Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


14 Dec 2020 07:14

10 Hand Sanitizer Terbaik untuk Menjaga Kesehatan

By Cektarif Plus


Pembersih tangan atau yang dikenal dengan Hand Sanitizer ini sangat efektif digunakan untuk menjaga kesehatan. Apalagi di tengah pandemi covid 19, di mana kebersihan tangan menjadi salah satu kunci agar Anda terhindar dari virus yang berbahaya dan mematikan.



Seperti diketahui, dalam kegiatan sehari-hari banyak orang yang tanpa sadar memegang benda-benda tidak higienis sehingga berpotensi menjadi sarang tempat kuman, bakteri, atau virus.

Dengan menggunakan hand sanitizer, tentu dapat membantu mengurangi kemungkinan Anda tertular penyakit yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme. Karena kandungan hand sanitizer terbukti ampuh membunuh kuman, bakteri, atau virus yang melekat pada tangan.

Selain fungsinya yang efektif menjaga kesehatan, hand sanitizer juga mudah mendapatkannya. Anda bisa membelinya di berbagai toko terdekat dengan harga yang pastinya murah dan tidak akan menguras kantong Anda.

Karena itu, kami menyajikan 10 hand sanitizer terbaik yang dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, atau virus. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai hand sanitizer hingga cara menggunakannya.

Pentingnya menjaga kesehatan dengan menggunakan hand sanitizer

Pada kondisi pandemi seperti sekarang ini setiap benda yang kita sentuh rawan menjadi sarang tempat berbagai mikroorganisme. Oleh karenanya memastikan tangan tetap bersih adalah hal yang sangat penting.



Karena tangan adalah salah satu bagian tubuh yang sering kita gunakan untuk membantu berbagai kegiatan, yang salah satunya adalah makan. Jika tangan Anda kotor maka berbagai kuman berpotensi masuk ke dalam tubuh ketika Anda makan.

Menggunakan hand sanitizer dapat menjadi pilihan yang mudah dan praktis karena desain kemasan yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana.

Selain itu,Anda tentunya tidak perlu repot-repot mencari air, karena hand sanitizer dapat digunakan tanpa air, tidak seperti sabun.

Perhatikan jenis kandungan hand sanitizer

Ada dua jenis kandungan hand sanitizer yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memastikan untuk membelinya, yaitu :



  • Hand sanitizer dengan kandungan alkohol

Jenis produk hand sanitizer yang menggunakan alkohol biasanya akan memiliki persentase antara 60 sampai 95 persen dalam campuranya. Penggunaan alkohol ini biasanya dalam bentuk ethanol, isopropanol, atau n-propanol.

Dengan menggunakan persentase alkohol di atas 60 persen, jenis hand sanitizer ini akan segera bereaksi dengan mendenaturasi protein yang ada pada mikroorganisme. Artinya penggunaan hand sanitizer jenis ini akan cukup efektif untuk membunuh atau menonaktifkan berbagai mikroorganisme.

  • Hand sanitizer tanpa kandungan alkohol

Jenis hand sanitizer tanpa kandungan alkohol ini biasanya juga dikenal dengan disinfektan. Karena mengandung bahan seperti benzalkonium chloride (BAC), atau bahan anti mikroorganisme lain seperti triclosan.

Penggunaan hand sanitizer jenis ini dapat menimbulkan reaksi atau aktivitas yang bersifat langsung dan juga persisten pada beberapa jenis mikroorganisme.



Selain kedua bahan utama seperti yang telah disebutkan di atas. Beberapa jenis hand sanitizer juga mengandung emolien, zat pengental, atau pewangi yang dapat menenangkan kulit.

Pilih kemasan yang sesuai dengan kebutuhan

Ada dua macam kemasan hand sanitizer. Pertama, hand sanitizer spray yang penggunaannya dengan cara ditekan sehingga cairan bisa keluar atau menyembur ke tangan Anda. Hand sanitizer ini sangat praktis dan cocok digunakan untuk Anda yang tidak suka dengan hal-hal ribet.

Kedua, hand sanitizer non-spray yang bentuknya berupa cairan. Cara penggunaannya dengan cara dituangkan ke atas telapak tangan, kemudian digosokkan hingga merata. Usahakan Anda menutupnya kembali dengan rapat setelah selesai menggunakan agar cairan tidak mudah tumpah.

