Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


17 Apr 2020 06:00

10 Baskom Makanan Terbaik yang Aman untuk Kesehatan

By Cektarif Plus


Baskom merupakan sebutan untuk peralatan dapur yang memiliki bentuk menyerupai mangkuk. Alat ini banyak digunakan oleh masyarakat lantaran praktis dan memiliki peran multifungsi, yakni sebagai wadah untuk menghidangkan makanan ataupunmembuat adonan.



Di pasaran, baskom tersedia dalam berbagai model dan bentuk yang beragam. Dan, pastikan sebelum membelinya, Anda terlebih dahulu mengetahui kualitas bahan yang digunakan agar lebih aman, kuat, dan tidak mudah pecah.

Untuk itu, kami menyajikan artikel mengenai beberapa baskom makanan terbaik yang aman untuk kesehatan lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang baskom dan cara perawatannya.

Perhatikan bahan Pembuatannya

Umumnya, baskom yang biasa digunakan oleh masyarakat terbuat dari bahan plastik, kaca, dan stainless steel. Meski semua bahan tersebut terlihat aman, namun pada kenyataannya tidak semua bahan tersebut aman bagi tubuh dan beresiko menyebabkan gangguan kesehatan.

Untuk mempermudah mengenali kualitas bahan yang digunakan, maka berikut ini kami sajikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebelum membeli baskom untuk makanan :

Pertama, bahan plastik. Bahan ini merupakan bahan yang banyak dipilih oleh masyarakat, cenderung praktis dan ekonomis. Umumnya terdiri atas beberapa tipe yang dapat Anda kenali lewat label nomor yang tertera pada bagian bawah produk.



Label angka untuk produk dari bahan plastik umumnya dimulai dari angka 1-7. Dan, untuk produk dari bahan plastik yang paling aman adalah plastik dengan label angka 5. Sedangkan untuk bahan dengan label lain dapat beresiko menyebabkan gangguan kesehatan.

Selain itu, produk dari bahan plastik juga akan lebih aman jika free BPA. Sebab bahan yang mengandung BPA telah terbukti dapat menimbulkan gangguan kesehatan, sepeti kelainan pada otak, sistem reproduksi, kanker, dan gangguan tubuh lainnya.

Kedua, bahan kaca. Bahan ini tergolong bahan yang aman bagi kesehatan. Terlihat lebih elegan, namun cenderung mudah pecah. Selain itu, baskom dari bahan ini cenderung lebih mahal.

Ketiga, bahan stainless steel. Sama seperti bahan kaca, bahan ini juga tergolong aman bagi kesehatan. Selain itu, bahan ini lebih aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan yang terbuat dari bahan plastik.

Pilih baskom yang mudah dibersihkan

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan ketika memilih baskom, yakni memastikan bahwa baskom tersebut mudah dibersihkan. Dengan begitu, waktu memasak Anda jadi lebih efektif, karena Anda dapat mencuci baskom dengan cepat.



Selain itu, ketika baskom Anda sulit dibersihkan tentu Anda akan mencoba membershkannya menggunakan alat pembersih yang kasar yang akan berdampak pada tampilan baskom menjadi penuh gores.

Dan yang paling penting, pada baskom yang sulit dibersihkan tidak menutup kemungkinan terdapat sisa makanan atau adonan yang dapat memicu tumbuhnya jamur atau bakteri penyebab penyakit.

Pilih baskom dengan desain sesuai kebutuhan

Saat ini baskom tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari baskom dengan desain bulat polos, bentuk bunga, dan karakter yang lucu dan cantik. Anda dapat memilihnya sesuai selera, namun akan lebih baik jika Anda memilihnya sesuai kebutuhan.

Jika Anda lebih sering menggunakan baskom untuk mengaduk adonan maka sebaiknya Anda memilih baskom bentuk bulat polos, dengan begitu proses pengadukan akan lebih mudah dan cepat.

