bahwa dapat mengisi penuh daya baterai hingga 100% dalam waktu 35 menit saja.

Tidak seperti handphone gaming lainnya, Realme X2 Pro dibekali slot untuk memori eksternal hingga 1TB yang dapat menyimpan lebih banyak game-game dengan ukuran besar.Anda dapat membeli handphone ini di Lazada.



5. Vivo iQOO Pro

oneplus_7t_pro

Harga : Rp 10.199.000

Handphone andalan Vivo siap menunjang gaming kelas atas

Kali ini Vivo meluncurkan handphone versi terbarunya yang dapat menunjang kegiatan gaming kelas atas dengan baik meskipus Vivo iQOO Pro ini bukan didedikasikan untuk kegiatan gaming. Rupanya, dapur pacu handphone ini sangat ramah dengan game-game berat karena mengusung prosessor versi terbaru dari Snapdragon 855+.

Dilengkapi dengan kapasitas RAM yang cukup besar yakni 8GB hingga 12GB akan membuat perangkat berjalan dengan lancar meskipus sedang menjalankan game-game kelas atas yang memakan banyak memori.



Vivo iQOO Pro juga dibekali dengan baterai berkapasitas besar yang memiliki daya tahan yang sangat mumpuni untuk bermain game yaitu 4500 mAh. Sementara pada bagian layarnya, handphone ini dibekali layar dengan jenis Super AMOLED full HD yang jernih dan tajam. Anda dapat membeli handphone ini di Shopee.

4. ZTE Nubia Red Magic

zte_nubia_red_magic

Harga : Rp 6.500.000

Handphone gaming dengan liquid cooling system

Nubia Red Magic siap menawarkan pengalaman bermain game yang menyenangkan dan juga tidak mudah panas. Hal pertama yang dmenarik adalah Nubia Red Magic ini dipersenjatai dengan prosessor Snapdragon 855 yang sangat bisa diandalkan untuk bermain game meskipun game tersebut dalam kategori game berat. Dengan RAM yang ditawarkan sebesar 8GB dan 12GB dan ROM 128GB dan 256 GB.



Nubia Red Magic dibekali kipas pendingin internal yang membuat performa gaming akan terus meningkat, termasuk liquid cooling system untuk mencegah agar handphone tidak mudah panas. Untuk layarnya sendiri merupakan jenis AMOLED dengan lebar 6,6 inci.

Yang tak kalah menariknya lagi adalah meskipun Nubia Red Magic merupakan handphone gaming, tetapi handphone ini mampu melakukan perekaman video dengan resolusi 8K.Anda dapat membeli handphone ini di Lazada.

3. Xiaomi Mi 9

xiaomi_mi_9

Harga : Rp 4.700.000

Handphone berpenampilan modern dengan waterdrop display



Performa Xiaomi Mi 9 dapat dibilang sudah cukup mumpuni karena ditenagai dengan prosessor Snapdragon 855 yang akan menjadi standar handphone flagship pada tahun 2019. Prosessor ini didukung dengan kapasitas RAM sebesar 6GB hingga 8GB dengan ROM sebesar 64GB hingga 256GB.

Untuk layarnya sendiri memiliki bentang seluar 6,39 inci dengan jenis layar Super AMOLED. Xiaomi Mi 9 ini tampil dengan waterdrop display sehingga desain handphone ini leboh modern. Anda dapat membeli handphone ini di Shopee.

2. Asus ROG Phone II

asus_rog_phone_ii

Harga : Rp 6.324.000

Handphone gaming dengan kapasitas baterai terbesar



Asus ROG II sudah mengalami berbagai perubahan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.Pertama, performanya kini ditunjang dengan prosesor terkuat yaitu Snapdragon 855+, setara dengan Black Shark 2 Pro. Selanjutnya, kini dibekali dengan kapasitas memori RAM sebesar 8GB dan 12 GB dengan penyimpanan internal seberar 128GB dan 512GB.

Sebagai penunjang lainnya, layar ROG II memiliki refresh rate sebesar 120Hz dengan lebar layar 6,6 inci berjenis OLED. Seolah menunjukan kekuatannya, handphone ini dibekali dengan baterai dengan kapasitas tersebarnya yaitu 6000 mAh sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan baterai ditengah kegiatan bermain game.

Asus ROG Phone II ini sudah hadir di Indonesia pada pertengahan tahun 2019 lalu.Anda bisa membeli handphone ini di Lazada.

1. Xiaomi Black Shark 2 Pro

xiaomi_black_shark_2_pro

Harga : Rp 7.150.000



Bermain game dengan handphone gaming terbaik di dunia

Menurut pemain mobile game, Xiaomi Black Shark 2 Pro merupakan handphone gaming terbaik didunia untuk saat ini.Dilihat dari dapur pacunya, Black Shark ini dibekali dengan prosessor versi tertinggi yaitu Snapdragon 855+.Dengan prosessor ini membuat peningkatan kinerja grafis meningkatan sebesar 15% dibandingkan dengan Snapdragon 855.

Black Shark 2 Pro rupanya dinobatkan sebagai handphone pertama didunia yang menerapkan tingkat capacitive touch sebesar 240Hz untuk sepuluh jari dengan respon layar sentuh 34,7 ms yang membuatnya lebih cepat. Kapasitas RAM yang tersedia adalah 8GB hingga 12GB dengan ROM seberar 128GB hingga 256GB.

Handphone ini juga sudah menggunakan sistem pendingin cair multilayer agar perangkat tetap dingin dan tetap efisien dan membuat kegiatan bermain game menjadi lebih menyenangkan.Anda dapat membeli handphone ini di Lazada.

Kesimpulan



  • Handphone gaming berbeda dengan handphone biasa, meskipun terkadang handphone biasa bisa untuk bermain game namun dukungannya tidak maksimal seperti handphone khusus gaming.
  • Sebelum Anda membeli handphone gaming, sebaiknya Anda memperhatikan dukungan-dukungan khusus pada handphone yang ingin Anda beli, seperti prosessor, kapasitas RAM, ukuran dan resolusi layar, serta kapasitas baterai.
  • Anda bisa memilih Xiaomi Black Shark 2 Pro, karena dilengkapi dengan prosessor versi tertinggi dan RAM berukuran besar sehingga kegiatan bermain game Anda akan semakin menyenangkan.
  • Sedangkan untuk Anda yang menginginkan handphone gaming dengan kapasitas baterai yang cukup besar, Anda dapat memilih Asus ROG Phone II karena kapasitas baterai yang dimilikinya cukup besar yaitu 6000 mAh. Anda tidak akan kewalahan karena baterai habis ditengan permainan Anda.
  • Namun, jika Anda lebih menginginkan grafik yang memanjakan mata, maka Anda bisa memilih OnePlus 7T Pro dengan layar berjenis AMOLED dan dengan bentang layar seluar 6,67 inci.

Referensi

  1. David Nield (2020), Best gaming phones 2020: T3’s best gaming phone picks, https://www.t3.com/features/best-gaming-phones
  2. Simon Hill dan Mark Jansen (2020), The best gaming phones for 2020, https://www.digitaltrends.com/mobile/best-gaming-phones/



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.