Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


16 Apr 2020 06:00

10 Cat Rambut Bagus yang Bisa Dipakai di Rumah

By Cektarif Plus


Apakah Anda seorang yang hobi mewarnai rambut? Ataukah Anda ingin menutupi uban yang mulai muncul secara sempurna dengan warna-warni cat rambut yang menawan? Pergi ke salon mungkin akan menjadi pilihan utamademi mendapatkan kualitas pewarnaan yang bagus dan profesional. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba melakukan pewarnaan rambut sendiri di rumah.



Sekarang ini banyak sekali pewarna rambut yang beredar di pasaran dan mudah untuk diaplikasikan sendiri di rumah. Hasilnyapun tidak kalah jauh dengan cat rambut yang ada di salon. selain lebih menghemat biaya, Anda juga bisa bereksplorasi sendiri sesuai selera.

Karena itu,kami menyajikan beberapa cat rambut bagus yang bisa dipakai di rumah lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelum membelinya, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara memilih cat rambut yang baik dan benar, serta beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pewarnaan rambut.

Pilihlah cat ambut dengan bahan-bahan yang aman

Reaksi alergi pada penggunaan cat rambut bisa disebabkan bahan-bahan kimia yang terkandung di dalammya. Anda bisa memilih bahan-bahan alami untuk mencegah iritasi pada kulit kepala. Namun perlu diketahui, bahwa cat rambut dengan bahan alami kadang warnanya tidak bertahan lama. Apalagi jika intensitas keramas cukup tinggi di setiap minggunya.

Sebaiknya perhatikanlah baik-baik beberapa bahan kimia pada cat rambut yang dapat memicu alergi atau iritasi. Bahan-bahan itu antara lain; Paraphenylenediamine (PPD), ammonia, resorcinol, parabens, phthalates, dan gluten.

Anda tidak perlu khawatir ataupun bingung untuk mencari cat rambut yang bebas dari bahan-bahan tersebut, karena sekarang sudah banyak beredar di pasaran cat rambut yang aman, bebas ammonia, ataupun PPD.



Perhatikan masa kedaluwarsa cat rambut

Pewarna rambut yang sudah kedaluwarsa juga tidak baik bagi rambut dan kulit kepala Anda. Alih-alih mendapatkan rambut dengan warna-warna yang indah, Anda malah bisa terkena alergi atau iritasi. Lebih buruknya lagi cat kedaluwarsa bisa menyebabkan terjadinya berbagai penyakit-penyakit yang berbahaya.

Cat rambut kedaluwarsa berubah menjadi zat berbahaya yang bisa merusak kulit kepala Anda jika terus digunakan. Melalui kulit kepala zat-zat kimia bisa saja meresap ke berbagai syaraf yang ada di kepala. Hal ini bisa menyebabkan peradangan tubuh, kebotakan, gangguan hormonal, katarak, iritasi mata hingga penyakit berbahaya seperti kanker. Maka memeriksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan cat rambut perlu Anda lakukan sebelum membelinya.

Perhatikan warna kulit Anda

Sebenarnya Anda bisa bebas memilih warna cat rambut sesuai selera. Tapi memilih warna yang pas dengan warna kulit, akan membuat Anda semakin menawan.



Misalnya saja warna-warna cerah terlihat cocok untuk kulit putih atau kuning langsat. Untuk Anda yang memiliki kulit gelap, akan lebih cocok dengan warna-warna yang dua tingkat lebih gelap dari warna kulit Anda. Warna yang sama atau mirip dengan warna kulit cenderung membuat wajah semakin kusam.

Mempertimbangkan harga cat rambut

Pertimbangkan harga cat rambut sesuai budget yang telah Anda tentukan. Harga yang murah tidak selalu buruk kualitasnya, juga dengan harga yang mahal kadang tidak selalu cocok di kulit kepala Anda. Terkadang ada yang mahal dan bagus kualitasnya, tapi sensitif di kulit kepala sehingga membuat kulit kepala menjadi bermasalah.

Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencari produk yang lebih sesuai dengan kulit kepala, dan tentunya aman digunakan bagi kulit kepala dan rambut Anda. Tidak ada salahnya pula jika Anda mengharapkan harga yang terjangkau, namun kualitas produk setara salon profesional.

Selain perlu mengetahui bagaimana cara memilih cat rambut yang baik dan benar, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal penting berikut ini saat membelinya, seperti :



  • Perhatikan petunjuk pemakaian cat rambut

Terkadang karena buru-buru atau malas membaca, Anda melewatkan begitu saja petunjuk pemakaian cat rambut yang tertera di kemasan. Padahal petunjuk pemakaian cat rambut penting untuk keamanan dan baiknya kualitas hasil pewarnaan rambut.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar proses pewarnaan rambut di rumah berjalan aman diantaranya :

  • Segeralah bilas rambut Anda jika telah mencapai batas waktu penggunaan cat rambut yang tertera di dalam kemasan. Jangan biarkan cat rambut terlalu lama di kepala.
  • Kenakanlah sarung tangan saat mengaplikasikan pewarna rambut.
  • Jangan mencampurkan produk pewarna rambut yang berbeda.
  • Pastikan melakukan tes reaksi alergi sebelum memakai cat rambut. Anda bisa meletakan setetes pewarna rambut di belakang telinga dan jangan mencucinya selama dua hari. Setelah dua hari, jika tidak memiliki tanda-tanda alergi seperti gatal, rasa terbakar, atau kemerahan di tempat tes, Anda bisa memakai cat rambut tersebut.
  • Jangan pernah mewarnai alis atau bulu mata. Pewarnaan alis dan bulu mata bisa memicu infeksi mata maupun di sekitar mata.

  • Kenali jenis-jenis cat rambut



Selain memperhatikan petunjuk pemakaian cat rambut, Anda juga perlu mengenali beberapa jenis-jenis cat rambut yang beredar di pasaran. Jenis cat rambut ada yang permanen, semi permanen (sementara), ataupun setengah permanen.

Mengetahui dengan baik jenis-jenis cat rambut bisa menentukan produk mana yang ingin Anda beli. Cat rambut semi permanen biasanya warna rambut mudah kembali ke warna asli dan memiliki efek paling ringan. Sedangkan pewarna rambut setengah permanen lebih tahan lama dari jenis semi permanen.Anda perlu sering keramas untuk bisa mengembalikan warna asli rambut Anda.

Cat rambut permanen menyebabkan warna asli rambut Anda hilang dan digantikan dengan warna cat rambut tersebut. Untuk mendapatkan warna asli rambut Anda lagi, perlu menunggu rambut Anda tumbuh kembali hingga warna cat rambut tersebut tergantikan dengan rambut yang baru.

Semua tergantung pada Anda, apakah hanya ingin mencoba warna-warni cat rambut sehingga Anda memilih cat rambut semi permanen yang mudah hilang warnanya. Ataukah Anda ingin benar-benar mengganti warna rambut asli Anda dalam waktu yang lama. Jangan sampai Anda keliru dalam memilih jenis cat rambut sehingga tidak sesuai dengan harapan Anda.

10 Cat rambut bagus yang bisa dipakai di rumah

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara memilih cat rambut yang baik dan benar, serta hal-hal penting yang perlu diperhatikan seputar cat rambut, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi beberapa cat rambut bagus yang bisa dipakai di rumah dari berbagai merek berikut ini :



10. NYU Hair Color

nyu_hair_color

Harga : Rp 8.500

Pewarna rambut dengan ekstrak buah-buahan

NYU pas untuk digunakan bagi Anda pecinta aroma segar buah-buahan. Kegiatan pewarnaan rambut akan menyenangkan bagi Anda karena terbebas dari bau menyengat bahan kimia yang khas. Hadir dengan ekstrak buah-buahan seperti kiwi, apel dan strawberry.

