Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


23 Apr 2020 07:00

10 Gantungan Baju Bagus dan Unik

By Cektarif Plus


Gantungan baju atau yang biasa disebut dengan Hanger merupakan alat yang digunakan untuk menggantungkan pakaian agar terlihat lebih rapi. Gantungan baju ini juga digunakan untuk menjemur pakaian, menggantungkan baju di dalam mobil, dan lain sebagainya.



Hampir setiap rumah tangga memiliki gantungan baju di rumah. Jumlahnya bisa bervariasi, tergantung kebutuhan mereka sehari-hari. Namun, tahukah ada beberapa gantungan baju bagus yang bisa Anda miliki dengan beragam modelnya yang unik dan keren.

Karenaitu, kami menyajikan artikel tentang gantungan baju bagus dan unik berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai gantungan baju beserta cara perawatannya.

Mengetahui fungsi dan manfaat gantungan baju

Salah satu fungsi utama dari gantungan baju adalah sebagai alat untuk menjemur pakaian. Banyak alasan kenapa harus menggunakan gantungan baju saat menjemur pakaian :

  • Lebih hemat tempat, karena bisa menampung lebih banyak baju jika dibandingkan dengan menggunakan tiang atau tali sebagai alat untuk menjemur pakaian.
  • Terhindar dari kusut, karena posisi pakaian yang di hanger tidak akan mengkerut, apalagi jika Anda sebelum memasangnya dikibaskan terlebih dahulu.
  • Lebih cepat kering, karena angin lebih mudah masuk ke celah-celah pakaian saat dijemur.
  • Lebih mudah diambil ketika turun hujan.



Selain fungsi di atas, gantungan baju juga digunakan untuk menyimpan pakaian di lemari agar lebih rapi, mudah saat mengambil pakaian, dan lebih hemat energi karena Anda tidak perlu lagi melipatnya.

Untuk kebutuhan menghadiri pesta atau rapat di kantor, Anda juga bisa menggunakan gantungan baju untuk menyimpan pakaian di mobil, agar pakaian tidak kusut, lebih praktis, dan mudah saat membawanya. Jika terpaksa, Anda juga bisa lebih cepat saat ganti baju di dalam mobil.

Perhatikan jenis bahan yang digunakan

Secara umum ada dua jenis gantungan baju, yakni gantungan baju untuk anak-anak dan gantungan baju untuk orang dewasa. Keduanya ukurannya jelas berbeda, gantungan baju untuk anak-anak tentu ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran orang dewasa.

Hal itu mudah untuk membedakannya, namun disini yang terpenting adalah Anda mengetahui jenis bahan dari gantungan baju. Berikut ini beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat gantungan baju :

Pertama, bahan plastik. Gantungan baju dari bahan plastik ini yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Selain karena harganya yang murah, gantungan baju ini juga lebih ringan dan mudah saat memakainya.



Meskipun demikian, Anda juga harus memperhatikan kualitasnya, karena beberapa gantungan baju yang terbuat dari bahan plastik mudah untuk patah atau rusak.

Kedua, bahan kayu. Gantungan baju ini biasanya digunakan di toko pakaian, butik, distro, dan lain sebagainya. Harganya relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan gantungan baju berbahan plastik. Namun, secara kualitas dan desain, gantungan baju berbahan kayu ini jauh lebih baik daripada gantungan baju lainnya.

Ketiga, bahan kawat. Untuk jenis gantungan baju yang satu ini sudah jarang digunakan oleh masyarakat, karena kawat mudah berkarat, tidak cukup kuat untuk menahan beban pakaian yang berat, dan berpotensi bisa merusak baju.

Keempat, bahan besi. Sedangkan untuk gantungan yang terbuat dari bahan besi ini biasanya digunakan untuk menyimpan atau menjemur celana. Gantungan baju ini lebih kuat dibandingkan dengan lainnya. Selain itu, biasanya dilengkapi dengan penjepit yang bisa digunakan unuk menopang celana.

