Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


14 Sep 2020 08:14

10 Cangkir Paling Unik yang Banyak Digemari Para Pecinta Kopi

By Cektarif Plus


Menikmati kopi dengan cangkir tentu sensasinya berbeda daripada menggunakan gelas biasa. Selain cangkir bentuknya lebih unik, cangkir juga tahan terhadap suhu panas sehingga lebih aman saat digunakan.



Memang definisi unik setiap orang bisa berbeda-beda. Namun,secara umum keunikan cangkir bisa dilihat dari bentuk, desain, warna, atau pun motifnya. Semakin unik, semakin nyaman pula Anda menikmati kopi.

Karena itu, kami menyajikan beberapa cangkir paling unik yang banyak digemari para pecinta kopi lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai cangkir dan cara merawatnya agar lebih awet dan tahan lama.

Mengenal cangkir dan manfaatnya

Secara umum, cangkir merupakan wadah minum yang digunakan untuk meminum minuman panas, seperti teh atau kopi. Cangkir memiliki ketahanan yang lebih baik dalam menahan suhu panas daripada wadah minum lainnya.

Karena itu, cangkir banyak digunakan untuk menyajikan minuman kopi, baik di kedai kopi, restoran, kafe, atau pun di rumah. Cangkir sendiri bentuknya sangat bervariasi, ada yang berbentuk seperti mangkok kecil, tabung mini, bahkan ada yang berkarakter seperti bentuk lensa, kartun, dan lain-lain.

Manfaat utama yang paling dirasakan saat minum kopi dengan cangkir adalah sensasinya. Dan, mungkin yang terbiasa menggunakan cangkir akan merasakan hal ganjil saat menggunakan wadah minum seperti gelas biasa atau mug. Sensasi tersebut yang kemudian menjadikan “cangkir” identik dengan kopi, “tanpa cangkir ngopi terasa hambar.”



Perhatikan bentuk cangkir

Bentuk cangkir bermacam-macam, namun secara umum cangkir bentuknya seperti mangkok kecil. Beberapa riset menyatakan bahwa, bentuk cangkir sangat mempengaruhi aroma dan rasa saat menikmati kopi.

Salah satunya seperti dalam jurnal Food Quality and Preference, yaitu terdapat penelitian tentang pengaruh ketinggian, diameter, dan ketebalan wadah kopi terhadap persepsi rasa kopi pada penikmat kopi. Hasilnya menunjukkan bahwa dari tiga bentuk wadah kopi,seperti tulip, open, dan split ditemukan hasilnya berbeda-beda.

Cangkir tulip memiliki bentuk yang cenderung bulat kecil pada bagian atas ini dinilai oleh responden lebih terasa dibandingkan cangkir lain. Dan, open bentuknya bulat biasa dan sedikit lebar pada bagian atas ini memiliki aroma dan rasa yang standar.

Sedangkan split memiliki bentuk mulut cangkir membulat, dan bagi penikmat kopi memiliki rasa terbaik, seperti dapat meningkatkan sensitivitas rasa manis dalam kopi.



Perhatikan material yang digunakan

Secara umum material cangkir terbuat dari bahan keramik atau porselen. Perbedaan dari keduanya adalah, bahan keramik terbuat dari bahan dasar tanah liat coklat atau merah, sedangkan porselen terbuat dari tanah liat putih.

Jika dilihat dari dalam permukaannya, cangkir berbahan keramik dilapisi oleh glatsir yang berfungsi untuk melindungi bagian permukaan, sedangkan porselen mempunyai bagian dalam yang berlapis-lapis.

Namun, ada juga cangkir yang terbuat dari bahan lain, seperti stainless stell, kayu, kaca, plastik, dan lain sebagainya. Namun, apa pun bahan yang digunakan, pastikan aman dan tahan terhadap panas.