Perhatikan bahan pembuatannya



Selain hand sanitizer produksi pabrik, dapat dijumpai juga beberapa hand sanitizer homemade yang dijual secara online maupun offline.

Perhatikan dengan baik ketika membeli hand sanitizer jenis homemade. Karena dalam beberapa kasus produsen hanya sekedar mencampurkan beberapa bahan tanpa tahu efektivitasnya dalam membunuh mikroorganisme.

Bila perlu tanyakan pada penjual, bahan-bahan apa saja yang digunakan atau terkandung dalam hand sanitizer yang dijualnya.

Pilih ukuran volume yang sesuai dengan kebutuhan

Ada berbagai macam ukuran volume hand sanitizer yang dijual di pasaran. Seperti botol kecil dengan volume 50 ml dan 100 ml, atau botol besar yang berukuran hingga 5 liter.

Untuk mendukung aktivitas sehari-hari, Anda bisa memilih hand sanitizer botol kecil agar lebih mudah dibawa kemana-mana. Sedangkan untuk kebutuhan yang lebih besar, misalnya di kantor maupun instansi, Anda bisa memilih yang berukuran besar.



Cara efektif menggunakan hand sanitizer

Ketika Anda sudah membeli hand sanitizer, maka hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah cara penggunaanya. Walaupun efektif untuk membunuh mikroorganisme tetapi ada cara-cara tertentu yang membuat penggunaan hand sanitizer semakin maksimal.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan hand sanitizer:

  • Langkah pertama, tuangkan atau semprotkan cairan hand sanitizer pada salah satu telapak tangan.
  • Kemudian gosok cairan hand sanitizer tersebut ke seluruh telapak tangan.
  • Setelah merata di seluruh telapak tangan lalu gosok pada bagian punggung tangan, dan juga gosokan pada sela-sela jari secara menyeluruh sampai ke ujung-ujung jari.
  • Terakhir, lakukan langkah-langkah seperti di atas selama 20 sampai 30 detik. Karena dalam jangka waktu tersebut efektif untuk membunuh berbagai mikroorganisme.



10 Hand Sanitizer Terbaik untuk Menjaga Kesehatan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang hand sanitizer, maka perkenankan kami menyajikan rekomendasi 10 hand sanitizer terbaik dari berbagai merek berikut ini :

10. Dettol Gel Instant Hand Sanitizer 50 ml

Foto-hand-sanitizer-terbaik-untuk-menjaga-kesehatan-10

Harga : Rp 16.000

Membunuh kuman dengan cepat tanpa air



Dengan bentuknya yang kecil hand sanitizer Dettol gel ini dapat dimasukan kedalam tas atau kantong pakaian. Membuatnya sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Walaupun memiliki bentuk gel dalam penggunaanya anda tidak perlu air.

Sangat praktis dan bisa digunakan kapanpun dan dimanapun, baik ketika camping, di kantor, di mobil, atau piknik. Selain praktis Dettol hand sanitizer ini juga akan membuat tangan Anda terasa lebih segar dan wangi. Anda bisa mendapatkan hand sanitizer ini di Shopee.

9. Ikyusan Organic Baby Hand Sanitizer 60 ml

Foto-hand-sanitizer-terbaik-untuk-menjaga-kesehatan-9

Harga : Rp 35.000

Menjaga tangan si kecil tetap bersih



Desain yang digunakan pada hand sanitizer ini menggunakan desain botol semprot yang membuat penggunaanya praktis.

Selain dapat digunakan pada tangan si kecil Ikyusan Organic Baby hand sanitizer juga dapat digunakan untuk membersihkan benda-benda lain yang sering digunakan si kecil seperti mainan atau botol susunya.

Keunggulan lainnya dari Ikyusan Organic Baby hand sanitizer ini juga bisa digunakan untuk membersihkan luka akibat gigitan serangga atau terjatuh. Karena Ikyusan Organic Baby hand sanitizer ini memiliki sifat mudah kering dan tidak membuat kulit iritasi, jadi aman digunakan untuk kulit si kecil. Anda bisa membeli hand sanitizer ini di Shopee.