Selain itu, pewarna rambut ini juga bebas ammonia, harganya lebih murah, dan memiliki pilihan warna yang terlihat natural. Produk NYU hair color mudah sekali ditemukan di toko atau supermarket di sekitar kita. Anda juga bisa membeli cat rambut ini di Shopee.



9. Etude Hot Style Bubble Hair Coloring

etude_hot_style_bubble_hair_coloring

Harga : Rp 110.000

Cat rambut berbentuk shampo

Pewarna rambut ini memiliki keunggulan pada baunya yang tidak menyengat, bahkan tercium seperti kue. Cat rambut ini juga mudah digunakan sendiri di rumah karena berbentuk shampo. Bahan-bahannya seperti ekstrak bunga alami membuat merek ini aman untuk digunakan.

Pewarna rambut yang menghadirkan warna-warna cantik ini akan membuat rambut Anda semakin berkilau. Anda bisa membeli cat rambut ini di Lazada.



8. Beautylabo Hair Color

beautylabo_hair_color

Harga : Rp 20.000

Mudah dalam penggunaannya

Brand dari jepang ini menawarkan warna-warna terang sesuai kepribadian wanita Asia. Diperkaya coconut oil dan almond oil membuat rambut yang sudah diwarnai tampak sehat dan lembut.

Keunggulan pewarna ini ada pada cara penggunaannya yang mudah. Anda hanya cukup menuangkannnya pada tangan yang sudah dilapisi sarung tangan, kemudian oleskan secara merata hingga ke ujung rambut Anda.



Dengan harga yang terjangkau dan hasil akhir yang bagus membuat produk ini banyak beredar di pasaran sekitar kita. Anda juga bisa membeli cat rambut ini di Shopee.

7. Herb Speedy PPD Free

herb_speedy_ppd_free

Harga : Rp 177.000

Pewarna rambut untuk kulit kepala sensitif

Produk dari Herb ini bebas PPD dan ammonia, cocok bagi Anda yang sering bermasalah dengan kulit kepala. PPD dan ammonia kerap menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang. Memakai Herb Speedy ini Anda akan bebas bergaya dengan warna-warni yang oke tanpa merasa was-was dengan masalah iritasi kulit kepala.



Selain bebas PPD dan ammonia, produk ini juga memiliki warna yang tahan lama. Meskipun merek ini belum terlalu banyak beredar di pasaran negara kita, tidak ada salahnya untuk mencobanya karena banyak pengguna dari luar negeri telah merasakan kualitas produknya. Anda bisa membeli cat rambut ini di Amazon.

6. Matrix Biolage

matrix_biolage

Harga : Rp 57.200

Cat rambut berbasis tanaman

Brand Matrix cukup mudah kita temui di pasaran. Banyak juga salon-salon yang menggunakannya karena harga yang terjangkau dan bermutu. Selain cat rambut, matrix juga memproduksi krim untuk hair maks, smothing ataupun rebonding.



Matrix kini menghadirkan cat rambut berbahan alami bernama Matrix Biolage. Pewarna rambut ini hadir dengan bahan alami berupa tanaman ataupun sayuran dengan kandungan 80 hingga 100 %.

Cat rambut ini akan membuat rambut tampak sehat dan berkilau. Produk dari Matrix yang minim bahan kimia ini juga diklaim bisa menguatkan setiap helai rambut. Anda bisa membeli cat rambut ini di Shopee.

5. Garnier Olia Oil

garnier_olia_oi

Harga : Rp 339.000

Cat rambut bebas ammonia



Garnier banyak menghadirkan produk-produk berkualitas yang dapat dengan mudah dibeli di toko ataupun supermarket di sekitar kita. Salah satu yang bagus adalah cat rambutnya. Dengan kandungan 60 % minyak bunga alami dan bebas ammonia membuat rambut yang diwarnai terasa lembut dan lembab.