Pilih desain dan motif yang unik

Kebanyakan cangkir berwarna putih polos atau transparan seperti kaca. Tujuannya agar kopi yang disajikan lebih nampak dan lebih terasa ketika dinikmati. Tapi tahukah, bahwa desain dan motif yang unik juga dapat memberikan sensasi tersendiri saat menikmati kopi.



Seperti, cangkir blirik atau blurik dengan motif lurik yang identik warna hijau ini kian banyak digemari oleh anak muda jaman sekarang. Padahal cangkir ini dulu banyak digunakan oleh orang-orang tua, namun seiring berkembangnya waktu banyak para pecinta kopi yang kemudian memburu cangkir blirik ini.

Lain lagi dengan cangkir unik motif ayam jago, di mana motif ini pada jaman dahulu banyak dipakai oleh kaisar Tiongkok. Kini, motif tersebut menjadi incaran para kolektor karena sejarahnya yang melegenda.

Dan, ada juga kini desain dan motif yang unik-unik dan lebih modern, seperti cangkir dengan motif karakter, cangkir dengan lampu LED, dan lain sebagainya. Sehingga, Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera yang Anda inginkan.

Cara merawat cangkir agar lebih awet

Setelah Anda membeli cangkir, pastikan juga Anda mengetahui cara merawatnya. Berikut ini kami sajikan beberapa tips cara merawat cangkir agar lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama :



  • Pastikan Anda mencucinya setelah menggunakannya. Hindari mencucinya dengan mesin otomatis.
  • Untuk cangkir yang berbahan porselen, Anda bisa mencucinya dengan air hangat dan sabun lembut.
  • Setelah Anda cuci, usahakan untuk menyeka cangkir sampai kering.
  • Letakkan cangkir dengan alas yang lembut dalam kotak khusus agar lebih aman dan terhindar dari debu yang menempel.
  • Anda bisa menyimpan cangkir dalam lemari atau rak piring dengan posisi berjejer dan rapi.
  • Untuk merawat label pada cangkir, Anda bisa menggunakan baking soda dan spons yang lembut.Selain itu, Anda juga bisa memakai memakai pasta gigi agar label tetap terjaga. Dan, usahakan untuk menghindari menggunakan spons yang terlalu kasar agar warnanya tidak memudar.
  • Untuk menghilangkan noda yang menempel, Anda bisa merendamnya dengan air susu hangat, kemudian bilas dengan sabun lembut dan air hangat.

10 Cangkir paling unik yang banyak digemari para pecinta kopi

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang cangkir dan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi cangkir paling unik yang banyak digemari para pecinta kopi dari berbagai merek berikut ini:

10. Cangkir Ayam Jago



cangkir_ayam_jago

Harga : Rp 25.000

Dilengkapi dengan lepek dan tutup

Peralatan makanan bergambar Ayam Jago memang sangat disukai oleh masyarakat. Tidak dipungkiri bahwa brand Ayam Jago memiliki makna filosofis yang tinggi dan memiliki sejarah panjang yang melegenda.

Salah satu yang banyak digemari dari brand gambar Ayam Jago ini adalah cangkir nya. Karena cangkir ini sangat cocok digunakan oleh para penikmat kopi sejati. Selain gambarnya yang bernilai, cangkir ini terbuat dari bahan keramik yang tahan terhadap suhu panas.

Produk ini juga dilengkapi dengan lepek yang dapat memberikan rasa aman dari tumpahan ketika disajikan. Dan, juga terdapat tutup yang dapat menjaga dari debu dan kotoran, serta membuat minuman lebih nikmat ketika di sruput. Anda dapat membeli cangkir ini di Shopee.

9. Timbangan Cangkir Kedaung Blurik Jadul



timbangan_cangkir_kedaung_blurik_jadul

Harga : Rp 21.500

Cangkir vintage yang lagi tren

Gelas cangkir jadul ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang gemar minum kopi setiap hari. Desain unik blurik seakan membuat Anda kembali ke jaman dahulu, di mana kakek atau nenek Anda pernah menggunakannya.