Namun, jika Anda lebih sering menggunakan baskom untuk menghidangkan makanan, maka pilih lah baskom dengan desain menarik agar tampilan makanan yang Anda hidangkan menjadi lebih menarik dan lebih lezat.



Pertimbangkan warna baskom yang Anda pilih

Warna menarik tentu akan membuat tampilan baskom jadi terlihat menarik. Namun tahukah Anda bahwa warna yang menarik justru berbahaya terhadap kesehatan tubuh, karena pewarna yang digunakan dapat luntur ketika terkena panas.

Oleh karena itu, pertimbangkan warna baskom sebelum memastikan untuk membelinya. Apalagi jika baskom yang Anda pilih terbuat dari bahan plastik, Anda patut waspada sebab masalah tersebut kerap terjadi pada baskom berbahan plastik.

Agar lebih aman, pilihlah baskom dengan warna yang lembut. Selain aman bakom dengan warna lembut dapat membuat tampilannya terlihat lebih elegan.

Namun, jika Anda tetap ingin baskom dengan warna mencolok, maka pastikan terdapat label food grade yang umumnya ditandai dengan lambang garpu, atau baskom dengan label nomor 5, dan baskom yang free BPA.



Pilih baskom dengan ukuran yang tepat

Baskom tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Dalam memilih ukuran sebaiknya Anda memilihnya sesuai kebutuhan. Dan, ingat ukuran yang terlalu besar terkadang tidak efektif karena banyak memakan tempat.

Ukuran yang paling aman tentu ukuran sedang. Dengan begitu Anda dapat menggunakannya untuk berbagai hal.

Cara merawat baskom

Ketika sudah membeli baskom, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya. Agar baskom yang Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka Anda dapat melakukan hal-hal berikut :



  • Pastikan Anda langsung membersihkan baskom setelah menggunakannya agar noda tidak terlalu menempel pada baskom.
  • Hindari membersihkan baskom menggunakan pembersih yang kasar, karena akan mengakibatkan permukaan baskom menjadi penuh gores.
  • Sebaiknya Anda menyimpan baskom pada rak yang bagian bawahnya berongga, karena jika Anda menyimpannya pada lemari apalagi dengan menghadap ke bawah akan membuat baskom beraroma tidak sedap.
  • Jika baskom Anda terlalu kotor dan sulit dibersihkan, maka Anda dapat membersihkannya dengan merendamnya terlebih dahulu dengan campuran sabun dan air hangat.
  • Selain itu, Anda juga dapat menggunakan baking soda atau lemon untuk membersihkan baskom dari noda membandel dan bekas bau.

10 Basom makanan terbaik yang aman untuk kesehatan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang baskom serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi baskom terbaik yang aman untuk kesehatan dari berbagai merek berikut ini:

10. Baskom Makanan Rosh



baskom_makanan_rosh

Harga : Rp 16.000

Desain praktis, ekonomis, dan higienis

Rosh menawarkan baskom dengan desain yang simpel dan praktis. Berbentuk bulat polos menyerupai mangkuk yang tidak hanya cocok untuk menghidangkan makanan namun juga untuk membuat adonan.

Terbuat dari bahan stainles steel yang higienis dan anti karat. Selain itu, baskom ini juga mudah dibersihkan sehingga dapat dipastikan bahwa baskom ini aman untuk kesehatan.

Dari segi ukuran tergolong ukuran sedang sehingga mudah disimpan dan tidak banyak memakan tempat. Anda bisa membeli baskom makanan ini di Lazada.

9. Baskom Makanan Shinpo



baskom_makanan_shinpo

Harga : Rp 6.540

Desain lebih unik dan menarik

Berbeda dengan produk sebelumnya, produk dari Shinpo ini terbuat dari bahan plastik yang berkualitas. Tidak hanya terlihat tebal dan kuat, namun juga aman untuk kesehatan tubuh karena terbuat dari bahan BPAfree.