Selain keempat bahan di atas, ada juga jenis bahan lainnya, seperti bahan lapisan busa yang khusus digunakan untuk jenis pakaian yang lembut dan halus, serta bahan bambu yang kini mulai banyak digemari karena modelnya yang unik dan natural.

Pilih yang sesuai dengan ukuran lemari



Kini lemari tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini tentu akan membuat Anda juga harus lebih cermat saat memilih gantungan baju. Jangan sampai gantungan baju yang Anda pilih terlalu lebar sehingga tidak cukup dimasukkan ke dalam lemari.

Pastikan Anda mengukur bagian dalam lemari sebelum Anda membeli gantungan baju. Sehingga kesesuaian antara gantungan baju dengan luas ruangan di dalam lemari cukup untuk menampung baju-baju Anda.

Perhatikan harganya

Salah satu faktor penting lainnya sebelum membeli gantungan baju adalah Anda memperhatikan harga. Karena jika budget Anda berlebih, Anda bisa membeli gantungan baju dengan kualitas terbaik agar lebih awet dan tahan lama.

Namun untuk menghemat anggaran, Anda bisa memilih gantungan baju yang biasa atau yang umumnya dipakai masyarakat. Sehingga Anda bisa membeli dalam jumlah yang banyak dan cukup untuk menampung baju-baju Anda. Selain itu, cukup untuk digunakan dalam berbagai fungsi, seperti untuk lemari pakaian, jemuran, dan untuk dipakai di mobil.



Cara menggunakan dan merawat gantungan baju

Ketika Anda sudah membeli gantungan baju, maka yang perlu Anda ketahui adalah cara menggunakan dan merawatnya agar gantungan baju yang Anda miliki tidak mudah rusak atau patah. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat gantungan baju di rumah:

  • Pastikan gantungan baju yang Anda miliki selalu bersih. Anda bisa mengelapnya dengan lap basah atau kain yang lembab untuk membersihkannya.
  • Hindari meletakkan gantungan baju dengan cara menumpuk saat tidak digunakan. Anda bisa meletakkannya dengan posisi menggantung, sehingga gantungan baju lebih aman dan terhindar dari kerusakan.
  • Pastikan ketika memasang atau menjemur pakaian sesuai dengan daya beban gantungan baju yang Anda miliki. Karena jika beban baju Anda terlampau berat, maka bisa mengakibatkan gantungan baju patah, terutama jika gantungan baju Anda terbuat dari bahan plastik.
  • Hindari menumpuk pakaian dalam satu gantungan baju ketika menjemur, karena bisa membuat pakaian Anda tidak kering secara merata.

10 Gantungan baju bagus dan unik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang gantungan baju, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi gantungan baju bagus dan unik dari berbagai merek berikut ini:



10. Ikea Bumerang 8 pcs

ikea_bumerang_8_pcs

Harga : Rp 79.900

Lebih kuat dan hemat tempat

Sesuai dengan namanya gantungan baju ini dapat digunakan untuk mengantung baju, jilbab, kaos, dan lain-lain dalam satu gantungan. Selain itu gantungan baju ini juga awet untuk menggantung pakaian yang berat.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan gantungan baju ini terbuat dari bahan dasar kayu keras solid dan lacquer akrilik bening, sedangkan bagian gantungan terbuat dari baja yang dilapisi kromdangalvanis. Untuk ukuran dimensi, gantungan baju ini memiliki kelebaran 43 cm dan ketebalannya 14 mm.



Gantungan baju ini juga tidak memakan banyak tempat, sehingga cukup untuk semua jenis lemari. Selain itu, gantungan baju ini mudah dibersihkan. Anda bisa membeli gantungan baju ini di Shopee.