Cangkir antik 9 cm dari brand Timbangan ini bisa menampung minuman Anda lebih banyak. Selain itu, juga dilengkapi dengan penutup yang menjaga minuman dari masuknya lalat atau pun debu.

Anda juga jangan khawatir ketika cangkir jatuh atau terkena benturan, sebab cangkir ini terbuat dari bahan Seng Wm anti pecah, dengan lapisan enamel yang aman saat digunakan. Anda bisa membeli cangkir ini di Shopee.



8. Cangkir Kopi Ala Vietnam

cangkir_kopi_ala_vietnam

Harga : Rp 19.000

Membuat ngopi Anda semakin bergaya

Penyajian kopi Vietnam memang berbeda dengan lainnya. Biasanya kopi akan disajikan dalam cawan alumunium yang pada bagian bawahnya terdapat lubang-lubang kecil yang berfungsi sebagai penyaring.

Cawan tersebut bernama dripper. Bagi para pecinta kopi, biasanya memiliki dripper di rumah, dan untuk Anda yang belum memilikinya, bisa membeli dripper cangkir kopi ala Vietnam ini.

Produk ini terbuat dari bahan stainless stell berkualitas, aman digunakan, dan tahan lama. Selain itu, alat ini juga mudah dibersihkan, sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



7. Cangkir Magic

cangkir_magic

Harga : Rp 27.000

Unik dan canggih

Untuk Anda yang ingin cangkir unik dengan kualitas lebih modern, Anda bisa membeli cangkir Magic. Cangkir ini menggunakan lampu LED yang dapat menyala ketika Anda mengisinya dengan air panas, dan nyala akan meredup ketika diisi dengan air dingin.

Hal itu tentu akan memudahkan Anda untuk mengetahui suhu yang tepat, di mana Anda akan menyeruput kopi dengan mantap. Anda tidak perlu khawatir akan sumber energinya, sebab cangkir dari keramik ini tidak membutuhkan baterai sama sekali. Jadi, kapan lagi punya cangkir unik yang canggih ini. Dan, Anda bisa membeli cangkir ini di Shopee.



6. Maspion Honey Bee

maspion_honey_bee

Harga : Rp 24.000

Desain menarik dan tidak mudah terkontaminasi bau

Jika Anda ingin produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan rumah, maka salah satunya adalah menggunakan produk dari Maspion. Selain karena berkualitas, Maspion merupakan brand lokal yang telah mendunia, dan banyak produk-produknya di ekspor keluar negeri.

Seperti cangkir Maspion motif Honey Bee yang menarik ini. Desain terbilang unik dan simpel, dengan kualitas material tahan gores serta bagi kesehatan. Selain itu, produk ini juga tidak mudah terkontaminasi dengan bau. Anda bisa membeli cangkir ini di Shopee.



5. Cangkir Batok Kelapa

cangkir_batok_kelapa

Harga : Rp 15.000

Membuat ngopi serasa di pedesaan yang asri nan sejuk

Jika Anda suka dengan yang alami, maka Anda bisa memilih cangkir dari bahan batok kelapa ini. Produk yang berasal dari kerajinan tangan asal Jogya ini bisa membuat suasana ngopi Anda lebih berkesan dan asyik.

Selain itu, karena bahan yang terbuat dari alam, tentu aman dari kontaminasi zat-zat yang bisa merugikan kesehatan Anda. Dan, jangan khawatir produk ini sudah dihaluskan dengan mesin modern, sehingga membuat tampilan menjadi lebih sempurna.



Anda juga bisa menggunakan cangkir ini sebagai oleh-oleh atau hadiah bagi sahabat atau keluarga Anda di rumah. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli cangkir ini di Shopee.

4. Cangkir Kelapa Muda

cangkir_kelapa_muda

Harga : Rp 15.000

Motif unik dan menarik

Produk ini juga bisa disebut dengan mug, karena memiliki bentuk yang lebih besar. Namun, Anda juga bisa mengatakan produk ini sebagai cangkir, karena nyaman digunakan untuk meminum kopi atau teh.