8. Nuvo Hand Sanitizer Anti Bacterial

Foto-hand-sanitizer-terbaik-untuk-menjaga-kesehatan-8

Harga : Rp 6.000



Menjaga tangan tetap bersih

Desain yang digunakan dalam hand sanitizer adalah non-spray dengan botol yang mungil berukuran 50 ml. Ukurannya yang kecil membuat mudah dibawa kemana-kemana, karena bisa muat di kantong pakaian.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh hand sanitizer ini adalah wangi yang dimilikinya. Dan walaupun memiliki bentuk gel, nuvo hand sanitizer ini tidak lengket di tangan ketika digunakan dan bisa menyerap ke dalam kulit. Anda bisa membeli hand sanitizer ini di Shopee.

7. Sterobac Hand Sterilizer 400 ml

Foto-hand-sanitizer-terbaik-untuk-menjaga-kesehatan-7-

Harga : Rp 96.000



Ampuh membunuh virus

Sterobac adalah salah satu hand sanitizer yang menggunakan alkohol sebagai bahan campuranya. Penggunaan alkohol sebagai campuran ini telah melalui proses standar medis jadi aman untuk digunakan.

Kelebihan dari hand sanitizer ini adalah mudah menyerap ke dalam pori-pori kulit tangan, lipatan kepalan tangan, bahkan sampai ujung kuku. Selain itu, tidak lengket ketika digunakan juga cepat kering.

Jadi Anda tidak perlu mengeringkan tangan setelah menggunakanya. Satu botol stero-bac ini dapat menampung hingga 400 ml cairan hand sterilizer, jumlah yang cukup banyak dan dapat digunakan oleh lebih dari satu orang.

Membuatnya cocok untuk digunakan di tempat-tempat yang dikunjungi banyak orang seperti kantor, atau tempat pelayanan publik. Dengan formula bahan dasar alkohol, sterobac hand sanitizer ini sangat ampuh untuk membunuh berbagai mikroorganisme yang memiliki spektrum luas. Anda bisa mendapatkan hand sanitizer ini di Shopee.

6. Bath and Body Works – Pocketbac



Foto-hand-sanitizer-terbaik-untuk-menjaga-kesehatan-6

Harga : Rp 32.500

Praktis dan mudah dibawa kemana-mana

Dengan desain botol yang mudah digenggam, Bath and Body Works – Pocketbac dapat menampung cairan sebanyak 29 ml dan membuat tampilan dari hand sanitizer yang satu ini tampak mungil dan unik.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Bath and Body hand sanitizer ini adalah berbagai wangi yang dimilikinya. Seperti wangi peach, sweet pea, atau unicorn theme. Dengan ciri khas wangi yang manis membuat hand sanitizer ini disukai oleh banyak orang, khususnya perempuan.

Kelebihan lainnya adalah wangi yang dimiliki oleh Bath and Body Work ini juga tahan lama ketika digunakan. Desain kemasan yang memiliki bentuk bulat juga membuat hand sanitizer ini sangat handy, sehingga membuatnya mudah dibawa kemana-mana.

Dan walaupun memiliki bentuk gel, Bath and Body Work hand sanitizer ini tidak lengket ketika digunakan, juga tidak membuat tangan terasa kering. Anda bisa membeli hand sanitizer ini di Shopee.



5. Antis Spray 55 ml

Foto-hand-sanitizer-terbaik-untuk-menjaga-kesehatan-5

Harga : Rp 11.300

Memiliki aroma jeruk nipis yang menyegarkan

Desain spray yang digunakan pada antis hand sanitizer ini membuatnya mudah untuk digunakan dan praktis. Dalam penggunaanya Antis ini tidak perlu menggunakan air sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.

Dan dengan aroma jeruk nipis yang milikinya, membuat tangan Anda memiliki wangi yang segar.



Penggunaan alkohol dan Irgasan sebagai campuran bahannya membuat Antis sangat cocok digunakan untuk menangkal mikro organisme seperti E.coli dan S.aureus (kuman yang dapat menyebabkan diare dan flu). Anda bisa mendapatkan produk hand sanitizer ini di Shopee.