Garnier Olia Oil memiliki keunggulan pada warnanya yang nampak alami jika diaplikasikan pada rambut. Bahan alaminya akan menjaga tiap helai rambut agar tetap sehat. Anda bisa membeli produk ini di Lazada.

4. Clairol Natural Instincts

clairol_natural_instincts

Harga : Rp 566.000

Menjaga kerusakan rambut



Brand ini juga hadir dengan bahan-bahan alami yang bagus untuk kesehatan rambut. Mengandung 100 % lidah buaya murni, vitamin E dan minyak kelapa yang akan menjaga rambut dari kerusakan. Selain itu merek ini juga bebas ammonia.

Clairol Natural Instincts merupakan cat rambut semi permanen dengan harga yang cukup mahal. Meskipun begitu, kualitasnya sebanding dengan harganya. Pewarna rambut ini akan membuat Anda terlihat lebih segar. Anda bisa membeli cat rambut ini di Lazada.

3. Wella Koleston Perfect Hair Color

wella_koleston_perfect_hair_color

Harga : Rp 94.000

Cat rambut yang telah diuji oleh dokter kulit



Wella mempersembahkan cat rambut bagus yang memiliki lebih dari 60 warna untuk Anda pilih. Warna-warnanya terlihat alami dan mengkilap. Pewarna rambut ini juga mempunyai kondisioner alpukat bawaan yang dapat menyehatkan rambut Anda.

Produk yang telah diuji oleh dokter kulit ini juga aman untuk kulit kepala sensitif. Anda bisa membeli cat rambut ini di Shopee.

2. Revlon Color silk

revlon_color_silk

Harga : Rp 55.000

Dilengkapi dengan UV Defense



Brand Revlon yang terkenal ini diklaim menjadi nomer 1 di Amerika. Diperkaya keratin yang membuat rambut halus dan lembut. Cat rambut bebas ammonia ini memiliki teknologi warna 3D yang membuat warna akhir menjadi dimensional, glossy dan tahan lama.

Revlon color silk memiliki beragam pilihan warna yang indah. Dilengkapi UV defense yang membantu melindungi warna rambut dari pemudaran. Anda bisa membeli cat rambut ini di Lazada.

1. L’oreal Paris Excellence Creme

l’oreal_paris_excellence_creme

Harga : Rp 82.000

Menutup uban dengan sempurna



Pewarna rambut yang mengklaim sebagai brand terbaik di dunia ini menghadirkan triple care formula yang melindungi rambut sebelum, selama, dan sesudah proses pewarnaan. Dengan kandungan asam amino, ceramide, dan lonene-G yang terserap ke batang rambut membuat perlindungan yang tahan lama.

L’oreal Paris sudah 20 tahun hadir sebagai pakar pewarna rambut yang berkualitas. Produk ini bisa menutup uban dengan sempurna hingga ke uban terakhir. Anda bisa membeli cat rambut ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli cat rambut yang ada di pasaran sebaiknya Anda memperhatikan bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam pewarna tersebut, memperhatikan tanggal kedaluwarsa dan mempertimbangkan harganya.
  • Sebaiknya Anda memperhatikan warna kulit Anda sebelum memilih cat rambut, dan juga memperhatikan dengan seksama petunjuk pemakaian cat rambut yang tertera pada kemasannya.
  • Jika Anda menginginkan cat rambut dengan bahan-bahan alami, Anda bisa memilih Matrix Biolage.
  • Namun, jika kulit kepala Anda cenderung sensitif dan produknya aman serta bebas dari PPD dan ammonia, maka Anda bisa memilih cat rambut Herb Speedy PPD.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin uban Anda tertutup dengan sempurna dan tahan lama, Anda bisa memilih L’oreal Paris Excellence Creme.



Referensi

  1. Syden Abrenica (2019), 11 Ammonia-Free Hair Dyes the Pros Swear By,https://www.byrdie.com/best-ammonia-free-professional-hair-color-348330
  2. Radiance by webmd (2019), Hair Dye Safety,https://www.webmd.com/beauty/hair-dye-faqs#1



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.