Dari segi desain terlihat lebih menarik dengan bagian pinggir yang dibuat bergelombang. Tersedia dalam ukuran besar yakni dengan diameter 25 cm yang membuatnya dapat Anda gunakan sebagai wadah sayur, buah, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Terlihat lebih menarik berkat warna-warnanya terangnya yakni warna orange, biru, dan hijau. Anda bisa membeli baskom makanan ini di Shopee.



8. Baskom Makanan Yoshikawa

baskom_makanan_yoshikawa

Harga : Rp 12.900

Baskom serbaguna yang food grade dan BPA free

Baskom makanan dari brand Yoshikawa ini terbuat dari bahan plastik yang aman bagi kesehatan. Bahan plastiknya BPA free sehigga tidak mengandung senyawa racun yang berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, bahannya juga terlihat lebih tebal dan tidak mudah pecah sehingga cenderung lebih awet. Dibuat dengan desain simpel dan praktis dengan ukuran 20 cm yang membuatnya dapat digunakan sebagai wadah yang serbaguna.

Tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik yakni biru, kuning, pink, dan hijau yang dapat Anda pilih sesuai selera. Dilengkapi lubang pada bagian pinggir yang memudahkan Anda menyimpan baskom secara menggantung. Anda bisa membeli baskom makanan ini di Shopee.



7. Baskom Makanan Golden Sunkist

baskom_makanan_golden_sunkist

Harga : Rp 19.000

Dilengkapi tutup bentuk bulat yang membuat makanan lebih aman

Golden Sunkist menawarkan baskom terbaiknya untuk menambah kelengkapan peralatan dapur Anda. Sama halnya dengan produk sebelumnya, produk ini juga terbuat dari bahan plastik dengan kualitas food grade yang aman bagi kesehatan.

Memiliki kelebihan utama, yakni dilengkapi penutup bentuk bulat yang tidak hanya membuat tampilannya semakin menarik, namun juga menjaga makanan yang Anda simpan tetap higienis karena terhindar dari debu danberbagai hewan seperti lalat dan kecoa.



Terlihat semakin menarik dengan pilihan warna ungu dan hijau yang cantik. Dilengkapi pegangan pada bagian samping yang membuatnya mudah dipindahkan dari tempat satu ke tempat yang lain. Anda bisa membeli baskom makanan ini di Lazada.

6. Baskom Makanan Lipat Multifungsi

baskom_makanan_lipat_multifungsi

Harga : Rp 29.000

Baskom terbaik dengan desain menarik dan multifungsi

Bakom ini dibuat dengan serangkaian kelebihan yang akan memudahkan pekerjaan di dapur. Salah satu kelebihannya dapat Anda lihat dari desainnya yang mudah dilipat, sehingga dapat berganti peran menjadi chopping board atau telenan yang manis.



Terbuat dari bahan plastik yang food grade sehingga aman untuk kesehatan tubuh Anda sekeluarga. Dari segi warna terlihat sangat cantik berkat perpaduan warna putih abu-abunya yang terlihat serasi. Tidak hanya cocok digunakan untuk di rumah namun saat bepergian.

Dilengkapi kelebihan lain yakni saluran pembuangan air yang akan memudahkan Anda saat mencuci buah dan sayur serta pegangan yang akan memudahkan Anda memindahkan baskom. Anda bisa membeli baskom makanan ini di Lazada.

5. Baskom Makanan Lipat Bintang Plus

baskom_makanan_lipat_bintang_plus

Harga : Rp 45.000

Baskom desain praktis kapasitas besar yang portabel



Bintang Plus menawarkan kepada Anda produk baskom lipat sebagai solusi untuk Anda yang hobi travelling. Dengan baskom lipat ini Anda tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang luas untuk membawanya.

Selain itu, kapasitas daya tampungnya juga besar. Tersedia dalam dua macam yakni baskom dengan kapasitas daya tampung 4 liter dan 10 liter. Anda dapat menggunakannya sebagai wadah makanan dan minuman.

Terbuat dari bahan plastik berkuallitas yang aman dan terlihat cantik dengan warna menarik yakni merah, biru, dan hijau. Anda bisa membeli baskom makanan ini di Shopee.

