Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


02 May 2020 04:08

10 Climbing Carabiner Harga Terjangkau dengan Safety Terbaik

By Cektarif Plus


Bagi Anda yang hobi olahraga ekstrem seperti panjat tebing pasti mengenal betul apa itu carabiner, bukan? Ini merupakan salah satu alat keamanan yang wajib digunakan. Namun, Anda mungkin akan menemukan beberapa carabiner yang tidak sesuai standar. Padahal carabiner merupakan penunjang keselamatan utama.



Ketika ingin membelinya, Anda perlu mengetahui kekhususan dari setiap jenis dan tipenya. Hal yang penting bukan hanya kuat atau dari jenis bahan apa carabiner dibuat, tapi juga efektivitas dan efisiensi penggunaan.

Karena itu, kami menyajikan artikel mengenai carabiner lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan dalam memilih carabiner yang tepat, serta bagaimana cara menilai kesesuaian carabiner untuk kegiatan yang ingin Anda lakukan.

Kenali macam-macam jenis carabiner untuk panjat tebing

Anda perlu mengenal sedikit lebih dalam mengenai dua jenis carabiner yang umum digunakan. Yakni carabiner jenis shape dan carabiner gate. Beberapa pemula sering kali melewatkan hal ini, karena berpikir semua carabiner itu serupa. Berikut penjelasan singkat mengenai jenis carabiner yang biasa dipakai oleh profesional.

Carabiner shape. Jenis carabiner shape dibagi menjadi tiga tipe yang berbeda. Pertama, D-Shaped carabiner. Tipe ini merupakan tipe yang banyak ditemukan di toko survival manapun. Carabiner ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat baik, serta berukuran lebih kecil dari jenis shape yang lain.

Kedua, asymmetrical D-Shaped. Memiliki geometri mirip D, namun sekilas mirip peer carabiner. Keunggulan dari tipe ini adalah bukaan yang lebih besar. Ketiga, oval carabiner. Tipe carabiner ini memiliki bukaan yang jauh lebih kecil dari jenis shape yang lain. Namun, bentuk oval-nya mampu mengurangi beban gesekan dengan rope.



Semua jenis shape merupakan locking carabiner. Dengan teknologi ini, keamanan Anda akan semakin terjamin. Terutama untuk Anda yang memiliki hobi rapelling atau belaying di tempat-tempat yang super ekstrem. Namun, jenis carabiner locking memiliki berat sedikit diatas rata-rata.

Carabiner gate, merupakan salah satu yang terbaik untuk digunakan dalam kompetisi panjat tebing, atau olahraga lainnya. Dengan desain non-locking, Anda bisa bergerak dengan sangat cepat dan dapat mengatur rope tanpa harus memakan banyak waktu.

Carabiner gate memiliki tiga tipe. Pertama, straight gate. Carabiner tipe ini telah teruji kekuatan dan ketahanannya. Dengan menggunakan model pegas, Anda bisa mengatur rope ditengah ketinggian dengan cepat dan aman. Selain itu, model keylock-nya dapat mengurangi potensi snagging atau tersangkut.

Kedua, bent gate. Tipe carabiner ini memiliki lengkungan, sehingga sangat memudahkan Anda untuk melakukan clip rope. Namun, carabiner ini sedikit lebih berat dari jenis wire.

Kemudian ketiga, wire gate. Disebut-sebut kurang aman, namun carabiner ini cukup berguna untuk kegiatan di daerah dingin, sebab gate-nya tidak akan membeku.

Pastikan untuk tidak salah membedakan carabiner dengan mailon rapid



Sekilas memang mirip, namun masih banyak orang yang salah mengira bahwa mailon rapid adalah carabiner. Walaupun secara fungsi dan penggunaan tidak berbeda jauh, carabiner dan mailon rapid tidak sama. Sebab, ada beberapa fungsi yang cukup berbeda.

Mailon rapid sejatinya dikhususkan untuk penelusuran gua. Fungsi dari mailon rapid yang tidak dimiliki oleh carabiner adalah, sebagai alat penghubung pada perangkat penjelajahan, seperti chest ascender pada dua buah loop seat harness di Delta MR.