9. TGB Gantungan Jilbab

tgb_gantungan_jilbab

Harga : Rp 22.000

Desain unik, warna-warni, dan menarik

Bagi Anda yang ingin memiliki gantungan baju yang unik dengan desain menarik, maka gantungan baju ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Gantungan baju ini memiliki bentuk bulat seperti gelang, sehingga cocok digunakan untuk Anda yang hobi mengkoleksi syal atau jilbab.



Gantungan baju ini terbuat dari bahan besi yang sudah dibentuk dan dilapisi balutan warna-warni yang aman untuk kain yang halus dan lembut. Produk ini memiliki 7 susun dan setiap susun terdapat 4 bulatan dengan ukuran diameter 9 cm. Total jumlah bulatan dalam TGB gantungan jilbab ini ada 28 bulatan. Anda bisa membeli gantungan ini di Lazada.

8. Informa Velvet Slim

informa_velvet_slim

Harga : Rp 259.000

Isi lebih banyak dan desain ramping

Gantungan baju berjumlah 35 buah ini terbuat dari bahan plastik, nilon dan metal. Bentuknya sedikit oval pada bagian bahu hanger dan sedikit panjang pada bagian pengaitnya, sehingga membuat pakaian Anda terlihat lebih rapi saat disimpan di lemari.



Selain itu, desain antislip yang terdapat pada gantungan baju ini akan menghindarkan pakaian Anda terjatuh saat mengambilnya. Dan yang manarik adalah, Informa modelnya tipis dan tidak banyak memakan tempat. Anda bisa membeli gantungan baju ini di Shopee.

7. Gantungan Baju Plastik Hitam

gantungan_baju_plastik_hitam

Harga : Rp 10.000

Desain yang simple dan mudah didapatkan

Gantungan baju ini sudah banyak dipasaran, dan menjadi favotit banyak orang. Karena selain harganya yang murah, gantungan baju ini juga terbukti awet dan nyaman saat digunakan.



Bahan utama gantungan baju ini terbuat dari bahan plastik, dengan ukuran lebar bahu 41,5 cm dan tingginya 21,5 cm. Sehingga cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Anda dapat membeli gantungan baju ini di Shopee.

6. Hanger Laundry Zara

hanger_laundry_zara

Harga : Rp 1.000

Harga ekonomis dan cocok untuk usaha loundry

Bagi Anda yang memiliki usaha laundry, gantungan baju berbahan plastik ini bisa menjadi pilihan alternatif terbaik untuk mendukung usaha Anda. Selain harganya yang murah, gantungan baju ini juga awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.



Ukuran gantungan baju memiliki lebar 40cm dan berwarna hitam. Cocok juga digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, seperti untuk menjemur pakaian atau menyimpan pakaian di dalam lemari. Anda bisa membeli gantungan ini di Shopee.

5. Wonder Hanger

wonder_hanger

Harga : Rp 2.000

Desain unik, lebih praktis, dan menarik

Gantungan baju Wonder Hanger ini bisa menghemat tempat, lebih praktis, dan membuat tatanan pakaian terlihat lebih rapi. Karena dalam satu gantungan terdapat 5 lubang yang bisa digunakan atau ditambah dengan gantungan yang lain.



Selain bisa untuk menyimpan pakaian, gantungan baju ini juga bisa Anda gunakan untuk menjemur pakaian Anda di luar rumah. Jadi cucian yang banyak dan menumpuk tidak menjadi masalah lagi saat Anda memakai gantungan baju ini. Anda bisa membeli gantungan baju ini di Shopee.

4. Ikea Bumerang Gantungan celana/rok

ikea-bumerang_gantungan_celana_rok

Harga : Rp 15.900

Desain simple dan kuat

Gantungan baju dari brand Ikea ini terbuat dari bahan berkualitas, yakni kayu eukaliptus dan lacuerakrilik bening. Kemudian, ditambah dengan penjepit celana/rok dari bahan plastik poliropilena yang aman dan tidak membuat pakaian Anda menjadi rusak.