4. Baskom Makanan Maspion

baskom_makanan_maspion

Harga : Rp 44.100



Desain unik dan minimalis

Sama hal nya dengan produk Maspion lainnya yang berkualitas, produk baskom ini juga terbukti memiliki kualitas yang bagus. Terbuat dari bahan stainless yang berkualitas yang aman bagi kesehatan serta memiliki tekstur yang lebih tebal.

Dibuat dengan desain minimalis yang membuatnya terlihat mungil dan praktis. Meski begitu diameter baskom ini 24 cm sehingga tergolong baskom ukuran sedang. Anda bisa membeli baskom makanan ini di Shopee.

3. Baskom Makanan Equator

baskom_makanan_equator

Harga : Rp 137.900



Baskom dari bahan anti karat yang aman untuk kesehatan

Dengan membeli produk baskom dari Equator ini dapat dipastikan perlengkapan dapur Anda akan semakin lengkap karena Anda akan mendapatkan lima baskom sekaligus yang dapat Anda gunakan untuk berbagai jenis kegiatan di dapur.

Terbuat dari bahan stainles steel berkualitas yang tentunya anti karat sehingga tubuh Anda akan terhindar dari zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan tubuh. Anda bisa membeli baskom makanan ini di Shopee.

2. Baskom Makanan Maspion

baskom_makanan_maspion

Harga : Rp 99.000



Dilengkapi motif bunga yang cantik dan elegan

Baskom makanan ini juga merupakan baskom dari brand Maspion. Terbuat dari bahan porceline enamel yang anti karat sehingga aman bagi kesehatan tubuh Anda. Berkat bahan tersebut baskom ini juga mudah dibersihkan sehingga aman dari noda dan bau.

Selain itu, dari segi desain baskom ini terlihat begitu elegan karena dilengkapi motif bunga yang cantik, sehingga cocok digunakan untuk Anda yang sedang mencari mangkok untuk menghidangkan makanan di meja makan Anda.

Produk ini tersediadalamukuranjumbo, yakni 33x11x18 cm. Anda bisa membeli baskom makananini di Lazada.

1. Baskom Makanan Tupperware



baskom_makanan_tupperware

Harga : Rp 138.000

Dilengkapi seal yang menjaga makanan tidak mudah tumpah dan basi

Produk baskom ini merupakan produk baskom dari brand Tupperware. Sejak tahun 2013 brand ini masuk dalam daftar penyedia wadah dari bahan plastik yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Desain baskom dari brand ini terlihat sangat simpel, meski begitu kemampuannya dalam menjaga kondisi makanan Anda untuk tetap sehat dan berkualitas sangat baik yang terbukti dengan adanya seal ketat udara dan cairan.

Selain itu, baskom ini juga dilengkapi fitur handle yang membuatnya mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Anda bisa membeli baskom makananini di Shopee.

Kesimpulan



  • Ketika memilih baskom, sebaiknya Anda mempertimbangkan bahannya agar baskom Anda pilih aman bagi kesehatan. Namun, agar lebih berkualitas maka pertimbangkan juga desain dan ukurannya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar baskom yang Anda miliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih baskom Tupperware, karena baskom ini terbuat dari bahan berkualitas yang aman bagi kesehatan.
  • Selain itu Anda juga bisa memilih baskom dari Golden Sunkist, karena selain baskom ini terbuat dari bahan food grade juga dibuat dengan desain dan warna yang menarik.
  • Namun jika Anda menginginkan baskom dengan kualitas bagus, memiliki desain unik, portabel, dan multifungsi, maka Anda bisa memilih Baskom Lipat Multifungsi.

Referensi

  1. Madison (2019), What To Look Before Buying Mixing Bowls?, https://www.cookwarestuffs.com/what-to-look-before-buying-mixing-bowls/
  2. Best kitchen kit (2015), How to clean Mixing Bowls, http://bestkitchenkit.com/how-to-clean-mixing-bowls





Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja


Artikel Terkait


Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.