Jadi Anda tidak boleh salah dalam membeli alat keselamatan ini. Sebab, misal Anda salah membeli carabiner untuk kebutuhan mailon rapid, potensi kecelakan ketika susur gua akan meningkat. Oleh karena itu, harap untuk memperlajari lebih banyak sebelum melakukan pembelian.

Lakukan pemeriksaan dengan cermat sebelum menggunakan carabiner

Sebelum melakukan kegiatan panjat tebing, persiksa semua alat terlebih dahulu semua alat yang akan digunakan. Baik rope, harness, dan terutama carabiner. Hal ini akan menghindarkan Anda dari bahaya maal-fungsi alat pada saat mendaki tebing.

Pastikan tidak ada retakan pada carabiner. Sebab, retakan kecil saja bisa mengurani ketahanan carabiner untuk menopang tubuh Anda. Kemudian periksalah bagian gate dari carabiner, pastikan gate bisa terbuka dan tertutup dengan baik serta normal.



Pada saat memeriksa gate carabiner, cermati apakah ada masalah pada pin dan as-nya. Sebab kerusakan kecil seperti bengkok terkadang terlewat dari pengamatan. Terutama pada carabiner jenis screwgate, yang dapat terbuka hanya karena getaran.

Cara merawat carabiner supaya tetap aman dan nyaman saat digunakan

Sebagai alat keselamata utama, akan sangat fatal bisa carabiner mengalami kerusakan ketika digunakan. Tidak jarang alat ini mengalami kerusakan karena hal-hal kecil. Berikut cara merawat carabiner supaya tetap dalam kondisi baik dan aman.

  • Pastikan untuk tidak menindih atau menginjak carabiner. Walaupun terbuat dari material yang kuat, bukan berarti tidak akan mengalami kerusakan karena hal kecil, terutama bagian gate yang nyatanya cukup sensitif.
  • Hindarkan carabiner terkena zat kimia asam seperti air aki. Beberapa carabiner terbuat dari material carbon yang sangat rentan terhadap zat kimia kuat. Korosi pada material carabiner dapat mengurangi kekuatan dan ketahanannya.
  • Jangan banting carabiner. Bahkan jika itu hanya hentakan kecil, tapi jika konsisten, carabiner dapat mengalami kerusakan.
  • Simpanlah carabiner di tempat kering dan tidak lembab. Serta periksalah kondisi carabiner secara berkala, untuk mengetahui retakan,bengkok, serta kerusakan lain pada gate.
  • Bersihkan carabiner setelah digunakan, terutama jika terkena lumpur atau pasir. Gunakanlah air bersih serta gosok pelan dengan sikat yang halus.



10 Climbing carabiner harga terjangkau dengan safety terbaik

Apabila Anda telah mencermati dan mengerti jenis, tipe, dan penggunaan carabiner yang tepat. Silahkan mulai memilih carabiner untuk menunjang kegiatan alam Anda. Berikut rekomendasi carabiner terbaik yang memiliki ketahanan, kekuatan, dengan harga terjangkau untuk Anda :

10. Black Diamond RockLock Screwgate

black_diamond_rocklock_screwgate

Harga : Rp 250.000

Carabiner rappelling terbaik untuk search and rescue



Bila Anda menginginkan carabiner dengan kekuatan serta gate clearance terbaik, maka RockLock Screwgate akan jadi pilihan yang sempurna. Carabiner ini memiliki gate opening yang cukup lebar, jadi Anda bisa menggunakan rope dengan berbagai jenis dan ukuran beban.

RockLock Screwgate merupakan jenis carabiner yang multipitching yang bisa digunakan untuk climbing, rock climbing, bahkan untuk waterfall climbing. Dan walaupun memiliki gate yang cukup lebar, namun carabiner ini memiliki locker atau pun safety yang sangat baik. Anda bisa membeli carabiner ini di Shopee.

9. Black Diamond Magnetron RockLock

black_diamond_magnetron_rocklock

Harga : Rp 1.041.705

Carabiner pertama di dunia dengan magnetic lock safety system



Black Diamond Magnetron RockLock merupakan carabiner yang menggunakan teknologi tinggi magnetic. Magnetron RockLock juga memiliki keylock yang sangat baik, dan dapat mengurangi potensi snagging secara signifikan.

Dengan bentuk spine yang sedikit melengkung, Anda bisa membuka gate secara maksimal, dan semakin memudahkan pada saat pemasangan.