Terlepas ini mug atau cangkir, produk ini terbilang unik dan cocok digunakan untuk Anda para pecinta kopi. Karena selain unik, Anda juga lebih nyaman saat menggunakannya karena memiliki daya tampung yang lebih banyak daripada cangkir lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan produk ini sebagai koleksi, hadiah, atau pajangan di rumah. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Cangkir Lensa Kamera

cangkir_lensa_kamera

Harga : Rp 29.500

Unik dan cocok bagi para pecinta fotografi



Wadah minum bentuk lensa ini bisa Anda fungsikan sebagai mug, sekaligus juga bisa digunakan sebagai cangkir. Bentuknya terbilang unik, dan cocok sekali dipakai oleh para pecinta fotografi.

Produk ini terbuat dari bahan plastik berkualitas yang tahan terhadap suhu, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan aneka minuman, seperti jus, teh, dan bahkan cocok juga untuk Anda pecinta kopi.

Selain itu, tempat minum ini dilengkapi dengan penutup yang aman, dan dapat menjaga minuman agar tetap higienis. Anda dapat membeli produk ini di Shopee.

2. Cangkir Kopi Double Glass CRW77382

cangkir_kopi_double_glass_crw77382

Harga : Rp 39.500



Desain unik, menarik, dan cantik

Untuk Anda yang suka keindahan, Anda bisa mencoba cangkir desain double glass ini. Bentuknya cantik, unik, dan berbeda dari cangkir biasanya. Anda juga tidak perlu khawatir kena panas saat meminum kopi, karena terdapat lapisan kaca luar yang tidak panas ketika dipegang.

Cangkir ini bisa menampung minuman hingga 200ml, dan sangat cocok disajikan untuk acara-acara keluarga atau candle light dinner bersama orang tercinta. Anda bisa membeli cangkir ini di Shopee.

1. Cangkir Kopi Antik

cangkir_kopi_antik

Harga : Rp 48.000



Antik dan banyak dipakai oleh pecinta kopi

Untuk cangkir yang satu ini bisa dengan mudah Anda temui ketika Anda minum kopi di kedai-kedai atau warung kopi di daerah. Bentuknya minimalis dan nyaman saat digunakan untuk minum kopi.

Cangkir yang terbilang antik bagi masyarakat perkotaan ini memiliki motif bunga yang khas dan cantik. Selain itu, cangkir ini semakin lengkap karena terdapat penutup dan cawan yang membuat ngopi semakin nyaman dan asyik. Anda bisa mendapatkan cangkir ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli cangkir, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti bentuk, material yang digunakan, desain dan motif, serta harganya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawatnya, agar cangkir yang Anda miliki lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih cangkir Kedaung Blurik Jadul dari merek Timbangan, karena cangkir ini terbilang unik, antik, dan menjadi tren masa kini.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan cangkir dari bahan alami, Anda bisa memilih cangkir Batok Kelapa.
  • Namun, jika Anda ingin cangkir dengan lampu LED yang dapat menyala ketika Anda mengisinya dengan air panas, maka Anda bisa membeli cangkir Magic.



Referensi

  1. Warstek Media(2018),Bentuk Cangkir Pengaruhi Kenikmatan Aroma dan Rasa Kopi,https://warstek.com/2018/05/22/cangkir/
  2. Van Doorn, G. et al.(2017), Does the shape of a cup influence coffee taste expectations? A crosscultural, online study, Food Quality and Preference, http://dx.doi.org/10.1016/j.foodqual.2016.10.013
  3. Suara Palu (2029), Mengurai Fakta tentang mangkok Ayam Jago yang Melegenda, https://suarapalu.com/mengurai-fakta-tentang-mangkuk-ayam-jago-yang-melegenda/
  4. Femina (2018), Tip MerawatCangkirPorselenSelalu, Indah, https://www.femina.co.id/home-interior/tip-merawat-cangkir-porselen-selalu-indah



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.