Selain itu, bentuknya sangat kuat dan mudah dibersihkan, sehingga lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dan, Anda tidak perlu khawatir celana atau rok Anda berantakan, karena gantungan ini sudah dilapisi kain felt yang dapat melindungi pakaian Anda agar tetap rapi dan tidak mudah mengkerut. Anda bisa mendapatkan gantungan ini di Shopee.

3. Indoprosper

indoprosper

Harga : Rp 10.000

Desain bagus dan cantik

Bagi Anda yang ingin gantungan baju dengan bentuk yang lebih ramping, merek Indoprosper ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Dengan gantungan baju ini, Anda akan lebih mudah menggantungkan pakaian, jilbab, syal dan jenis pakaian lainnya yang memiliki bobot yang ringan.



Gantungan baju ini terbuat dari bahan kawat stainless steel sehingga anti karat dan lebih awet. Selain itu, bahannya juga dibalut dengan moulding plastik yang menutupi daerah kawat sehingga dapat melindungi kain Anda, lebih aman, dan tidak mudah rusak. Anda bisa membeli gantungan baju ini di Lazada.

2. Wins

wins

Harga : Rp 16.000

Tahan kuat dan membuat pakaian rapi

Bagi Anda yang sering kesal ketika menggantung baju atau kaos lalu sering merosot dan jatuh, maka gantungan dari Wins ini bisa menjadi pilihan terbaik. Karena gantungan baju ini memiliki penjepit dibagian sisi kanan dan kirinya sehingga lebih erat dan aman dari risiko terjatuh.



Gantungan baju ini memiliki ukuran 25cm, terbuat dari bahan plastik, dan berwarna putih. Sehingga cocok digunakan untuk segala jenis pakaian yang Anda miliki. Anda bisa membeli gantungan ini di Lazada.

1. Hanger ERA 181

hanger_era_181

Harga : Rp 3.500

Desain klasik dan aman dari risiko terjatuh

Gantungan ini cocok untuk Anda yang ingin bernostalgia di masa lalu. Karena sesuai dengan namanya, ERA 181, gantungan desain klasik ini yang banyak dipakai masyarakat dan menjadi favorit pada zaman dahulu.



Bentuk gantungan baju ini sedikit oval pada kedua sisinya, dan memiliki ukuran lebih besar dengan ketebalan sekitar 1,5mm dan panjangnya sekitar 42 cm. Selain itu, gantungan baju ini antislip dan tidak mudah membuat pakaian Anda terjatuh ketika dipasang atau dijemur. Anda bisa membeli gantungan ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeligantungan baju, pastikan Anda mengetahui beberapa hal, seperti jenis bahan, ukuran yang tepat, model atau bentuk, serta harganya.
  • Selain itu, pastikan Anda mengetahui cara menggunakan dan membersihkannya sehingga gantungan baju Anda lebih awet dan tidak mudah rusak atau patah.
  • Anda bisa memilih gantungan baju Wins, karena gantungan baju ini cocok digunakan untuk segala jenis pakaian, aman dari risiko terjatuh, dan kuat.
  • Namun, jika Anda ingin gantungan baju yang lebih unik dan nyaman untuk menyimpan berbagai koleksi jilbab atau syal Anda, maka Anda bisa memilih gantungan baju dariTGB.
  • Sedangkan,jika Anda ingin gantungan baju yang tidak banyak memakan ruang atau tempat, lebih praktis, dan membuat tatanan pakaian terlihat lebih rapi, maka Anda bisa membeli Wonder Hanger.

Referensi



  1. RMRS(2020), How To Choose A Clothes Hanger | Choosing The Right Hangers For Men’s Clothing, https://www.realmenrealstyle.com/choosing-clothes-hanger/
  2. Container Store(2020), Choose the Perfect Hanger, https://www.containerstore.com/organization-projects/closet/tip/right-best-hangers



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.