Carabiner ini bisa Anda andalkan untuk segala situasi dan kegiatan. Namun, alangkah baiknya untuk tidak menggunakan Magnetron RockLock di daerah beku, atau gunung es. Sebab, fungsi magnetic dari carabiner ini sangat mungkin tidak terlalu berguna, bahkan menyebabkan masalah. Anda bisa membeli carabiner ini di Lazada.

8. MadRock Super Light Draw

madrock_super_light_draw

Harga : Rp 275.000



Tentukan rekor time trial terbaik Anda dengan Super Light Draw

Pada kompetisi sport climbing, waktu adalah segalanya. Dengan Super Light Draw, Anda mungkin bisa mencetak catatan waktu terbaik. Dan, jaminan keamanan dari carabiner ini pun telah banyak mendapatkan review yang sangat baik.

Carabiner ini menggunakan keylock berjenis straigt gate, serta wire bent gate pada saat yang samadalam satu set pack. Kedua jenis keylock ini sama-sama memiliki fitur bebas snagging. Anda bisa membeli carabiner ini di Tokopedia.

7. Petzl Djinn Axess

petzl_djinn_axess

Harga : Rp 360.000



Easy clip to rope, most durable, dan snag-free clip hanya dalam satu Petzl Djinn Axess

Carabiner Djinn Axess adalah salah satu yang terbaik untuk kegiatan sport-climbing quickdraw. Djinn Axess menggunakan jenis keylock jenis Bent, yang telah teruji kekuatan dan kemudahan penggunaannya. Carabiner ini juga dioptimalisasi dengan rasio strength dan weight yang baik.

Desain keylock-nya juga dibuat untuk mengurangi potensi snagging yang kerap kali merepotkan pendaki quickdraw. Djinn Axess dibuat untuk mudah dipegang dan digunakan dengan frame yang agak lebar.

Carabiner ini memiliki pelindung pada bagian quickdraw sling untuk menjaganya dari keausan saat digunakan. Selain itu, Bent gate pada carabiner ini bisa dibuka hingga ukuran 27 mm, dengan kapasitas 24 mm. Anda bisa membeli carabiner ini di Shopee.

6. Black Diamond FreeWire



black_diamond_freewire

Harga : Rp 382.200

Carabiner sports quickdraw terbaik dengan harga paling ringan

Walaupun Anda memiliki budget yang terbatas, namun jangan asal memilih carabiner. Sebab, FreeWire hadir untuk menjamin keselamatan sport climbing Anda dengan harga yang sangat terjangkau. Carabiner ini menggunakan dual wiregate yang kompatibel dengan banyak jenis alat penunjang lainnya.

Kelebihan yang jelas pada carabiner dengan keylock wiregate adalah lebarnya gate, serta mudahnya penggunaan untuk berbagai kegiatan. Hal inilah alasan mengapa FreeWire cocok digunakan untuk segala kebutuhan. Anda bisa membeli carabiner ini di Shopee.

5. Wild Country Helium 2 Clean Wire



wild_country_helium_2_clean_wire

Harga : Rp 335.000

Temukan rahasia tebing-tebing tertinggi di Indonesia dengan Helium 2 Clean Wire

Kali ini Wild Country menghadirkan Helium 2 Clean Wire untuk Anda penghobi traditional climbing quickdraws. Carabiner ini menggunakan keylock berjenis wiregate dengan tipe Shape-D, yang memiliki gate lebar serta sangat ringan.

Helium 2 Clean Wire merupakan jenis carabiner yang sangat kuat, sebab tidak menggunakan material metal biasa. Carabiner ini juga menggunakan clean-wire no-hook gate, dengan keunggulan rope maupun sling tidak akan mudah tersangkut saat akan dilepaskan. Anda bisa membeli carabiner ini di Tokopedia.

4. Petzl Spirit Bent Gate Carabiner



petzl_spirit_bent_gate_carabiner

Harga : Rp 250.000

Mampu mempertahankan posisi Anda di tebing dengan baik untuk menuntaskan tantangan

Carabiner ini didesain agar rope dapat di-clip dengan mudah, cepat, serta tidak mudah terkena snagging. Mekanisme Bent-Straight gate yang diterapkan pada Petzl Spirit, sangat membantu ketika rope to clip atau saat unclipping. Bentuk nose yang lurus juga membuat rope tidak mudah slip atau aus karena gesekan berlebihan saat rappelling.