4. Klinsen hand sanitizer 250ml

Foto-hand-sanitizer-terbaik-untuk-menjaga-kesehatan-4

Harga : Rp 30.875

Menjaga tangan Anda tetap bersih

Ukuran klinsen hand sanitizer ini cukup besar yaitu 250 ml. Bisa digunakan untuk pada tempat-tempat yang bergerak dibidang pelayanan masyarakat atau tempat yang banyak dikunjungi orang.



Selain ukurannya yang cukup besar, Klinsen hand sanitizer ini juga tidak lengket ketika digunakan.

Kelebihan lainnya adalah mengandung chamomile yang memiliki fungsi sebagai anti mikroba dan sifat anti-inflamatori yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan membuat tangan menjadi lebih halus, cerah, dan wangi. Anda bisa membeli hand sanitizer ini di Shoope.

3. Cussons Carex Hand Sanitizer 50 ml

Foto-hand-sanitizer-terbaik-untuk-menjaga-kesehatan-3

Harga : Rp 9.000

Membunuh 99% kuman dan bakteri



Dengan kandungan aloe vera yang membuat hand sanitizer ini memiliki aroma fresh dan menyegarkan. Selain itu, kandungannya juga dapat membuat tangan tetap lembut dan halus.

Kandungan lainnya adalah alkohol dengan kadar 70% yang diformulasikan secara khusus untuk membunuh bakteri sampai 99%.

Dan kelebihan lainnya adalah, walaupun memiliki bentuk gel Cussons Carex hand sanitizer ini tidak lengket di tangan ketika digunakan. Anda bisa mendapatkan produk hand sanitizer ini di Shopee.

2. SOS Hand Sanitizer

Foto-hand-sanitizer-terbaik-untuk-menjaga-kesehatan-2

Harga : Rp 7.000



Membunuh kuman dengan cepat walau tanpa air

Formula SOS Hand Sanitizer mengandung Denatured Ethanol 55% dan Isopropyl Alcohol 18% sehingga dapat membunuh kuman dan bakteri seperti S.Aureus, E.coli, P.Aeruginosa, S.Typhimurium, dan Staphylococcus Aureus.

Oleh karenanya SOS hand Sanitizer ini dapat membunuh kuman dan bakteri dengan cepat. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh hand sanitizer ini adalah dapat membuat tangan Anda menjadi tetap higienis, wangi, dan juga segar.

Dan walaupun memiliki bentuk gel, SOS hand sanitizer ini tidak lengket ketika digunakan. Desain botol yang cukup kecil dari SOS hand sanitizer ini membuatnya dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Anda bisa mendapatkan hand sanitizer ini di Shopee.

1. Klarens Hand Sanitizer Spray



Foto-hand-sanitizer-terbaik-untuk-menjaga-kesehatan-1

Harga : Rp 16.500

Mudah dan praktis untuk dibawa

Klarens Hand Sanitizer Spray 60ml adalah hand sanitizer berbentuk spray yang yang praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Memiliki kandungan alkohol sebanyak 70% membuat hand sanitizer ini ampuh Anda gunakan untuk membunuh virus-virus yang menempel pada tangan.

Selain itu, memiliki formula yang ramah untuk kulit, sehingga membuatnya tidak lengket dan tidak kering ketika digunakan di tangan. Anda bisa mendapatkan produk hand sanitizer ini di Shopee.

Kesimpulan



  • Ketika membeli hand sanitizer, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti kandungan, kemasan, dan juga ukuran volume atau isinya.
  • Selain itu, perhatikan cara menggunakan dengan tepat agar tangan terbebas dari kuman yang menempel.
  • Bagi Anda yang ingin membeli hand sanitizer untuk kebutuhan sekeluarga atau kantor, Anda bisa membeli Stero-bac Hand Sterilizer. Karena memiliki ukuran yang cukup besar sehingga dapat digunakan bersama.
  • Namun bagi Anda yang ingin membeli hand sanitizer dengan harga yang murah dan digunakan untuk diri sendiri, Anda bisa membeli Bath and Body Works – Pocketbac.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen yang ampuh membunuh kuman, maka Anda bisa memilih Klarens Hand Sanitizer Spray.

Referensi

Kara Rogers, Hand Sanitizer,https://www.britannica.com/topic/hand-sanitizer



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.