Pada beberapa pengujian yang dilakukan oleh climber professional, Petzl Spirit terbukti sangat mampu digunakan pada berbagai macam medan. Tidak hanya untuk rock climbing, carabiner ini juga cukup baik untuk digunakan pada ice climbing. Anda bisa membeli carabiner ini di Shopee.

3. DMM Phantom




Harga : Rp 170.000

Carabiner yang didesain khusus untuk Traditional Climbing QuickDraws

DMM Phantom merupakan super-light carabiner, yang memiliki keunggulan untuk mengurangi rack weight serta light alpine ascents. Konstruksi I-Beam yang diterapkan pada Phantom digunakan untuk memaksimalkan rasio strength dan weight dari carabiner ini.

Carabiner Phantom juga bisa dengan efektif dan aman digunakan pada lingkungan yang dingin atau es. Jadi Anda bisa merasa Aman saat mendaki ke puncak gunung seperti Puncak Jaya Wijaya di Jayapura yang memiliki es abadi. Carabiner ini bisa dibeli di Bukalapak.

2. Petzl Ange L



petzl_ange_l

Harga : Rp 260.000

Traditional rack-climbing carabiner dengan rope pull smoothness terbaik

Salah satu syarat carabiner terbaik untuk kegiatan racking trad adalah mudah digunakan dan tanpa snagging. Dalam olahraga ini yang terpenting adalah carabiner harus easy handling, easy clipping - unclipping, serta memiliki pull smoothness terbaik.

Petzl Ange L adalah carabiner yang memenuhi semua syarat yang dibutuhkan untuk kegiatan rack-climbing. Dengan teknologi MonoFil keylock gate, Anda akan bisa dengan sangat mudah saat membuka dan menutup gate serta meletakkannya pada posisi yang diinginkan. Anda bisa membeli carabiner ini di Shopee.

1. MadRock Ultra Light Wire



mad_rock_ultra_light_wire

Harga : Rp 170.000

Carabiner dengan kompatibilitas rope terbaik di kelas racking trad gear

MadRock Ultra Light Wire merupakan carabiner berspesifikasi tinggi dengan harga yang cukup rendah. Carabiner ini menggunakan dual gate mode, yakni bent gate dan straight gate.Light Wire mampu digunakan pada berbagai jenis rope dengan kompabilitas 90%.

Light Wire mempunyai handling, ease of clipping serta rope pull smoothness yang sangat baik, serta menggunakan sistem non-locking yang terkenal sangat ringan dan kuat. Carabiner yang ringan akan semakin memudahkan Anda untuk memanjat serta bermanuver di tebing. Anda bisa membeli carabiner ini di Shopee.

Kesimpulan



  • Sebelum membeli carabiner, pastikan untuk memilih dengan mempertimbangkan jenis kegiatan atau olahraga yang akan dilakukan. Selain itu, pastikan juga kompabilitas dengan peralatan penunjang lain. Terutama untul jenis rope dan harness.
  • Anda juga harus memastikan untuk tidak salah membeli carabiner. Sebab ada beberapa jenis barang juga yang memiliki bentuk serupa dengan carabiner, namun beda fungsi. Contohnya, Mailon Rapid.
  • Untuk kebutuhan rappelling atau belaying, Anda sebaiknya memilih carabiner produk dari Black Diamond atau produk dengan spesifikasi serupa.
  • Jika Anda berencana menggunakan carabiber untuk kebutuhan sport-climbing quickdraw, makaakan lebih baik menggunakan produk dari Petzl atau pun DMM.
  • Sedangkan, untuk Anda yang sedang mencari carabiner untuk kebutuhan racking trad gear, Anda bisa memilih produk dari MadRock. Atau mungkin produk carabiner dari Petzl bisa juga menjadi opsi menarik.

Sumber

  1. Rocknrescue, What Carabiner is Right for You?,https://www.rocknrescue.com/blog/carabiner-guide/
  2. The Adventure Junkies, Best Carabiner of 2020,https://www.theadventurejunkies.com/best-carabiner/
  3. REI, How to Choose Carabiners, https://www.rei.com/learn/expert-advice/carabiners.html



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.